Friday, November 29, 2019

Masih Pakai Plastik? Ini Plastik PP Wayang, Kakak…


Dalam keseharian, saya memang masih menggunakan plastik sebagai media pembungkus. Biasanya saya membungkus makanan, sayuran utuh atau potongan sayuran yang belum habis, daging mentah, atau buah – buahan. 

Mengapa saya masih menggunakan plastik ketika banyak orang berkampanye hentikan pemakaian plastik? Ada beberapa alasan, tapi yang paling utama adalah kepraktisannya. Menggunakan plastik untuk membungkus makanan relatif lebih praktis saat disimpan di dalam tas atau lemari es. Plastik tidak membutuhkan banyak ruang di dalam tas atau tempat lain. 


Tips Memilih Plastik untuk Kemasan Makanan 


Tidak hanya praktis, plastik yang saya pakai pun harus aman dan higienis. Plastik yang saya pakai harus aman saat bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman. Kalau dari sumber yang pernah saya baca sih, plastiknya harus mengandung bahan standar food grade. Kita bisa mengeceknya dari mana ya? Dari kemasan plastiknya lah. Biasanya kalau plastik berkualitas bagus, ada penjelasan di kemasannya. Jadi, biasakan beli plastiknya satu pak, supaya ketahuan produsen plastiknya dan penjelasan kualitas bahan plastik di kemasannya. 

Untuk membungkus bahan makanan, saya memilih plastik bening. Plastik bening banyak kita jumpai di pasaran. Namun, tidak semuanya benar -benar bening. Ada yang bening jernih, ada yang bening agak kusam, ada juga yang tidak bening, tetapi putih. Tentu saya memilih yang bening jernih. Plastik jenis ini akan menampakkan keaslian warna dan produk dengan jelas. Kondisi demikian sangat dibutuhkan pedagang makanan, terutama yang mengemas produk mereka dalam plastik. 

Meskipun saya bukan pedagang makanan atau minuman, saya proplastik bening jernih untuk mengemas makanan. Plastik menjadi sahabat saya setiap saya mengemas sayuran yang sudah disiangi. Begitu juga rempah -rempah persediaan dapur. Saya mengemas sayuran dan rempah serapat mungkin untuk disimpan di lemari es. 

Selain itu, saya menggunakan plastik untuk menyimpan keju yang sudah digunakan agar tetap dalam kondisi bagus saat akan digunakan kembali. Mengapa tidak dimasukkan dalam wadah saja? Saya sudah mencobanya. Ketika saya mengeluarkan keju dari wadahnya, kondisi keju sudah mengeras. Sementara setelah saya coba menyimpannya dalam plastik, keju memang tidak selunak saat masih dalam kemasan, tetapi kondisinya tidak sekeras saat disimpan dalam wadah. 


logo PP Plastik Wayang yang lama





https://siswiyantisugi.com
logo Plastik PP Wayang yang baru




https://siswiyantisugi.com


Saya juga memilih plastik untuk menyimpan potongan jeruk nipis, potongan jahe, atau daun jeruk serta daun salam. Daun jeruk dan daun salam yang disimpan dalam plastik lalu diletakkan dalam freezer, kondisinya tetap segar berbulan – bulan. Jadi, saat genting di dapur butuh rempah daun, kita tidak akan kerepotan cari rempah daun. 

Jadi, adakah merek plastik yang bisa mengakomodasi kebutuhan saya? Beruntung saya menemukan plastik PP Wayang di toko plastik langganan. Tampilan kemasannya menarik. Dibandingkan logo sebelumnya yang amat sederhana, kini gambar wayang pada logo disertai hiasan dekoratif warna emas sehingga mudah menarik perhatian dan dikenali. 


Kelebihan Plastik PP Wayang 


Plastik ini memenuhi semua kualitas plastik yang saya butuhkan. Pertama, ada sertifikasi halal dari MUI. Kedua, dia termasuk produk kantong plastik jenis PP (polypropylene). Apa itu? Sejenis kantong plastik yang transparan, bening, dan jernih dengan permukaan yang mengilap. Ketiga, plastik ini berstandar food grade. Oh ya, plastik PP Wayang tebal dan kaku sehingga ia tidak direkomendasikan untuk membungkus makanan berkuah. 

Mulanya saya mengira plastik PP Wayang hanya tersedia dalam ukuran kecil dan sedang. Ternyata ada berbagai macam ukuran dan ketebalan yang berbeda – beda tergantung penggunaannya. Saya berencana memakai plastik PP Wayang untuk laundry saya juga. 

Ada lagi yang membuat saya lega sudah memilih plastik PP Wayang. Usut punya usut, plastik PP Wayang sudah memeroleh sertifikasi ISO 9001, yaitu sertifikasi dalam hal manajemen produk dan penjaminan mutu produk. Selain itu, ternyata banyak customer yang puas dengan plastik PP Wayang seperti saya. Karena itu, plastik PP Wayang menerima penghargaan Indonesia Best Brand Award sepanjang tahun 2011 hingga 2018. Pencapaian yang luar biasa bukan?! 

