CIri Khas Astrid Lindgren dalam Karya-Karya Legendarisnya

Gen X ke atas yang doyan baca biasanya familiar dengan nama Astrid Lindgren. Penulis perempuan kelahiran Swedia ini dikenal sebagai penulis karya fiksi dan skenario. Astrid lahir pada tahun 1907 dan mengembuskan napas terakhirnya pada 2002. 

Karya-karya Astrid merupakan karya yang paling banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa di dunia. Hans Christian Anderson, Enyd Blyton, dan Grimm bersaudara merupakan tiga penulis cerita anak yang karyanya menjangkau ke seluruh penjuru dunia. 

Pembaca Astrid Lindgren pasti kenal baik Pippi si Kaus Kaki Panjang. Ini adalah karya Astrid yang sangat populer. Gadis kecil usia 8 tahun yang tinggal sendirian ditemani kuda poni dan seekor monyet. Ayah dan ibunya sudah meninggal dunia. 

Namun Pippi tidak pernah kesepian. Ia punya banyak mainan, berbagai imajinasi permainan yang tak ada habisnya. Monyet dan kuda menjadi sahabat setianya. Dua kawan Pippi yang rumahnya bersebelahan dengannya juga selalu menemani Pippi bermain.

Selain Pippi Si Kaus Kaki Panjang, ada Semua Beres kalau Ada Emil. Buku ini juga bercerita tentang anak kecil cerdik yang kerap membuat kacau keadaan. Judul lainnya adalah Musim Ceri di Bullerbyn. Latar cerita ini ada di pedesaan Swedia. Kesibukan anak-anak, huru-hara, dan keceriaan anak-anak menjadi ciri khas karya Astrid Lindgren.

Sekilas tentang Astrid Lindgren

Astrid Lindgren dibesarkan di Näs, dekat Vimmerby, Småland, Swedia, dan banyak dari bukunya berdasarkan pada keluarga dan kenangan masa kecilnya.

Lindgren adalah putri dari Samuel August Ericsson (1875–1969) dan Hanna Jonsson (1879–1961). Dia memiliki dua saudara perempuan, Stina [sv] dan Ingegerd [sv], dan seorang saudara laki-laki, Gunnar Ericsson [sv],yang akhirnya menjadi anggota parlemen Swedia.

Astrid Lindgren sering menggambarkan masa kecilnya sebagai masa yang sangat bahagia - "kami menghabiskan 'Kehidupan Desa Bising di Näs, tidak jauh berbeda dengan anak-anak di 'Noisy Village-books" - dengan perasaan aman yang terus menerus dari cinta orang tuanya dan bermain energik dengan ketiga saudara kandungnya dan banyak anak lain yang juga tinggal di sekitar pertanian.

Setelah menyelesaikan sekolah, Lindgren bekerja di sebuah surat kabar lokal di Vimmerby. Dia memiliki hubungan dengan pemimpin redaksi, yang sudah menikah yang pada akhirnya melamar pada tahun 1926 setelah dia hamil. Ia pun menolak lamaran tersebut dan pindah ke ibu kota Stockholm, untuk belajar menjadi juru ketik dan stenograf (yang kemudian dia menulis sebagian besar drafnya dalam stenografi).

Meskipun dibayar dengan gaji sedikit, dia menabung sebisa mungkin dan melakukan perjalanan sesering mungkin ke Kopenhagen bersama Lars (anak laki-lakinya), yang sering dilakukan selama akhir pekan, Lindgren banyak menghabiskanr waktunya di kereta api.

Sejak tahun 1928 Lindgren bekerja sebagai sekretaris di Royal Automobile Club (Kungliga Automobil Klubben) dan pada tahun 1931 dia menikah dengan bosnya bernama Sture Lindgren (1898–1952), yang meninggalkan istrinya demi dia.Tiga tahun kemudian, pada tahun 1934, Lindgren melahirkan anak keduanya, Karin. Karakter Pippi Longstocking diciptakan untuk menghibur putrinya saat dia sakit di tempat tidur.

Kemudian Lindgren dan keluarganya pindah pada tahun 1941 ke sebuah apartemen di Dalagatan, tempat dimana ia tinggal sampai di hari kematiannya pada tanggal 28 Januari 2002 di usia 94 tahun. Astrid Lindgren meninggal di rumahnya di pusat kota Stockholm. Pemakamannya berlangsung di Storkyrkan di Gamla stan.Di antara mereka yang hadir adalah Raja Carl XVI Gustaf bersama Ratu Silvia dan keluarga kerajaan lainnya, serta Perdana Menteri Göran Persson. Upacara itu digambarkan sebagai "yang paling dekat dengan pemakaman kenegaraan".

No comments