Sunday, March 3, 2019

Prudential Indonesia Hadirkan Program Wakaf dari Prusyariah


https://www.siswiyantisugi.com
kiri : Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relatioons adn Community Investment Director Prudential Indonesia

Dalam rangka memfasilitasi niat ibadah wakaf masyarakat, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah. Program Wakaf ini menawarkan pilihan bagi nasabah dan calon nasabah dalam menyalurkan wakaf.

Sependek yang saya ketahui, wakaf pada umumnya berupa tanah dan bangunan. Ketika Prudential meluncurkan Program Prudential Wakaf ini, saya pun bertanya-tanya ini produknya seperti apa? Apakah Prudential menerima titipan tanah atau bangunan untuk diwakafkan? Mekanismenya seperti apa?

Ternyata, program wakaf dari PRUsyariah ini bentuknya asuransi. Wah, ini baru banget buat saya. Berasuransi sekaligus berwakaf. Ini amat menarik.

Wakaf dalam Bentuk Asuransi

Wakaf adalah bentuk kedermawanan dalam Islam yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sehingga menjanjikan pahala yang tidak terputus bahkan hingga pemberi wakaf meninggal dunia.

Wakaf dalam bentuk asuransi sesuai dengan fatwa MUI No.106/DSN – MUI/X/2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah. Fatwa ini membolehkan masyarakat berwakaf dalam bentuk asuransi.


https://www.siswiyantisugi.com


Program Wakaf dari PRUsyariah mendukung nasabah yang sedang mencari solusi modern dan cerdas untuk menunaikan wakaf. Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, menjelaskan bahwa  Program Wakaf ini fokus kepada kemudahan nasabah dalam menyalurkan wakaf asuransinya.

Bagi nasabah yang sudah memiliki polis asuransi unit link Prudential, mereka dapat mewakafkan hingga 95% dari manfaat asuransi dengan membeli polis asuransi syariah baru. Sementara bagi nasabah baru, mereka dapat mewakafkan hingga 45% dari manfaat asuransinya.

Dalam menjalankan program wakaf ini, Prudential Indonesai bermitra dengan tiga lembaga wakaf atau nazhir tepercaya. Ketiga nazhir itu adalah Dompet Dhuafa, iWakaf, dan Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW_MUI). Nasabah dapat memilih nazhir di antara ketiga lembaga tersebut.

Keutamaan dan Keistimewaan Wakaf

Wakaf adalah salah satu dari empat filantropi yang ada di Islam. Wakaf bersifat kekal dengan manfaat berkelanjutan meskipun si pemberi wakaf sudah meninggal.

Apa saja yang bisa kita wakafkan?
1. harta tidak bergerak, yaitu tanah dan bangunan.
2. harta bergerak, yaitu uang, logam mulia, surat berharga, dan kendaraan.

Muhammad Yusuf Helmy, Corporate Director of Business Services-KARIM Consulting Indonesia menjelaskan bahwa harta wakaf dapat digunakan untuk membangun berbagai fasilitas umum, seperti rumah ibadah, lembaga pendidikan, rumah sakit, properti, perkebunan, dan lain-lain yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah

https://www.siswiyantisugi.com
Muhammad Yusuf Helmy, Corporate Director of BUsiness Services-KARIM Consulting Indonesia

"Pengelolaan dana wakaf secara profesional sangat penting untuk memastikan niilai wakaf tetap terjaga dan hasil usaha wakaf terus memberikan manfaat bagi masyarakat," jelas Yusuf Helmy.

Karena syariah harus hadir dalam masyarakat, kesadaran masyarakat untuk memilih produk asuransi syariah pun berkembang pesat. Program Wakaf ini bagian dari produk asuransi syariah yang ditawarkan Prudential Indonesia.

Kehadiran Program Wakaf dari PRUsyariah merupakan wujud dari komitmen Prudential yang baru, yaitu  We Do Good atau Kami Mewujudkan Kebaikan. Program ini melengkapi serangkaian produk dan layanan asuransi berbasis syariah yang komprehensif dari Prudential.

