Thursday, August 8, 2019

Cara Cermat Menata Ruang Kerja

Kerja di rumah adalah impian saya sejak lama. Bahkan sejak saya baru sebulan bekerja sebagai pengajar tetap di sebuah lembaga bimbingan belajar. Ampun dah! Baru juga diterima kerja, saya sudah pengin resign dan bekerja di rumah sambil mengurus anak. 

ideproperti.com
Impian itu terwujud delapan tahun kemudian. Saya pun resign setelah melahirkan putri kedua. Bertahun -  tahun sebelum resign, saya sudah mempunyai pekerjaan sampingan. Menulis buku - buku soal adalah salah satunya. Jadi, saat palu putusan resign diketuk, saya tetap punya penghasilan.

Setahun resign, saya menikmati hari -hari mengurus bayi sambil menyelesaikan naskah buku dan mulai fokus ngeblog. Ruang kerja saya ada di lantai dua. Ruang ini berbagi dengan ruang nonton tv, ruang keluarga, sekaligus ruang setrika.

Seringnya pas lagi fokus nulis, pas suami dan anak sulung saya sedang nonton tv. Alhasil fokus pun terbagi. Yang menang siapa? nonton tv dong.hehehe...Karena sering berulang, saya merasa sudah saatnya saya punya ruang kerja. Kebetulan suami pun berpikiran serupa. Ia juga perlu tempat khusus untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Suami menyerahkan penataan ruang kerja sepenuhnya pada saya. Mulailah saya mencari inspirasi untuk menata ruang kerja mungil. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pada Rabu, 31 Juli 2019, bertepatan dengan Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 di JCC Senayan, digelar juga talkshow Serba - Serbi Menata Rumah. Talkshow ini merupakan kerja sama antara BTN dan Komunitas ISB. Salah satu narasumbernya adalah Zata Ligouw, lifestyle blogger.

talkshow serba - serbi menata rumah (dok. datika widiani )

Temanya cocok dengan pencarian saya nih, halah pencarian..Jadi, apa saja sih yang dibicarakan dalam talk show itu? 


Menata Ruangan Kecil 

Topik pembahasan pada talkshow ini fokus pada cara mengelola ruangan yang kecil. Jika ruang -ruang yang kita tinggali berukuran kecil atau sempit, kita harus menyederhanakan gaya hidup. Gaya hidup di sini maksudnya lebih pada penggunaan barang -barang.

Ada empat tahap yang harus disiapkan untuk menata ruang sempit :
  1. tentukan kebutuhan seluruh keluarga
  2. kenali karakter diri sendiri dan keluarga
  3. perbanyak referensi hal yang disukai
  4. hitung budget yang tersedia
Tahap perencanaan sebenarnya merupakan tahap substansial bagi siapa pun yang hendak membangun rumah atau mengatur tata letak ruangan dalam rumah. Sayangnya, tahapan ini terutama point dua terlewatkan saat kami menata ruang - ruang di rumah. 

Tapi, tak apa. Yang sudah biarlah sudah. Sekarang mari fokus pada ruang kerja yang akan kami buat di rumah mungil kami yang penuh dengan barang -barang ini. Empat tahap dasar perencanaan ruang bisa  juga dipakai untuk menata ruang kerja.

Ruang Kerja Minimalis

Ruang sempit bukan berarti menutup kreativitas menciptakan ruang kerja. Beberapa tips ini bisa membantu kita menciptakan ruang kerja minimalis yang nyaman.

1. meja dan kursi sederhana
Meja dan kursi mutlak ada. Pilihlah yang tidak menghabiskan ruang, tapi harus ergonomis. Lebih bagus kalau kursinya bisa dilipat saat tidak digunakan.

meja kerja menempel di dinding (dok. oliswel.com )

2. pencahayaan ruangan yang natural. 
Kita bisa memanfaatkan jendela bukaan samping atau lebih minimalis lagi jika jendelanya diletakkan di langit -langit rumah. Jendela semacam ini dikenal dengan skylight. Lampu tetap dibutuhkan untuk penerangan di malam hari. Ada banyak pilihan lampu, seperti pendant lamp, standing lamp, atau wall lamp. Yang lebih praktis sih wall lamp karena ditempel di tembok.

dok. JCC

3. sirkulasi udara
Jendela besar atau skylight di langit -langit bisa menjadi pilihan. Yang penting ukurannya proporsional.


dok. JCC

4. Tanaman di ruang kerja
Tanaman bisa memberi nuansa segar di ruang kerja. Kita bisa meletakkan  1- 2 pot mungil di meja kerja kita. Pilih jenis tanaman yang bermanfaat menyerap radiasi dari barang - barang elektronik di sekitar kita, seperti lidah mertua. 

lidah mertua (dok.dekoruma.com)

4. pasang moodboard bikinan sendiri
Kita bisa menempel daftar pekerjaan harian, mingguan, dan bulanan yang harus diselesaikan Kita juga bisa menuliskan target -target kita sebagai pengingat dan pedoman kerja. Selain itu, supaya lebih menarik, tempel juga quote - quote penyemangat. Lebih seru kalau kita sendiri yang membuatnya. 

moodboard (dok. zataligouw)

Berbekal ilmu baru berikut tips sederhana menata ruang kerja sempit dari talkshow ini memacu kreativitas saya untuk segera menata ruang kerja di rumah. Kalau ruang kerja rapi dan nyaman, otomatis kerja lebih semangat dan produktif. Bukan begitu, teman - teman? :)

No comments:

Post a Comment