Featured Slider

Perhatikan! Begini Cara Menyusui Bayi dengan Benar

Semua ibu yang baru saja melahirkan pasti merasakan perjuangan luar biasa menjalani masa belajar cara menyusui bayi dengan benar.  Sebenernya sih bukan ibu baru saja, ibu yang sudah melahirkan sebelumnya lalu lebih dari lima tahun baru melahirkan lagi, biasanya mengalami masa 'repot' menyusui bayi.

Mengapa menyusui bayi tidak mudah? secara teknis, bayi tentu perlu penyesuaian mengenal lingkungan baru. Salah satunya mengenal posisi puting ibu agar bisa ia hisap dengan sempurna. Mengapa harus sempurna? Tentu saja agar bayi bisa cukup makan minum dari ASI.

Jadi, bagaimana sih cara menyusui bayi dengan benar? Yuk, simak caranya berikut ini.

Cara Menyusui Bayi dengan Benar

Menyusui sebenarnya tidak sekadar memberi ASI agar bayi kenyang. Namun, ada ikatan psikologis juga spiritual antara ibu dan bayi. Jalinan emosional yang kuat antara ibu dan bayi akan melekat seumur hidup keduanya. Bahkan bagi saya, bonding itu lebih terasa setelah anak-anak saya lulus ASI di usia dua tahun. Jadi, aktivitas menyusui semacam gerbang bagi ibu dan bayi untuk saling mengenal secara lahir dan batin.

Dalam praktiknya, ibu harus mengetahui cara menyusui bayi secara teknis. Ibu harus bisa mengatur posisi bayi agar bisa mengisap puting dengan benar dan tepat. Berikut ini cara menyusui bayi dengan benar.


cara menyusui bayi dengan benar

1. Posisi Bayi

Pernahkah ibu merasa kesakitan saat bayi mengisap puting? Adakalanya puting menjadi lecet. Bahkan pada sebagian ibu, putingnya berdarah juga. Betapa menyusui amat menyakitkan sehingga sebagian ibu tak kuat menahan sakit lalu menyerahkan pemenuhan nutrisi buah hatinya pada susu formula.

Saya mengalami masa kesakitan ini. Setiap menyusui, rasanya saya sedang menjalankan ujian mengatasi rasa sakit yang luar biasa. Ada yang bilang lidah bayi masih tajam makanya puting ibu sakit saat ia menyusui. Ternyata pendapat itu keliru. Apa sebenarnya yang terjadi? Cara ibu memosisikan dan melekatkan bayi yang harus dibenahi.

  • Posisikan diri ibu senyaman mungkin. Ibu bisa bersandar, menggunakan bantalan, atau memakai bangku kecil untuk menyangga kaki agar kaki tidak bergantung saat menyusui. Tempatkan pula barang-barang yang dibutuhkan sedekat mungkin dengan ibu agar mudah menjangkaunya saat perlu.
  • Ibu memosisikan kepala bayi pada sepertiga atas lengan bawah di sisi payudara yang sama. Bayi berbaring miring menghadap ibu. Perut ibu menempel pada perut bayi. Dada ibu pun menempel pada dada bayi,wajahnya menghadap payudara ibu, serta hidung bayi menghadap puting.
  • Sangga seluruh tubuh bayi dengan baik. Bila bayinya sangat kecil, ibu bisa menyangganya dengan satu lengan. Apabila bayinya besar, ibu bisa menyangga dengan dua lengan. Saya biasanya menggunakan bantal besar yang diletakkan di pangkuan supaya lengan ngga pegel saat menyangga bayi.
  • Ketika satu lengan menyangga bayi, pegang payudara dengan tangan yang lain. Ibu jari di atas aerola atas, sedangkan empat jari lainnya menyangga payudara di bagian bawah. Tujuannya untuk mengangkat payudara dan puting mengarah ke atas.
  • Dekatkan bayi ke ibu. Rangsang bayi agar membuka mulutnya dengan menyentuhkan puting pada bibirnya. Biasanya setelah lebih dari satu minggu, bayi akan refleks membuka mulut ketika sudah didekatkan pada puting.
  • Ciri penting menyusui yang benar adalah puting hingga aerola masuk dalam mulut bayi. Dalam kondisi ini, makin banyak saluran ASI yang masuk dalam mulut bayi. Ujung puting berada pada langit-langit lunak bayi. 
2. Posisi Ibu

