Saturday, October 20, 2018

Anak Sulit Makan? Ini Solusinya


Bunda pernah mengalami ini?  Sudah capek-capek memasak ini itu, pakai acuan buku resep menu khusus anak pula. Eh, pas disuapi atau disajikan, anak menolak makan. Ada yang buka mulut, tapi saat makanan masuk, dikeluarkan lagi. Duh..duh…

Saya berulangkali mengalaminya. Waktu si sulung masih berusia 18 bulan, ia sangat mudah bosan pada jenis makanan. Baru makan 2-3 suap, sudah tidak mau makan lagi. Saya sempat bingung harus pakai metode apa agar ia mau makan. Gara-gara itu juga, dokter mengultimatum saya. “Kalau berat badan Lintang bulan depan tidak naik, Lintang harus diopname,”katanya. 

Waduh, saya makin bingung dan khawatir. Ibu mertua pun langsung turun tangan. Beliau mengambil alih memasak dan menyuapi Lintang. Alhamdulillah dengan resep-resep andalan ibu, berat badan Lintang naik dalam sebulan. Leganya  ia tidak perlu diopname. Sayangnya, sampai usianya remaja, Lintang tetap picky eater. Saya? Pasrah, hehehe…

www.siswiyantisugi.com
Arin doyan banget pepaya

Agar tidak terulang lagi pada si bungsu, saat ia mulai masuk tahap MPASI, saya mempraktikkan aneka tips dari berbagai artikel yang saya baca tentang membentuk pola makan teratur bagi anak. Berikut ini saya rangkum beberapa hal krusial yang menyebabkan anak sulit makan.

Mengapa Anak Sulit Makan?

  1. rasa makanan
Dari salah satu artikel yang saya baca, dijelaskan bahwa mulai usia 18 bulan, bayi sudah mengenal berbagai rasa. Karena itu, ia sudah bisa membedakan makanan bercita rasa yang cocok atau tidak di lidahnya. Oh, pantesan…Kalau pas makanannya ga berasa, Arin melepeh makanannya. Melepeh ini bahasa Indonesianya apa ya?

Jadi, sama seperti kita, memasak untuk anak-anak tidak bisa asal kasih gula dan garam saja. Pernahkah Bunda mencampur berbagai jenis makanan dalam satu wadah kemudian disajikan? Asumsinya, sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui. Ternyata makanan campur-campur gitu bikin anak-anak merasa eneg.
  
       2. porsi makanan  

Porsi makanan yang terlalu banyak bisa membuat anak sulit diajak makan. Apalagi banyak orangtua berpikir bahwa menambahkan prosi makanan untuk anak bisa menambah gizi mereka. Menurut pakar gizi, Tuti Soenardi, kualitas gizi bukan ditentukan banyaknya porsi makanan, melainkan kandungan nutrisi yang ada pada makanan. Jadi, penting banget untuk orangtua mengetahui informasi gizi setiap makanan yang disajikan untuk anak-anaknya.

       3.       kondisi anak sebelum makan
 
Orangtua sebaiknya memperhatikan kondisi anak sebelum makan. Jika dalam kondisi lelah, anak bisa jadi tidak punya nafsu makan. Apalagi jika makanannya terlalu berminyak, ini akan membuat anak mual. Hal lain bisa juga karena makanan terlalu panas atau potongan makanan tak sesuai ukuran mulut anak.

Anak juga akan menolak makan apabila ia sudah mengudap camilan atau minum susu sebelum jam makannya. Kadang rengekan anak atau kebaikan hati anggota keluarga lain yang  memberinya cemilan membuat program disiplin membentuk pola makan terkendala. Dari beberapa sumber yang saya baca, selama camilan yang dimakannya bernutrisi baik, kita tidak perlu khawatir. Jadi, sebaiknya Bunda selalu sediakan camilan sehat di rumah.
  
beri jeda antara waktu cemilan dan makan berat (resepkoki.id)
  
Solusi untuk Anak Sulit Makan 

Untuk mengatasi anak yang sulit makan, ada beberapa solusi yang bisa diterapkan :
  1.  berikan makana n dengan porsi kecil
Kita bisa mencoba memberikan makanan kepada anak dalam porsi kecil. Ada anak yang bisa makan banyak dalam sekali waktu makan. Namun, anak-anak saya masuk dalam kelompok makan sedikit, tapi sering. Agar lebih antusias, sajikan pula dalam bentuk dan hiasan yang menarik. Oh ya, alangkah bagusnya jika alat makannya menarik juga.


