5 Minuman Penting Cegah Demam Berdarah Semakin Parah


demam berdarah
dok.sehatq.com

Semua orang mempunyai risiko yang sama untuk terjangkit demam berdarah. Hal ini penting diketahui bahwa faktor penyebab demam berdarah masih terus berkeliaran.

Musim hujan adalah masa aktif berkembang biak bagi si nyamuk aedes agepti. Kita bisa melakukan pemberantasan untuk mencegah perkembangbiakannya di lingkungan rumah. Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan, yaitu menguras bak mandi dan menjaga lingkungan rumah agar selalu bersih. 

Kita perlu memperkuat imunitas tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin. Ada banyak makanan penguat imunitas tubuh. Kita bisa mampir ke blog Mbak Aisyah Dian sebagai salah satu referensi.

Hal ini membuat tubuh semakin kuat dan tidak mudah terjangkit virus dengue. Seyogyanya kita memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Tujuannya supaya kita tidak mudah mengalami sakit flu ataupun gejala infeksi virus lainnya.

Ketika DBD Menyerang 

Setahun yang lalu, putri sulung saya terpaksa harus dirawat karena terkena Demam Berdarah Dengue.

Mulanya putri saya mengalami demam tinggi selama tiga hari. Demam ini juga disertai badan yang menggigil. Karena takada bintik - bintik merah pada tubuhnya, saya tidak berprasangka itu DBD.

Barulah saat periksa ke dokter dan dilakukan cek darah, ternyata trombosit anak saya turun. Dokter menyimpulkan ini kena DBD dan harus segera dirawat.

Saya langsung teringat kisah putrinya Tika Bisono, psikolog senior sekaligus penyanyi tahun 90-an. Tika Bisono harus merelakan kepergian putri tercintanya karena penanganan yang terlambat.

Siklus demam pada penderita DBD serupa pelana kuda. Mulanya demam tinggi lalu turun kemudian tinggi lagi. Saat demamnya turun itu, sebenarnya kondisi pasien sedang amat kritis. Jika tidak segera ditangani, ia bisa meninggal. Kondisi itulah yang luput dari perhatian Tika Bisono.

Belajar dari pengalaman pahit itu, saya segera mencari informasi sebanyak - banyaknya seputar DBD ketika hasil laboratorium menunjukkan trombosit putri  saya turun. Saya lupa berapa jumlah standarnya.

Dari beberapa buku yang saya baca, artikel hasil googling, dan obrolan dengan banyak teman yang pernah mengalami sakit DBD, saya membuat resume daftar minuman yang manjur saat terkena DBD. Apa saja kah? Yuk simak tulisan selanjutnya :)

Minuman Apa Saja yang Manjur Diminum saat Musim DBD? 


Saya sangat khawatir dan deg - degan setiap perawat mengantarkan hasil laboratorium putri saya setiap siang. Kapan trombositnya naik dan kondisinya kembali pulih. Dokter menjelaskan dalam kondisi ini,  pasien dapat mengonsumsi rutin buah dan sayuran untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Untuk mereka yang tidak terkena DBD, mereka harus menjaga pola makan dan tidur teratur. Tujuannya tentu agar tubuh selalu fit dan bertenaga.

Sementara pasien DBD bisa mengonsumsi jenis minuman yang dianggap ampuh melawan demam berdarah. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

Air Kelapa 

Minuman ini seringkali dijadikan sebagai penawar racun untuk kasus keracunan. Selain itu, juga dipercaya dapat dimanfaatkan untuk memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah dehidrasi. Kita bisa mengonsumsi air kelapa kapan saja, baik di pagi hari maupun sore hari. Supaya lebih berasa, kita bisa menambahkan sedikit gula agar lebih beraalau saya lebih suka gula merah, rasanya lebih alami.

Air Jeruk 

Air jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini tentu bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dari serangan virus dengue. kita bisa menyeduhnya dengan air hangat atau air dingin. Rasanya asam segar. Kita juga bisa menambahkan madu. Penting untuk diingat jangan menyeduh sari jeruk dengan air panas. Mengapa? Kandungan vitamin C-nya bisa hilang. Air jeruk menjadi  penyela dahaga dan minuman selingan di waktu makan. 

Air Isotonik 

Penderita demam berdarah sangat membutuhkan elektrolit untuk mengganti ion tubuh. Hal ini penting agar kondisi tubuh selalu tetap sehat. Tidak hanya itu, air isotonik menghidrasi tubuh kita sehingga tidak mudah dehidrasi saat sedang sakit. Kandungan natriumnya dapat kita jadikan sebagai obat demam berdarah yang cukup efektif. 

