Yang Muda Yang Progresif, Indonesia Inklusif Disabilitas Unggul

Bertepatan dengan Hari Orang Muda Internasional, Selasa, 24 Agustus 2021, KBR berbincang secara daring membahas Yang Muda Yang Progresif untuk Indonesia Inklusif. 

Narasumber pada talkshow daring kali ini adalah Widya Prasetyanti, Program Development&Quality Manager, NLR Indonesia. Hadir pula Agustina Ciptarahayu, Founder&CEO Botanina Hijau Indonesia. 

Menurut data, 21,8 juta atau 8,2% penduduk Indonesia adalah penyandang disabilitas. Termasuk di dalamnya ada orang yang pernah mengalami kusta (OYMPK). Mereka yang pernah mengalami kusta ini masih kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Penyebabnya tentu saja karena stigma dan hambatan dalam mengakses layanan umum dan layanan dasar. Bertepatan dengan Hari Orang Muda Internasional, Ruang Publik KBR memperbincangkan program dan inovasi yang digagas orang muda dengan disabilitas dan Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK). 

Dukungan NLR Wujudkan Indonesia Inklusif Disabilitas Unggul

NLR memprioritaskan beberapa programnya untuk kelompok muda, di antaranya untuk hak ketenagakerjaan yang inklusif. Program itu pernah dilakukan dalam hal pengarusutamaan  ketenagakerjaan formal dan kewirausahaan. 

NLR juga mempunyai prioritas untuk anak dan remaja disabilitas. Kusta dan down syndrome pun termasuk dalam prioritas program NLR. Prioritas itu merupakan aspek kunci tumbuh kembang mereka 

"Kami melakukan pendampingan topik khusus kesehatan seksual dan reproduksi," jelas Mbak Widya, selaku Program Development & Quality Manajer NLR Indonesia. 

NLR juga memberi kesempatan kepada orang mudah yang mengalami kusta dan disabilitas melakukan pemagangan inklusif di kantor NLR dan organisasi-organisasi mitra di berbagai wilayah. 

Program NLR lainnya adalah peer conseling secara khusus. Namanya konselinga sebaya. Sebenarnya konseling sebaya ini dibangun untuk teman-teman yang mengalami kusta.  Orang-orang muda yang pernah mengalami kusta dilatih dan didampingin konselor. Tujuannya supaya mereka mempunyai kemampuan untuk menjadi konselor yang andal untuk teman-temannya, pasien kusta yang lain. 

MBak Widya menambahkan, "Program yang kita lakukan bersama KBR ini, kita menyebutnya SUKA. SUara untuk Kusta."  Karena sasarannya adalah orang muda, kegiatannya biasanya road show ke kampus untuk mengampanyekan tentang kusta.

Sejak tadi saya membahas NLR terus tanpa menjelaskan ini lembaga apa. Jadi, NLR merupakan organisasi yang bergerak di sektor kesehatan. Visi misi NLR adalah mencegah, mendeteksi, dan menangani kusta dan mendukung aspek kesehatan, kemandirian, dan inklusivitas bagi orang yang terdampak kusta di masyarakat.

Prioritas utama NLR memang mendampingi orang yang mengalami kusta. Untuk itu, karena kusta adaalh salah satu yang dapat mengakibatkan kondisi disabilitas. Dalam rangka menanganinya, NLR bekerja sama dengan lembaga lain yang menangani disabilitas.

Peran Botanina untuk Indonesia Inklusif Disabilitas Unggul

Botanina adalah usaha yang bergerak di bidang healthcare, kecantikan, dan kesehatan. Agustina, founder dan CEO PT Botanina Hijau Indonesia, memaparkan kepedulian Botanina terhadap kaum disabilitas dan para penyintas kusta.

Dunia usaha sekarang sdh sangat berubah. persaingan yang sangat ketat memaksa Botaninas untuk  selalu berinovasi. Pada akhirnya Botanina membutuhkan skill personal yang lengkap. Kita mencari personal based on karyanya bukan ebrdasarkan keterbatasan mobilitas ataupun keterbatasan fisik. Kita fokus pada karyanya.  Kita cari karya mana yang bisa kita akses dengann cepat via sosial meddia. Apalagi kalau ada story di balik penciptaan karya tersebut. 

Jadi, konsep inkulisf ini untuk BOtanina menjad konsep yang wajar. ua orSemua yang bisa berpartisiapasi di dunia usaha khususnya. terkait dengan pengalamna bOtanina. Asal orang tersebut bisa bekerja sama, bisa berkarya, dia bisa berpartisipasi emngikuti pola kerja sama dan mengikuti keterbatasaan,kelebihan, dan ekkurangannya. Jadi, yang oenting skillnya. 

Setelahh sekian lama berdiri, Botanina ternyata sudah mempekerjakan karyawan yang dikategorikan disabilitas. Dia adalah tangan kanan saya di produksi. Penciumannya sanga ttajam, disabilitasnya low vision. Dari situ saya belajra TUhan itu Adil. Kekurangan di satu sisi bisa diimbangi dengna kelebihan di sisi lain.

Beberapa kelebihan produk Botanina adalah menciptakan aroma menyenangkan, relaksasi bagi penghuninya. 





 sebagai aum disabilitas.

No comments