5 Makanan Sehat Ampuh Sebagai Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami

https://unsplash.com/photos/rcP7T6MPEIc


Masalah kesehatan mata minus atau miopi dapat terjadi karena kondisi bola mata yang lebih panjang. Akhirnya kornea yang melengkung pun membatasi jarak pandang seseorang. 

Jika kamu memiliki kekurangan tersebut, berikut cara mengobati mata minus secara alami melalui makanan.  

1. Buah Wortel 

Tidak bisa dipungkiri bahwa buah wortel kerap dikaitkan dengan kesehatan mata. Wortel menjadi makanan penuh dengan kandungan karoten dan vitamin A. Kandungan tersebut merupakan dua dari sekian nutrisi terbaik yang dibutuhkan mata.

2. Ikan

Dilansir dari Webmd.com, makanan sehat selanjutnya adalah ikan ikanan berminyak tinggi. Dalam hal ini, salmon dan tuna yang kaya dengan nutrisi sehat. Untuk mendukung statement tersebut, healthline juga menegaskan bahwa salmon memiliki kandungan omega-3 fatty acids yang merupakan lemak baik. 

Kehadiran akan omega 3 fatty acid akan kunci untuk mengobati mata minus. Selain ikan salmon, kamu juga bisa mengkonsumsi ikan halibut, sarden, dan tuna. Bahkan kandungan yang sama juga dapat ditemukan di kacang kenari atau minyak biji rami. 

3. Buah Buahan Sitrus 

Kandungan vitamin C juga menjadi kunci penyembuhan minus mata. Vitamin C dapat diperoleh dari buah buahan sitrus. Buah tersebut adalah jeruk, anggur, dan lemon. Vitamin C sendiri dianggap sebagai sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh, bersama dengan kandungan bioflavonoids.

Dilansir dari Studi tahun 2002, kehadiran vitamin C juga berfungsi mengurangi risiko penyakit mata lainnya, seperti risiko katarak. Tidak hanya didapat dari buah buahan asam kecut saja, vitamin C pun dapat kamu temukan dari bahan makanan lainnya. Bahan makanan tersebut melingkupi brokoli, buah kiwi, stroberi, grapefruit, dan paprika merah mentah. 

4. Sayuran Hijau 

Lutein merupakan kunci dari kesehatan mata. Dengan demikian, maka cara mengobati mata minus dapat dilakukan konsumsi lutein yang cukup. Kandungan ini banyak ditemukan di hampir semua bahan sayur hijau.

Dituliskan bahwa sayuran berdaun hijau direkomendasikan sebagai sumber lutein dan zeaxanthin tinggi. Idealnya sayuran hijau tersebut memiliki kadar lutein mencapai 15-47%. Apabila kamu masih membutuhkan menu sayuran lainnya, kamu bisa mencoba variasi lain menu makanan yang mengandung vitamin A agar tidak mudah bosan.

5. Telur Dan Kacang kacangan  

Cara mengobati mata minus secara alami pun dapat dilakukan dengan menu makanan sehat yang mengandung zinc dan vitamin E. 

Telur dan susu bisa menjadi sumber zinc yang baik. Begitu juga dengan kacang kacangan yang kaya akan vitamin E, terutama kacang almond.  

Dapat disimpulkan, bahwa kesehatan mata juga bersumber dari bahan makanan yang kamu konsumsi. Untuk mengobati masalah miopi pada mata, dibutuhkan kandungan nutrisi berupa lutein, vit C, vit A, vit E, dan omega-3. 

Agar lebih maksimal, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Bright Sight yang mengandung ekstrak madu dan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata secara optimal.

1 comment

  1. Ternyata ga hanya wortel ya mbak yg bisa meningkatkan kesehatan mata kita

    ReplyDelete