     2. berikan motivasi

Ketika anak sedang makan, jangan lupa memberinya pujian. Namun, sebaiknya kita memuji bukan karena anak makan dalam jumlah banyak.  Katakan padanya, saat-saat makan bersamanya adalah saat yang menyenangkan. Dengan catatan, waktu anak sulit makan, kita nggak marah-marah ya,Bun.hehehe..

      3. sediakan 2 – 3 jenis makanan
 
Biasanya anak akan sangat senang dan bangga jika ia diizinkan memilih makanannya. Ia tentu akan lebih tertarik melahap makanan yang dipilihnya sendiri, bukan? Selain itu, sebaiknya kita memasak makanannya  dengan cara yang berbeda. 

Tidak harus setiap hari sih, cukup dua atau tiga kali seminggu. Selain dimasak dengan cara biasanya, kita bisa memasak nasi dengan cara ditim atau digoreng. Begitu pula dengan ikan, ayam, tempe, tahu, atau sayuran. Buah-buahan pun bisa disajikan dengan cara berbeda, bisa dijus, dipotong biasa, atau dicampur dalam puding.

Di mana ada kemauan di situ ada jalan. Kesabaran dan kreativitas adalah kunci mengatasi masalah anak sulit makan. Good luck, Bunda.

38 comments:

  1. kalau sulit makan biasanya ponakan aku diajak makan di taman..

    ReplyDelete
  2. bagus juga infonya.. kadang saya juga suka bingung kalo lg ngurusin anak kecil.

    kunjungin juga ya https://dirga.id/

    ReplyDelete
  3. Semua anak saya pernah GTM (gerakan tutup mulut). Rasanya jengkel dan capek banget.

    ReplyDelete
  4. Anak saya malah udah remaja suka pilih2 makanan, padahal kecilnya ngga. Sekarang udah bisa protes :D

    ReplyDelete
  5. Memang ya, menu makan buat keluarga khususnya anak ini selalu bikin otak kita mikiiiir. kadang sekarang suka kentang goreng, besoknya dibikinin taunya udah ga mau lagi. Huhuhuuu... Tapi, tetab semangaad...

    ReplyDelete
  6. Ini emang tantangan besar buat para emak ya, soal makannya anak2.. gudlak wahai emaks!

    ReplyDelete
  7. Aku juga dulu suka paling stres kalo Kayla lagi kumat dan males makan sih Teh,

    Ya emang triknya sih kasih makan porsi sedikit tapi sering. Sekarang mah anaknya udah gede malah minta ngemil terus hahaha

    ReplyDelete
  8. Wow makasih banyak ya teh tipsnya, kebetulan ini mau setaun setengah nih

    ReplyDelete
  9. klau Neyna susah makan biasanya aku masakin yang dia suka serta batasin cemilan mendekati waktu makan sih teh

    ReplyDelete
  10. Dulu neng Marwah kalau susah makan sama aku suka diakalin aja teh, di bikin bento gitu jadi kan tertarik dan akhirnya mau makan deh

    ReplyDelete
  11. Info baik untuk putri saya yang baru punya bayi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. aku juga suka nih nemenin atau nyuapin ponakan aku, emang mesti sabar karena susah makan, tapi emang kalau di tanya lebih dulu mau makan apa biasanya mereka mau makan dengan lahap apalagi kalau udah cape main

    ReplyDelete
  13. Hamdalah anak saya udah lewat masa2 susah makannya aduh lieur pisan melewatinya dulu teh :D

    ReplyDelete
  14. Hihi saya pisan itu mah
    Semua bahan dimasukin , jadi bubur bayi : ati ayam, wortel, bayam
    supaya anaknya pinter
    Eh malah dilepeh :D

    ReplyDelete
  15. Waktu kecil aku susah makan teh, sampai dicekokin banyak vitamin penambah nafsu makan. Eh naha ngefeknya pas udah gedenya ya hahaha

    ReplyDelete
  16. anakku nih mbak kalau di rumah susah banget makannya. kayaknya karena masakan ibunya kurang berasa. kalau di daycare-nya sih katanya lahap-lahap aja. huhu

    ReplyDelete
  17. Pernah mengalami GTM alias gerakan tutup mulut waktu Al usia dua tahun. Terkenang masa-masa suram itu (halah). Tapi alhamdulillah sekarang nafsu makannya baik.

    ReplyDelete
  18. keponakan aku juga nih susah banget makanya, apalagi kalo sambil duduk manis, maunya sambil main di depan rumah atau di taman sambil lari-lari :(

    ReplyDelete
  19. Anak-anak dimana-mana pasti pernah GTM ya. Hebat kalo anaknya selalu lahap makan mah.