Potensi Wakaf di Indonesia

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, potensi wakaf di Indonesia sangat besar. Kondisi ini diperjelas Badan Wakaf Indonesia (BWI) bahwa masyarakat sudah mewakafkan tanah seluas 2.700 kilometer persegi di lebih dari 366 ribu lokasi. Sementara itu, berdasarkan data dari Harian Republika, potensi wakaf tunai diperkirakan mencapai Rp 180 triliun/ tahun. Luar biasa! 

Seandainya potensi wakaf tunai itu bisa digali semaksimal mungkin, masyarakat bisa saling membantu untuk mengentaskan kemiskinan juga mendorong laju pembangunan ekonomi di negeri ini. 

https://www.siswiyantisugi.com
jalanin bareng, selalu berbagi,selamanya berarti

Prudential pun sedang berjalan ke arah itu. Pelatihan tentang wakaf sudah diberikan kepada lebih dari 9000 tenaga pemasar Prudential dan masyarakat sejak tanggal 17 sampai 28 Januari 2019. Museum Rekor Indonesia (MURI) pun mengganjarnya dengan penghargaan untuk Sosialisasi Wakaf Asuransi Peserta Terbanyak. Mari kita jalanin bareng kebaikan ini demi kesejahteraan bersama.

 

39 comments:

  1. Wakaf berbentuk asuransi baru dengar, benar2 inovasi baru

    ReplyDelete
  2. Inovasi dari Prudential semakin keren, Smoga wakaf dari para nasabahnyanya dapat berguna untuk banyak masyarakat.
    Jadi bisa menjadi amal jariyah buat para pewakaf
    TFs yah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asuransi yang selalu punya terobosan baru dalam setiap produknya. Sama-samaa, makasih sudah mampir ��

      Delete
  3. Cukup inovatif program wakaf dari Prudential, mengajak nasabah untuk melakukan kebaikan dan bermanfaat bagi banyak orang. Bahkan hingga mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lewat Sosialisasi Wakaf Asuransi Peserta Terbanyak.

    ReplyDelete
  4. Masya Allah, ada pelatihan wakafnya juga ya. Mantab, karena memang banyak yang perlu pemahaman dengan hal ini

    ReplyDelete
  5. berwakaf dalam bentuk asuransi aku juga baru baru ini denger infonya nih dan ternyata diperbolehkan ya. inovasi dari prudential ini semoga makin berkembang ya mba dan bisa bermanfaat buat orang banyak. dan ternyata udah dapet penghargaan juga dari MURI

    ReplyDelete
  6. Wah model baru ini, wakaf melalui asuransi. Prudential memang keren terobosannya yaa...

    ReplyDelete
  7. Temenku banyak yang sudah ikuyan. Terobosan wakaf seperti ini jauh memudahkan dan gampang. Inovasi yang luar biasa dari prudential. Mantap banget

    ReplyDelete
  8. Mudah-mudahan program nya rgak menyalahi kaidah wakaf soalnya lumayan unik baru denger banget

    ReplyDelete
  9. Wakaf itu jadi amal jariyah ya. Semoga kita dpt berwakaf

    ReplyDelete
  10. Wah wakaf selain bisa membantu kpentingan umum juga bisa untuk mengentaskan kemiskinan juga yah :3 semoga orang yang mau berwakaf dimudahkan juga dengan fasilitas dari prudential

    ReplyDelete
  11. Belum banyak yang tahu kalau wakaf juga bisa dengan tabungan dan wakaf jg ya? Selama ini kebanyakan taunya cuma tanah/ bangunan.
    Alhamdulillah ya, skrng udah bisa berwakaf dengan manfaat asuransi syariah Prudential.

    ReplyDelete
  12. Sekarang semakin banyak peluang untuk bisa berwakaf. Tidak hanya berbentuk tanah saja, sekarang wakaf pun bisa dalam bentuk asuransi.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Mau berwakaq dan memberikan sedikit kebahagiaan buat yg lebih membutuhkan kan hhe

    Enychan

    ReplyDelete
  15. Berwakaf dengan asuransi nggak terasa berat ya, bisa dicicil tapi kita bisa mendapatkan manfaat dari wakaf, program wakaf dari prusyariah membuat impian bisa berwakaf bisa tercapai ya

    ReplyDelete
  16. Banyak sekali ya kemudahan untuk beribadah di zaman sekarang. Program wakaf prusyariah ini kurasa bisa jadi terobosan penting bagi umat.

