Enam Cara Cepat Memproses Klaim Asuransi Allianz Kesehatan dan Jiwa

Sudahkah kita berasuransi? Asuransi ibarat sedia payung sebelum hujan. Setiap orang seyogyanya mempunyai asuransi, termasuk blogger yang suka jalan - jalan alias travel blogger. Salah satunya Kak Citra dari Pangkalpinang.

Ternyata di lapangan, banyak faktor yang menyebabkan masyarakat enggan untuk membeli produk asuransi. Salah satunya adalah sifat atau manfaat yang didapatkan tidak pasti. Ada yang sudah membeli produk asuransi dan juga sudah rutin dalam membayar preminya, tetapi saat mengajukan klaim, perusahaan asuransi menolaknya.

Perusahaan yang menolak pengajuan klaim asuransi ini sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari dokumen tidak lengkap hingga kesalahan prosedur pengajuan. Untuk itu, nasabah harus mengetahui dan memahami tata cara pengajuan klaim asuransi terlebih dahulu. Bahkan, di antara banyak asuransi, klaim asuransi Allianz sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan.

dok.unsplash.com
Allianz termasuk salah satu perusahaan asuransi yang jumlah nasabahnya amat banyak di Indonesia begitu juga di luar negeri. Hal ini tentu mengacu pada jangakauan perusahaan asuransi Allianz yang sudah mendunia.

Portofolio Alllianz yang tepercaya memungkinkan calon nasabah merasa aman membeli produk asuransi dari perusahaan ini. Produk asuransi yang ditawarkan Allianz ini sendiri terbilang begitu banyak. Produk -produk asuransi itu, di antaranya adalah asuransi jiwa, kesehatan, produk asuransi umum, asuransi syariah dan masih banyak lagi.

Kembali ke salah satu penyebab enggannya masyarakat membeli asuransi, yaitu kesulitan pengajuan klaim. Prosedur klaim asuransi Allianz ini sangat mudah, tergantung jenis asuransinya. Namun, ada beberapa kiat atau cara yang bisa kita terapkan sebagai nasabah agar kelak klaim asuransi jiwa dan juga kesehatan dari perusahaan asuransi Allianz ini bisa cepat diproses. Apa saja kah? Yuk lanjutkan membaca :)

Enam Cara agar Asuransi Allianz Cepat Diproses

1. Simpanlah buku polis asuransi yang dimiliki tersebut ke tempat yang aman. 


Hal ini sangatlah penting sehingga jika sewaktu-waktu kita ingin melakukan klaim pada asuransi tersebut juga bisa secara mudah menemukan buku polisnya. Yang wajib diingat, jangan menyimpan sendiri, tetapi kita harus memberitahu pasangan tempat buku asuransi tersebut disimpan.

2. Rutin membayar premi asuransi.


Wajib diketahui bahwa klaim ini hanya bisa dilakukan jika polis dalam kondisi yang aktif. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan polis asuransi tidak aktif, salah satunya adalah tidak rutin membayar premi. Jika kondisi polis tersebut tengah tidak aktif, sudah pasti nantinya klaim juga akan ditolak.

3. Melengkapi semua dokumen yang menjadi persyaratan pengajuan klaim asuransi. 


Syarat pengajuan klaim berbeda - beda tergantung jenis asuransinya. Untuk itu, kita harus ekstrateliti saat membaca ketentuan atau persyaratan yang dibutuhkan dalam mengajukan klaim asuransinya. Berikut ini salah satu contoh persyaratan yang harus dibutuhkan jika kita akan mengklaim asuransi.


  • Formulir klaim asuransi kesehatan
  • Perincian biaya perawatan dari rumah sakit
  • Kuitansi asli atau kualitas yang sudah dilegalisasi rumah sakit
  • Foto kopi Kartu Tanda Pengenal 
  • Foto kopi kartu keluarga

4. Pastikan bahwa semua informasi yang tertulis di dalam form pengajuan klaim tersebut benar sesuai dengan kondisi yang sebenar-benarnya.


Jika ada salah satu informasi yang salah ,secara otomatis pengajuan juga akan ditolak.  Jadi, kita harus sangat teliti dan hati - hati saat mengisi formulir pengajuan klaim.

5. Beritahu atau ajari pasangan dan anak-anak yang sudah cukup umur terkait prosedur pengajuan klaim asuransi ini. 


Apabila anggota keluarga memahami prosedur pengajuan klaim, nantinya akan jauh lebih mudah bagi mereka jika seandainya ingin melakukan klaim asuransi, prosesnya bisa dilakukan dengan cepat.

Seorang teman yang juga agen asuransi bercerita tentang nasabahnya yang tidak memberitahukan keluarganya kalau dia punya asuransi.

Akibatnya, saat nasabah ini meninggal, takada pengajuan klaim dari keluarganya. Ketika salah seorang anaknya menemukan berkas asuransi ayahnya, masa berlaku asuransinya sudah habis. Kebayang kan berapa lama jaraknya dari waktu meninggal sang ayah. 