    ReplyDelete
  20. Pelajaran banget nih buat saya yang masih single hehe

    ReplyDelete
  21. Memberikan makanan dalam porsi kecil ini yang biasanya saya lakukan terhadap Fahmi putra saya. Dia emang susaaah banget makannya. Tapi sering makan apa saja. Saya biarkan saja. Yang penting perutnya tidak kosong

    ReplyDelete
  22. Yg rada ribet tuh kalau hes nyiapin dua tiga macam makanan di pagi hr wah heboh deh hehe...

    ReplyDelete
  23. Iya Mam, kita perlu kreatif menyediakan beberapa pilihan makanan yaa. Dan betul, perlu lihat sikon juga. Apakah sudah makan banyak camilan atau susu, jadi makan beratnya kurang semangat. Kalau saya sekarang pakai metode mba Okina juga untuk ngasi pilihan to reach goals. Saat mau makan, saya tanya dulu, "Mau makannya 5 suap atau 10 suap?" dengan begini, goal anak makan tetap tercapai :)

    ReplyDelete
  24. Kalau lagi susah makan, biasanya anakku kubiarkan dulu, sampai dia merasa lapar dan akhirna minta sendiri
    Sejauh ini sih berhasil

    Btw makasi tips2nya mbak

    ReplyDelete
  25. Anak GTM emang suka bikin nyeeeess ya mba, aku pun biasa ganti pola kalau anak udah GTM, soalnya sama seperti kita, anak juga ada fase mood nya

    ReplyDelete
  26. anak saya juga sulit makan mbak. Tapi kayaknya ada faktor keturunan dech, saya dulu juga suli makan. Sama, kata nenek saya, ibu saya dulu juga sulit makan, hehe ...

    hehe ... keturunan ramping. *ogah dibilang kurus

    ReplyDelete
  27. Anak-anak saya juga termasuk porsi makannya gak banyak. Tapi, gak apa-apa selama masih mau makan

    ReplyDelete
  28. Aku punya ponakan, makannya juga mood²an gitu..
    Solusinya dia dikasih makanan bervariatif dan beda² tiap harinya..

    ReplyDelete
  29. Termakasih tipsnya, Teh.
    Bisa di praktekan sama ponakan atau nggak buat bekal nanti menikah kalau sudah punya anak..he

    ReplyDelete
  30. saya juga kecil tergolong picky eater sih.. makanya ibu rajin sediain banyak camilan sehat seperti ubi dan pisang rebus, jagung, atau kalau mogok makan, sengaja disediakan makanan favoritnya agak banyakan, yaitu ikan dan cumi bakar. hahaha.
    beruntung dulu bapak pelaut jadi stok seafood di kulkas bejibun euy..

    ReplyDelete
  31. Wah mantaps nih, aku si bungsu yg makannya msh susah tuh...makanya badannnya imut :)

    ReplyDelete
  32. Rata-rata anak kecil wajib banget makan sambil main yaa

    ReplyDelete
  33. Kalau anakku yang 3 tahun harus pegang hp dan setel film kartun di youtube mbak biar gampang makan waktu disuapin mamanya, sama dikasih sambel dikit biar enggak diemut...

    ReplyDelete
  34. Saat anak saya GTM, susah makan, saya juga suka nyediain beberapa pilihan makanan. Pilih yang sesuai kesukaan anak2 hehe :D
    Kdng juga saya akalin makan di luar atau makan sambil nonton tipi jg hehe

    ReplyDelete
  35. Anak2ku alhamdulillah gampang makan apa aja mau. Biasanya aku kasih pas sambil baca buku, main sepeda. Bisa juga memang sambil duduk manis di meja makan. Ga mesti wajib duduk di kursi makan khusus anak/ bayi. Yang penting ada yg bikin minat dan bentuknya lucu2 hehe mamahnya mesti kreatif.

    ReplyDelete
  36. Makanan harus bervariasi ya biar anak doyan makan

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah, anak saya ga pernah sulit makan, malah sulit ngerem buat makan hehe.
    Tapi bener Mbak, memang kadang ortu ada yang paham jenis makanan yang disuka anak. Trus nyuapinnya ga kira-kira. Sendok penuh yang bikin anak ogah--saya pernah lihat sendiri ini.

    ReplyDelete
  38. Kayaknya semua anak pernah mengalami fase sulit makan ya, Teh

    ReplyDelete