Susu Murni 

Air susu murni mengandung sejumlah zat seperti magnesium, natrium, potasium, dan masih banyak lainnya. Kita bisa memanfaatkannya untuk menjaga kondisi tubuh selalu fit. Biasanya, penderita demam berdarah mengonsumsi susu sebagai asupan gizi terbaik pada masa penyembuhan. Tentu saja dengan tetap mengonsumsi buah dan sayuran agar asupan gizi tetap seimbang. 

Jus Buah dan Sayuran Hijau 

Peranan buah dan sayuran sebagai zat pengatur dalam tubuh sangatlah penting. Terdapat banyak zat dalam sayuran dan buah yang dibutuhkan tubuh saat seseorang sakit DBD.

Kita bisa mengonsumsi buah jambu merah. Kandungan vitamin C-nya empat kali lebih tinggi daripada jeruk. Kita juga bisa mencampur buah dan sayuran menjadi jus. Minum jus sayur dan buah setiap hari bisa mendongkrak kesehatan. Selain itu, jus jambu merah bisa menjadi minuman penyembuh apabila kita terserang DBD.

Untuk meningkatkan trombositnya, putri saya mengonsumsi jus jambu merah dan air isotonik. Setelah tiga hari dirawat, akhirnya trombositnya naik. Alhamdulillah, leganya hati saya. Sore itu kami langsung berkemas dan pulang ke rumah.

---

Banyak yang saya catat dari penjelasan dokter tentang DBD. Dokter menjelaskan virus dengue adalah penyebab utama demam berdarah melalui air liur nyamuk betina Aedes Aegypti. Penginfeksian virus dapat menimbulkan gejala ruam, demam dengan suhu tinggi, muntah, dan gejala lainnya.

Hal tersebut bisa berlangsung selama sepuluh hari. Kita harus waspada dengan meningkatkan imunitas tubuh.  Karena bisa jadi nyamuk aedes agepty yang menggigit kita baru saja mengigit tetangga kita. Dan dia saat itu sudah dirawat di rumah sakit.

Imunitas tubuh menjadi panglima agar tubuh kita terjaga dari berbagai penyakit. Namun, jika memang akhirnya sakit, takperlu menyalahkan apapun atau siapapun. Yang penting kita sudah ikhtiar jaga kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman di atas sebagai  langkah awal pencegahan.

Stay safe, stay health ya :)

13 comments

  1. Jus Jambu emang mantap banget y, kak. Kalau Ipeh tambah rutin minum sari kurma. Alhamdulillah bisa naikin trombosit jadi bisa lekas sehat

    ReplyDelete
  2. Nah bener banget kak jus buah terutama jambu bijih merah sana kurma katanya bagus banget untuk menaikan trombosit jika kena DB .h semoga kita semua dalam keadaan sehat ya..

    ReplyDelete
  3. iya bener kelapa dan isotonik. soalnya pas itu kakak saya pernah kena DBD dan disuruh banyak minum pocari sweet. 3 hari dirawat abis itu sudah sehat lagi, hihi. makasih mba infonya.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah enak² ya minuman pencegah DBD nya Teh Sugi... Jd insyaalloh lebih mudah minuminnya ke anak² ya... Nuhun sudah berbagi yaa

    ReplyDelete
  5. Air kelapa ini aku berusaha banget minum tiap hari kak. Rp 6.000 1 plastik penuh tapi airnya saja. Awalnya ikhtiar biar sehat tapi keenakan. dan saya baru sadar daya tahan tubuh saya meningkat banget jadi jarang sakit nih

    ReplyDelete
  6. Iya bener Mbak waktu anakku gejala DBD, dokter menyarankan untuk banyak mengkonsumsi jus sayur dan buah. Alhamdulillah Anakku sembuh dan nggak jadi opname.

    ReplyDelete
  7. Ini susu murni kayak bear brand kaleng itu ya mbak? Soalnya kalo minum bear brand emang jadi lebih sehat kalo saya

    ReplyDelete
  8. Air kelapa di rumah kami selalu jadi andalan kak. Mau demam atau diare, selalu minum air kelapa. Bisa menawarkan racun.

    ReplyDelete
  9. Wah makasih tipsnya ini penting banget soalnya di tempat aku suka banget angka DBD tinggi di musim tertentu... Ntar rajin konsumsi susu dan air jeruk... Kaya vitamin c Dan kalsium untuk susu juga

    ReplyDelete
  10. demam berdarah mengerikan sih ya, tapi ternyata pengobatan bisa maksimal dengan asupan beberapa minuman ini
    terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  11. Kalau kata teman saya sari kurma juga bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit di dalam darah Mbak, beberapa teman saya yang pernah terkena DBD mengonsumsi itu.

    ReplyDelete
  12. aku baru tau kalo air kelapa bisa untuk mencegah Demam berdarah, aku taunya hanya jambu merah aja. trima kasih infonya sangat berguna.

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya ada banyak ya Mbak caraengobati demam berdarah, jadi bisa cepet ditolong, karena o atnya ada di sekitar kita semua.

    ReplyDelete