Andalkan Sehatq, Aplikasi Layanan Kesehatan Digital Aman dan Mudah

Aplikasi Sehatq adalah aplikasi penyedia layanan kesehatan. Sehatq berdiri pada November 2018. Kita bisa mengakses berbagai layanan kesehatan, mulai dari konsultasi dengan dokter melalui video call, membuat appointment konsultasi hingga membeli obat dan vitamin.

Selain menyediakan layanan kesehatan, Sehatq juga bisa menjadi referensi seputar informasi tentang cara menjaga kesehatan, pengetahuan penyakit dan penyebabnya, dan sebagainya.

Bagaimana kita mengakses aplikasi Sehatq? Kita bisa mengunjungi laman SehatQ.com atau mengunduhnya di Playstore juga Appstore.

Layanan Kesehatan Aplikasi Sehatq

Sehatq menyediakan semua layanan kesehatan yang kita butuhkan. Kalau kamu sudah unduh aplikasinya, kamu bisa lihat beragam layanan kesehatan di beranda Sehatq.

Ada layanan chat dokter, toko yang menyediakan berbagai kebutuhan kesehatan, seperti masker, vitamin herbal dan suplemen, juga obat-obatan. Ada pula kebutuhan ibu dan bayi, alat kesehatan, minuman&makanan sehat.

Perlu informasi mengenai peralatan kesehatan gigi dan mulut? Langsung aja klik kesehatan gigi dan mulut. Di situ ada berbagai paket dental health. Beberapa di antaranya paket dental spa. Harganya juga disertakan pada setiap layanan.

Oh ya, pelayanan skincare dan treatment kecantikan juga ada lho di aplikasi Sehatq. Pokoknya tinggal klik-klik, kamu dapat yang kamu butuhkan.

Keamanan Aplikasi Sehatq

Pasti ada yang berpikir aplikasi Sehatq sama dengan aplikasi layanan kesehatan lainnya. Secara umum memang sama, tapi pasti setiap aplikasi layanan kesehatan punya keistimewaan masing-masing.

Gimana dengan aplikasi Sehatq? Sebagai startup di bidang teknologi kesehatan, Sehatq berhasil mendapatkan sertifikasi tanda daftar penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan. Sertifikasi ini merupakan regulasi pemerintah untuk penjualan obat secara online.

Dengan dikantonginya PSEF, kita bisa beli obat yang aman, berkhasiat, dan berkualitas. Namun tetap harus diingat, tidak semua obat bisa dibeli. Pasti sudah tahu kan kriteria obat yang bisa dibeli bebas, harus dengan resep dokter, atau hanya diperuntukkan untuk keperluan medis khusus.

Ngomong-ngomong, apa sih PSEF itu? Informasi detail tentang PSEF selain kepanjangannya, kita perlu tahu juga. Selain untuk pengetahuan juga sebagai pemahaman agar tidak sembarangan membeli obat secara online.

Sekilas tentang PSEF

Menurut definisi dari Kemenkes, PSEF merupakan badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik farmasi untuk keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian.

Fasilitas pelayanan kefarmasian secara daring atau online dikenal pula dengan nama telefarmasi. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penyelengara telefarmasi, di antaranya mempunyai surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Persyaratan lainnya adalah memiliki akses pengawasan pemerintah dan memiliki izin dari Kemenkes.

Terlebih saat pandemic, mobilitas dibatasi. Akses yang mudah hanya lewat layanan online. Karea itu, sertifikasi PSE ini sangat penting bagi semua pelaku usaha layanan telefarmasi. Masyarakat dimudahkan mengakses fasilitas kesehatan, termasuk mengakses kesediaan obat di apotek.

Fasilitas telefarmasi sebenarnya lebih menghemat waktu dan tenaga. Kita tidak perlu bersusah payah meluangkan waktu untuk daftar periksa ke klinik. Semua bisa dilakukan di aplikasi Sehatq. Kita juga bisa mengetahui tarif konsultasi dan obat di aplikasi tersebut. Jadi, semua bisa dilakukan dalam satu waktu tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita. 

Itulah mengapa telefarmasi semakin populer di masyarakat kita. Kita bisa memesan nomor antrean konsultasi dokter, memilih dokternya sesuai kebutuhan, dan mengetahui biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, ngga akan kaget setelah konsul diberi tahu biaya yang harus dibayar bukan? 

Walaupun mungkin saat periksa/konsul, ada tambahan biaya, setidaknya kita sudah mengatur budget yang harus dikeluarkan. Intinya telefarmasi memudahkan kita untuk merencanakan kebutuhan dan layanan kesehatan yang akan kita gunakan.

Layanan Sehatq bisa diandalkan untuk memenuhi semua kebutuhan layanan kesehatan yang kita dan keluarga Indonesia butuhkan. Aman dan mudah mengakses fasilitas kesehatan secara daring tentu harapan kita semua kan ya :)

No comments