Resensi Buku Komik Strip Tetanggaku Orang Indonesia


Resensi buku Emmanuel Lemaire
Ini sejatinya adalah komik yang keren (dok.pribadi) 


Emmanuel Lemaire amat terkesan pada tetangga barunya. Seorang perempuan dari suatu negeri yang baru ia dengar, Indonesia. Bukan negeri asing itu yang mengesankan, tetapi perilaku tetangganya. 
Pada suatu hari, ada yang mengetuk pintu apartemennya. Sosok perempuan gemuk berkacamata menyapanya. 

"Bonjour, saya tetangga baru Anda. Apakah saya bisa meminjam garam? "

Lemaire terheran-heran, tetapi tetap mengambilkan garam. Tanpa basa-basi, tetangga barunya pergi begitu saja setelah menerima garam. Lemaire pun makin heran. Pada kesempatan lain, pembantunya mengetuk pintu untuk meminjam palu. Setelah itu, ia ngeloyor pergi juga tanpa basa-basi.

Keheranan Lemaire akhirnya terjawab ketika sang tetangga bertandang ke apartemennya. Perempuan berkacamata itu membawa masakan khas negaranya. Mereka pun saling bercerita tentang dirinya masing-masing. Sejak itu Lemaire berkawan akrab dengan Hibou, panggilannya kepada sang tetangga.

Hibou yang Unik dari Makassar, Indonesia

Sebelum pindah ke Prancis, Hibou bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi di Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, Indonesia. Pada awal perkenalan mereka, Hibou sempat menunjukkan posisi Kota Makassar di peta Indonesia. 

Sejak remaja, Hibou amat menyukai semua bacaan tentang Perancis. Mimpinya pun berkembang dari semua buku yang pernah ia baca. Ia bermimpi bisa terbang ke Perancis lalu menetap di sana. Hibou pun bercerita tentang kisah nenek buyutnya yang ternyata menikah dengan salah seorang prajurit Prancis. Kisah itulah yang membuat Hibou amat ingin berkunjung ke Perancis.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Hibou bisa pergi ke Perancis dan menetap di neger impiannya. Hibou membiayai hidupnya dengan bekerja sebagai penerjemah. Sebenarnya Lemaire tidak menjelaskan detail pekerjaan Hibou. Ia hanya mengilustrasikan tetangganya ini bekerja sebagai penerjemah.

Lalu, apa yang unik dari Hibou? Kebiasaannya melancong ke tempat-tempat yang tidak biasa dikunjungi wisatawan. Hibou melakukannya setiap akhir pekan. Ia akan mencari penginapan untuk melewatkan Sabtu malamnya sembari berwisata. 


No comments