Friday, August 10, 2018

Kampanye Bunda Peduli Asupan Sehat (PAS) Bersama Blackmores


Sejak kapan seribu hari pertama kehidupan buah hati dihitung? Apakah sejak ia lahir atau sejak ia masih berupa janin? Pengetahuan tentang ini ternyata menjadi pijakan penting bagi bunda dalam mengatur asupan sehat yang bunda dan buah hati butuhkan selama hamil dan menyusui. 



1000 Hari Pertama yang Amat Penting

Dari informasi yang saya baca, seribu hari pertama itu dihitung sejak buah hati dilahirkan. Jadi, hitungan seribu hari pertama itu kurang lebih sampai usia tiga tahun. Meski hitungannya demikian, saya tetap berusaha menjaga asupan nutrisi selama hamil. Saya mengatur menu makan dengan jenis makanan yang lebih sehat dan bergizi. Tidak cukup mengandalkan makanan dan minuman, saya pun mengonsumsi suplemen. Suplemen DHA dan zat besi yang saya konsumsi seringkali menimbulkan rasa mual. Namun, saya tetap harus mengonsumsinya demi kesehatan saya dan bayi. Yang ada di pikiran saya saat itu, bayi harus lahir dengan berat badan cukup, kondisi tubuhnya sempurna, dan ASI saya melimpah. 

Saat mengikuti seminar edukasi Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) yang diselenggarakan Kalbe Blackmores Nutrition, saya baru mengetahui bahwa 1000 hari pertama kehidupan buah hati dimulai sejak ia dalam kandungan. Wah, ternyata pemahaman saya selama ini keliru. Pentingnya nutrisi sejak hamil dijelaskan dr Bram Pradipta, Sp.OG, yang juga pengasuh Redaksi Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Klikdokter.com. Menurut dr. Bram, 1000 hari pertama itu terbagi atas 270 hari kehamilan + 365 hari tahun pertama + 365 hari tahun kedua. Pada rentang waktu itu, sangat penting bagi ibu mengonsumsi nutrisi seimbang agar ia dan janinnya sehat.

"Untuk itu, makanan yang dikonsumsi ibu harus seimbang. Isinya ada karbohidrat, sayur, buah, dan protein," jelas dr. Salli Fitriyanti, M.Gizi, SpGK. "Proteinnya juga harus terdiri atas protein hewani dan nabati. Karena kalau ibu hanya mengonsumsi protein hewani, kolesterol ibu bisa tinggi. Begitu juga kalau kebanyakan protein nabati, ibu bisa kena asam urat," lanjut dr. Salli selaku spesialis gizi klinik yang membuka praktik pribadi di Klinik Jaya Sentosa dan RS Sentosa Kebon Jati, Bandung.

Lalu, bagaimana jika bunda mengalami mual muntah selama kehamilan? Lakukan empat hal ini agar bunda tetap memeroleh asupan sehat :
  1. Makan sedikit, tapi sering. Ini dilakukan agar lambung tetap terisi. Apalagi kalau Bunda mempunyai riwayat sakit maag.
  2. Konsumsi vitamin B untuk mengurangi mual.
  3. Banyak minum air hangat untuk menetralkan rasa tidak nyaman di perut dan kerongkongan.
  4. Hindari mengonsumsi makanan pemicu mual, seperti makanan pedas dan gorengan.


Rangkaian Kegiatan Seminar Edukasi Kampanye Bunda PAS

Seminar edukasi Kampanye Bunda PAS hari Sabtu, 4 Agustus 2018, di Kota Bandung ini sekaligus memperingati pekan ASI dunia yang dihelat setiap minggu pertama di bulan Agustus. Seminar edukasi Kampanye Bunda PAS sebelumnya telah dijalankan di beberapa kota besar dengan target mengedukasi ribuan bunda hamil dan menyusui. Diharapkan dari seminar ini, bunda hamil dan menyusui paham akan pentingnya kesehatan fisik dan psikologis bunda selama 1000 hari pertama kehidupan si kecil.

Edukasi ini sejalan dengan visi misi Kalbe Blackmores Nutrition, yaitu menyediakan solusi kesehatan yang terbaik untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa diikuti ibu hamil dan menyusui pada seminar ini. Mulai dari pemeriksaan kesehatan bagi ibu, metode hypnobirthing dalam memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, dan cooking demo.

P emeriksaan kesehatan dilakukan sebelum seminar dimulai. Bunda yang sudah registrasi bisa datang ke booth pemeriksaaa. Ada dokter-dokter yang siap mengecek kondisi kesehatan bunda sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan bunda dan buah hati.
Sesi hypnobirthing menjadi agenda pertama seminar. Ibu Lanny Kuswandi sebagai pemandu sesi ini menjelaskan ada dua hormon yang berperan dalam proses persalinan, yaitu hormon oksitosin dan endorphin. Hormon oksitokson akan keluar saat kehamilan memasuki usia 37 minggu  dan hormon endorphin keluar saat hati dan pikiran tenang. Bagaimana caranya? Bunda bisa mempraktikkannya dengan bernapas melalui perut secara pelahan dan teratur.

www.siswiyantisugi.com
Cooking demo merupakan agenda ketiga setelah talkshow. Menu kali ini menggunakan ikan salmon sebagai bahan dasar. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon sangat bermanfaat untuk otot dan perkembangan janin. Selain itu, asam lemak omega 3-nya bisa memberi pertahanan antioksidan untuk bunda.

Blackmores Bunda PAS - Peduli Asupan Sehat

Para ibu yang hadir sangat antusias mengikuti acara ini. Begitu pula saat dipandu MC menyampaikan komitmen Bunda Peduli Asupan Sehat. Hadirin berseru dengan penuh semangat. Dalam kesempatan ini juga, Mbak Dian dari Kalbe Blackmores Nutrition menyampaikan bahwa Blackmores mendukung kesehatan bunda dan buah hati dengan memenuhi asupan nutrisi yang PAS (Peduli Asupan Sehat).

Akhir pekan kali ini sangat berfaedah berkat ilmu yang saya dapat dari Blackmores Bunda PAS - Peduli Asupan Sehat. Mengonsumsi sayuran, buah-buahan, karbohidrat, protein hewani, dan nabati, disempurnakan oleh Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold akan mendukung kesehatan saya dan tumbuh kembang buah hati.