Monday, February 11, 2019

Review Shampoo Azalea Antidandruff


Rambut berketombe tentu sangat merepotkan. Pas pakai jilbab sih ga ketahuan, tapi saat jilbab dilepas, berguguran deh si serpihan putih dari rambut kita. Malah ada yang nempel di jilbab kalau pas pakai jilbab warna gelap. Jalan keluarnya memang hanya satu : pakai shampoo antidandruff alias shampoo antiketombe.

Kandungan Bahan - Bahan Alami dalam Shampoo Azalea Antidandruff

https://siswiyantisugi.com
pasangan serasi hijab shampoo Azalea Antidandruff dan hijab hair mist Azalea

Shampoo antidandruff banyak banget dijumpai di pasaran. Namun, shampoo yang diperuntukkan bagi rambut berhijab masih amat jarang. Pilih sana-pilih sini, denger-denger dari teman-teman yang sudah coba, saya pun ikut mencoba Shampoo Azalea Antidandruff. Waktu baca bahan-bahan yang digunakan untuk membuat shampoo ini, saya langsung tertarik. Shampoo Azalea Antidandruff ini dibuat dari bahan-bahan alami yang sudah sangat lama dipercaya bisa membasmi ketombe. Bahan-bahan utamanya adalah ekstrak jeruk nipis dan minyak zaitun.

Ekstrak jeruk nipis atau dalam istilah bahasa asingnya dikenal dengan citrus extract yang terkandung pada Shampoo Azalea Antidandruff berfungsi untuk mengatasi ketombe dan rasa gatal di kulit kepala. Untuk yang pernah atau sedang berketombe pasti paham banget rasa gatalnya. Kadang saking nggak bisa nahan, ada yang menggaruk kulit kepalanya sampai lecet. Duh...Apakah kamu pernah melakukannya? Saya pernah, hehehe...

Sementara minyak zaitun yang populer dengan nama olive oil memang sudah amat dipercaya mengandung jutaan khasiat. Bukan ratusan lagi, tapi jutaan. Hahaha..abaikan kelebayan saya :D. Jadi, minyak zaitun pada Shampoo Azalea Antidandruff bermanfaat untuk membuat rambut dan kulit kepala ternutrisi sehingga rambut menjadi lebih lembut dan bebas lepek.

Oh ya, satu lagi. Kandungan mentol di dalamnya juga meninggalkan cooling sensation yang membuat rambut terasa segar sehingga nyaman berhijab sepanjang hari.

Azalea Beauty from Sunnah

Ternyata kandungan alami produk-produk Azalea terinspirasi dari Thibbun Nabawi. Apakah Thibbun Nabawi itu?

Thibbun Nabawi adalah pengobatan sunnah ala Rasulullah SAW. Pengobatan yang menggunakan bahan-bahan dasar alami agar aman digunakan. Demikian pula dengan produk - produk Azalea yang memang ditujukan . untuk Muslimah dalam upaya menjaga kebersihan, kesehatan, dan kecantikan rambut. Rambut yang sehat terawat pasti akan menambah kepercayaan diri dalam pergaulan.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut indah, sehat, dan terawat? Demi alasan itu pula, shampoo hijab dari Azalea imenjadi pilihan saya. Kesan pertama melihat kemasan shampoo ini saya sudah suka. Warna birunya fresh banget. Kesegarannya sudah terasa bahkan sebelum keramas. eaa...

Memilih hijab shampoo yang tepat merupakan langkah awal. Langkah selanjutnya adalah menjaga kebersihannya dengan mencuci rambut secara teratur. Sebab sependek yang saya tahu kalau kita keramasnya tidak teratur, mau pakai shampoo apa pun, manfaatnya tidak akan terasa. Kuncinya memang konsistensi.

Tips Perawatan Rambut Kering

Jadi, saya pun memakai shampoo hijab Azalea Antidandruff ini secara teratur, yaitu dua hari sekali. Meskipun kandungan bahan alaminya aman digunakan setiap hari, pertimbangan saya karena jenis rambut saya kering, cukuplah saya mencuci rambut dua hari sekali. 
Oh ya, sebelum keramas, biasanya rambut saya sisir lebih dulu. Ini tujuannya untuk menghindari rambut saya rontok banyak saat keramas. Pada umumnya, rambut kering memang mudah rontok. Menyisirnya sebelum keramas konon bisa mengurangi rontok. Setelah itu, barulah saya keramas. Biasanya sih keramasnya dua kali. Maksudnya pakai shampoo lalu dibilas sampai bersih kemudian diulangi lagi. Untuk apa? Tentu agar hasilnya maksimal. 

