Tuesday, April 24, 2018

Lima Menu Favorit Saya di Moedhir Smocked Factory



Hari Rabu, 13 April lalu, saya bersama teman-teman dari Blogger Bandung diundang Moedhir Smoked Factory untuk icip-icip beragam hidangan khas Timur Tengah yang menjadi trademarknya. Saya tentu antusias dengan undangan itu. Secara selama ini makanan Timur Tengah yang saya kenal hanya kebab. Ealah, namanya pun salah, bukan kebab, melainkan shawarma.

Kebab yang selama ini kita kenal sebenarnya merek dagang yang kemudian dipakai meluas di Indonesia untuk menyebut sandwich khas Timteng ini. Olala...itulah mengapa perlu banget kita memperkaya wawasan agar informasi yang diterima benar.

daftar menu
Ada banyak menu di Moedhir Smoked Factory yang membuat lidah kita tidak berhenti berdecak karena kelezatan cita rasanya. Tidak hanya lezat, bahan-bahan baku yang digunakan terjamin kesegarannya. 

Bahkan menurut Pak Andi dari Moedhir, bahan bakunya diperoleh dari para peternak lokal. Selain itu, buat kamu yang sensitif dengan msg, nggak perlu khawatir. Semua menu di sini bebas msg. Sehat dan lezat.

Tibalah saatnya kami mencicipi hidangan yang disajikan bertahap ke meja kami. Ada kopi suriah dan teh libanon. Saat saya bertanya apakah ada cerita di balik nama kedua minuman itu? Mas Habib, sang chef, mengatakan tidak ada cerita khusus di balik nama keduanya. Saya simpulkan saja karena menyajikan hidangan khas Timur Tengah, minumannya pun dikasih nama tempat yang ada di kawasan itu. Sotoy ya? hehe..

Setelah mencicipi semua sajian yang dihidangkan di meja kami, saya mengingat setiap nama makanan yang mengesankan di lidah dan benak saya. Ada lima menu favorit yang hingga hari ini masih melekat kelezatannya.

Lima menu favorit saya adalah

1. Healthy Salad




Saladnya seger banget. Isinya simple aja : lettuce yeng renyah, irisan tomat, butiran kismis, dan almond cincang. Saya memilih thousand island sebagai dressingnya. Sempat terlintas kapan-kapan ingin coba bikin salad seperti ini di rumah.

2. Nasi rempah



Mulanya saya kira ini namanya nasi briyani. Sejenis nasi khas dari Timur Tengah. Ternyata dugaan saya salah. "Kami menyebutnya nasi rempah karena ada berbagai rempah sebagai bahan campurannya. Yang sangat menarik buat saya adalah taburan kismis dan almond cincang di atas nasi rempah. Saya menyesap samar pedasnya merica dan cengkeh, asamnya kismis, dan tentu saja rasa khas almond di setiap gigitannya..

3. Smoked beef dan chicken


Tau nggak? irisan daging sapi dan ayam panggangnya itu lembut banget. Bumbunya meresap sempurna. Saya jadi ingat iklan kecap ABC di tivi. Waktu ayam dan dagingnya diiris-iris, keliatan banget empuknya. Nah, seperti itu juga ayam dan daging panggangnya Moedhir Smocked Factory.

Nah, selain bisa dinikmati di tempat, daging sapi dan ayam panggang ini juga tersedia dalam kemasan beku. Kita bisa pesan juga dari rumah. Free ongkir dan nggak ada minimal order lho. Baik hati banget ya, Moedhir Smocked Factory? ^^


oven ini bikin sendiri juga lho
frozen smoked beef


4. Shawarma



Terbuat dari saj bread yang dibuat sendiri sama chefnya. Saj bread ini bentuknya seperti tortilla yang sering saya lihat di supermarket. Setelah diisi beberapa lembar lettuce, irisan timun, tomat, dan daging asap cincang, saj bread digulung lalu dipanggang. Mayonaise dan saus tomat serta saus sambal disajikan di atas saj bread yang sudah siap dinikmati.

5. Manakish



Hidangan penutup ini, lekker banget. Bahan dasarnya sama dengan shawarma, serupa roti pipih. Bedanya, roti pipih manakish ini renyah. Begitu digigit, cita rasa coklatnya langsung meninggalkan kesan tak terlupakan di benak saya hingga saat ini. Manakish disajikan bersama es krim. Kita bisa pilih mau es krim vanilla, coklat, atau strawberry. Waktu itu, kami diberi kesempatan mencicipi ketiga rasa es krimnya.

Cara makannya gimana? manakish dicocol atau dioleskan dulu ke es krim baru dimakan. Hidangan penutup ini amat disarankan dinikmati selagi panas. Agar sensasi renyahnya roti dan coklat yang meleleh di dalamnya bisa kita nikmati semaksimal mungkin.

Buat kamu pecinta kuliner Timur Tengah atau yang memang doyan berpetualang di dunia kuliner, Moedhir Smocked Factory wajib ada di daftar kunjunganmu saat jalan-jalan di Bandung. Mungkin kamu bisa menambah menu favorit selain yang lima ini setelah mencicipi aneka pilihan menu di Moedhir Smocked Factory. Oh ya, bisa juga intip IG-nya @moedhirsmockedfactory.

Setelah perut kenyang, lidah terpuaskan, kami Blogger Bandung pun berfoto bersama. Terima kasih Moedhir Smocked Factory. Laris manis dan terus berinovasi memuaskan pelanggan dengan sajian lezat dan sehat.