  • Berbaring menyamping (side-lying)
Posisi ini membantu ibu beristirahat apalagi setelah persalinan caesar. Berbaring dalam posisi samping juga menjaga hidung bayi tetap di depan puting ibu. Bayi tidak perlu menolehkan lehernya untuk mencapai payudara.
  • Posisi cradle
Lengan bawah bayi berada di samping ibu. Jaga kepala bayi agar tidak terlalu jauh masuk ke dalam siku ibu. Tujuannya agar bayi tetap melekat pada dada ibu.
  • Posisi lengan menyilang (cross arm position)
Posisi ini bermanfaat untuk bayi kecil atau saat ia sedang sakit. Ibu dapat mengontrol kepala dan tubuh bayi. Perhatikan jaga agar kepala bayi tidak dipegang terlalu kuat sehingga bayi sulit bergerak.
  • Posisi di bawah lengan (under arm position)
Ibu bisa memilih posisi ini apabila mempunyai bayi kembar. Tujuannya ibu dapat melihat perlekatan kedua bayinya saat menyusui dengan baik. Pastikan leher bayi tidak tertekuk saat menyusu.

3. Perlekatan Ibu dengan Bayi
Berikut ini beberapa tanda penting yang menunjukkan bayi melekat dengan baik dan benar saat menyusu.
  • Dagu bayi menyentuh payudara ibu
  • Mulut bayi terbuka lebar
  • Aerola bagian bawah lebih banyak masuk ke mulut bayi ketimbang aerola bagian atas
  • Bayi mengisap dengan pelan, berirama, dan tidak ada suara berdecak. Ini yang sangat penting. Ibu tidak merasa nyeri.

4. Frekuensi Menyusui

Semakin sering bayi menyusu semakin banyak produksi ASI. Tak ada patokan berapa lama dan berarapa kali dalam sehari bayi menyusu. Susui bayi dengan payudara bergantian. Tujuannya agar payudara tidak besar sebelah dan puting bisa muncul sempurna. 

Sebagian ibu yang menyusui di salah satu payudara saja biasanya payudara yang sering digunakan menyusui lebih besar ketimbang yang tidak. Jadi, kalau penyebab sulit menyusui karena puting tidak muncul, sebenarnya jalan keluarnya adalah terus mengupayakan menyusui dengan puting tersebut. Tujuannya tentu menstimulus puting agar terus ditarik keluar lewat isapan bayi secara kontinyu.

Ibu harus mengenali tanda-tanda lapar bayi. Ingat ibu, bayi menangis tidak selalu berarti lapar. Apabila kuantitas ASI masih sedikit saat baru melahirkan, tidak perlu khawatir. Sebagian ibu memerlukan sekitar 6 minggu sampai pasokan ASI-nya lancar.

Di rentang 6 minggu itu, ibu dan bayi bisa saling belajar cara menyusui dan menyusu dengan baik. Tenangkan pikiran. Abaikan berbagai opini yang dilontarkan orang-orang sekitar bahkan orang-orang terdekat. Fokus pada bayi dan konsumsi makanan bergizi booster ASI dan mood ibu :)

Bayi yang mendapat ASI cukup akan sering buang air kecil (6-8 kali sehari) dan buang air besar. ASI yang cukup pada bayi dapat dilihat dari pertambahan berat dan tinggi badan sesuai usianya. 

---
Referensi :
1. Satgas ASI IDAI
2. Buku Kesehatan Ibu Anak (KIA)

How to Choose Comfortable Sportswear

The pandemic isn't over yet. We still have to be vigilant. Although we have been vaccinated, we must stay healthy and fit. So, what should we do? 

