Wednesday, October 10, 2018

Review Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Neo Study

www.siswiyantisugi.com


Internet of Things mempermudah hampir semua urusan kita. Salah satunya satunya kemudahan belajar bahasa Inggris. Sebagai pengajar, blogger, juga penulis buku, kemampuan berbahasa Inggris sangat perlu. Yah, minimal bisa memahami isi teks berbahasa Inggris. Lebih bagus lagi kalau bisa cas cis cus berbahasa Inggris.

Nah, untuk bisa meng-up grade kemampuan bahasa Inggris, saya merasa harus ikut kursus bahasa ini. Namun, waktu saya tidak banyak. Apalagi saya masih punya bayi. Jadi, apa yang harus saya lakukan? Kebetulan ada aplikasi bahasa Inggris baru, Neo Study. Yang membedakan Neo Study dengan aplikasi lain adalah adanya fitur voice recognition untuk belajar pronunciations dan sudah bersertifikat. Jadi, bukan aplikasi belajar bahasa Inggris abal-abal.

Saya mengunduhnya di Google Playstore. Aplikasi ini memang berbayar, tapi sebanding lah dengan materi yang disampaikan. Setelah mengunduhnya, kita akan masuk ke halaman pertama Neo Study. Ada pilihan placement test, study now, dan sign in. Tentu saja pilih Sign In lebih dulu. Setelah itu, kita akan masuk ke bagian Study Now. Ada dua bagian pembelajaran, A1 dan B2. Ada pilihan belajar sendiri (study) dan ada pilihan dibimbing pelatih (coach). Namun, saya tidak bisa masuk ke pilihan coach. Mungkin karena saya masih pakai edisi gratisan. Hehehe…

Fitur – Fitur Aplikasi Neo Study


Pelajaran pertama berisi tentang perjalanan wisata di Kota Paris. Yang menarik di pelajaran pertama itu, ada sesi listening kemudian sesi speaking. Pada sesi speaking, sistem meminta kita mengulangi kata-kata yang sudah diucapkan sebelumnya dengan tepat. Kita diberi kesempatan mengulang sebanyak dua kali. Jika dua kali tetap salah pengucapannya, pelajaran terhenti. Kita harus mulai dari awal lagi.


Pada pelajaran kedua, tetap listening, tapi lebih banyak materinya. Dimulai dari perkenalan nama dan asal negara. Setelah perkenalan selesai, kita diberi pertanyaan seputar materi perkenalan itu. Yang menarik, saat ditanyakan asal negaranya, yang ditampilkan adalah pilihan peta bukan nama Negara. Kalau tidak fokus menyimak dan tidak hapal peta dunia, nilainya bisa kecil. Di sesi ini, kesempatan memperbaiki jawaban juga dua kali. Setiap satu pertanyaan terjawab akan ada hasil nilainya.

Sesi selanjutnya adalah dialog. Dialognya pun hanya tentang nama dan asal Negara. Di sesi ini pun sama, ada tes yang harus dijawab seputar dialog. Kesempatan memperbaiki jawaban juga dua kali. Dialog selesai dilanjutkan pelajaran tentang jenis kelamin dan posisi, yaitu sebelah kanan dan kiri. Nanti ada pertanyaannya juga setelah materi itu.


Pronouncation juga ada di pelajaran kedua. Namanya sesi speaking. Kita harus bisa mengulangi setiap kata yang diucapkan dengan tepat. Ada dua kali kesempatan untuk memperbaiki pengucapan yang menurut sistem tidak pas.

Waktu sesi speaking ini, saya berkali-kali salah. Pelajaran pun terhenti. Saya harus kembali dari awal untuk mengulanginya. Saya tidak bisa kembali pada sesi tertentu saja. Ini agak merepotkan menurut saya. Oh ya, sesi dialog ada dua kali dan isinya sama. Seandainya tokoh-tokohnya berbeda, pasti lebih menarik.


Secara garis besar, aplikasi Neo Study ini mudah dioperasikan. Gambar-gambarnya menarik dan yang utama ada sesi speaking. Sesi ini sangat membantu saya melatih pengucapan kosa kata bahasa Inggris supaya lebih pede saat praktik secara lisan. Neo Study juga punya fasilitas tes bahasa Inggris gratis, caranya masuk ke myneo.space. Di link ini, ada placement test yang bisa kita ikuti. Isinya kumpulan soal listening dan mengisi bagian rumpang.

Aplikasi ini sangat membantu siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, terutama para eksekutif. Dengan fasih berbahasa Inggris lisan dan tulisan, karier pasti melesat lebih cepat.





12 comments:

  1. Aplikasinya bermanfaat banget buat yg mau belajar bahasa inggris.
    Gpp berbayar asalkan sebanding yah mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, selalu ada pengorbanan untuk kesuksesan.eaa..

      Delete
  2. Biasanya aplikasi berbayar karena kualitas oke dan ngga ada iklan. Bermanfaat artikelnya untuk belajar bahasa inggris

    ReplyDelete
  3. Wah mau install, aku juga mau belajar Bahasa inggris yang telah hilang, hiks dulu lumayan lancar, sekarang enggak lagi hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo install,Mbak. Bahasa memang harus praktik terus supaya ga lupa ya

      Delete
  4. Bermanfaat, saya malah baru tahu ini apknya, tapi saya rasa hasilnya gak mengecewakan, sesuai lah karena berbayar. Semoga dengan adanya aplikasi ini bisa membantu ya, Teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas. Bisa coba gratisannya dulu di link yang saya cantumkan di tulisan :)

      Delete
  5. Kebetulan lagi cari aplikasi bahasa Inggris. Mbak apakah ini bisa buat anak2?> Lalu kalau berbayar beli berapa ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini lebih cocok untuk remaja dan usia di atasnya, Mbak. Bisa dicek di Playstore untuk harganya. Ribuan maaf baru balas...

      Delete
  6. Sepertinya bagus aplikasinya. Saya sendiri juga pakai aplikasi untuk belajar bahasa Finlandia.

    ReplyDelete