Enam Cara Cepat Memproses Klaim Asuransi Allianz

Banyak hal yang membuat masyarakat enggan untuk membeli produk asuransi, salah satu diantaranya adalah sifat atau manfaat yang didapatkan tidak pasti, sebut saja diantaranya adalah saat sudah membeli produk asuransi dan juga sudah rutin dalam membayar preminya, namun ternyata klaimnya ditolak.

Perusahaan yang menolak pengajuan klaim asuransi ini sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai diantaranya adalah dokumen tidak lengkap, kemudian juga dikarenakan oleh prosedur pengajuan yang dilakukan salah. Untuk itu penting mengenal tata caranya terlebih dahulu. Bahkan klaim asuransi Allianz sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. 

klaim asuransi allianz
dok.unsplash.com

Allianz ini termasuk salah satu perusahaan asuransi yang memiliki nasabah begitu banyak di Indonesia bahkan juga luar negeri, karena perusahaan asuransi tersebut memang sudah mendunia. Sehingga memungkinkan Anda untuk merasa aman membeli produk asuransi dari mereka, karena sudah ada jaminan terpercaya. Produk asuransi yang ditawarkan oleh Allianz ini sendiri nyatanya juga terbilang begitu banyak, mulai diantaranya adalah asuransi jiwa, kesehatan, produk asuransi umum, asuransi syariah dan masih banyak lagi diantaranya. 

Berbicara mengenai prosedur klaim asuransi Allianz ini sendiri sebenarnya sangatlah mudah, tergantung dari jenis asuransinya. Namun ada beberapa kiat atau cara agar nantinya klaim asuransi jiwa dan juga kesehatan Anda ke Allianz ini bisa cepat diproses.

Enam Cara Cepat Memproses Klaim Asuransi


1. Simpanlah buku polis asuransi yang dimiliki tersebut ke tempat yang aman.

Hal ini sangatlah penting sehingga jika sewaktu-waktu nantinya Anda ingin melakukan klaim pada asuransi tersebut juga bisa secara mudah menemukan buku polisnya. Utamanya jangan menyimpan sendiri, melainkan juga memberitahu pasangan dimana buku asuransi tersebut disimpan. 

2. Rutin dalam membayar premi asuransi.

Wajib kita ketahui bahwa klaim ini hanya bisa dilakukan jika seandainya polis dalam kondisi yang aktif. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan polis asuransi Anda tidak aktif, salah satu diantaranya adalah karena tidak rutin dalam membayar premi. Jika seandainya kondisi polis tersebut tengah tidak aktif, sudah pasti nantinya klaim juga akan ditolak. 

3. Melengkapi semua dokumen yang termasuk dalam syarat Anda untuk mengajukan klaim asuransi.

Berbeda jenis asuransi yang akan diklaim maka syarat yang diberikan nyatanya juga berbeda-beda. Untuk itu maka wajib bagi Anda di dalam membaca terlebih dahulu ketentuan atau syarat apa sajakah yang dibutuhkan dalam mengajukan klaim asuransinya. 

4. Pastikan bahwa semua informasi yang tertulis di dalam form pengajuan klaim tersebut benar sesuai dengan kondisi yang sebenar-benarnya.

 Pengajuan klaim asuransi akan ditolak jika ada informasi yang salah dalam formulir pengajuan klaim. Jadi, kita harus teliti dan cermat saat mengisinya. 

5. Beritahu atau ajari pasangan maupun anak-anak Anda terkait dengan prosedur dalam mengajukan klaim asuransi ini. 

Apabila anggota keluarga memahami prosedur pengajuan klaim asuransi, prosesnya pengurusan administrasi dan berbagai hal berkaitan dengan pengajuan klaim akan jauh lebih mudah dilakukan.

6. Pastikan juga jangan pernah melakukan tindak kecurangan asuransi dalam mengajukan klaim.

Semua tindak kecurangan pasti akan terdeteksi karena kecanggihan teknologi yang dimiliki perusahaan asuransi. Akibatnya tentu saja pengajuan klaim ditolak. Bahkan akan dikenai dengan sanksi hukum yang berlaku. 

---

Pastikan untuk menerapkan enam hal di atas jika ingin ajukan klaim asuransi Allianz ini. ingat bahwa pada dasarnya tidak semua pengajuan klaim akan langsung diterima begitu saja, mempertimbangkan berbagai macam faktor juga, sehingga sebagai tertanggung atau ahli waris harus cermat sebelum nantinya mengajukan klaim yang sudah menjadi hak Anda tersebut. 

No comments