Friday, December 13, 2019

Resensi Buku Cerita Anak Aku dan Alam Semesta

https://www.siswiyantisugi.com


Resensi Buku cerita anak Aku dan Alam Semesta. Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata alam semesta?

Langit, matahari, bintang, pelangi, bulan, planet, apa lagi?

Alam semesta adalah kesatuan yang membangun kehidupan dalam perjalanan kita sebagai manusia.

Berangkat dari pemikiran itu, De Laras menuangkannya dalam kumpulan cerita anak berjudul Aku dan Alam Semesta.

Sinopsis Buku Cerita Anak Aku dan Alam Semesta


Buku cerita anak Aku dan Alam Semesta berisi sepuluh cerita pendek yang berisi tentang lingkungan dan kekayaan alam serta budaya di Indonesia. 

 Cerita pertama berjudul Venus, Kejoraku. Tokoh utama berbagi kisah tentang sebutan bintang kejora pada planet Venus semasa ia kanak – kanak. Setelah mulai bersekolah dan belajar tentang benda -benda langit, ia baru paham venus bukanlah bintang kejora.


https://www.siswiyantisugi.com
gambar yang memanjakan mata (dokpri)
“Planet Venus tidak memancarkan cahaya. Ia hanya memantulkan cahaya dari matahari. Pantulannya itulah yang kita lihat dari sini,” lanjut ayah memberikan penjelasan. (hlm. 6)


Sebagai pembuka, penjelasan ilmiah tentang Venus menjadi daya tarik bagi pembaca. Mereka menjadi ingin tahu cerita apa lagi yang ada di sembilan kisah lainnya. Apakah ada pembahasan lagi tentang antariksa seperti yang tergambar pada gambar sampulnya? Mungkin itu yang terlintas dalam pikiran sebagian pembaca.

Cerita kedua berkisah tentang Ucok pemburu koin dari Huta. Di manakah Huta? Lokasinya ada di Pulau Samosir, Sumatra Utara. Cerita ketiga mengajak pembaca menghitung sekaligus membayangkan jarak bintang dari kaki Gunung Bromo. Rumus menghitungnya pun disampaikan dalam kalimat percakapan. Ada juga rumus dalam gambar.

Kehidupan nelayan diceritakan pada cerita keempat. Membaca curahan hati Bahari, si tokoh utama, mengingatkan saya pada kisah anak pantai yang dipaksa sekolah yang pernah saya baca semasa SD dulu. Sementara kisah Mira dan Otto pada cerita kelima dan keenam berisi pengetahuan proses pewarnaan kain tenun dan pelestarian lingkungan di Nusa Tenggara Timur.

Cerita ketujuh bercerita tentang Ronggur yang ingin menjadi nakhoda seperti kakeknya. Latar cerita ada di Sumatera Utara. Dua cerita setelahnya berlatar daerah di Jawa Tengah. Salah satunya berjudul Teh Telang dan Pelangi. Cerita ini menjawab pertanyaan saya pada tulisan sebelumnya Launching Buku Cerita Anak Aku dan Alam Semesta  Kumpulan cerita ini ditutup oleh kisah Aki baik hati pemilik perkebunan kopi dan sayur - mayur yang tinggal di daerah Jawa Barat.

Simpulan Isi Buku Cerita Aku dan Alam Semesta


Membaca sepuluh cerita dalam buku ini membuat saya semakin mencintai keragaman Indonesia. De Laras, nama pena yang dipilih Diadjeng Laraswati Hanindyani, dengan fasih mengupas astronomi dan pelestarian lingkungan dalam bingkai  kekayaan budaya di negeri ini.  

https://www.siswiyantisugi.com
sketsa yang memikat (dokpri)
De Laras menulis kisah anak -anak di berbagai provinsi beserta permasalahannya masing -masing. Empat cerita membahas persoalan lingkungan hidup dan upaya pemecahannya. Enam cerita lainnya berbagi kisah tentang keindahan alam semesta. Bahkan di cerita Eyang Jati Tempe, saya membaca ada romantisme di sana.

Meskipun buku ini bertajuk buku cerita anak, tokoh – tokoh di buku ini rata -rata berusia remaja. Bahkan pada cerita pertama dan terakhir, tokoh utamanya sudah mahasiswa. Selain itu, untuk level anak – anak di Indonesia yang umumnya pembaca pemula, kalimat – kalimat pada buku ini tergolong rumit dan panjang. Berbeda jika anak – anak pembaca mahir yang membaca. Mereka tidak akan kesulitan memahami isi buku ini.