Memilih plastik PP Wayang sebagai media pembungkus berbagai jenis makanan, termasuk sayuran dan rempah – rempah masakan bagi saya amat tepat. Saya pun dengan nyaman akan merekomendasikan plastik PP Wayang kepada teman – teman. Yang penting, gunakan plastik dengan tepat sesuai kebutuhan dan jika sudah takbisa digunakan lagi, buanglah pada tempatnya atau didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.

44 comments:

  1. Apakah semua produk sekarang harus diwajibkan lulus sertifikasi halal dari MUI kak?

    ReplyDelete
  2. Mau ikutan, menyimpan rimpang dan daun- daun bumbu di kulkas.

    ReplyDelete
  3. setuju kak.. Penggunaan plastik bening lebih bagus daripada plastik yang berwarna (misal hitam). Yang penting adalah manajemen sampahnya, yaitu dengan memilah saat hendak membuang ke tempat sampah supaya bisa didaur ulang dengan baik.

    ReplyDelete
  4. Untuk harganya berapaan mbak? Soalnya aku belum nemu plastik merk wayang ini di toko plastik langgananku. Mungkin kalau cari di toko online ada kali ya?

    ReplyDelete
  5. Sulit sekali menghindari pemakaian plastik di jaman now ini. Yang penting memang memilih plastik yang tepat guna, bahan yang aman, dan bisa didaur ulang seperti plastik pp ini.

    Tinggal pengelolaan sampahnya yang juga mesti dimaksimalkan.

    ReplyDelete
  6. Sbenarnya klo plastik apapun itu harusnya sih jgn dipake. Cuman rekomendasi plastik pp wayang mayan jg. Namun pelab2 dikurangi yah pemakaian plastik. Thank you

    ReplyDelete
  7. Baru tau juga plastik wayang ada ukuran besarnya. Kira hanya kecil saja. Kalau di daerah rumah saya, masih jarang yang jual plastik merek ini😊

    ReplyDelete
  8. Asal gak dibuang sembarangan dan pemakaiannya gak overdosis, plastik bisa menjadi sahabat rumah tangga yang baik ya. Apalagi plastik PP Wayang ini yang udah dapet banyak sertifikasi dan penghargaan.

    ReplyDelete
  9. pasti plastik PP Wayang ini akan bentar lagi akan booming seantero nusantara atau bisa boming di dunia

    ReplyDelete
  10. sejak dulu orang tua juga menggunakan plastik cap wayang untuk membungkus dagangannya, biasanya yang sering di guanakan untuk membungkus keripik pisang, keripik singkong yang di jual seharga 1000 per bungkusnya.

    ReplyDelete
  11. Saya juga pakai plastik merk ini untuk jualan kripik di rumah. Kualitasnya bagus, kuat dan harganya murah. pernah coba merek lain tapi malah banyak yang bolong huhuhu

    ReplyDelete
  12. Plastik transparan memang serbaguna sih. Aku ya punya persediaan, soalnya udah kebutuhan rumahtangga aja. Tapi aku berusaha mengurangi pemakaian plastik sih. Ya demi pelestarian lingkungan.

    ReplyDelete
  13. Dalam membawa makanan keresek bening memang tepat digunakan, karena jika menggunakan kresek hitam mengandung banyak bahan kimia. Perlu diingat juga kita harus benar-benar bijak menggunakan pelastik, yaitu pada saat butuh saja

    ReplyDelete
  14. Sepakat...gunakan plastik sesuai kebutuhan dan buang ditempatnya agar dapat didaur ulang... jadi termasuk dalam bijak menggunakan plastik..

    ReplyDelete
  15. Sepakat...gunakan plastik sesuai kebutuhan dan buang ditempatnya agar dapat didaur ulang... jadi termasuk dalam bijak menggunakan plastik..

    ReplyDelete
  16. Di rumah saya juga pake plastik PP wayang untuk bungkus makanan atau bekal.

    ReplyDelete
  17. Memang sulit sekali menghindari pemakaian plastik. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi pemakaiannya dan mengelola sampahnya dengan benar

    Untuk bekal sekolah dan kerja, aku sekarang pakai kotak bekal yang rapat dan anti tumpah, jadi bawa kuah-kuah juga aman gak perlu bungkus plastik

    Tetap nyetok plastik transparan juga sih di rumah, buat sewaktu-waktu aja. Pilihannya ya wayang

    ReplyDelete
  18. Sebentar, berarti secara umum lebih disarankan untuk menggunakan plastik bening daripada berawrna warni? Saya pribadi pernah tertarik perhatiannya dengan plastik yg bisa hancur ketika terkena air

    ReplyDelete
  19. Bisa terurai sendiri ya plastiknya??

    Memang sih aku suka cari plastik untuk wadah berbagai hal meski sebisa mungkin ga digunakan sekali doang

    ReplyDelete
  20. Beneran bisa di daur ulang kah kak?

