Kamis, 30 November 2017

So Good Cerdik Alternatif Hiburan bagi Si Kecil



Ada yang baru dari So Good. Aplikasi cerita anak yang bisa kita dapat setelah men-scan kartu AR yang ada di kemasan produk So Good. Namanya aplikasi So Good Cerdik.

Aplikasi ini pas banget dengan gerakan literasi yang seharusnya ditanamkan sejak dini pada anak-anak. Kebetulan di keluarga kami, kebiasaan membaca sudah dibudayakan sejak anak-anak masih dalam kandungan.


Biasanya saya atau ayahnya membacakan cerita sebelum tidur waktu si kakak sudah berusia balita. Namun sebelum itu, sejak di kandungan saya biasa membacakan cerita untuk janin sambil mendengarkan musik klasik. 


Nah, saat bayi sudah mulai bisa merangkak, saya mulai mengenalkannya pada buku-buku. Caranya selain membacakan cerita, saya memberikan buku sebagai alat bermain. Jadi, buku-buku itu kadang berserakan di sekitarnya. Bayi saya memegang buku-buku itu. Kadang ia membuka halaman-halamannya, kadang ia mulai menarik-narik halamannya hingga robek. Nah, kalau sudah begitu, saya angkat atau ganti dengan permainan lain. Sayang kan kalo bukunya rusak hehehe...



arin dan buku-buku

 Kebetulan pas beli So Good nugget, ada bonus kartu AR yang bisa digunakan untuk membaca cerita di aplikasi So Good Cerdik. Caranya mudah. Kita pasang aplikasinya dulu di ponsel android. Setelah terpasang, kartunya di-scan. Saat gambar terdeteksi, ada perintah meng-off-kan tulisan AR. Kita matikan tulisan AR,  bagian cerita mulai terbuka.

Cerita yang saya baca kali ini judulnya Chika Chiko Part I. Ceritanya tentang Chika yan menerima pesanan sandwich dan Chiko yang mempunyai peternakan ayam. Selain ceritanya yang menarik, gambar-gambarnya pun demikian.

\


Tidak hanya full colour, gambar-gambarnya pun tiga dimensi. Bisa diputar-putar juga. Asyik lah pokoknya. Si kakak yang sudah klas 1 SMP pun tertarik membaca ceritanya.




Setiap cerita terdiri atas dua bagian. Lama cerita rasanya bentar banget sih, kurang dari lima menit. Di cerita Chika Chiko ini, bagian pertama bersambung ke bagian kedua. Saya jadi penasaran dengan konflik lanjuta di cerita ini. Apakah si biawak akan datang mengganggu ayam-ayam Chiko lagi? Apakah Chika berhasil membuat sandwich tepat waktu? Untuk mengetahui lanjutan certanya, saya harus belanja produk So Good lagi :-D

Ada beberapa cerita di So Good Cerdik. Saya lupa judulnya apa saja. Kalau tidak salah ada empat judul. Masing-masing terdiri atas dua bagian. Setiap akan membaca cerita, kita harus men-scan kartu AR-nya lebih dulu.

Aplikasi So Good ini sangat membantu orangtua mengenalkan tradisi membaca sejak kanak-kanak, bahkan sejak bayi juga. Selain produk So Good sangat dekat dengan anak-anak, cerit-cerita yagn ada di SO Good cerdik juga mengundang keingintahuan anak anak. Di mana ada rasa ingin tahu, di situ ada pengetahuan baru.



Gambar-gambanya menstimulasi imajinasi anak-anak. jadi, bisa saja tidak dibacakan, aak-anak tetap bisa memahami cerita dengan melihat gambar-gambarnya.  Namun, tetap saja orangtua harus mendampingi. Sebaiknya jangan biarkan anak kita menggunakan gawai tanpa pengawasan orangtua.


Oh ya, di aplikasi So Good Cerdik in, selain menyajikan cerita, di aplikasi So Good Cerdik ini ada banyak resep masakan berbahan dasar produk So Good. Cara membuatnya mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah diperoleh. Biasanya sih sudah ada di kulkas karena rata-rata para ibu menyetoknya.


salah satu resep di So Good Cerdik

Kita bisa mencoba resepnya lalu setelah masak, kita nikmati bersama keluarga sambil membca cerita menarik di aplikasi So Good Cerdik. Nikmat mana lagi yang tidak kita syukuri, wahai Keluarga indonesia? :)