Friday, May 31, 2019

Manfaat Rice Bran Oil untuk Kesehatan

Beberapa waktu lalu, saya menonton acara kuliner di salah satu stasiun televisi. Di acara itu, hostnya membahas tentang rice bran oil. Minyak ini terbuat dari serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi.





Serbuk halus itu dikenal dengan nama bekatul. Karena kaya nutrisi, bekatul pun diolah menjadi minyak agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh tubuh. Saking kaya nutrisi, minyak ini ditahbiskan sebagai healthy oil alias minyak goreng sehat.

Manfaat Rice Bran Oil

Dari waktu ke waktu, rice bran oil mulai dikenal karena mudah digunakan saat memasak dan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Berikut ini manfaat rice bran oil lainnya :

1. kandungan mineral dan vitaminnya sangat tinggi, terutama vitamin E.
Vitamin E mengandung antioksidan yang tinggi dan berkhasiat mencegah kanker. Selain itu, meningkatkan kekebalan tubuh.
 

manfaat rice bran oil
food.ndtv.com
2. mengandung lemak takjenuh dan rendah kolesterol

Kandungan lemak takjenuh dalam rice bran oil mendukung kesehatan jantung. Selain itu, rice bran oil membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan oryzanol di dalamnya.

3. rice bran oil tidak sekental minyak lain

Minyaknya tidak banyak menempel pada makanan. Bahkan tidak meninggalkan rasa berminyak pada lidah.

4. bagus untuk kulit

Squelene adalah senyawa yang terkandung dalam rice bran oil yang mudah diserap kulit dan membuat kulit terasa lembut, serta kenyal.

3. tinggi titik asapnya

Titik asap rice bran oil adalah 254°. Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas. Bila minyak goreng memiliki titik asap rendah di bawah panasnya suhu wajan, pada saat menggoreng, minyak akan terlihat berasap.

Kondisi itu menimbulkan lemak takjenuh berubah menjadi lemak jenuh yang menimbulkan risiko peningkatan kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, minyak yang berasap saat proses penggorengan menyebabkan terbentuknya zat akrolein yang menimbulkan batuk.

Suami saya sering banget ngalamin ini. Batuk-batuk setelah makan gorengan. Saya kira sudah saatnya saya beralih ke rice bran oil.

Cara Menggunakan Rice Bran Oil

Dalam pemakaian sehari-hari, rice bran oil bisa digunakan untuk :
1. menumis
2. menggoreng
3. olesan
4. dressing pada salad

Ternyata rice bran oil ini bisa juga dipakai untuk dressing, asyik nih. Sudah sehat, fungsinya banyak. Saya makin semangat beralih ke minyak goreng sehat ini. Saya berharap bisa membelinya dalam bentuk kemasan karena sulit kalau harus membuatnya sendiri.

https://www.siswiyantisugi.com
minyak multiguna


Pucuk dicinta ulam pun tiba. Saat sedang berbelanja di salah satu pasar swalayan, saya iseng mencari minyak bekatul di deretan minyak goreng. Aha! Ini dia yang saya cari, Oryza Grace Rice Bran Oil. Saya teliti produknya. Harganya memang lumayan, Rp 89 ribu, tapi masih lebih murah ketimbang saya harus membuat minyak bekatul sendiri :D


15 comments:

  1. Aku mau ganti minyak ini aja ah. Yang ada vitaminnya

    ReplyDelete
  2. Penasaran nih dengan minyak bekatul. Aku belum pernah pakai soalnya

    ReplyDelete
  3. Gak kusangka bakatul bisa dijadikan minyak juga.

    ReplyDelete
  4. Wau baru tau kalau bekatul / katol (bhasa Jawa) bisa di jadikan minyak, dulu waktu kecil sering di suruh emak beli di penggilingan padi, tuk makanan ayam :)

    Ternyata kalau di jadikan minyak menyehatkan ya hehe

    ReplyDelete
  5. Wah coba nanti cari di Supermarket dekat rumah udah ada belum ya, tfs teh

    ReplyDelete
  6. Multiguna ya ternyata. Etapi aku belum pernah nyobain sih Mba.

    ReplyDelete
  7. Bahasa Jawanya kulit padi ini gerabah, bukan...teh?
    Bisa jadi minyak yaa...?
    Hehehe...aku jadi pengin lihat proses pembuatan minyaknya.

    Apakah Rice Bran Oil ini bisa digunakan berkali-kali penggorengan juga?
    ((hhahaaa...kebiasaan akuteh...))

    ReplyDelete
  8. Temenku udah kowar kowar biar aku mau buat minyak ini. Iya buat sendiri. Konon katanya karena aku punya banyak bekatul. Ya elah, kalau aku sekreatif itu udah kaya dari dulu kalik. Ehe
    Kenyataannya sampai hari ini juga aku belum pernah lihat minyak ini. Mungkin perlu main ke supermarket dan nongkrongin bagian minyak biar paham

    ReplyDelete
  9. Baru denger ada minyak rice brand ini. Ternyata minyak bekatul, ya.. kegunaannya banyak juga. Kayaknya di supermarket Cimohay sini belum ada, eeiimm apa aku yg nggak pernah nongkrongin rak minyak goreng kali ya

    ReplyDelete
  10. Baru kali ini saya baca dan tau kalau ada minyak bekatul.. jadi pengen coba langsung.. sepertinya keren ya..

    ReplyDelete
  11. baru tau loh aku sama minya rice bran ini. jadi pengen cobain. soalnya suka koleksi minyak sehat buat masak. hehehee

    ReplyDelete
  12. Baru tahu merk ini, semoga ada di swalayan terdekat, soalnya penasaran dengan produk ini. Di jogja sudah ada kan mbak?

    ReplyDelete
  13. jadi penasaran dengan minyak bekatul

    sudah waktunya saya pindah ker healthy oil ya?

    ReplyDelete
  14. Unik ya, minyak dari bekatul.. Tapi memamg sejak dulu bekatul dikenal menyehatkan dan kaya nutrisi, bisa untuk diet bagi penderita gula maupun kolesterol. Belum lagi kandungan vitaminnya yang banyak dan bermanfaat. Jadi pengen ganti ke minyak rice bran ini.. Tfs mb...

    ReplyDelete
  15. Gimana kesan-kesannya menggoreng ayam goreng tepung menggunakan minyak rice bran? Apakah gorengannya sekering minyak goreng kelapa sawit atau masih basah juga?

    ReplyDelete