Yeah, right! We have to exercise routine. For your information, exercise every day makes the blood flow. But, make sure, your exercise not excessively.


To get used to exercising every day, we can do moderate-intensity exercise. According to the American College of Sports Medicine (ACSM), we can wear a heart rate monitor or fitness tracker to help you determine if you do moderate-intensity exercise.


how to choose comfortable sportswear
dok.lover-beauty.com

Moderate exercise can include activities like 

  • walking
  • raking leaves
  • water aerobics
  • swimming laps
  • bicycling
  • dancing fast

Which one have you done every day?


The important thing is sometimes we don't care about what we wear when we do exercise.


For the best result, good for you to wear sportswear that suits your body. We can choose butt lifter shapewear


how to choose your comfortable sportswear
dok. https://www.lover-beauty.com/butt-lifters/

Why butt lifter shapewear?


Butt lifter shapewear will make your body slim and sexy. You will immediately get a slim waist, flat stomach, and perfectly sexy butt. 


It works to minimize tummy and give a good front silhouette. You can wear any clothes for any events. 


One of the goals of exercising is to have a beautiful body shape, right? Butt lifter shapewear can support your effort to reach those goals.


https://www.lover-beauty.com/sportswear/

What kind of sportswear can we wear for exercise? Let's dive in.


1. a sports bra that has minimal shocks. We need a supportive and comfort bra which can improve ours overall workout experience. 


2. tank top to move more freely


3. comfortable shirt


4. stretchy leggings


5. The material absorbs sweat


6. adjust to the type of sport that is done


So, that's the wholesale sportswear to suggest you. Hope with that sportswear, your passion to exercise will.







 


















Biaya Dokter THT di Purwodadi yang Relatif Terjangkau

Berapa biaya dokter THT di Purwodadi? Biasanya biaya periksa di dokter THT itu mahal. Biaya konsultasinya saja minimal Rp 150 ribu. Itu untuk dokter THT yang belum populer. Bagaimana dengan dokter THT yang sudah sangat populer di suatu wilayah? 


biaya dokter THT Purwodadi
 biaya dokter THT di Purwodadi (dok.pixtastock.com)

Biaya periksa dokter THT di Purwodadi bisa menjadi referensi untuk masyarakat Purwodadi dan sekitarnya. Dokter THT termasuk dokter spesialis maka biayanya rata-rata mahal . Namun, tetap saja biaya periksa dokter THT di Purwodadi ada yang memasang tarif terjangkau.

Biaya Dokter THT di Purwodadi

Dokter THT Purwodadi adalah dokter spesialis yang menangani keluhan seputar telinga, hidung, dan tenggorokan. 

Secara anatomi, telinga, hidung, dan tenggorokan terhubung satu sama lain. Saat kita flu berat, tenggorokan terasa gatal dan hidung berair alias pilek. Apabila gendang telinga kita bermasalah, saat flu,  telinga kita pun terasa sakit. 

Namun, sakit flu biasanya bukan alasan spesifik pasien untuk memeriksakan diri ke dokter THT. Ada beberapa indikasi yang membuat kita wajib berkonsultasi dengan dokter THT.
  1. Terjadi penyumbatan parah pada hidung sampai kesulitan bernapas
  2. Berkurangnya kepekaan penciuman 
  3. Telinga berdengung terus menerus dan terasa perih
  4. Berkurangnya ketajaman pendengaran
  5. Kesulitan menelan dan terasa perih di tenggorokan
  6. Perih di wilayah telinga, hidung, dan tenggorokan sehingga mengusik kegiatan sehari-hari.
Tindakan medis yang dilakukan untuk keluhan-keluhan tersebut sebagai berikut.
  • BERA (Brainstem Evoked Response Audiometry)
         BERA adalah metode yang digunakan untuk mengevaluasi jalur pendengaran dari organ akhir perifer melalui batang otak. 

