5 Tips Membeli Avanza Bekas di Mobile88

Di masa pandemi seperti ini, sebagian orang mulai melirik membeli mobil meskipun bukan mobil baru. Dari sekian merek mobil, Avanza bekas  menjadi merek primadona di masyarakat kita.  

avanza bekas
mobil88.astra.co.id
Mengapa Avanza?
Merek ini dinyatakan sebagai mobil MPV paling murah yang pernah dikeluarkan Toyota. Karena itu, di tahun pertama peluncurannya, penjualan Avanza berhasil mencapai 100.000 unit. 

Meskipun Avanza amat populer, kita harus tetap hati - hati saat membelinya, apalagi ini bekas. Bagaimana pun, membeli  mobil sama halnya dengan membeli rumah. Pembelian terbesar dan terpenting yang akan kita lakukan. Jadi, apa saja yang harus kita cermati sebelum membeli avana bekas? Simak tulisan ini yaa :)

Tips Membeli Avanza Bekas

1. Usia Mobil 

Meskipun temanya 'bekas', bukan berarti kita membeli mobil tua lho..Sebaiknya pilih mobil yang usianya masih 1 - 2 tahun. Mengapa? karena makin baru tahun produksinya, makin rendah emisinya. 

2. Lakukan Test Drive

Untuk mengetahui kondisi mobil yang akan kita beli, kita wajib melakukan test drive. 
Test drive akan membantu kita mengetahui sekaligus merasakan kinerja mesin dan fitur lain yang terdapat pada mobil. 
Cek remnya, apakah masih lancar? Bagaimana dengan suara mesin? apakah bunyinya masih normal? Kondisi setir mobil, pedal gas, dan hal lainnya.
Jika memungkinkan, cobalah melakukan test drive di medan yang berbeda. Kita bisa merasakan kekuatan mobil di jalan tidak rata, seperti tanjakan atau belokan. 

3. Membeli dari Dealer Tepercaya

Ada ratusan dealer mobil bekas yang menawarkan berbagai mobil bekas kepada customer. Kita perlu juga mengecek dealer mobil bekas yang ada di sekitar rumah atau yang ada di kota kita. Biasanya kita bisa menemukan lokasi dealer berikut agen marketingnya melalui internet. Catat nomor kontak mereka lalu tanyakan harga mobil bekas yang mereka jual. Jangan berhenti pada satu dealer saja, tetapi juga tetap mencari informasi dari banyak dealer lainnya.

Informasi dari setiap agen marketing tentang harga bisa menjadi referensi tawar -  menawar demi mendapatkan penawaran yang cocok. 

Jika kita membeli mobil bekas melalui dealer, biasanya para agen marketing ini bekerja dengan target tiga bulan. Akan ada waktu -waktu tertentu para agen marketing ini lebih mudah menerima penawaran di masa target tiga bulan. 

3. Periksa Kelengkapan Dokumen

Hal pertama yang harus kita lakukan saat mensurvey mobil di dealer - dealer mobil tepercaya adalah mengecek kelengkapan dokumen. Apabila kita membelinya dari tetangga sebelah, atau beli dari orang yang kita kenal bak, tetep pastikan namanya tercantum dalam dokumen mobil tersebut. 

Urusan dokumen beres. Selanjutnya cek catatan servis mobil itu. Seberapa sering mobil ini diservis dan periksa juga rekam jejak asuransi mobil yang sudah digunakan. Rekam jejak asuransi bisa menginformasikan apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan. Dari dokumen tersebut kita bisa mengetahui sejauh mana kerusakan yang dialami serta berapa biaya yang harus dicover. Dengan mengetahui nominalnya, kita bisa menyimpulkan seperti apa kerusakan mobil ini sebelumnya.


4. Periksa Kelengkapan Eksterior dan Interior Mobil

Periksa kondisi mobil dengan cermat, jangan ada yang terlewat. Lihat ke sekeliling mobil. Apakah ada bagian mobil yang penyok, ada goresan, dan karat? Periksa juga bagian bawah mesin kalau - kalau ada bagian yang bocor, termasuk radiator takboleh luput dari pengecekan. 

Pada bagian dalam mobil, pastikan aroma mobil tidak menyengat akibat adanya jamur, misalnya. Selain itu, kelengkapan bagian - bagian mobil di dalam juga harus diperiksa seteliti mungkin.

Dari lima tips ini, adakah yang masih kurang menurutmu? Silakan ditambah lagi tips hemat membeli mobil bekas yang lain yaa..Terima kasih :)

No comments