Usai keramas, jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya. Cukup diusap - usap halus dengan handuk atau lebih bagus lagi kalau langsung dibungkus handuk selama sekira sepuluh menit. Setelah itu, biarkan rambut kering alami. Rambut siap disisir saat ia sudah kering. Ini bertujuan supaya rambut kita tidak patah.

Nah, ternyata, kandungan olive oil dalam Shampoo Azalea Antidandruff bisa melembabkan rambut saya. Rambut menjadi lebih mudah diatur dan terasa halus. Saya puas sekali pakai Shampoo Azalea Antidandruff.  Hati ini semakin nyaman berhijab tanpa khawatir ada ketombe lagi di rambut. Ketombe hilang, hati pun riang ^^




















Sunday, February 10, 2019

Keunggulan Yamaha Aerox sebagai Skuter Matik dengan Gaya Sporty


Setelah dirilis beberapa waktu lalu, Yamaha Aerox langsung menjadi pusat perhatian dengan penampilannya yang sangat sporty meskipun ber-genre skuter matik. Ternyata daya tarik motor ini tidak hanya terletak di penampilannya yang sporty saja, karena masih ada beberapa keunggulan lainnya. Apa sajakah kelebihan skuter matik ini? Mari kita kupas sama-sama .

dok: auto.ndtv.com

          Menggunakan VVA (Variable Valve Actuation)
Buat Anda yang belum mengetahui teknologi VVA, VVA adalah Variable Valve Actuation. Teknologi ini bekerja dengan merubah setelan bukaan katup di cylinder head tergantung kebutuhan mesin.
VVA sebenarnya sudah digunakan di Yamaha Nmax yang sudah lebih dulu diluncurkan sebelum Yamaha Aerox yang kebetulan juga memiliki kapasitas mesin yang sama, yaitu 155cc. Fungsi fitur VVA ini adalah untuk memastikan tarikan mesin jadi lebih oke. Secara langsung, VVA bisa memberikan performa yang lebih mantap karena mesin akan menjadi lebih bertenaga. Jadi sudah bisa dipastikan, motor Yamaha Aerox ini akan mampu memenuhi ekspektasi Anda yang mendambakan skuter matik dengan performa handal dan kencang.
Tidak hanya masalah performa mesin saja, ternyata VVA juga berguna untuk membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Hal ini dimungkinkan karena fitur ini akan memberikan sistem aktualisasi dengan bentuk bukaan katup yang akan menyesuaikan tipe bukaan tergantung putaran mesin. Jadi kalau RPM-nya masih rendah, bukaan katup akan disesuaikan dan demikian juga saat RPM tinggi. Penggunaan bahan bakar pun bisa menjadi lebih efektif.

       Tersedia Fitur Stop and Start Systems (SSS)
Masih berhubungan dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dengan teknologi VVA, Yamaha Aerox juga dilengkapi oleh fitur Stop and Start Systems. Tampaknya Yamaha memang sangat mengedepankan faktor konsumsi bahan bakar mengingat mesin dari Yamaha Aerox menggunakan kapasitas 155cc yang cukup besar untuk ukuran skuter matik.
Fitur SSS merupakan singkatan dari Stop & Start System yang bekerja dengan mematikan mesin saat sedang tidak dibutuhkan. Pada saat motor sedang berhenti di lampu merah, fitur SSS akan membuat mesin mati. Kemudian saat akan berjalan, barulah mesin hidup secara otomatis. Teknologi ini didukung oleh sistem starter SMG atau Smart Motor Generator. Kombinasi keduanya akan membuat mesin menjadi lebih cepat untuk dihidupkan dan suaranya lebih halus saat dinyalakan.