Ibu saya sedang dalam agenda akan diperiksa menggunakan metode BERA ini. Beliau sering mengeluhkan telinganya berdenging hingga terasa di kepala.
  • Bedah THT
Ini adalah tindakan yang dilakukan dokter THT saat memeriksa secara spesifik kondisi telinga pasien sesuai keluhan yang dirasakan.
  • Ekstraksi Korpus Alienum THT
Ekstraksi korpus adalah tindakan medis untuk mengeluarkan benda asing dari meatus eksternum telinga atau bagian dalam telinga.
  • Foto Rontgen THT
Rontgen bagian dalam telinga untuk mengetahui lebih jauh penyebab keluhan di telinga pasien. Dari foto rontgen ini, kita bisa mengetahui kondisi gendang telinga kita. Saya mengetahui kondisi gendang telinga anak saya pecah dari foto rontgen THT. 

  • Konsultasi THT
Konsultasi berupa keluhan yang dirasakan atau mengecek kondisi telinga pasien
  • Tes Pendengaran
Tes kepekaan atau ketajaman pendengaran telinga pasien
Dokter THT yang praktik di Purwodadi

Berikut ini daftar dokter THT yang praktik di Purwodadi. Biaya dokter THT di Purwodadi pada umumnya mulai dari Rp 60 ribu untuk konsultasi. Sementara biaya untuk tindakan berbeda-beda. Foto Rontgen THT mulai dari Rp 80 ribu. Makin rumit tindakan yang harus dilakukan makin tinggi biaya yang harus dikeluarkan. Itu common sense ya :D

1. dr. Dwi Antono, Sp. THT. praktik di RS. Panti Yakkum Purwodadi
2. dr. Deasy Mediawati, Sp. THT.
3. dr. Lusia, Sp. THT.
4. dr. Achadi, I.s. Sp. THT

Cerita tentang Kebiasaan Menunda, Bagaimana Menghentikannya? Cek Tips Berikut!

Untuk kesekian kalinya, saya merutuki diri sendiri akibat kebiasaan menunda yang sangat akut. Biasanya saya mengerjakan tulisan beberapa jam sebelum batas waktu berakhir. Khusus untuk tugas akhir Danone Digital Akademi 2021, saya bertekad serius, fokus, dan sungguh-sungguh.

Sayangnya tekad itu tenggelam begitu saja. Saya tetap seperti biasanya. Memikirkan alur tulisan di dunia ide. Memikirkannya terus, terus, terus hingga batas waktu posting tulisan semakin dekat. 

Mentor Danone Digital Academy memberi kami waktu selama 3 hari untuk menyusun tulisan berdasarkan materi yang disampaikan selama 3 hari kegiatan Danone Digital Academy (DDA) 2021. Materinya pepak banget. Yang paling rumit SDGS dan konsep ekonomi sirkular. Dua kelas ini menjadi pembuka kelas DDA 2021.

Saya kebetulan berhalangan hadir di kelas saat dua materi rumit itu dipresentasikan. Alhasil, saya mulai menata konsentrasi di materi ketiga hari pertama. Judul materi yang disampaikan narasumbernya Temukan Tema Menarik buat Konten Kamu. Terjemahan kasarnya begitu. 

Menurut saya yang kreativitasnya pas-pasan, materi ketiga ini juga susah. Apalagi waktu harus bikin konten tentang dua materi sebelumnya. 

Meski ngga ikut 100% di dua materi itu, saya tetap tahu pokok-pokok bahasannya. Inilah untungnya rajin baca koran dan nonton berita.huehehe..

Jadilah saya mengusulkan tema peduli lingkungan berawal dari rumah. Meskipun saat itu saya masih tergagap-gagap dengan jalannya acara, saya berusaha keras untuk tune in dengan semua keterbatasan info yang saya terima.

Hasilnya? Apa adanya, seadanya. Waktu Bagas bahas Raisa minum Aqua sehingga sehat dan bugar terus, saya jadi ingat suaminya Raisa yang mungutin sampah di depan minimarket. Konten saya bisa menarik kalo saya pilih angle utamanya si Hamish. 