    Klo aku sndiri sebisa mungkin ngurangin penggunaan plastik terlebih untuk makanan sih

    ReplyDelete
  21. Di Bekasi kok masih jarang ya plastik merek wayang ini. Pengen coba sih karena sebelumnya belum pernah pakai plastik wayang ini

    ReplyDelete
  22. Hmm, menarik. Kebetulan aku lagi concern sama plastik untuk wadah makanan, Sugi. Belum pernah pakai yang merek ini. Thanks infonya. Mau coba cari di Toped ha-ha.

    ReplyDelete
  23. Saya akrab sekali dengan merek plastik Wayang ini. Pernah bikin es batu pakai ini. Plastiknya kuat. Syukurlah sekarang sudah ada sertifikat halalnya ya.

    ReplyDelete
  24. Apakah palstik wayang ini selain foodgrade juga bisa tuk makanan panas, Mbak? Sampai batas apa? Kayaknya asyik banget dan harus punya. Plastik sulit dihindari, sih... jujur saja.

    ReplyDelete
  25. hmmmm aku sih sebisa mungkin sudah mengurangi penggunaan plastik. tapi kalau betul betul butuh untuk membungkus makanan pasti memilih jenis plastik ini. aku baru tau cap wayang ini, thanks rekomendasinya.

    ReplyDelete
  26. Menghilangkan sama sekali plastik dalam kehidupan sehari-hari agak mustahil tampaknya. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi penggunaannya. Mudah-mudahan lambat laun penggunaan plastik bisa menurun secara signifikan. Kualitas plastik cap wayang ini bagus ya, tidak gampang bocor.

    ReplyDelete
  27. alhamdulillah saya memakai plastik yang gulungan, plastik yg saya gunakan mudah dipakai dan mudah untuk didaur ulang nantinya

    ReplyDelete
  28. plastik wayang ini tebal ya kak? jadi kalaumau bungkus makanan atau rempah bumbu dapur itu lebih aman dan nggak khawatir bocor. wah senang juga ukuran plastik ini nggak cuma kecil atau sedang aja

    ReplyDelete
  29. Kita memang agak sulit, ya, menghindari plastik. Saya pun begitu. Di rumah harus ada plastik untuk wadah beberapa bahan makanan sebelum masuk ke kulkas.

    ReplyDelete
  30. waw, harga jual ecerannya berapaan?
    kalau terjangkau dan bisa menawarkan harga lebih rendah, plastik wayang akan mudah terdistribusi dan dibeli oleh masyarakat. tapi kayaknya susah ya kalau bikin harga murah, soalnya bahannya beda, berkelas.

    ReplyDelete
  31. Penggunaan plastik untuk makanan memang tidak boleh sembarangan ya, Teh. Harus yang benar-benar terjaga kualitasnya. Soalnya harus aman untuk makanan

    ReplyDelete
  32. Aku siy gak pernah mengamati brand klo beli plastik makanan hhahah, tapi boleh juga nih pp wayang

    ReplyDelete
  33. Klau dipake untuk bungkus sayuran atau biji2an bisa dipake berulang ga ya mbak, biar irit gitu pemakaianya. 😘 (Ani)

    ReplyDelete
  34. Plastik wayang dapat sertifikasi ISO ih keren banget dan bisa dipakai ulang ini nih jadi hemat dan sayang lingkungan pula.

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah bapak ibuku kebetulan berdagang makanan (bakso, mie ayam, soto) dan selalu pakai plastik wayang ini krn bener bener aman

    ReplyDelete
  36. Aku suka bungkus jajanan kayak krupuk dengan plastik wayang PP ini, mbak
    teksturnya bening, dan tebal, beneran ga kuatir jebol hehee

    ReplyDelete
  37. Plastik memang bermanfaat, asalkan bijak digunakan dan sampahnya diolah dengan baik. Termasuk dalam membungkus berbagai makanan, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa.

    ReplyDelete
  38. seru nih, plastiknya tahan dipakai berulang jadi bisa meminimalisir penggunaan plastik, bisa pulak diurai dengan mudah. Membantu bumi bisa lebih hijau. MAri jaga kelestarian lingkungan hidup

    ReplyDelete
  39. tenang ya kalau pakai produk yang berkualitas dan terjamin gini. Akupun meskipoun mengurangi penggunaan plastik, tapi kadang masih butuh juga plastik seperti plastik wayang ini...

    ReplyDelete
  40. Susah ya memang menghindari pemakaian plastik, tapi kalo terpaksa saya sih pasti lbh pilih plastik bening daripada plastik hitam. Semoga plastik wayang nantinya mengembangkan produk plastik yang juga degradable yaa

    ReplyDelete
  41. saya juga pake plastik wayang ini untuk bungkus gorengan buat tamu, Mba. Lebih praktis dan mudah :)

    ReplyDelete
  42. Sejujurnya aku mulai beralih dari pemakaian plastik tapi sering banget dapat plastik kaya plastik Wayang ini kalau beli bumbu dapur di pasar

    ReplyDelete
  43. nah skrg industri plastik udh semakin rapi dan memperhatikan produknya ya.mantab sih

    ReplyDelete
  44. Kalau ke toko plastik dan minta plastik yg bagus buat bungkus2 pasti direkomendasikan plastik merek wayang ini. Berarti kan memang kualitas nomor satu

    ReplyDelete