Tips Mengatasi Rambut Rontok

Sebagian besar perempuan pasti setuju dengan slogan rambut adalah mahkota. Baik berhijab mauipun tidak, ia peduli pada rambutnya. Namun, bagaimana jika mengalami masalah rambut rontok berlebih

Sebenarnya rambut rontok adalah peristiwa alamiah yang terjadi pada setiap orang. Selama tidak lebih dari 100 helai per hari, rontok itu tidak masalah. Kondisinya menjadi berbeda ketika rambut yang rontok dalam sehari lebih dari 100 helai. 

Mungkin ada yang berpikir tentang cara menghitung helaian rambut rontoknya untuk memastikan rambutnya baik - baik saja. Helaian rambut yang rontok kalau dihitung bisa habis sia - sia waktu kita. Jadi, apa yang bisa dilakukan agar rambut kita kuat hingga ke akarnya?



rambut rontok berlebih
dok: republika.co.id


  Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. rutin keramas 

Kulit kepala kita harus bersih agar pertumbuhan rambut tetap sehat. Akumulasi keringat yang menumpuk di kulit kepala menyebabkan rambut rentan dehidrasi. Kondisi itu pada akhirnya mempercepat rambut rontok.


rambut rontok berlebih
dok: merdeka.com

Kebersihan rambut yang buruk dan jumlah keringat berlebih  menimbulkan berbagai masalah pada rambut. Jika kulit kepala tidak dicuci secara teratur, sel-sel kulit mati, minyak, dan keringat dapat menyebabkan ketombe dan rambut rontok.


2. gunakan produk perawatan rambut yang mengandung mint

Agar kulit kepala tidak berminyak, gunakan perawatan rambut berbahan alami yang memberikan kesegaran.

rambut rontok berlebih
dok:bungabunga.co.id

Salah satu bahan alami yang paling sempurna menghilangkan kulit kepala berminyak adalah mint. Selain memberikan sensasi segar dan mengurangi minyak, mint dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

3. gunakan masker rambut

Untuk menyempurnakan perawatan rambut rontok, masker wajib ada dalam daftar. Kita bisa membuat sendiri masker ini. Ada beberapa bahan alami sebagai bahan dasar pembuatan masker rambut. Beberapa bahan tersebut adalah kelapa, lidah buaya, telur, teh hijau, bawang merah, dan bawang putih. 





Selain membuat sendiri, kita juga bisa menggunakan masker rambut yang sudah dijual bebas di pasaran. Masker rambut ini sebaiknya digunakan sekali seminggu. Berbeda dengan conditioner yang digunakan di helai - helai rambut, masker digunakan di kulit kepala kita. 

Baca juga Lima Masker Rambut Alami dan Cara Membuatnya

4. pilih hair tonic yang cocok untuk jenis rambut

Hair tonic bermanfaat untuk menyuburkan, memanjangkan, dan mengatasi masalah rambut, seperti rontok dan ketombe. Hair tonic berupa cairan yang diaplikasikan ke kulit kepala. 



rambut rontok berlebih
dok : bukalapak.com

Saat mengaplikasikan hair tonic, pijat kulit kepala dengan lembut. Pijatan itu bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit kepala. 

5. hindari menyisir rambut saat masih basah

Menyisir rambut saat masih basah akan membuat rambut kita mudah patah dan rontok. Tunggulah rambut  setengah kering lebih dulu baru menyisirnya. Gunakan sisir bergigi jarang saat rambut setengah kering agar mudah menyisirnya.



rambut rontok berlebih
dok : today.line.me

Selain itu, bagi kamu yang berhijab, hindari mengenakan hijab dengan kondisi rambut masih basah. Lembapnya rambut basah menyebabkan rambut lepek dan apek yang memicu ketombe. Ketombe akan menutupi folikel rambut sehingga rambut tidak bisa tumbuh dan menjadi rontok. 

6. jangan telalu sering menggunakan pengering rambut / hair dryer

Panas yang berlebih dari hair dryer bisa merusak kelembapan rambut. Akibatnya, rambut mudah patah. Gunakan setelan panas yang paling rendah jika memang harus menggunakan hair dryer. 


https://siswiyantisugi.com
dok : geekpomade.com
Sebenarnya kita bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan rambut. Kipas angin tidak memiliki suhu panas yang bisa merusak kelembapan rambut.