Storyline-nya Hamish sejak kecil (pasti) dibiasakan buang sampah pada tempatnya. Jadi, setelah dewasa, dia gemes lihat sampah-sampah berserakan. Bawaannya pengin beresin trus buang ke tempat sampah.

Sayangnya ide itu telat datang. Saya sudah ngumpul tugas konten dengan Nadia Sparkes, si gadis kecil pemungut sampah. Meski Nadia ini mendunia, tetep aja di negeri ini Raisa-Hamish paling menarik perhatian. Tul ngga? :D

Tugas-tugas medsos pun isinya infografis. Saya buntu. Bikin apa ya? Lihat hasil kerja temen-temen jadi jiper. Akhirnya setelah telat dua hari, saya bikin infografis dengan rangkaian gambar yang pernah saya bayangkan sebelumnya.

Hasilnya? Menurut seorang teman, saya harus lebih rajin belajar. Beklaaah...Eh, abis itu, ngga ada tugas lagi, saya malah ngga bikin apa-apa. Mager banget, scroll explore IG. Astaghfirullah...Kapan naik kelas kalo begini.

Baca juga gimana caranya bahagia? Syukuri hidupmu dengan merayakan kehidupan 

Kembali ke bahasan tugas akhir. Akhirnya setelah seabreg hambatan, saya menemukan alur secara sayup-sayup. Paragraf pembuka masih gamang. Ini kesannya fiksi, tapi sebenarnya eksposisi. 

Jadilah saya menuliskan kembali pengalaman semasa hamil di tugas akhir. Ditambah satu pengalaman sekilas teman SMP dan pengalaman nyata istri dubes Prancis. Khusus pengalaman nyata istri Dubes Prancis ini saya dapat dari cerita Eyang NH.Dini (alm) saat kami bersua tahun 2016 silam.

Sayangnya karena artikel ditulis mepet deadline, hasilnya pasti tidak maksimal. Memang sih, ada yang bisa nulis keren meski dikejar waktu. Saya ternyata tidak bisa begitu. 

Artikel ini menurut saya tidak greget. Pengantarnya memang menarik karena berupa berupa kisahan. Judulnya Ibu, Jaga Anakmu, Jaga Kesehatan Mentalmu. Namun, tujuan penulisannya tidak lengkap. Saya tidak berhasil menyampaikan pembahasan tentang pentingnya kesehatan mental bagi ibu hamil

Data yang saya tulis masih sangat umum. Infografisnya pun garing abis alias sangat standar. Dengan hasil kerja demikian, saya harus tahu diri tidak boleh muluk-muluk. Jadi juara? Oh, please..Lain kali musti bikin tulisan yang lebih bagus supaya layak berharap jadi juara :D

Sebenernya ini kegagalan yang kesekian, tetapi saya merasa sangat kecewa pada diri sendiri. Jarang-jarang lho saya begini. Biasanya ya sudahlah..Besok diulang lagi. Eh, maksudnya diperbaiki. Kenapa sangat kecewa? Karena ternyata menjadi peserta Danone Digital Academy 2021 sangat prestisius. 

Kami yang 50 blogger dan vlogger ini terpilih dari 1000 orang yang mendaftar. Bagi saya ini kesempatan emas untuk bersungguh-sungguh menulis. 

Bukan hanya ini ajang prestisius, melainkan juga saya paham tema yang saya tulis. Selain itu, tulisan saya dibaca para juri yang mumpuni dengan background masing-masing.

Seleksi macam ini mengingatkan saya pada zaman ikut Tes CPNS 2012 silam. Saya termasuk 100 orang yang lolos seleksi administrasi Tes CPNS Komisi Yudisial RI. Kabarnya peserta yang mendaftar lebih dari 1000.  

Hati saat itu berbunga-bunga. Bunganya layu ketika skor Tes Kemampuan Dasar saya terlempar dari 50 besar. Penyebabnya? Jelas, menunda-nunda mengerjakan latihan soal. Begitulah..