    ReplyDelete
  17. Wakaf ini memang jariyyah yaa, teh...
    Manfaatnya akan terus bisa dirasakan hingga tiada.
    MashaAllah~
    Program yang luar biasa dari Prudential.

    ReplyDelete
  18. thumbs up nih buat Prudential.
    keren banget inovasi produknya

    ReplyDelete
  19. Semakin banyak kesempatan buat berbuat baik. Pernah tau program wakaf Dompet Dhuafa dalam bentuk perkebunan dan peternakan. Kereeen...

    ReplyDelete
  20. Baru tau ada asuransi waqaf, programnya keren juga ya teh bisa sekalian beribadah :)

    ReplyDelete
  21. Eeleuh...utk sedekah juga ada asuransinya gini. Mantap!

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah ya, sedekah pun ada asuransinya. Programnya bagus. TFS.

    ReplyDelete
  23. Bari tahu kalau wakaf bisa dlm bentuk asuransi. Skrg berwakaf pun makin mudah ya...

    ReplyDelete
  24. Keren ya wakaf dalam bentuk asuransi, tentu memudahkan untuk yang mau berwakaf karena sekarang wakaf tidak hanya berbentuk bangunan atau tanah.

    ReplyDelete
  25. Kelebihan wakaf yang meski kita sudah tiada tapi kemanfaatan nya tetap mengalir yang membuat orang ingin menjalankan perbuatan baik ini. Apalagi sekarang sistemnya semakin mudah, transparan dan lebih banyak penerima manfaat nya, pasti akan semakin banyak orang yang tergerak untuk mewakafkan sebagian harta bendanya

    ReplyDelete
  26. Makin gampang buat beramal yaaaa.. sambil berasuransi juga bisa.. kesehatan kita di cover trs ibadah juga jalan

    ReplyDelete
  27. Wakaf dalam bentuk asuransi bisa jadi pilihan mudah buat masyarakat, sehingga bisa di satu lembaga aja

    ReplyDelete
  28. Prudential sekarang semakin banyak programnya ya, apalagi saya baru tau nih ada program wakaf prusyariah. Sekarang jadi gak khawatir lagi ya mau asuransi.

    ReplyDelete
  29. Bisa dibilang,ini sebuah inovasi yg tidak menetapkan wakaf dalam bentuk benda tak bergerak saja tp kini cakupannya lebih luas

    ReplyDelete
  30. Keren banget inovasi yang dilakukan prudential ini ya mbak. Benar-benar disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan kita sekarang.

    ReplyDelete
  31. bagus ya ... wakap berbentuk asuransi. Pasti prosedurnya lebih mudah dan aman

    ReplyDelete
  32. Semoga langkah Prudential untuk memnafaatkan potensi wakaf tunai itu bisa jadi solusi untuk menggali semaksimal mungkin wakaf di Indonesia. Sehingga masyarakat bisa saling membantu untuk mengentaskan kemiskinan juga mendorong laju pembangunan ekonomi di negeri ini.

    ReplyDelete
  33. Kalau kita semua wakaf kayaknya bisa bayar utang Indonesia ya? Atau bisa bangun perekonomian yang lebih bagus di Indonesia, sayangnya sadar wakaf ini kecil banget. Buat bantu bangun sekolah di lingkungan sekitar aja susah hihi

    ReplyDelete
  34. inovasi baru nih, akupun baru tau kalau wakaf gak cuma dalam bentuk tanah aja, jd makin gampang deh kita beramalnya. thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  35. sebagai agen PRUDENTIAL saya ikut bangga dengan program CSR nya ini

    ReplyDelete
  36. Masya Allah makin banyak inovasiidari prudential nih. Salut banget, semoga ttp istiqomah

    ReplyDelete
  37. Dana wwakaf memangg sangat dibutuhkan oleh masyarakat yg membutuhkan, selain bisa digunakan untuk kepentingan umum juga bisa dijadikan wakaf produktif yg bisa meningkatkan perekonomian masyarajat sekitar

    ReplyDelete