     Lampu LED yang Canggih
Beralih ke fitur yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan berkendara. Yap, Yamaha Aerox dilengkapi dengan lampu depan dan belakang yang lebih canggih. Penggunaan lampu berjenis LED membuat lampu depan dan belakang tidak hanya lebih intens cahayanya tapi juga lebih fokus.
Bisa dipastikan, dengan menggunakan lampu seperti ini, jarak pandang jadi lebih jelas khususnya saat Anda mengendarai motor Yamaha Aerox di malam hari. Sementara untuk lampu belakang, karena lampunya juga terlihat sangat jelas, pengendara yang berada di belakang sepeda motor Anda bisa lebih waspada. Kombinasi kedua lampu tersebut akan membuat pengalaman berkendara dengan menaiki Yamaha Aerox menjadi lebih nyaman dan aman.

     Fitur tambahan lainnya
Sebenarnya masih banyak sekali keunggulan dari Yamaha Aerox tapi sepertinya agak susah untuk disebutkan satu-satu. Yang jelas, Anda harus tahu kalau motor ini sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup canggih seperti yang bisa dilihat di bagian speedometer-nya. Motor ini sudah dilengkapi dengan speedometer full digital..
Dengan banyaknya keunggulan diatas,tak ayal jika Yamaha Aerox menjadi primadona skuter matik yang sangat sporty. Tipe ini sangat cocok untuk Anda yang mencari motor skuter matik dengan gaya yang sporty, canggih dan kaya akan fitur-fitur keren.




Wednesday, January 16, 2019

Ngopi Gaya Baru dari De Kofie


Sebagai pecinta kopi, saya menyukai hampir semua produk olahan berbahan dasar kopi. Selama ini sejauh yang saya tahu, produk-produk berbahan dasar kopi biasanya dijumpai pada cake, brownies, kue kering, dan biskuit.

Waktu seorang teman bercerita tentang selai kopi, saya sangat antusias ingin mencicipinya. Wah, selai kopi. Kayak apa rasanya ya? Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Beberapa hari setelah ia bercerita, selai kopi pun tiba di rumah. Kemasannya seperti selain lain, toples kaca ukuran sedang dengan label De Kofie di toples dan di atas tutup toples.


Selai Kopi

Komposisi selai kopi ini adalah kopi murni robusta, kakao, gula, garam, dan margarin. Berat bersih  220 gram. Harga eceran di Pulau Jawa Rp 55 ribu dan di luar Pulau Jawa Rp 75 ribu. Lumayan juga harganya. Saya kira wajar sih karena rasanya mantap di lidah. Pahit khas kopi dengan rasa manis yang menyusup misterius. Halah apa itu kok pakai istilah misterius. hehehe...

Saya menyebutnya misterius karena rasa manisnya itu terasa pelan-pelan. Namanya juga selai kopi, pasti dominan pahit. Kalau mau dominan manis, tambahin gula pasir aja lagi. hihi.. Teman selai apa lagi kalau bukan roti. Berhubung kreativitas saya masih terbatas, sampai selai ini tinggal setengahnya, saya menikmatinya hanya dengan cara mengoleskan pada roti.




Untuk teman-teman yang kreatif banget di urusan masak-memasak, pasti ada ide-ide lain selain hanya dioleskan pada roti. Gimana kalo dijadikan cocolan pada biskuit?Ahaa!Baru terpikir nih. Yuk, cari biskuitnya dulu :D


Untuk para pecinta kopi, selai kopi ini bisa menjadi cara lain menikmati kopi. Saya malah sempat terpikir kalau bikin kopi = gula, selai kopi ini rasanya bisa mewakili minuman kopi item yang dikasih sedikit gula. Rasanya pas.


Coklat Kopi

Produk De Kofie berbahan dasar kopi tidak hanya selai, tetapi juga coklat. Nah, ngopi gaya baru yang lain nih. Ngemil coklat rasa kopi. Perpaduan manis dan pahit yang unik. Aroma kopinya hm...enak banget. Kakak saya yang bukan penyuka kopi suka dengan rasa coklat kopi ini.

www.siswiyantisugi.com


Berat bersih coklat De Kofie 100gr. Harga eceran di Pulau Jawa Rp 30rb, sedangkan di luar Pulau Jawa 40rb. Mahal? bandingkan dengan kalau harus bikin sendiri. hehehe...

De Kofie ini juga membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi reseller produk mereka. Informasi lebih lanjut bisa kontak De Kofie di akun Instagramnya @dekofie_deepika.

 


Monday, January 14, 2019

de Braga by Artotel, More Than a Stay

Awal Januari lalu, saya dan teman-teman blogger berkesempatan mengunjungi hotel de Braga by Artotel. Hotel ini baru saja launching Agustus 2018 lalu. Pas banget kan? Tahun baru dibuka dengan jalan-jalan ke hotel baru.

