Ketika Artis Berwisata Quran di Syaamil Quran Bandung



Wisata Quran Bandung. Ada yang berbeda pada Sabtu, 15 Februari 2020 lalu. Wajah - wajah yang kerap muncul di layar kaca tampak mengunjungi Syaamil Quran di jalan Babakan Sari I / 71, Kiaracondong, Bandung. Mereka hendak melihat proses pencetakan Al Quran di sini.

Rombongan tiba di Syaamil Quran menjelang waktu Asar. Sesampainya di lokasi, setelah menikmati jamuan khas kuliner Kota Bandung, azan Asar berkumandang. Mereka lalu menunaikan ibadah solat Asar yang dijama' takhir dengan Dhuhur.

https://siswiyantisugi.com
Riza Zacharias, Chairman Syaamil Group (dok. Syaamil Group)

Riza Zacharias selaku Chairman Syaamil Group dan Halfino Berry, Co Chairman group, menyambut kedatangan artis - artis ini. Riza mengenalkan Syaamil Group yang telah berdiri lebih dari dua puluh tahun. Selama lebih dari dua puluh tahun itu, Syaamil Group menerbitkan mushaf Al Quran dan buku - buku pilihan dengan konten yang mengandung nilai - nilai kebaikan.


Inovasi Syaamil Group

Syaamil Group memilih Al Quran dan Sirah sebagai pilihan utama dalam berkreasi dan berinovasi. Pilihan itu berlandaskan visi membumikan Al Quran dan menghidupkan Sirah. Realisasi dari visi itu adalah dengan menghasilkan produk - produk inovatif yang mudah, menarik, dan menyenangkan. Salah satunya adalah mushaf tulis, yaitu mushaf Quran yang huruf - hurufnya dicetak tipis dan kita bisa menebalkannya sendiri.


mushaf tulis Quran (dok.pribadi) 



praktik menulis mushaf tulis Quran (dok. Syaamil Quran)

Para artis pun berkesempatan praktik menulis mushaf pada lembaran yang telah disediakan. Tampak wajah - wajah khidmat saat praktik menulis huruf -huruf Al Quran di mushaf tulis. 

"Lembaran tersebut menjadi buah tangan yang mengesankan bagi para artis," tandas Apud Saepudin, Integrated Communication General Manager Syaamil Group.


Wisata Quran

Wisata Quran yang diprakarsai Syaamil Quran merupakan salah satu wisata religi yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Selain menikmati aneka kuliner khas Bandung dan beragam wisata rekreatif lain, wisata Quran bisa masuk dalam agenda jalan - jalan juga.

Wisata Quran terbuka tiap hari Rabu dan Kamis untuk umum, baik kelompok maupun perorangan. Sebelum berkunjung, kita bisa menghubungi nomor kontak Syaamil Group bagian Wisata Quran. 

Ustad Luqmanul Hakim Ashabul sebagai pemrakarsa kunjungan ini adalah penggagas Gerakan Infaq Beras untuk anak yatim dan pesantren penghafal Al Quran.  

Melalui wisata Quran, Ustad Luqmanul Hakim berharap rombongan artis dari Komunitas Kajian Musyawarah ini mendapat jamuan religi untuk memperkaya spiritualitas mereka sebagai muslim. Selain itu, dalam event Sedekah Akbar yang akan diselenggarakan esok harinya, Minggu 16 Februari 2020, Syaamil Quran merupakan mitra utama penyupport acara Sedekah Akbar.

dok. Syaamil Quran
Para artis yang kebanyakan telah hijrah ini menyimak penjelasan pihak Syaamil Group tentang proses pencetakan Al Quran dengan serius.  Kekaguman dan antusiasme terpancar dari wajah - wajah mereka. 

Kunjungan dimulai dari ruang Syaamil Arabic Mustaqii yang bergerak di bidang pembelajaran dan pelatihan Bahasa Arab. Metodologi yang digunakan tentu saja sudah tersusun rapi, mudah, menyenangkan, sistematis, dan aplikatif.


Menyimak penjelasan produk - produk Sygma Media Innovation (dok. Syaamil Quran)

Selanjutnya para artis melihat -lihat ruang kreatif  Sygma Media Innovation (SMI) melihat proses pembuatan konten Al Quran. Mulai dari proses desain cover, layout khat, layout terjemah hingga fitur - fitur yang ada dalam Al Quran.

