Sunday, September 23, 2018

Akhir Pekan Berfaedah Bersama Azalea Hijab Care dan Bandung Hijab Blogger

Apa masalah rambut yang paling sering dialami hijaber? Jawabannya pasti kerontokan rambut. Mengapa saya seyakin itu? Keyakinan ini berasal dari membaca dan mendengar berbagai keluh kesah hijaber tentang rambutnya.

Saya bersyukur, saya tidak sendiri. Rambut rontok ini sering membuat saya merasa tidak nyaman. Bukan kebotakan yang saya khawatirkan, melainkan rasa sebal karena selalu saja ada helaian-helaian rambut di lantai setiap hari. beum lagi helaian rambut yang tertinggal di gigi-gigi sisir.

Dari tulisan tentang kerontokan rambut yang pernah saya baca, dijelaskan bahwa rambut rontok sebenarnya peristiwa alami belaka. Helaian rambut akan rontok setiap hari karena terjadi regenerasi. Seratus heai rambut yang rontok setiap hari merupakan jumlah yang wajar. Maksimal memang seratus helai.

Saya belum pernah menghitung berapa helai rambut yang rontok setiap hari. Namun, dari banyaknya helaian yang jatuh ke lantai dan yang tertinggal di gigi-gigi sisir, bisa jadi ada seratus helai lebih yang rontok setiap hari.

Selama itu pula, saya mengamati banyak iklan shampoo khusus hijaber ditawarkan di berbagai media. Saya belum menjatuhkan pilihan pada salah satu merek hingga pada suatu akhir pekan, salah satu pendiri Bandung Hijab Blogger, Rara Febtarinar, mengajak saya hadir di acara Azalea Hijab Dating with Bandung Hijab Blogger.


www.siswiyantisugi.com
pengisi materi acara dan MC (dok.pribadi))


Saya langsung tertarik untuk hadir. Saya pikir ini adalah kesempatan bagus untuk mengenal lebih banyak tentang Azalea Shampoo sebagai salah satu brand shampoo hijab dan shampoo halal. Saya berharap semoga ada wawasan baru seputar perawatan rambut pada acara tersebut. 

Tidak hanya membahas seputar perawatan rambut dari Azalea yag diwakili Teh Sarah, event Azalea Hijab Dating with Bandung Hijab Blogger ini juga berisi workshop fotografi dan teknik penulisan untuk blogger. Dua hal yang sangat krusial bagi blogger karena idealnya seorang blogger bisa menulis kalimat efektif dan memperkaya isi tulisannya dengan foto-foto bercerita.


Sekilas Tentang Bandung Hijab Blogger

Acara ini berlokasi di Rumah Makeupuccino pada hari Sabtu, 15 September 2018. Rara dan Nesa membuka acara sekaligus menceritakan secara singkat tentang komunitas Bandung Hijab Blogger. Bermula dari banyaknya permintaan minta diajari ngeblog, dua gadis ini pun membagi ilmu blogging mereka melalui Bandung Hijab Blogger (BHB). Mereka menyebutnya berbagi ilmu, bukan mengajari. 

www.siswiyantisugi.com
Rara dan Nesa (dok. @alteregovaxproduction)

Komunitas BHB berdiri tahun 2018 digagas oleh Rara Febtarinar. Dalam misinya, BHB bermaksud menjadi fasilitator bagi para blogger perempuan Bandung, khususnya yang berhijab untuk terus meningkatkan kemampuan blogging mereka. BHB terbuka untuk siapa pun yang ingin belajar blogging, bahkan kalau belum punya blog juga tetep bisa gabung di @bandunghijabblogger.



Tips Perawatan Rambut dari Azalea Hijab Care

Usai acara perkenalan, mulailah Teh Sarah menjelaskan Azalea Hair Hijab dan Body Mist sebagai rangkaian perawatan rambut bagi hijaber. Azalea Shampoo merupakan sister brand dari produk perawatan rambut Natur. Makanya ada tulisan Inspired by Natur di goodie bag-nya. 