 

de Braga by Artotel memberikan pengalaman penuh cita rasa seni bagi saya. Ada lima hal paling istimewa yang meninggalkan kesan tak terlupakan tentang de Braga by Artotel.


1. menu sarapannya komplit

Setibanya di lokasi, kami disambut dengan menu sarapan komplit. Semua menu sarapan ada di bistro de Braga, mulai dari menu lokal sampai menu western. Selama ruang di lambung masih cukup, kita bisa santap
semua. Lapar apa doyan? hihi..

aneka menu sarapan
 Saat sedang asyik menikmati sarapan, chef membawa nasi tumpeng komplit ke meja kami. Waah, siapa yang ultah nih? Ternyata tumpeng ini dibuat bukan karena ada yang ultah, tetapi memang menjadi salah satu menu spesial sarapan tiap weekend di de Braga. Kreatif banget idenya!


menu spesial weekend

2. desain art deco di seluruh bagian hotel

Art deco merupakan istilah yang digunakan pada desain dekoratif berupa garis yang tegas, warna - warna yang kuat dan fitur - fitur arsitektural yang berbentuk zig-zag. Saya menjumpai desain art deco di hampir semua bagian hotel. Salah satu favorit saya adalah peta Kota Bandung di dinding lobi hotel. Tampilan peta ini tidak seperti peta pada umumnya. Warna-warni dan cantik.

Kun Bistro indoor

Kun Bistro outdoor

Begitu pula dekorasi ruangan kamar dan ruang pertemuan. Furniture minimalis berpadu dengan sentuhan mural warna-warni. Belum lagi bentuk angka sebagai penanda nomor kamar mengingatkan saya pada suasana di film-film klasik.   


 Saya kira makna nama "artotel" berhubungan erat dengan kentalnya nuansa seni pada dekorasi interiornya. "Art to tell", seni sebagai media untuk menyampaikan pesan. Wuidih, filosofis sekali. Sebagai informasi,  hotel-hotel jaringan Artotel yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia mempunyai tema desain berbeda-beda. de Braga mengusung tema heritage karena lokasinya.


Selain 'menyampaikan pesan' lewat desain interiornya, de Braga by Artotel juga menjalin kerja sama dengan berbagai komunitas seniman di Bandung. Berbagai mural yang ada di hotel ini merupakan buah karya para seniman Bandung. Bentuk kerja sama lainnya adalah agenda seni budaya yang rencananya akan rutin digelar setiap tiga bulan sekali.

 3. dolce gusto di setiap kamar

Ini mantap banget! Sebagai pecinta kopi, saya antusias sekali dengan kehadiran mesin dolce gusto di kamar. Kayaknya baru hotel de Braga yang menyediakan dolce gusto di semua kamar. Saya membayangkan ngopi-ngopi cantik alacafe di kamar dengan dekorasi artistik sambil nonton tv atau menulis. Dolce gusto bisa menjadi alasan tunggal bagi saya untuk staycation di de Braga by Artotel nih. hehe..



4. lokasi strategis

Siapa yang takkenal jalan Braga? Sampai saat ini Braga menjadi salah satu maskot dan objek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java.  Berbagai bangunan heritage ada di sepanjang jalan Braga.  

de Braga by Artotel yang berlokasi di Jalan Braga no. 10 ini menempati bangunan heritage yang dulunya dipakai sebagai pusat perbelanjaan Sarinah. Nama legendaris yang sangat dekat dengan kehidupan Bung Karno, Presiden RI I. Karena termasuk bangunan heritage, nama Sarinah tetap ada di bagian depan hotel. Hal ini memudahkan siapa pun untuk mengakses De Braga hotel. Tinggal bilang "Sarinah Braga", sampai deh di lokasi. 

tampak depan Kafe B10 de Braga by Artotel

Sarinah-nya juga tetap ada, bedanya sekarang berupa galeri yang menjual berbagai produk dari banyak daerah di Indonesia. Tempatnya ada di dalam hotel dekat lobi.  

bagian dalam Galeri Sarinah

Akses dari Stasiun Bandung ke hotel ini hanya 2,5 km sekira 15 menit menggunan kendaraan. Jika kita dari Bandara Husein Sastranegara, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini sekira 30 menit. Kalau ingin jalan kaki ke objek wisata yang dekat, bisa juga. Ada Alun-Alun Bandung, Museum Asia Afrika, dan Masjid Agung Bandung.  