Kebiasaan buruk ini harus diubah, diperbaiki hingga tak melekat lagi. Di usia segini, tentu itu bukan hal mudah. Tapi apa sih yang ngga bisa kalau kita berusaha? 

Demi kualitas hidup yang lebih benar, saya menelusuri bagaimana caranya memanajemen waktu dan konsentrasi? Hasil penelusuran itu saya tulis ulang di sini ya :)

3 Langkah Atasi Kebiasaan Menunda

1. Jauhkan sumber distraksi

Media sosial, media streaming, ngobrol di Whatsapp, dan sumber distraksi lain adalah penyebab menurunnya produktivitas kita. Saya ngalamin banget nih. Ketika sedang menulis, ada notif pesan masuk di WA. Cek WA, balas pesan lanjut cek pesan lain, terus begitu. Tiga puluh menit berlalu tak terasa. Belum lagi kalo pas scroll Instagram, cek Twitter, atau mampir ke marketplace. Tau-tau ide tulisan menguap, waktu abis. Ya udah, writerblock datang. Konyol banget deh..

2. Gunakan teknik podomoro

Saya pertama baca teknik podomoro di Pinterest sekian tahun lalu. Baru bener-bener dipraktikkan akhir-akhir ini. Cara kerja teknik ini adalah mengatur waktu kerja selama 25 menit lalu istirahat 5 menit lanjut kerja lagi 25 menit. Lakukan teknik ini sebanyak 4 sesi. Jadi 25x4 = 100 menit fokus kerja dengan selingan istirahat 5 menit setiap 25 menit. 

Fungsi teknik podomoro untuk memberi sesi-sesi pada pekerjaan kita. Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tahap pekerjaan yang akan kita selesaikan. Lebih oke kalo kita pasang alarm untuk setiap 25 menit. Pas break, strict 5 menit ngga boleh bablas lho yaa :D

3. Formula 4 Kuadran

Formula 4 kuadran ini pernah saya baca di bukunya salah satu anchor Metro TV, Prabu Revolusi. Sekarang dia sudah pindah ke CNN Indonesia. 


cara cerdas atasi kebiasaan menunda

Dalam setiap aktivitas yang kita lakukan, pasti tidak semuanya bersifat mendesak. Pengelompokan mendesak, tidak mendesak, penting, dan tidak penting bagi setiap orang tentu berbeda. Sebenernya ada standarnya sih suatu keperluan itu disebut mendesak atau bisa didelegasikan. 

Setiap individu seharusnya bisa tegas menentukan prioritas pekerjaan. Ketegasan itu bisa menjadi parameter kedewasaan bersikap juga lho ;)

Contoh kasus, mana yang lebih mendesak antara menjawab telepon teman yg sedang mengalami prahara rumah tangga atau fokus menyelesaikan tulisan dengan DL hari ini? 😁

---

Buat kaum 'tar sok' alias penunda akut seperti saya bisa mencoba tiga langkah ini. Memang sih ngga sesimple teorinya, tapi kalo sungguh-sungguh dikerjain, in sya Allah pasti bisa. 

Distraksi memang mengacaukan fokus. Formula kuadran menjadi solusi mengatasi distraksi. Saya masih di fase merangkak dalam mempraktikkan formula kuadran ini. Yang pasti sih ala bisa karena biasa. Good luck untuk kita semua :)




4 Klinik Gigi di Cimahi dengan Biaya Terjangkau

Mengunjungi klinik gigi bagi sebagian orang bukan termasuk kebutuhan primer. Mengapa? Karena biaya periksa gigi biasanya mahal. Apalagi kalau harus periksa di klinik gigi khusus. Nah, sebenarnya kalau mau telaten, terutama buat kamu yang tinggal di Cimahi, ada klinik gigi di Cimahi dengan biaya terjangkau.


klinik gigi di cimahi dengan biaya terjangkau
Klinik Gigi di Cimahi (dok.KamranAydinov-freepik.com)

Pada umumnya, pelayanan gigi dan mulut yang tersedia di klinik gigi adalah sebagai berikut :

1. Dokter gigi umum

Pelayanan dokter gigi umum biasanya merawat permasalahan sederhana serta general gigi dan mulut pasien. Biasanya ini untuk mereka yang hanya ingin rutin mengecek kondisi mulut dan giginya setiap 6 bulan sekali atau keluhan-keluhan sederhana yang dirasakan.