Sebagai The Real Hijab Hair Care, Azalea Shampoo mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan rambut agar senantiasa sehat dan indah. Kandungan itu di antaranya adalah minyak zaitun dan ginseng. Teh Sarah juga menjelaskan cara mengatasi kerontokan rambut yang berlebihan. Agar rambut rontoknya tidak lebih dari seratus helai, biasakan rambut disisir dulu sebelum keramas. Jangan menyisir rambut saat basah karena rambut akan mudah patah dan rontok. Gunakan shampoo yang mengandung ginseng untuk menguatkan akar rambut. Selain itu, perhatikan juga nutrisi makanan yang dikonsumsi.

www.siswiyantisugi.com
dok.pribadi


Rangkaian Azalea hijab care adalah Azalea Shampoo dan hijab mist. Saya suka wangi shampoo dan hijab mist-nya. Segar dan tahan lama. Rambut saya menjadi tidak lepek, tapi juga tidak terlalu mengembang. Dengan pemakaian teratur, kandungan ginseng di dalamnya akan menguatkan akar rambut saya. Hari-hari dengan helaian rambut yang rontok pun akan teratasi.




Kiat Menulis bagi Blogger

Rangkaian acara selanjutnya adalah kiat menulis dari Dyah Prameswari. Mbak Dyah, biasa saya menyapanya, awalnya adalah seorang penulis buku. Salah satu bukunya yang pernah saya baca adalah novel drama berjudul Dua Kisah di Mata Fe. Dua kisah atau dua dunia, saya lupa persisnya. Ia juga banyak menulis buku anak. Buku terbarunya berkisah tentang kuliner berjudul Djuru Masak. Buku fiksi Djuru Masak ini juga meneguhkan posisinya sebagai foodie blogger yang andal. Saya suka banget lihat foto-foto makanan di blognya. ^^

www.siswiyantisugi.com
Rara Febtarinar dan Dyah Prameswari (dok. pribadi)
Mbak Dyah menekankan pentingnya blogger menulis sesuai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Selain itu, blogger juga harus bisa membedakan kata depan dan kata imbuhan. Penulisan di sebagai kata depan tentu berbeda dengan di  sebagai kata berimbuhan. Kiki diterima bekerja di perusahaan multinasional. Silakan dicermati penggunaan di  sebagai kata depan dan kata imbuhan pada contoh kalimat di atas. 

Tips Fotografi untuk Blogger


www.siswiyantisugi.com
Nadia Putri dari Lensa Kreatif Bandung (dok.pribadi)
Nah, tibalah waktunya menyimak tips fotografi dari Teh Nadia Putri. Dari sekian banyak tips yang ia jelaskan, ada tiga tips yang paling saya ingat. 
  • Pemilihan waktu memotret, yaitu pukul 8-9 pagi dan 4-5 sore. Mengapa? karena pada jam-jam tersebut, pencahayaan alaminya bagus untuk foto kita. 
  • Gunakan repeat colour sebagai bahan tambahan latar foto. Maksimal dua repeat colour dan harus senada dengan objek yang akan kita foto. 
  • Biasakan mengedit foto sebelum diposting di media sosial atau di blog. Kita bisa menggunakan aplikasi edit foto, seperti snapseed, agar hasil foto lebih bagus.
Tiga acara inti selesai, games pun hadir untuk menyegarkan suasana. Kebetulan saya ikutan di salah satu games itu. Permainan menyebutkan tiga kata dengan sangat cepat sebanyak sepuluh kali. Horee..saya berhasil. Hadiahnya paket perawatan rambut dari Natur. Senangnya, saya makin semangat merawat rambut nih ^^

Saat matahari sudah makin tinggi, acara pun berakhir. Ditutup dengan foto bersama, semua peserta melanjutkan aktivitasnya masing-masing. Terima kasih BHB dan para pemateri untuk akhir pekan penuh faedah. Sampai jumpa di lain kesempatan ^^

www.siswiyantisugi.com
dok. BHB

No comments:

Post a Comment