5. eco friendly

Demi pelestarian lingkungan, De Braga meniadakan pemakaian sedotan plastik. Namun, jika ada tamu hotel yang ingin menggunakan sedotan, mereka harus membayar Rp 1000/sedotan. Manajemen berharap aturan semacam itu bisa membuat tamu berpikir ulang menggunakan sedotan juga untuk mengedukasi tamu agar lebih peduli pada pelestarian lingkungan. Jaringan artotelnya pun mempunyai tim ekspedisi yang berkeliling ke pelosok Indonesia untuk mengampanyekan pelestarian lingkungan hidup. 

selamatkan hutan kita
 
Di lobi hotel, ada sudut ruangan yang dindingnya berilustrasi ranting-ranting pohon dengan dedaunan yang ditempel. Ada pesan-pesan berbeda di setiap daun. Pesan-pesan pelestarian lingkungan hidup dari mereka yang mendonasikan Rp 10ribu untuk satu helai daun. 
  




Gimana dengan harganya?

Kita bisa memilih jenis kamar sesuai budget yang kita punya. Ada 112 kamar yang terbagi atas tiga jenis kamar, yaitu studio 25, studio 35, dan suite room. Tarifnya mulai dari Rp 500ribu - Rp 1,3 juta. Kita bisa reservasi langsung via telepon di 02286016100 atau email di happening@debragahotel.com.

Sudah lebih jelas kan? Kuy, piknik ke Bandung dan rasakan stay experience di hotel rasa galeri :)












Sunday, December 30, 2018

Jelajahi Surga Wisata Ternate

https://www.siswiyantisugi.com
Landmark Kota Ternate (dok.rri.co.id)

Dari sekian banyak tempat yang pernah saya singgahi, Ternate sangat berkesan di hati. 


Saya bersyukur pernah tinggal empat tahun di Ternate. Kota yang hanya butuh dua jam untuk mengelilinginya. Kecil-kecil cabe rawit, kata pepatah. Ya, meskipun kota kecil, perputaran uang di Ternate selama saya tinggal di sana, menurut Bisnis Indonesia, menduduki posisi kedua di Indonesia.


Sebelum ibu kota provinsi Maluku Utara pindah ke Sofifi, Ternate menjadi pusat pemerintahan. Seluruh masyarakat Maluku Utara harus ke Ternate untuk menyelesaikan urusan pemerintahan, ekonomi, pendidikan, bahkan kesehatan. Waktu sedang antre di klinik dokter anak, saya berkenalan dengan seorang ibu yang akan mengimunisasi bayinya. Dia sengaja menyeberang dari Tidore ke Ternate demi pelayanan kesehatan yang diyakininya jauh lebih baik.

Surga Wisata Ternate

Kesan pertama menginjakkan kaki di Bandara Sultan Baabullah, rasanya seperti bukan berada di bandara. Saya merasa seperti di terminal bis Jombor, Yogyakarta. Terminal bis kecil yang sepi. Etapi itu tahun 2004, sekarang pasti sudah ramai dan bagus kondisinya.

Kota Ternate merupakan tempat wisata yang komplit menurut saya. Kota ini dikelilingi gunung, danau, dan pantai. Travelling ke Ternate ibarat sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Ada apa saja di Ternate?

1. Wisata Alam

  • Batu Angus
Pada abad ke-17, Gunung Gamalama meletus hebat hingga aliran lava bekas letusannya menjadi hamparan batu yang tampak seperti hangus terbakar. Masyarakat setempat menyebutnya batu angus karena lava-lava beku ini berwarna hitam kelam.

www.siswiyantisugi.com
dok.tri 
Sekilas gundukan batu ini biasa saja. Namun, jika melihatnya secara keseluruhan, gundukan batu ini menyerupai stalagmit. Kita bisa menikmati birunya laut saat duduk di atas gundukannya.

Akses ke Batu Angus pun mudah. Angkot lewat di depannya. Kita juga bisa naik ojek atau taksi. Hamparan batu ini membentang dari kaki GUnung Gamalama hingga ke pantai. Kalau ingin mengeksplorasi lebih banyak, kita bisa masuk ke bagian dalamnya.