6. jangan mengikat rambut terlalu kencang


https://siswiyantisugi.com
dok : popbela.com
Mengikat rambut menjadi salah satu cara mengusir gerah atau agar rambut lebih rapi. Namun, kunciran bisa membuat rambut tertarik sehingga mudah rontok. Jika memang terpaksa harus mengikat rambut, kita bisa jepit besar untuk menjepitnya agar tidak terlalu kencan

7. keramas dengan air dingin

Sebagian orang memilih keramas dengan air dingin karena menyegarkan. Ternyata air dingin mempunyai beragam manfaat untuk rambut. Salah satunya adalah mencegah kerontokan rambut. Air dingin yang mengguyur kepala kita meninggalkan suhu dingin pada kepala. 

Suhu kepala yang dingin akan melancarkan peredaran darah. Darah mengandung nutrisi dan zat-zat yang diperlukan sel serta jaringan di kulit kepala untuk menjaga kekuatan akar rambut. Selain menjaga kekuatan akar rambut, nutrisi-nutrisi tersebut juga mampu merawat rambut agar tetap halus dan berkilau alami.

Namun, air dingin juga bisa membuat rambut jadi lebih cepat lepek dan berminyak. Kalau kamu punya tipe rambut lemas, keramas dengan air dingin mungkin bukan solusi terbaik. 

14 comments

  1. Actually hair loss is a natural event that happens to everyone. For no more than 100 strokes per day, it doesn't matter.

    ReplyDelete
  2. Iya ka perawatan penting bisa drumah dgn sampo,conditioner dan masker rambut yg tepat

    ReplyDelete
  3. Saya paling sedih kalau rambut rontok Mbak. Kalau ronton sedikit sih gapapa... tapi beberapa bulan sekali, rontoknya parah. Kayak sekarang nih, sedang rontok parah. Pengen nangis di pojokan.
    Mau beli Natur aaah....

    ReplyDelete
  4. Wah iya juga ya, dulu suka pakai Natur... kok sekarang lupa.
    Natur sekarang punya produk2 baru, tapi istiqomah di rambut rontok. Keren laaah

    ReplyDelete
  5. wah makasih banyak tipsnya pantesan yaa rambutku tuh suka lepek, soalnya aku sering banget tuh habis keramas langsung pakai jilbab, karena padat aktivitas jadi nggak sempat nunggu kering

    ReplyDelete
  6. Bagi wanita, rambut adalah mahkota jadi kudu banget untuk menjaga kesehatan rambut. Kerontokan adalah ketakutan tersendiri apalagi kalau udah ngga normal. Kudu ngelakuain perawatan ekstra dan khusus

    ReplyDelete
  7. Ooooh yang mengandung mint ya
    Kubaru tahu. Biasanya aku ambil yg anti rambut rontok, tanpa tahu kandungan utamanya hha

    ReplyDelete
  8. Dulu pernah melewati fase2 ini.. sampe akhirnya tiap rambut panjang dikit langsung potong, daripada stresss hehehe

    ReplyDelete
  9. Saya termasuk yang gak begitu merhatiin rambut rontok. Karena rambut saya cukup banyak, Teh hihihi
    Tapi saya juga mengusahakan agar rambut gak rontok, caranya dengan shampo dan gak sisiran saat rambut masih basah

    ReplyDelete
  10. Kalau rambut rontok memang mesti lebih intens dirawat yah, sejak melahirkan anak pertama, rambut rontok nih, pengen rambut tebal kayak dulu lagi tapi suka males perawatan

    ReplyDelete
  11. Akhir2 ini saya juga rajin pakai tonik dan masker buat merawat rambut mbak. Tapi aku potong pendek dulu rambutku, harapannya pas tumbuh panjang jd lbh baik hehe

    ReplyDelete
  12. Aku takut, teh...mau mandi pakai air dingin.
    Padahal daerah rumahku ini daerah panasnya Bandung loo...tapi tetep, abis mandi pakai air dingin, badan langsung merespons panas-dingin.
    Tapi masalah rambut ini aku bangeett!
    Sedih setiap nyapu selalu rambut aku yang numpuk banyaaakk...huhuu~

    ReplyDelete
  13. Aku takut, teh...mau mandi pakai air dingin.
    Padahal daerah rumahku ini daerah panasnya Bandung loo...tapi tetep, abis mandi pakai air dingin, badan langsung merespons panas-dingin.
    Tapi masalah rambut ini aku bangeett!
    Sedih setiap nyapu selalu rambut aku yang numpuk banyaaakk...huhuu~

    ReplyDelete