Rombongan juga melihat proses pembuatan produk - produk lain seperti buku Direct Selling yang dikeluarkan Sygma Daya Insani (SDI), Digibook (Digital Book), dan produk berbasis media digital lainnya. Semua produk Syaamil Group ini telah tersebar ke seluruh Indonesia dan manca negara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Hongkong, dan Amerika.

Melihat - lihat produk Syaamil Quran (dok.pribadi)

Sebelum masuk ke bagian pencetakan Quran, para artis melihat -lihat Madina Quran yang memproduksi Al Quran untuk segmen khusus, seperti segmen pembaca profesional dan generasi milenial. Quran terbarunya Quran Al Mutqin, Quran Hafalan Super Lengkap dengan banyak kelebihan yang memudahkan para penghafal Quran.

Puncak dari wisata religi ini adalah melihat proses pencetakan Quran. Tempat mencetak Quran ada di bagian bawah gedung Syaamil Group. Di ruangan yang besar dan luas ini, para artis melihat tahapan pencetakan Quran. Tahapan pertama adalah mencetak lembaran mushaf lalu memotong, menjahit, mencetak cover hingga pengecekan kualitas Quran supaya tidak terjadi kesalahan sedikit pun.













FYI, dalam proses pencetakan Quran ini, seluruh pegawai yang terlibat harus dalam keadaan suci, yaitu berwudhu lebih dulu. Begitu juga bila ada pegawai perempuan yang sedang haid, ia akan dipindahkan ke bagian lain hingga haidnya selesai. Hal itu bertujuan untuk menjaga adab dalam proses pencetakan Quran.

Bahan baku yang digunakan pun dipastikan berkualitas tinggi dan halal. Dari mana mengecek kehalalan bahan bakunya? Menurut salah satu pegawainya, bahan baku yang halal ada pada lem yang digunakan.

Di akhir kunjungan, para artis berfoto bersama seraya saling menguatkan untuk senantiasa istiqamah di jalan hijrah. Di titik ini, seglamour apa pun kehidupan mereka di layar kaca, para artis ini tetap membutuhkan siraman rohani agar hidupnya bermakna.

https://siswiyantisugi.com
dok. Syaamil Quran




8 comments

  1. Wah penasaran sama foto2nya nih kaak, atau nggak boleh ambil foto? Prosesnya juga bener2 dijaga ya harus suci dan bahan2nya halal, masya allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ambil foto sebanyak - banyaknya,Kak. Kayaknya tadi pas lagi error, jadi fotonya tidak tersimpan 😊

      Delete
  2. "Sebaik-baiknya kita ialah yg belajar Al-Quran dan mengamalkannya"
    Maasya Allah, proses pencetakan quran juga ternyata sangat dijaga adab dan tatacaranya...

    ReplyDelete
  3. Waah...ternyata ada artis-artis yang datang ya? Saya kemarin gak ikutan karena udah pernah ke sana. Tapi kalau tau ada artis-artis hijrah dateng, kayaknya ke sana deh! wkwkwk

    Eh, di hari yang sama Pak Riza mengisi sharing tentang bisnis Syamil Qur'an di acara TDA di Bapusipda Jabar. Saya menyimak pemaparan beliau hingga dzuhur. Berarti Pak Riza sorenya langsung menjamu tamu-tamu artis ya...keren, energik! :))

    ReplyDelete
  4. Menarik sekali ya Mbak wisata religi ke Syaamil Quran ini. Pasti merinding gitu ya melihat proses pembuatannya. Teringat bagaimana awal pembukuan Quran di zaman Nabi, dan sekarang sudah secanggih dan serapi itu. Semua prosesnya pun juga dijamin kehalalannya. Masya Allah. Semoga para artis itu juga semakin cinta pada Al-Quran :)

    ReplyDelete
  5. Masyaallah, wisata quran ini adalah salah satu wisata alternatif yg baik untuk dilakukan ya apalagi bersama keluarga dan anak2. Mereka akan bisa lebih mengenal dekat alquran dengan melihat proses pencetakannya di pabrik yang cukup besar di Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Cukup menarik dan unik Wisata Quran, tak sekadar rekreasi saja tetapi memperdalam ilmu agama juga.

    ReplyDelete
  7. It offers rights to every person just as creatures. The human rights that Islam secures are the life and property of each resident is sanctified, whatever his religion is, that is it is possible that he is Muslim or not.
    Ramadan fasting times

    ReplyDelete