Wednesday, August 14, 2019

Launching Kampung Wisata Quran di Kiaracondong Bandung



Sejak berdiri tahun 2013 silam, perusahaan Syaamil Group berkembang pesat hingga menjadi produsen Al Quran terbesar di negeri ini. Sebagai perusahaan yang bervisi membumikan Al Quran dan menghidupkan sirah, Syaamil Group bekerja sama dengan pengurus lingkungan di sekitar Syaamil Group, yaitu RT, RW, kelurahan , dan kecamatan untuk menggagas Kampung Wisata Al Quran.

Gagasan itu terealisasi dengan peluncuran Kampung Wisata Quran pada Senin, 12 Agustus 2019. Peluncuran ini dihadiri Chairman Syaamil Group, Riza Zacharias, Plh Walikota Bandung, Yana Mulyana, S.E., MM., Camat Kiaracondong, Dra. Rina Dewiyanti, M.Si. Para jurnalis media online dan teman - teman blogger dari Komunitas Blogger Bandung pun turut hadir.

Kampung Wisata Quran

Program Kampung Wisata Quran sejalan dengan program Kiaracondong Agamis. Pada program ini, Kiaracondong akan membuat kampung - kampung Quran di setiap kelurahan dengan visi Lingkungan Cinta Quran.

Kiaracondong Agamis ini sesuai dengan visi Syaamil Group, yaitu Menjadi Perusahaan yang terdepan dalam membumikan Al Quran dan menghidupkan Sirah. Peluncuran Kampung Wisata Quran merupakan implementasi dari visi membumikan Quran, di antaranya adalah program rumah Syaamil Quran, Wakaf 1 juta Al Quran, program Semua Bisa Ngaji dengan tagline "Kampung Bebas Buta Huruf Al Quran". Wisata Quran ini yang paling populer.

Wisata Quran seperti apa yang ditawarkan Syaamil Quran? Pada Senin, 12 Agustus 2019 lalu, sebelum launching Kampung Wisata Quran, kami diajak berwisata Quran di kantor Syaamil Group. Kami berkeliling ruang percetakan melihat proses pembuatan Quran.   

Sebagian proses pembuatan Quran (dok.pribadi)

Saat melihat proses pembuatannya, ada haru menyusup di hati. Terlebih ketika saya berbincang dengan Bapak Syamsul, bagian quality control. Setiap lembaran Quran yang akan dicetak harus melewati proses pengecekan, baik tanda baca pada setiap huruf maupun warna - warna sebagai penanda di ayat -ayatnya, "Di sini quran yang dicetak banyak variannya.. Jadi, harus teliti banget mengeceknya, jangan sampai ada kesalahan," jelas beliau.


Kiaracondong Agamis

Kali ini, program Wisata Quran Syaamil Group berkolaborasi dan bersinergi dengan warga Kiaracondong untuk bersama -sama mewujudkan Kiaracondong Agamis. Program Kampung Wisata Quran diharapkan bisa menjadi destinasi wisata tematik. 

Kampung Wisata Quran sebagai wisata tematik juga bisa menjadi wisata edukatif bagi masyarakat sekitar pada khususnya dan pengunjung dari berbagai wilayah di luar Kiaracondong bahkan di luar Kota Bandung.

Kampung Wisata Quran ini gratis dan terbuka untuk umum. Alamatnya di Jalan Babakan Sari I/ No. 71 Kiaracondong Bandung. Wisata ini untuk rombongan bukan perorangan. Sebelum datang ke lokasi, pengunjung harus membuat janji dengan bagian Wisata Quran Syaamil Group di nomor 0227208298.

2 comments:

  1. Thanks for sharing, semoga sukses terus..

    ReplyDelete
  2. Wahhhh unik.

    Saya belum kebayang nih, Kampung Wisata Quran itu bakal seperti apa, tapi senang sekali saya mampir ke mari dan dapat rekomendasi tempat wisata baru di Bandung.

    ReplyDelete