  • Pantai Sulamadaha
Pantai Sulamadaha ini biasanya menjadi pantai tujuan pikinik keluarga kami. Aksesnya mudah dan sudah termasuk komplit fasilitasnya. Pasirnya hitam berpadu dengan air laut yang jernih dan bergradasi biru.

dok.trib
Dulu belum sekeren sekarang pengelolaan pantainya. Belum ada snorkeling, wisata bawah laut, dan lain-lain. Eh, sekarang waktu saya lihat foto-foto teman yang berkunjung ke sana, duh, mupeng banget. Pantai ini luar biasa cantik dan keren. Ga kalah deh sama wisata pantai populer di dalam dan luar negeri.


  • Pantai Jikomalamo
Pantai Jikomalamo adalah pantai kecil. Dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 100 meter, kita serasa ada di pantai pribadi. Pantai ini sangat khas dengan pasir putih, anginnya sejuk, dan desiran ombaknya lembut. Jadi, sangat aman untuk berenang di tepi pantai, diving, snorkeling, atau duduk santai di atas pasir sambil ngemil pisang goreng cocol sambal dan es teh atau es jeruk.

www.siswiyantisugi.com
dok.mei
Akses ke Pantai Jikomalamo harus menggunakan perahu. Dulu kami naik perahu dari Pantai Sulamadaha. Jarak yang kita tempuh dari Teluk Saomadaha sekira 2 km. Sekarang, kita bisa menyewa kapal dari Hol Sulamadaha. Biayanya Rp 200 ribu – Rp 250 ribu. Ini masih bisa ditawar lho. Catet! ;)

Fasilitas di Pantai Jikomalamo tidak selengkap di Pantai Sulamadaha. Namun, kecantikan pantainya membuat kita menolerir apa pun yang belum ada di pantai ini. Hihihi..

  • Danau Tolire
Danau Tolire terletak sekitar 18 km dari pusat kota Ternate. Danau ini terbentuk pasca letusan Gunung Gamalama pada abad ke-17. Dari letusan itu muncul dua danau, Danau Tolire Jaha dan Danau Tolire Kecil.

dok.trib
Penduduk setempat meyakini ada buaya putih besar yang hidup di danau ini. Si buaya akan muncul di waktu tertentu. Ah, saya lupa kapan persisnya.

Selain mitos buaya putih, hal unik lain adalah kebiasaan melempar kerikil ke tengah danau. Orang-orang percaya kerikil itu akan lenyap di tengah danau. Padahal kan seharusnya hukum gravitasi menarik si kerikil jatuh ke danau.

Karena dianggap ajaib, kerikil-kerikil pun dikomersilkan. Saya pernah iseng mencari kerikil di sekitar danau. Ajaib! Tidak ada kerikil.

Usut punya usut, ada anak-anak pengumpul kerikil yang akan menjual si kerikil pada sore hari. Mengingat anak-anak penjual kerikil, saya jadi teringat Mail di serial Upin Ipin.

  • Telaga Nita
Telaga Nita dikenal juga dengan Telaga Biru. Pasti sudah tahu alasannya disebut Telaga Biru. Yup, karena air telaganya berwarna biru. Telaga Biru ini terletak di samping timur Pantai Sulamadaha.


www.siswiyantisugi.com
dok. natsabitah

Nama Nita ini merupakan nama Permaisuri Sultan Mudaffar Sjah, Boki Nita Budhi Susanti. Untuk mengakses tempat ini, kita harus naik kapal motor lebih dulu.

2. WISATA SEJARAH

  • Kedaton Ternate
Kedaton Ternate merupakan salah satu objek wisata yang biasanya menjadi daftar wajib kunjung bagi wisatawan yang singgah ke Pulau Umagapi ini. Apalagi, kabar tentang kesaktian mahkota sultan sudah tersiar sampai mancanegara. Menurut cerita Jou Ou Kolano (bahasa Ternatenya Sultan), mahkota ini punya rambut yang bisa terus tumbuh. Mistis banget ya?


www.siswiyantisugi.com
bagian depan Kedato Ternate

Foto ini adalah bagian depan Kedaton Ternate. Balkon Kedaton menjadi tempat Sultan Ternate menyapa para pengikutnya di acara-acara adat. Hati saya merinding waktu melihat pengikut Sultan menyemut di lapangan bawah dan menjawab sapaan beliau.