Secara garis besar, buku ini penting dan menarik. Selain mengenal kekayaan semesta, kita juga mengenali kearifan lokal Nusantara. Sketsa – sketsa pada buku membuat buku ini tampil berbeda. Sketsa - sketsa karya Tanti Amelia dalam setiap cerita amat memikat, baik edisi hitam putih maupun yang berwarna.

Jadi, yuk baca bukunya 😊

36 comments:

  1. Wah keren ya mbak. Kayaknya alurnya menarik. Selain buat hiburan, buku ini juga padat ilmu. Hehe. Thank mbak sudah sharing.

    ReplyDelete
  2. Asyik banget baca buku bergambar sambil belajar ya?

    Bakal langsung nempel, teringat sampai tua

    ReplyDelete
  3. Ini berarti kumpulan cerpen gitu ya? Semakin memperkaya wawasan. Apalagi ada ilustrasinya. Bisa dibeli di mana?

    ReplyDelete
  4. Aku suka kalau ada penulis peduli lingkungan, bagus de Laras perhatian ke sana. Bukunya keren nih, layak dikoleksi keluarga.

    ReplyDelete
  5. Ilustrasinya bagus ya mbak. Cocok nih buat diceritain ke anak-anak sebelum mereka tidur. Belinya dimana mbak? Kalau online kira2 ada gak ya?

    ReplyDelete
  6. Aku suka penulis membahas ttg lingkungan, keren

    ReplyDelete
  7. Kelebihan buku ini juga tampaknya karena disisipi ilustrasi berwarna. Seharusnya itu bisa bikin anak tambah semangat pas membacanya.

    ReplyDelete
  8. Wah bagus banget nih bukunya untuk memberikan edukasi ke anak. Apalagi dengan gambar-gambar pasti anak ngga gampang bosen.

    ReplyDelete
  9. wah boleh nih aku beliin buat keponakanku :D

    ReplyDelete
  10. Duh bagus ni bukunya. Mengenalkan bentang alam kepada anak2 lewat cerita. Aku suka dengan pendekatan ini.

    ReplyDelete
  11. Kayaknya bagus dan penuh ilmu nih bukunya. Apa lagi dikemas dengan ilustrasi gambar yang menarik. Tapi benar kata mbak, kayaknya ini lebih cocok untuk anak-anak yang lebih besar.

    ReplyDelete
  12. Bukunya menarik dan penuh warna, bikin anak-anak suka.
    Kalau sejak dini sudah mulai dikenalkan dengan buku, kelak dewasa dia akan terus terbiasa dan semakin menyukai buku.

    ReplyDelete
  13. Setidaknya adalah buku buat anak2 yang isinya mendidik dan membangun karakternya sehingga berguna bagi masa depannya... kalau ada romansanya...sedikit tak apalah

    ReplyDelete
  14. Habis baca ulasan, jadi tertarik dan penasaran dengan buku ini. Maklum, walaupun bukan anak-anak lagi, aku tetap suka baca buku anak. Habis baca baru dikasih ke ponakan. Hehee...

    ReplyDelete
  15. gambarnya itu loh bagus bangetm jd bs menyampaikan cerita ke anak dg lebih jelas. anak2 pasti suka buku ini

    ReplyDelete
  16. Buku edukasi terhadap anak ini dibalut dengan gambar sketsa yang unik. Salah satu cara agar anak tidak mudah bosan saat membaca.

    ReplyDelete
  17. hi mba, aku sudah ikut blog nya yaa semoga bisa ikuti balik hehe
    Dan review bukunya jadi inspirasi aku buat ngado keponakan aku yg kebetulan lagi tambah umur nih mba, ceritanya related banget untuk membuat anak-anak kritis dalam berpikir

    ReplyDelete
  18. Salut deh buat mba, dimana seperti yang diketahui.
    Yang banyak bermunculan novel-novel romance, sedikit sekali penulis yang bertema kan anak-anak.
    Sebenarnya kan anak-anak juga butuh bacaan yang sesuai usia mereka,apalagi kalau setiap halaman didesain penuh warna.
    Agar imajinasinya berkembang.
    Jadi nya mereka bisa di didik budaya membaca sejak dini.
    Apresiasi tuk Cerita Anak 'Aku dan Alam Semesta'

