4 Tips Penting Memilih Villa yang Nyaman

Haloo, siapa yang sudah kangen berat travelling? Angkat tangannya tinggi - tinggi! Saya termasuk yang mengangkat tangan paling tinggi kalau ditanya rasa kangen terhadap travelling. Pandemi memaksa saya dan kita semua tetap di rumah demi kesehatan masing -masing. Selama di rumah, sah - sah aja kalo kita tetap menyusun rencana travelling seandainya pandemi usai. Apa saja rencanamu?

Agenda travelling saya sih nggak yang jauh- jauh dulu, di sekitaran Bandung saja. Salah satu tempat favorit keluarga saya dan banyak orang adalah Lembang. Banyak jujugan wisata asyik di daerah sana. Sebutlah Farm House, Orchid Forest, Lodge Maribaya, De Ranch, Dusun Bambu, Floating Market, dan masih banyak lagi yang bikin kita betah main di Lembang.

Supaya aksesnya lebih leluasa dan bisa pindah -pindah tempat main tanpa terkendala macet, biasanya saya menginap di salah satu villa di Lembang. Sebelum memutuskan villa yang akan kami tempati, ada beberapa hal yang biasanya saya cermati. Apa saja? Yuk simak lanjutannya :)

Tips memilih villa yang nyaman

1. Harga

Harga menjadi pertimbangan utama bagi saya dan keluarga. Mungkin sebagian orang juga punya pendapat yang sama. Cek dulu harganya baru liat fasilitasnya. hehehe..

Menemukan villa dengan harga sesuai isi dompet memang butuh perjuangan. Apalagi kalo kita pengin dapetin villa yang ada kolam renangnya, air panas, dan yang terpenting adalah kualitas pelayanan villa. 

salah satu villa di Lembang

Kita bisa cek harga -harga sewa villa dari laman -  laman booking yang tersedia, seperti Traveloka, Agoda, pegipegi, booking.com, sewa-villa.com, dan sebagainya. Dari berbagai laan itu, kita bisa bikin perbandingan lalu menentukan mana yang harganya paling cocok dengan isi dompet. 

Dari saran seorang kawan, sebaiknya kita membersihkan cache komputer lebuh dulu. Mengapa? Alasannya supaya laman tersebut tidak bisa mendeteksi riwayat pencarian kita sebelumnya. Kalau ketahuan kita sudah menjelajah laman - laman sejenisnya, biasanya mereka menaikkan harga sewa penginapan. Hm..layak dicoba. hehehe..

2. Fasilitas

Setelah harga oke, selanjutnya kita cek fasilitas yang ditawarkan. Kalau kita telaten mencari dan cukup beruntung, kita bisa mendapat akomodasi murah dengan fasilitas komplet tanpa ribet.

Dapur dengan peralatan masak yang komplet termasuk dalam fasilitas yang penting saat kita memilih villa. Percuma kan kalaupun ada dapur, tapi ngga ada frying pan dan kompor?

Seperti saat mencari villa murah di puncak, saya membuat daftar fasilitas yang kami harapkan. Ketika sudah dapat villa dengan harga pas, cek juga apakah fasilitas yang ditawarkan sebagian besar sesuai dengan yang kita harapkan? Kalau 80% memenuhi, jangan ragu untuk memilih villa tersebut. 

3.Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan tidak kalah penting. Kenyamanan kita sangat  bergantung pada pelayanan pemilik villa. Itulah mengapa kita memanfaatkan laman - laman booking villa di internet. Selain mengecek dan membandingkan harga serta fasilitas, kita juga bisa mengetahui review dari para pengunjung sebelumnya.

Kita pasti tidak akan memilih villa dengan review buruk meskipun fasilitasnya komplet dan pemandangan sekitar yang indah. Jadi, cermati juga penilaian para pengunjung di villa yang akan kita pilih yaa..

4. Privacy 

Sejauh ini saya belum pernah sih mengalami privacy terganggu saat menginap di villa. Berkaca dari pengalaman beberapa teman yang privacy-nya terganggu saat menginap di salah satu villa. Dari cerita mereka, saat menginap di villa di Bali, salah seoran karyawan villa berkomentar panjang tentang barang- barang bawaan teman - teman saya. 

Menginap di tempat yang nyaman seperti di rumah tentu menjadi keistimewaan saat kita berwisata di mana pun. Namun keistimewaan itu terasa tidak menarik jika ada orang asing yang tiba - tiba muncul dan sok perhatian. 

 

 

 





 

 

 

 

 

 

 

No comments