Sunday, January 12, 2020

Wisuda XIV STT Bandung, Majulah Generasi Muda Indonesia

https://siswiyantisugi.com

Prosesi wisuda selalu menjadi momen mengharukan bagi para wisudawan. Menjalani satu per satu urutan acara seraya mengingat perjalanan saat pertama kali menginjakkan kaki di kampus tercinta. Pasti ada air mata haru menetes meski segera disusut tisu. Saat tali topi wisuda dipindahkan, galau dan opitimis berbaur memenuhi relung hati para wisudawan. 

Wisuda XIV STT Bandung

Raut wajah – wajah haru itu kembali saya lihat saat menghadiri prosesi Wisuda XIV STT Bandung hari Sabtu, 11 Januari 2020. Acara ini digelar di Harris Hotel & Convention Festival Citylink, Bandung. 

Pada kesempatan penuh kebahagiaan itu, STT Bandung mewisuda 209 orang. Ada tiga program studi di STT Bandung, yaitu Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Desain Komunikasi Visual. Wisudawan terbanyak berasal dari program studi Teknik Industri, 113 orang. Program studi Teknik Informatika sebanyak 70 orang dan Desain Komunikasi Visual 26 orang. 

Dalam sambutannya, Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S. Kom., M.T., menyampaikan kebanggaannya terhadap pencapaian lembaga ini.” Respon positif pemerintah terhadap pencapaian STT Bandung salah s atunyaadalah perubahan STT Bandung menjadi perguruan tinggi kluster madya. Sebelumnya, STT Bandung berada pada kluster binaan”, jelas beliau. 

Bagi STT Bandung, kenaikan kluster dan pencapaian ini merupakan wujud apresiasi pemerintah terhadap kinerja penelitian para dosen dan mahasiswa pada 2016 – 2018. Hal tersebut membuktikan dari tahun ke tahun STT Bandung bekerja keras memberikan yang terbaik bagi semua pihak 

Pada kesempatan itu pula, Ketua STT Bandung menyampaikan dalam waktu dekat kampus ini akan membuka program studi baru, yaitu bisnis digital. Ini program studi yang sangat tepat menjawab kebutuhan pasar di era 4.0. 

Wisudawan Terbaik Kebanggaan STT Bandung

Berhasil meraih gelar sarjana pasti membanggakan dan melegakan. Apalagi jika masuk jajaran wisudawan terbaik atau skripsinya diakui sempurna, kebanggaannya berlipat - lipat.

Hal yang selalu menarik perhatian saya pada setiap perhelatan wisuda STT Bandung adalah pengumuman wisudawan terbaik dan skripsi terbaik. Malah tahun ini ada nominasinya juga. 

Setelah membaca judul - judul skripsi yang menjadi skripsi terbaik, saya penasaran ingin membaca isinya. Topik bahasannya sangat kekinian dan inovatif.

penyerahan penghargaan
kepada wisudawan berprestasi


Salut untuk staf pengajar dan tata usaha STT Bandung. Mereka yang bersungguh - sungguh menelaah karya lalu mengapresiasinya dalam bentuk penghargaan terbuka. 

Wisudawan Terbaik 

  • Prodi Teknik Industri  : Dheyu Laksmi Wulandari, S.T.
  • Prodi Teknik Informatika : Muhammad Rizal Mutaqin, S. Kom.
  • Prodi Desain Komunikasi Visual : Tiffani Zeta D., S.ds.

Skripsi Terbaik


  • Prodi Teknik Industi 
1. Virgiawan Candra Bhakti, S.T.
    Judul : Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed dengan Pendekatan Karakuri
2. Zaenal Uyun, S.T.
    Judul : Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi
                 dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei  Engineering

  • Prodi Teknik Informatika
1. Deri Hermawan, S.Kom.
    Judul : Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android
2. Regina Sukma Citra, S. Kom. 
    Judul : Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media
                Facebook Berbasis Web
3. Yasti Aisyah Primianjani, S.Kom.
    Judul : Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web                                   Menggunakan Mikrokontroler
  • Prodi Desain Komunikasi Visual
1. Andri Setiawan, Sds. 
    Judul : Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
2. Bagus Arya Suseno. S.ds.
    Judul : Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07/ RW 08 Baleendah                        Kab. Bandung
3. Luthfi Alfaritzi, S.ds.
    Judul : Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat untuk Anak ( 8- 12                        tahun) di Kota Bandung

Orasi Ilmiah Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA.

