5 Manfaat Vitamin E Alami untuk Kulit Cantik dan Sehat

Sejak Covid 19 memasuki kehidupan kita, setiap orang menjadi makin peduli terhadap daya tahan tubuhnya. Yang dulunya rada cuek terhadap asupan nutrisi, kini mulai membiasakan diri mengonsumsi menu sehat. Bahkan sekarang semakin banyak yang peduli dengan manfaat vitamin, termasuk manfaat vitamin E.

dok.hellosehat.com

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam lemak dan mempunyai efek antioksidan. Vitamin ini memiliki fungsi penting untuk perkembangan tubuh manusia. Selain itu, vitamin E berperan dalam kekuatan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, kesehatan mata, dan kesehatan kulit. 

Dari berbagai hasil penelitian, peran vitamin E sebagai antioksidan lebih dominan. Sama halnya dengan kandungan karoten pada vitamin A.

Bagaimana dengan manfaatnya? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini.

Lima Manfaat Vitamin E untuk Kulit Cantik dan Sehat

1. Menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam vitamin E menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas ketika tubuh terpapar langsung sinar UV, asap rokok, dan polusi. Radikal bebas yang merusak kulit ini menyebabkan berbagai penyakit kanker.

2. Menyamarkan noda bekas luka 

Siapa yang masih punya bekas luka di area wajah dan tangan? Pasti rasanya mengganggu ya. Kita bisa mengonsumsi Vitamin E untuk menyamarkan noda bekas luka. Ini merupakan salah satu cara kerja vitamin E, yaitu meregenerasi jaringan ekstrasel yang rusak atau hilang.

3. Mencegah penuaan dini dan keriput di kulit wajah

Antioksidan dalam vitamin E mampu membantu menjaga dan melindungi kerusakan sel-sel  akibat radikal bebas. Vitamin E akan menghambat proses penuaan sel-sel tubuh sehingga kulit tampak terlihat awet muda dan fit meski bertambah usia.

Selain itu, vitamin E berdampak baik pada sirkulasi darah. Akibatnya tentu saja kulit menjadi lebih sehat. Sebuah penelitian pada tahun 2013 menyatakan bahwa vitamin E dan bahan-bahan alami yang mengandung antioksidan lainnya diakui sebagai pengobatan untuk mencegah keriput.

Kandungan minyak alami dalam vitamin E dapat membantu kulit terlihat lebih muda dengan sedikit kerutan. Namun demikian, strategi terbaik mencegah kerutan adalah menghindari sinar matahari langsung dan menggunakan tabir surya.

4. Melembapkan kulit

Kandungan antioksidan pada vitamin E mampu mempertahankan kandungan kelembapan alami kulit sehingga kulit tampak segar terhindar dari tampilan kulit kusam atau kering. 

5. Mengatasi bibir yang kering dan pecah - pecah

Bibir merupakan bagian tubuh yang tidak mempunyai kelenjar minyak. Kondisi itu yang membuat bibir menjadi rentan kering dan pecah - pecah. Apalagi kalau sering menjilati bibir, kurang minum, terlalu lama terpapar sinar matahari, cuaca yang terlalu kering, atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

Vitamin E bisa mempercepat regenerasi kulit dan mencegah iritasi pada bibir yang pecah - pecah. Untuk memanfaatkan vitamin E sebagai pelembab bibir alami, kita bisa mencampurkan minyak vitamin E dengan minyak lain, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun lalu mengoleskannya pada bibir.

Sumber Vitamin E Alami

Setelah mengetahui manfaat vitamin E untuk kecantikan dan kesehatan kulit, tentu kita harus mengetahui sumber vitamin E yang bisa kita konsumsi. Berikut ini makanan sumber vitamin E yang mudah kita peroleh.

1. Bayam

Ternyata selain tinggi zat besi dan protein, bayam mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit. Jadi, rajin - rajin makan sayur bayam atau hidangan lain yang mengandung bayam yaa..

2. Brokoli

Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat brokoli sangat terkenal di antara makanan sehat. Mengonsumsi secangkir rebusan brokoli bisa memenuhi 4% kebutuhan harian kita. 

3. Alpukat. 

Setengah potong buah alpukat mengandung 2 mg vitamin E. Alpukat termasuk buah yang digemari karena manfaat bagi kesehatan, kecantikan, dan kecerdasan. Kita bisa menikmatinya dengan beragam cara, tidak hanya dijus atau dimakan langsung. 

4. Tomat

Tomat memang buah berkalori rendah. Namun, buah ini mengandung kalium, kaya akan vitamin A, C, dan tentu saja vitamin E.  Kita bisa mengonsumsi secangkir tomat setiap hari. Jumlah itu setara dengan 1 mg vitamin E. 

---

Sumber vitamin E yang saya paparkan di atas amat mudah kita peroleh karena termasuk sayur dan buah yang biasa kita konsumsi. Jadi, tunggu apa lagi? yuk, mulai rawat kulit kita sejak dini dengan vitamin E yang kaya nutrisi.

1 comment

  1. Sejak ada covid-19 jiwa introvert saya makin menjadi jadi hehe..Nyaman tinggal didalam rumah.. :D

    ReplyDelete