    ReplyDelete
  19. Bukunya menarik. Mengajar anak tentang alam melalui buku dan disertai gambar juga. Jadi anak bisa berimajinasi

    ReplyDelete
  20. Sepertinya recommended sekali buku ini buat anak saya yang baru kelas 1 sd. Anakku itu lagi suka sukanya mendongeng buat adiknya mba Sugi. Kayaknya ini bisa jadi Referensi dia buat cerita

    ReplyDelete
  21. Sepertinya recommended sekali buku ini buat anak saya yang baru kelas 1 sd. Anakku itu lagi suka sukanya mendongeng buat adiknya mba Sugi. Kayaknya ini bisa jadi Referensi dia buat cerita .

    ReplyDelete
  22. Keren ini, pengetahuan yang dituangkan dalam cerita. Harga berapa ya mbak, pengen beliin buat anak-anak

    ReplyDelete
  23. Buku2 seperti itu mengingatkan saya pada masa anak-anak. Dan untuk saat ini pun sangat layak untuk dijadikan bahan bacaan anak saya.
    Terimakasih ulasannya

    ReplyDelete
  24. Covernya sungguh menarik dengan warna biru dan di dalamnya ada planet-planet juga.

    ReplyDelete
  25. Keren ini membahas astronomi buat anak-anak. Nanti deh hunting buku ini kalo ke toko buku. Buat bekal putri saya yang bentar lagi masuk SD.

    ReplyDelete
  26. Buku-buku edukatif seperti ini yang harus diperbanyak. Saya pernah ngobrol2 sama ketua komunitas membaca nyaring, salah satu tantangan di Indonesia adalah kekurangan buku cerita anak yg ditulis oleh penulis Indonesia. Kebanyakan buku-buku cerita dan dongeng anak adalah terjemahan.

    ReplyDelete
  27. Saya selalu kagum dengan penulis cerita anak, karena saya menganggapnya tak mudah. Saya cepat dalam menulis, kadang baru prolog saja sudah ratusan karakter, sementara cerita anak sangat berbatas karakter, tak boleh ada yg ambigu, dan harus tahu kata sederhana untuk anak.

    Buku AKu dan Alam ini bagus banget. Semoga sukses di pasaran, ya, dan banyak yang membacanya. Aamiin

    ReplyDelete
  28. Oooo jadi satu buku ada 10 cerita, ya. Kupikir cuman ada satu cerita keseluruhan. Bisa bisan anak-anak.

    Kalau ada berbagai cerita dengan berbagai sudut pandang juga, buku ini bisa menambah wawasan dan kreativitas anak tentang alur cerita. Apalagi ini cerita ilmiah sebenernya, cuman dikemas dalam bahasa yang familiar untuk anak-anak. Siplah nambah referensi buku nih buat anak

    ReplyDelete
  29. Buku untuk anak kecil yang bagus yang kaya gini, saya aja sukak. Inget waktu kecil pengen banget buku kayak gini yang banyak planet-planet

    ReplyDelete
  30. Sepertinya recommended sekali buku ini buat anak saya yang baru kelas 1 sd. Anakku itu lagi suka sukanya mendongeng buat adiknya mba Sugi. Kayaknya ini bisa jadi Referensi dia buat cerita

    ReplyDelete
  31. Wah keren nih bukunya. Kapan ya Mbak, aku bisa nulis kayak gini? 😂

    ReplyDelete
  32. Wah kolaborasi dari 2 blogger ya mbak,keren. Penasaran, apa hubungannya pewarnaan kain dengan alam semesta?

    ReplyDelete
  33. Terima kasih mbak Sugi sudah membuat resensi buku Aku dan Alam Semesta ini. Bagi teman yang berminat, bisa japri aku di FB Diadjeng Laraswati H atau beli secara online di Tiara Book Store. Ada 2 versi, hitam putih rp 50 ribu dan berwarna rp 150 ribu, keduanya tetap cover berwarna. Sekali lagi, terima kasih atensinya. Salam literasi

    ReplyDelete
  34. waaa tersanjung mbak, terimakasih ulasan kerennya

    ReplyDelete
  35. Bukunya keren. Bikin anak-anak belajar mengenai alam semesta dengan cara yang happy

    ReplyDelete
  36. Sepertinya menarik ya mbak bukunya apalagi ada ilustrasinya pasti lebih memikat untuk anak-anak...jadi pengen punya sendiri deh

    ReplyDelete