Kehadiran putra sulung alm. B.J. Habibie pada acara ini membuat saya antusias. Ilham Akbar Habibie yang kini menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (Wantiknas) memaparkan Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0.

https://siswiyantisugi.com

Menurut Ilham Habibie, di era 4.0, yang paling utama adalah kemampuan berinovasi. Inovasi merupakan cara untuk menjawab beberapa megatrends global yang mengubah Dunia. Apa saja sih itu?
  • urbanisasi cepat
  • perubahaan iklim dan kelangkaan sumber daya
  • pergeseran kekuatan ekonomi global
  • perubahan demografi dan sosial
  • gebrakan teknologi
Bagaimana caranya agar inovasi bisa memengaruhi kondisi perekonomian baik skala nasional, regional, maupun internasional? Kuncinya tentu pada kesempatan mengembangkan inovasi dalam bentuk kewirausahaan. 

Dalam orasi ilmiah yang berlangsung selama kurang lebih satu jam ini, Ilham Habibie berulangkali menekankan pentingnya kolaborasi antara inovasi dan wira usaha. Saya kira penekanana terhadap pentingnya dua unsur itu menjadi masukan bagi STT Bandung khususnya untuk terus memperbarui kurikulum dan metode pengajaran agar lulusannya siap bersaing di masa depan.

Penandatangan MoU dengan Instansi Terkait

Usai pelepasan wisudawan, Ketua STT Bandung menandatangani MoU dengan PT Dirgantara Indonesia, PT Jasa Marga, dan Biofarma. MoU ini berisi perjanjian kerja sama untuk pelaksanaan magang mahasiswa di tiga lembaga tersebut. Selain tiga lembaga itu, STT Bandung juga menandatangani MoU dengan PT Pegadaian.


Dalam perjanjian kerja sama itu, salah satunya adalah Pegadaian memberikan tabungan logam mulia sebesar 0,01 gram bagi seluruh mahasiswa STT Bandung.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi ini ditutup dengan tayangan -tayangan ekspresi wisudawan saat prosesi wisuda sejak pagi. Semua tampak lega dan bahagia. Selamat menempuh hidup baru, adik - adik. Tetap semangat dan sukses di masa depan.








10 comments:

  1. Duh, jadi kangen sama momen Wisuda begini! Meskipun dibalik wisuda harus ada yang diperjuangkan, kalau diingat-ingat jadi kangen juga hahahah

    ReplyDelete
  2. Selalu tertarik juga dengan inovasi megatrends yang yang disebutkan di atas. Salut sekali sama wisudawan terbaik yang pastinya skripsinya keren2 juga itu. Jadi pengin ngejer wisuda juga :3

    ReplyDelete
  3. Ini seru wisuda tak sekadar wisuda. Ada ilmu dan wawasan serta inspirasi. Juga motivasi.
    Saya penasaran sama isi skripsi masing2 juara. Andai dipublikasikan :

    ReplyDelete
  4. Momen wisuda bener-bener momen terbaik dan membahagiakan.
    Oh iya era 4.0 memang eranya untuk semakin menguppgrage kemampuan dan diri.

    Dan yaampun seru sekali itu di STT Bandung bakalan buka prodi bisnis digital. Benar-benar sesuai dengan perkembangan saat ini. Bisnis-bisnis memang mulai merambah ke digital. Penasaran sih sama prodi baru yang bakalan dibuka

    ReplyDelete
  5. Wah, kalau ada kategori skripsi terbaik juga, jadi makin semangat mengejar meski nilai sudah tersalib, ya. Aku pernah ngerti rasanya jadi pemilik nilai tertinggi di jurusan, lalu jadi nomor 3 setelah dua adik kelas positif wisuda. Wkwkwk.
    Di kampusku, bahasa Perancis, paling cepat 9 semester sebelum mereka, yang hanya 8 semester.

    Yaelah... curcol.

    ReplyDelete
  6. Wah asyik jadi mahasiswa sana bisa magang di beberapa perusahaan yang menandatangani MoU itu ya? Jadi bisa praktik langsung nanti sebelum lulus, syukur2 direkrut hehe :D
    Manteb banget ada keynote speaker sekelas Pak Ilham di acara wisuda, pastinya memotivasi para lulusan ya

    ReplyDelete
  7. wisuda adalah sebuah proses akhir yang ditunggu, dimana semua perjuangan kuliah dapat selesai dan akhir babak baru dibuka, persainagan kerja dan memenuhi keuangan sendiri dimulai sejak tali toga berpindah. Selamat berjuang lulusan baru!

    ReplyDelete
  8. Selamat bagi yang diwisuda dan welcome to jungle di dunia pekerjaan ya kak dan benar banget wisuda menjadi acara yang sakral banget dimana usaha tidak akan menghianati banget disaat bangku kuliah.

    ReplyDelete
  9. Sukses terus wisawan-wisudawati STT Bandung.
    Semoga karyanya menjadi inspirasi dan membangun negeri ini menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  10. Selalu haru jika melihat moment wisuda. Akhir dari perjuangan namun juga babak baru menyambut dunia nyata...

    ReplyDelete