Klinik Mutiara Cikutra, Sehangat Keluarga

Apakah pertimbangan pertama saat memilih klinik bersalin di Bandung? Setiap orang tentu punya pertimbangan berbeda. Sebagian besar pasti memilih kualitas layanan dan biayanya. Maunya kualitas bagus dengan biaya terjangkau. Adakah? Tentu saja ada. Kita bisa ke Klinik Mutiara Cikutra untuk mendapatkan layanan persalinan sesuai yang kita harapkan.



Klinik Mutiara Cikutra Bandung

Klinik Mutiara Cikutra berdiri sejak tahun 2006 silam. Klinik ini didirikan untuk memberikan layanan kesehatan dengan keramahan keluarga kepada masyarakat. Mulanya bernama Klinik 24 jam Bina Insan Sehat yang berlokasi di daerah Cimuncang, Bandung.

Setelah berdiri sekian tahun, klinik ini pindah ke jalan Cikutra No.115A - C. Namanya pun berubah menjadi Klinik Mutiara Cikutra. Visinya menjadi layanan kesehatan yang membuat pasien bahagia. Visi yang menarik karena kesehatan hakiki berawal dari kebahagiaan yang tulus. Sejalan pula dengan misinya, yaitu klinik yang paling diandalkan keluarga muda Indonesia.

Nah, pantas saja selama saya berkunjung ke Klinik Mutiara Cikutra, hampir semua pasien yang ada di sana usianya sekira 20 - 30an. Misinya sudah tercapai rupanya.

Layanan Klinik Mutiara Cikutra

Selain dikenal sebagai klinik bersalin dengan layanan komplet, Klinik Mutiara Cikutra juga mempunyai berbagai layanan medis yang yang dibutuhkan masyarakat.  Layanan medis tersebut di antaranya adalah poli umum, poli anak, poli gigi, laboratorium, konsultasi gizi, klinik sunat, dan vaksinasi. Sejak pandemi melanda, Klinik Mutiara Cikutra juga membuka layanan rapid test. 

Poli Gigi 

Kesan pertama memasuki ruangan poli gigi adalah nuansa hijau dan putihnya. Cat ruangan hijau putih memberi kesan bersih dan segar. Begitu masuk, keramahan dokter menyambut kami. Ia mengenakan APD level 2 selama jam kerja. Kebetulan saat itu dokter baru saja selesai memeriksa tambalan gigi pasiennya. Dokter segera melepas sarung tangan dan membuangnya ke tempat sampah medis.

Saya sempat berdiskusi dengannya tentang penggunaan sarung tangan medis di instansi selain di tempat pelayanan medis. Dari yang saya baca dan dengar, banyak pihak, terutama kalangan medis menyayangkan penggunaan sarung tangan medis oleh mereka yang bukan nakes. Penjelasan dokter gigi KMC cukup logis.

Menurutnya alasan sarung tangan medis seharusnya hanya dipakai nakes karena aktivitas nakes yang biasanya berhubungan dengan berbagai akibat dari penyakit. Salah satunya darah. Agar kuman dan virus yang menempel di sarung tangan tidak menyebar, ada pengolahan limbah khusus medis. Nah, berbeda dengan kotoran yang melekat pada sarung tangan medis yang dipakai nonnakes. Kalau dibuang di tempat sampah biasa setelah dibungkus plastik dulu, tentu tidak berbahaya. 

















Poli gigi menjadi istimewa karena diskusi tentang sarung tangan medis itu. Betapa mudahnya saya dibuat terkesan ya? hihi .. . drg. Dewi juga menjelaskan selain menggunakan APD level 2, di poli gigi dokter akan mendapat tambahan alat, yaitu extraoral dental suction. 

Alat ini berfungsi untuk membantu menghilangkan tetesan dan aerosol volume tinggi yang dihasilkan selama dokter melakukan perawatan. Extraoral dental suction juga memiliki sistem filtrasi tingkat medis yang ekstensif, disinfektan sinar UV, dan mampu membasmi kuman dan virus. Kalau sudah dibekali perlindungan secanggih ini, dokter gigi tentu bisa melayani pasien dengan aman.