6. Pastikan tidak ada tindak kecurangan asuransi  (fraud) dalam mengajukan klaim. 


Karena sudah pasti hal ini akan membuat pengajuan tersebut ditolak. Bahkan akan dikenai dengan sanksi hukum yang berlaku.

Ada beberapa contoh tindak kecurangan pengajuan klaim asuransi. Beberapa contohnya adalah laporan palsu, seperti klaim perusahaannya terbakar padahal sengaja dibakar supaya dapat asuransi untuk dijadikan modal membangun perusahaan baru.

Contoh lain adalah penggelembungan dana pengobatan di luar negeri dengan menyertakan berbagai dokumen palsu, termasuk kuitansi pembayaran berobat di luar negeri.
 ---

Agar pengajuan klaim asuransi tidak ditolak, pastikan untuk menerapkan enam hal di atas.  Ingat! bahwa pada dasarnya tidak semua pengajuan klaim akan langsung diterima begitu saja.

Perusahaan asuransi biasanya akan mempertimbangkan dan mengecek berbagai macam faktor seteliti mungkin. Karenanya, apabila posisi kita sebagai tertanggung atau ahli waris, kita harus cermat memeriksa detail semua persyaratan sebelum nantinya mengajukan klaim yang sudah menjadi hak kita tersebut.

14 comments

  1. Klaim asuransi gini setahuku ada detektifnya ya mbak? Maksudnya sebelum disetujui perusahaan asuransi, ada detektif asuransi yg menyelidiki kebenarannya.

    ReplyDelete
  2. Pernah pake asuransi allianz ini, karena kerjasama dengan perusahaan. Asuransi kesehatannya gampang banget dipake terutama di rumah sakit. Jadi mempermudah banget saat waktu itu harus rawat inap anak. Tinggal sodorin kartunya aja, udah. Ngga repot

    ReplyDelete
  3. nah bener nih sebaiknya pemilik asuransi memberitau ahli waria kalau ybs pnya asuransi ya..ada kejadian sama sepupu sy nih ga tau kalau ortunya pnya asuransi akhirnya ga bisa klaim deh..

    ReplyDelete
  4. Baru-baru ini yang lagi hot di Medan kak, ada seorang ibu yang mengaku dibegal dan 4 jari tangannya ditebas begal. Ternyata setelah polisi melakukan TKP ibu ini berbohong. Dia punya banyak hutang, sehingga nekat bikin laporan palsu dan juga secara sadar memotong tangannya sendiri. Demi klaim asuransi agar uangnya bisa dipakai membayar hutang. Iih gak kebayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gimana kak? Sudah claim asuransi gagal tanganpun melayang ya kak

      Delete
    2. Asuransi ini sebenarnya sangat membantu sekali ya kak, apalagi ditengah carut marut bpjs

      Delete
  5. Saya pernah mendengar cerita tentang tindakan kecurangan dalam klaim asuransi begitu, bangunannya sengaja dibakar, saya gak habis pikir dengan cara orang mencari uang dengan menipu begitu. Terlepas dari itu, proses klaim asuransi ternyata tidak susah-susah amat ya Mbak

    ReplyDelete
  6. Yang nomor lima saya belum sanggup nih ngomongnya ke anak sulung dan nomor 2. Mereka udah cukup umurlah ya, secara udah baligh, 14 dan 12 tahun. Tp sepertinya mau gak mau ya harus dibilang, kita kan gak tau usia ya.

    ReplyDelete
  7. Kelengkapan dokumen itu emang penting banget. Jadi ingat waktu persiapan melahirkan dulu. Selain nyiapin perlengkapan baby juga nyiapin segala kebutuhan dokumen biar urusan perasuransian nanti lebih cepat dan lancar.

    ReplyDelete
  8. Setuju kali sista, bagi yang suka Travelling itu sangat membutuhkan asuransi sehingga perjalanan jadi lebih aman dan menyenangkan

    ReplyDelete
  9. kalo baca-baca ini klaim asuransi tuh gampang ya. tapi lagi ramai di twitter ada yang mau klaim asuransinya sulit banget, sama asuransi sebelah. bapak saya pernah kena untuk asuransi mobil. hilang belasan juta, hiks. sedih kalau denger dulu ceritanya mah. tapi semoga pakai asuransi ini enggak ya.

    ReplyDelete
  10. berguna sekali ini, bakal aku simpan, siapa tau aku membutuhkan dan bisa menggunakan cara ini. juju aku gak tau masalah kaya gini, jadi sangat berguna sekali artikel ini

    ReplyDelete
  11. Kalau melihat prosedur ini ternyata klaim asuransi tidak serumit yang dibayangkan ya

    ReplyDelete
  12. Makasih infonya Kak, berguna sekali, terutama untuk yang mendaftarkan keluarganya ke asuransi.

    ReplyDelete