2.Spesialis bedah mulut

Kita bisa menghubungi spesialis bedah mulut jika ada kelainan di rongga mulut kita, seperti gigi bungsu terpendam,atau tumbuh miring, tumor rongga mulut, kelainan celah bibir atau celah langit-langit, dan kecelakaan yang menyebabkan patah tulang rahang. Di sini akan dilakukan pembedahan minor dan mayor pada kelainan gigi dan rahang, serta kelainan jaringan lunak mulut.

3. Spesialis konservasi gigi

Pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi sesuai kebutuhan, dan perawatan syaraf gigi. Spesialis konservasi gigi merupakan dokter spesialis yang khusus melakukan perawatan gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin dalam mulut. 

4. Spesialis prostodonti

Dokter spesialis prostodonti melakukan Perawatan dan rehabilitasi bagi pasien yang mengalami gangguan gigi, biasanya mencakup gigi terlepas atau gigi rusak parah, serta perawatan prostesis gigi.

5. Spesialis pedodonti (dokter gigi anak)

Kalau ingin memeriksakan gigi dan mulut balita hingga remaja, kita bisa datak ke spesiais pedodonti. Di sini dilakukan pengobatan penyakit pada gigi dan mulut secara komprehensif, mulai anak sejak lahir sampai berusia remaja.

6. Spesialis ortodonti
Kalau mau memperbaiki posisi gigi yang tidak tepat, susunan gigi yang berantakan, dan keseimbangan struktur wajah, kita bisa minta bantuan pada spesialis ortodonti. Salah satunya memasang kawat gigi.

7. Spesialis periodonti
Spesialis periodonti fokus pada jaringan penyangga di sekitar gigi dan strukut pendukung gigi. Tujuannya untuk mencegah dan merawat penyakit pada gusi dan struktur pendukung gigi.


5 Klinik Gigi di Cimahi dengan Biaya Terjangkau

1. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unjani

Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unjani hadir sejak tahun 2015. Masyarakat bisa mengakses pelayanan pemeriksaan gigi dan mulut di rumah sakit ini. 

Pelayanan di RSGM Unjani meliputi pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pelayanan kesehatan umum, serta pelayana penunjang lainnya. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut terbagi dalam dua klinik. yaitu instalasi klinik integrasi dan instalasi klinik eksekutif.

Pelayanan di instalasi klinik integrasi dilakukan oleh mahasiswa pendidikan profesi dokter gigi Unjani. Bila kamu ingin mendapat perawatan dari dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis, kamu bisa menghubungi instalasi klinik eksekutif. 

Untuk membuat janji temu dokter, baik dokter gigi umum maupun dokter spesialis, kita bisa mengontak nomor Whatsapp 082115223024. Sekalian tanya biaya pemeriksaan dan penanganan juga bisa di nomor WA ini.

  • Pelayanan Gigi dan Mulut RSGM Unjani

1. Dokter gigi umum
 
2. Sp. Bedah Mulut

3. Sp. Konservasi Gigi

4. Spesialis Ortodonti

5. Spesialis Pedodonti

6. Spesialis Periodonti

7. Spesialis Prostodonti

  • Biaya Pemeriksaan dan Penanganan Gigi dan Mulut di RSGM Unjani

Dari informasi admin RSGM Unjani, biaya konsultasi dokter gigi umum mulai dari Rp 75 ribu. Kalau konsultasinya dengan dokter gigi spesialia, biayanya mulai Rp 100 ribu.

