5 Pertanyaan Penting Sebelum Menyewa Apartemen

Masa pandemi memang belum usai, tetapi roda perekonomian harus terus bergulir. Karena itu, pemerintah mulai membuka kembali kesempatan pada para pengusaha untuk menggerakkan usaha mereka di berbagai sektor. Salah satunya di sektor properti, yaitu sewa apartemen harian.
 
tips sewa apartemen
properti.kompas.com
Potensi property memang belum bergairah sejak masa pandemic, tetapi aktivitas orang yang bergerak dari kota ke kota untuk berbagai keperluan sudah menggeliat. Otomatis mereka perlu akomodasi, tempat menginap yang nyaman selama ada di suatu tempat.

Apartemen bisa menjadi pilihan karena fasilitasnya yang jauh lebih komplet ketimbang kamar hotel. Ada keleluasaan bagi pengguna untuk fasilitas ruang tamu dan dapur, sebagai contohnya. Selain itu, apartemen juga mempunyai harga bersaing.

Nah, sebelum kita menyewa apartemen, sebaiknya kita mengecek apartemen yang akan kita pilih melalui lima pertanyaan penting berikut ini.

Lima Pertanyaan Penting Sebelum Menyewa Apartemen

1. Berapa budget yang kita punya?

Sebaiknya biaya sewa apartemen tidak boleh lebih dari 25 – 30% dari penghasilan kita. Hitungannya bisa penghasilan per bulan jika biaya sewa dibayar bulanan. Jika biaya sewa dibayar per tahun, patokannya tentu total penghasilan kita per tahun.

Saat hendak menyewa apartemen, tanyakan apa saja yang termasuk dalam biaya sewa?apakah biaya maintenance, internet, parkir motor dan mobil sudah ditanggung pengelola gedung? Pastikan Anda sudah membaca setiap klausul yang diajukan dengan seksama. Setelah itu, kita juga bisa menanyakan seberapa sering biaya sewa mengalami kenaikan. Biasanya berapa persen kenaikannya?
 

2. Apa saja kriteria apartemen yang kita inginkan? 

Buatlah daftar kriteria apartemen yang kita inginkan. Apakah harus di lokasi strategis yang dekat tempat kerja, dekat fasilitas kesehatan, lalu blok tempat kita tinggal tidak lebih dari lantai 4, dan lain sebagainya.

Kita bisa mencari lokasi apartemen yang kita inginkan berikut fasilitas yang kita harapkan seecara daring. Informasi tentang apartemen yang disewakan amat banyak, salah satunya sewa apartemen di Jakarta Selatan.

3. Bagaimana dengan keamanan gedungnya?

  • Kita harus mengetahui apakah pengelola gedung mempunyai system pengawasan yang luas mencakup seluruh bagian apartemen sampai ke bagian terluar? Sistem pengawasan ini harus digital dengan teknologi yang canggih. Jangkauannya tidak hanya pada pintu masuk, tetapi juga tempat parker hingga titik akses rentan lain, termasuk jendela.
  • Apakah ada sistem komunikasi antara penghuni apartemen dengan petugas di pintu utama?Minimal ada system interkom yang memungkinkan penghuni apartemen memverifikasi identitas tamu yang akan masuk ke apartemen. 
  • Apakah pengelola gedung menyimpan semua kunci duplikat apartemen dengan pengawasan ketat? Maksudnya manajemen tidak boleh memberikan akses ke apartemen siapa pun tanpa terlebih dahulu memanggil penghuni apartemen yang bersangkutan untuk memastikan bahwa ia mengizinkan orang lain masuk ke apartemennya.

4. Apakah pengelola gedung mengizinkan kita mendekorasi apartemen tanpa     kena penalty?

Banyak pemilik apartemen membuat peraturan tentang boleh tidaknya penyewa mendekorasi apartemen yang ia tempati. Ada yang mengizinkan, tetapi mewajibkan penyewa untuk mengembalikan kondisi apartemen seperti semula. Jika kita melanggarnya, uang jaminan atau deposit yang kita berikan di awal menyewa apartemen tidak kembali alias hangus. Jadi, pastikan dulu tentang klausul mendekorasi ulang apartemennya ya..

5. Apakah pihak pengelola apartemen memberikan fasilitas bantuan dalam 24/7? Seberapa cepat petugas bantuan ini merespons keluhan kita?

Fasilitas bantuan perbaikan ini wajib kita ketahui sebelum memutuskan akan menyewa apartemen tersebut. Meskipun perabotan atau perlengkapan di apartemen kita sangat bagus, kita tetap harus mengantisipasi adanya kerusakan selama tinggal di sana.

Misalnya setelah menempati apartemen itu, AC kamar tidur rusak. Tentu saja kita membutuhkan bantuan pengelola gedung memperbaikinya. Jadi, pastikan apakah ada fasilitas pelayann perbaikan itu. Hal yan takkalah penting adalah menanyakan sekaligus mengeceknya sendiri saat melihat –lihat berbagai ruangan di apartmen.

Kita bisa mencatat sambil mengecek kondisi ruangan lalu mencatatnya jika ada kerusakan. Catatan kerusakan ini bisa menjadi arsip kita kalau semasa kita menyewa di tempat itu, kondisi perabotan sudah ada yang rusak. Catatan itu bisa kita pakai sebagai bukti juga.











































Sewa apartemen di Jakarta Selatan (https://www.sewa-apartemen.net/category/area/jakarta-selatan/)

No comments