Selain pengadaan fasilitas peralatan medis, drg. Dewi bercerita tentang agenda meredesain ruangan. Salah satunya adalah mengubah penempatan AC dalam ruangan poli gigi. Tujuannya tentu tidak lain dan tidak bukan agar pasien dan dokter aman dari embusan angin AC. Seperti yang disampaikan WHO dan ditegaskann pemerintah, penularan Covid 19 lebih rentar jika kita ada di ruangan ber-AC. 

Poli gigi sudah kembali beroperasi penuh bulan September 2020. Ini tentu menjadi kabar baik bagi para pasien. Sejak Covid 19 menyerang di Indonesia bulan Maret lalu, masyarakat sulit mengakses layanan kesehatan, salah satunya poli gigi.

Poli Umum 

Sesuai dengan namanya, poli umum menjadi jembatan bagi pasien melalui diagnosis dokter umum untuk dirujuk ke rumah sakit atau laboratorium jika kondisi pasien membutuhkan penanganan medis lebih lengkap.










Poli Anak

Kami sempat berjumpa dengan dokter anak di klinik ini. Pembawaannya yang ramah dan ceria meneguhkan sosoknya sebagai dokter anak kesayangan pasien - pasien kecilnya. Ruang praktik dokter anak dan dokter gigi ada di lantai yang sama. 


Konsultasi Gizi

Layanan konsultasi gizi tidak hanya diperuntukkan bagi anak - anak, tetapi juga terbuka untuk orang dewasa. Ada paket program yang ditawarkan sesuai kebutuhan klien. Paket program itu ada yang 7 hari, 14 hari, dan 30 hari. Tergantung kondisi pasien yang ditangani. Konsultasi ini pun tidak selalu harus datang ke klinik. Pasien bisa berkonsultasi lewat Whatsapp. 

Klinik Ibu Hamil

1. prenatal yoga

Prenatal yoga adalah jenis yoga yang khusus didesain untuk masa kehamilan. Jenis yoga ini membantu calon ibu untuk fokus melatih pernapasan, latihan untuk area pinggul, dan pose - pose yang bermanfaat untuk mengembalikan energi pada saat tubuh merasa lelah akibat perubahan hormonal dalam tubuh.

Untuk mengetahu jadwal kelas prenatal yoga di Klinik Mutiara Cikutra, kita bisa mengeceknya melalui layanan hotline +62 22 7216058 yang beroperasi mulai pukul 08.00 WIB - 21.00 WIB

2. Persalinan pronormal

KMC mendukung persalinan pronormal bagi ibu hamil. Agar suasana hatinya tenang jelang persalinan, pelayanan KMC menghadirkan suasana senyaman rumah dan privasi yang terjaga. Setelah persalinan, ibu dan bayi bisa tetap berada di kamar yang sama agar proses inisiasi menyusui dini lebih efektif. Istilahnya sistem kamar rawat gabung ibu dan bayi.


Untuk melengkapi kebahagiaan ibu dan ayah, KMC menyediakan layanan baby photo session dan tentu saya konsultasi laktasi agar ibu bisa lebih optimal memahami dan menyusui bayinya

Untuk tetap menjalin silaturahim, para ibu yang pernah bersalin di KMC tergabung dalam Whatsapp group. Isinya tentu saja berbagi wawasan seputar kehamilan dan menyusui dengan adminnya dari KMC. Whatsapp group ini juga bisa menjadi media informasi tentang berbagai layanan klinik ibu hamil dan konsultasi laktasi.

Untuk informasi lebih lanjut, kita bisa mengunjungi laman dan media sosialnya Klinik Mutiara Cikutra :

Facebook : Klinik Mutiara Cikutra
Instagram : @mutiaracikutra
Channel Youtube : Klinik Utama Mutiara Cikutra
Telepon : 022 7216058


Galeri foto ruang bersalin di Klinik Mutiara Cikutra Bandung











No comments