Apabila saat konsultasi ternyata membutuhkan tindakan, yang kena charge adalah tindakan yang diberikan pada pasien. Biaya tindakan tambal gigi dan cabut gigi untuk anak mulai dari Rp180 ribu. Sementara biaya cabut gigi dan tambal gigi untuk dewasa, masing-masing mulai dari Rp 300 ribu.

2. Klinik Pratama Izzati

Klinik Pratama Izzati berlokasi di Jalan Suka Indah 2 no. 2B RT. 02/13 Komp. Padasuka Indah Kel, Padasuka, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40526. 

Klinik Gigi di Cimahi ini pada tahun 2020 mendapat penghargaan Klinik Pratama terbaik kedua se-Jawa Barat dari BPJS Kesehatan. Penghargaan tersebut tentu mengukuhkan kualitas pelayanan Klinik Pratam Izzati pada masyarakat.

  • Pelayanan Gigi dan Mulut Klinik Pratama Izzati
Lokasi Klinik Pratama Izzati termasuk strategis di wilayah Padasuka, Cimahi. Kualitas pelayanan gigi di sini bagus, ramah, dan harganya terjangkau. 

BPJS antrean dipermudah dengan JKN mobile jadi tidak perlu menunggu lama. Klinik Pratama Izzati bisa menjadi pilihanmu untuk pasang behel, cabut gigi, dan treatment gigi lainnya.

Klinik Pratama Izzati buka Senin-Sabtu (08.00-12.00, 16.00-20.00). No telepon 0226646978.

3. Klinik dr. Nur

Klinik ini beralamat di Jalan Sangkuriang No. 54, Cipageran, Cimahi Utara. Lokasinya di tepi jalan raya, mudah diakses, dan halaman parkirnya cukup nyaman.

Pelayanan Klinik dr. Nur ini termasuk lengkap. Selain dokter umum, spesialis kandungan, dokter gigi, ada praktik dokter spesialis penyakit dalam, THT, hingga dokter spesialis kesehatan jiwa.

Semua dokter praktik tiap hari. Khusus gigi, praktiknya sejak pagi. Untuk reservasi bisa kontak 0226651038. Kita bisa sekalian tanya biaya peiksa dan tindakan juga. 

Bagaimana dengan pelayanan dokter giginya? Salah satu dokter gigi yang praktik di Klinik dr.Nur adalah drg. Aminah. Dokter ini banyak memeriksa gigi anak-anak. Jadi, termasuk spesialis gigi anak. 

Selain drg. Aminah, ada banyak dokter gigi lain yang mempunyai jadwal praktik sejak pagi hingga sore hari. Untuk poli gigi, Klinik dr. Nur menerima pasien BPJS. Jadi, buat kamu yang mau periksa pakai BPJS, bisa ke sini yaa..

Biaya konsultasi dokter non-BPJS sebesar Rp 50ribu. Untuk tambal gigi anak, biayanya Rp 200ribu. Itu belum termasuk obat. Tapi biasanya sih kalau tambal gigi ngga pake resep obat lagi. 

4. Sahabat Gigi Cimahi

Klinik Sahabat Gigi Cimahi bisa diakses di Jalan Kota Mas Raya No. 63, Cipageran, Cimahi. Reseervasi dan tanya info biaya bisa kontak 081294115356 via Whatsapp. Di Klinik ini, dokter populernya adalah drg. Ari Harsoputranto dan drg. Muhammad. 

Jadwal operasi klinik mulai pukul 9 pagi hingga pukul 8 malam. Hari Senin-Sabtu. Biaya konsultasi mulai dari Rp 90 ribu - Rp 120 ribu. Untuk tindakan, tergantung kondisinya. Sementara ini, Sahabat Gigi Cimahi belum bekerja sama dengan BPJS.

Cabut gigi mulai dari Rp 250 ribu - Rp 900 ribu tergantung kondisi gigi dan tingkat kesulitan saat proses pencabutan. Kalau tambal gigi, tergantung besar kecilnya lubang. Biayanya mulai dari Rp 220-900 ribu. Biayanya bisa lebih apabila perlu dilakukan perawatan saluran akar sebelum giginya dicabut.