2. Berbagai benteng peninggalan Portugis dan Belanda Tolukko

Ada banyak benteng peninggalan Portugis dan Belanda di Ternate. Kebetulan selama di Ternate saya hanya mengunjungi dua benteng, Oranje dan Tolukko. Ngakunya suka sejarah, empat tahun di Ternate hanya dua benteng yang dikunjungi. Duh..

www.siswiyantisugi.com
dok.kamerabudaya

Benteng Tolukku merupakan benteng yang dibangun Portugis pada tahun 1540. Benteng ini terletak di Kelurahan Sangaji, Ternate Utara. Konon salah satu lorong benteng ini menjadi tempat melarikan diri tentara Portugis yang langsung tembus ke pantai. Sejak pemugaran benteng tahun 1996, lorong tersebut ditutup selamanya demi alasan keamanan.

3. Wisata Kuliner

Habis piknik, terbitlah lapar. Ada kuliner apa aja di Ternate? Banyak, tapi saya baru mencicipi sebagian saja. Rasanya enak dan ngangeni. Berikut ini saya bagikan ceritanya.

www.siswiyantisugi.com
dok.trib
www.siswiyantisugi.com
dok. Luqman
  • cakalang fufu (Cakalang Asap)
Ini menu wajib orang Ternate. Ikan cakalang/tongkol asap bisa langsung dinikmati usai diasap. Cukup dikucuri jeruk nipis/jeruk ikan ditemani nasi hangat atau sagu ditambah dabu-dabu mentah. Cakalang fufu pun bisa diolah menjadi cakalang rica-rica. 

  • Ikan bakar colo-colo
Ikan bakar tanpa banyak bumbu disantap dengan dabu-dabu mentah. Dabu-dabu ini nama lain sambal. Irisan cabe rawit, irisan bawang merah, irisan tomat, daun kemangi, air jeruk, sedikit minyak, dan sedikit garam.

  • Popeda dan ikan kuah kuning
Popeda ini tepung sagu yang direndam sebelumnya kemudian digulung-gulung gitu pakai garpu. Orang Ternate menyantapnya langsung pakai tangan. Untuk yang belum terbiasa, popedanya meleset terus saat dipegang.

  • makanan kobong/makanan kebun
Makanan kebun bisa dijumpai di berbagai kesempatan bahkan saat acara pernikahan. Makanan kebun ini terdiri atas pisang rebus, singkong rebus, dan ubi rebus yang dikukus dengan santan. Keduanya disajikan bersama ulak-ulak. Ini kalau di Bandung serupa karedok. Bedanya sausnya berbahan dasar kacang kenari.

  • pisang goreng mulut bebek cocol sambal
www.siswiyantisugi.com
dok.kamerabudaya
Pisang mulut bebek ini bentuknya memang mirip paruh bebek. Pisang jenis ini di Ternate dianggap sebagai pisang kasta tinggi di antara pisang-pisang lainnya. Pisang mulut bebek dipilih yang belum matang betul lalu digoreng tanpa tepung. Masyarakat Ternate menyantapnya bersama sambal, bisa sambal tomat atau sambal terasi. 

  • sarabba
Air jahe + gula merah + susu lalu ditaburi kenari cincang. Dinikmati panas-panas. Kalau tidak dikasih susu, namanya guraka.

  • gohu ikan 
ini serupa dengan sashimi dari Jepang. Ikan segar dikucuri jeruk nipis ditambah dabu-dabu mentah lalu ditaburi kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar. Rasanya manis, gurih, dan asam. Ingin mencoba membuatnya sendiri? Pastikan ikan benar-benar segar ya.


Sempurnanya keanekaragaman wisata di Ternate membuat kota ini layak dinobatkan sebagai surga wisata. Akses ke Ternate pun semakin mudah karena kini sudah banyak maskapai yang menetapkan jadwal penerbangan ke kota ini. Kini, agar lebih praktis, kita bisa mengecek harga tiket sekaligus melakukan pemesanan tiket pesawat di pegipegi.

Kemudahan apa lagi yang kita cari kalau semua sudah diakomodasi pegipegi. Jadi, sudah mantap kan memutuskan Ternate sebagai destinasi wisata tahun 2019? ^^