Friday, August 9, 2019

Perencanaan Keuangan Keluarga Agar Segera Terbebas dari Lilitan Hutang

Masalah keuangan yang dialami sebuah keluarga atau rumah tangga memang berbeda-beda. Salah satunya adalah terlalu boros mengakibatkan terlilit hutang. Pada dasarnya, berhutang adalah hal yang normal saja terjadi. Kadangkala seseorang tidak memiliki dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga terpaksa harus berhutang untuk membiayai hidupnya. Hanya saja jika jumlahnya sudah bertumpuk begitu besar, ia sulit melunasi hutangnya. Kondisi tersebut tentu akan membebani hidupnya bukan? Itulah alasan perlunya perencanaan keuangan keluarga yang benar.

minews.id

Di Indonesia, banyak lembaga keuangan yang menawarkan berbagai macam produk pinjaman, di antaranya adalah pinjaman berbasis agunan sampai dengan pinjaman tanpa agunan. Namun, apakah sebenarnya ini jalan keluar terbaik untuk melunasi hutang? Jawabannya tidak. Meminjam pada lembaga keuangan sama artinya dengan gali lubang tutup lubang. Tindakan ini akan memperparah kondisi finansial.


Tips Cepat Melunasi Hutang

Berikut ini diantaranya beberapa upaya untuk segera melunasi hutang keluarga Anda dengan cepat yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Menganggarkan pengeluaran bulanan seminimal mungkin. dalam setiap rumah tangga tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada begitu banyak jenis kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai diantaranya adalah kebutuhan pokok hingga kebutuhan pelengkap lainnya.


2. mulailah untuk membenahi catatan pengeluaran Anda, ada baiknya diganti dengan yang baru dan upayakan agar memangkas pengeluaran agar jadi seminim mungkin, sehingga lebih banyak uang yang dapat di save atau digunakan membayar hutang.

3. Berhemat di berbagai sisi, tak hanya dalam hal belanja kebutuhan pokok saja, melainkan penghematan ini juga dapat dilakukan di beberapa komponen lain, mulai diantaranya adalah penggunaan listrik dan yang lainnya, meskipun tidak begitu besar, namun tetap saja ada beban pengeluaran yang dapat ditekan. Begitu juga dengan hal-hal kecil layaknya


4. menyiapkan bekal untuk suami maupun anak-anak, sehingga nantinya tidak jajan sembarangan di luar, cukup efektif dalam menghemat uang bukan.

5. Cari penghasilan tambahan, di zaman yang modern seperti sekarang ini sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan income tambahan, seperti diantaranya adalah dengan memanfaatkan passion yang dimiliki untuk menjadi seorang freelancer,


6. kemudian juga Anda dapat mencoba menjajal bisnis tanpa modal layaknya menjual barang secara online dan sejenisnya. Jadi nantinya income untuk keluarga juga akan bertambah banyak, sebagian dapat digunakan untuk melunasi hutang.

7. Batasi pemakaian kartu kredit, bahkan jika bisa hindari menggunakan credit card untuk setiap transaksi keuangan atau pembayaran Anda, karena meskipun di satu sisi sebenarnya cukup menolong, namun tentunya Anda juga tahu bahwa setiap pembayaran dengan kartu yang satu ini selalu menyertakan adanya bunga bukan, semakin sering digunakan semakin banyak bunga yang harus dibayarkan.

8. Cerdas saat berbelanja kebutuhan, diantaranya adalah dengan mencari toko yang menjual berbagai macam kebutuhan dengan harga yang lebih murah. Jika biasanya Anda berbelanja kebutuhan sehari-hari di swalayan atau super market, maka sekarang dapat menggantinya dengan berbelanja ke pasar tradisional karena harga berbagai macam kebutuhan disana tergolong sangatlah murah.

Dengan perencanaan keuangan keluarga di atas nantinya akan mempercepat Anda untuk terbebas dari jeratan hutang. Jika nilai hutang sudah cukup tinggi dan sifatnya hutang produktif ada baiknya untuk mempertimbangkan menjual aset yang dimiliki untuk segera menutupnya.

No comments:

Post a Comment