Rekomendasi Wisata Depok Dekat UI Yang Memikat Hati

Jalan-jalan di sekitar UI yuk? Kira-kira wisata Depok dekat UI apa aja ya? Ternyata banyak juga tempat wisata yang ada di dekat UI. Di mana aja tuh? Lanjutkan baca yuk :)

Rekomendasi Wisata Depok Dekat UI 

1. UI Park atau Hutan UI

Ini wisata Depok dekat UI yang rasanya paling populer. UI Park yang dikenal juga dengan Hutan UI. Luas hutan kota Universitas Indonesia (UI) mencapai 90 hektare. 

wisata depok dekat UI
dok.ui.ac.id

Beragam vegetasi pepohonan tumbuh di hutan ini. Apa saja yang bisa kita lakukan di UI Park?

1. Cobain trek sepeda

Buat kamu pesepeda, kamu bisa pakai area trek sepeda. Kamu bisa pilih trek nyamuk atau trek mangkuk. Di dua trek ini, para penggila sepeda bisa menikmati terjalnya jalur sepeda di hutan kota UI.

2. jogging

3. mancing

4. berjalan-jalan menikmati kesegaran embusan angin dari pepohonan tinggi di UI Park.

Masuk UI Park tidak dipungut biaya. Yang penting setiap pengunjung harus memelihara kebersihan dan ketertiban UI Park ini.

2. Danau Kampus UI

Ada enam danau besar di dalam UI Park atau Hutan UI. Nama-nama danau ini membentuk akronim kata KAMPUS. (K)enanga, (A)gathis, (M)ahoni, (P)uspa, (U)lin, dan (S)alam. Nama-nama pohon yang digunakan untuk enam danau.

Keenam danau ini dibangun dalam waktu berbeda. Danau Kenanga adalah danau pertama yang dibangun pada tahun 1992. Danau ini dikelilingi pemandangan gedung perpustakaan yang cantik. 

Lokasinya di Kampus UI yang berdekatan dengan permukiman penduduk di Kukusan, Beji, Depok. Sebelum pandemi menyerang, masyarakat biasanya berolahraga dan berwisata di sekitar Danau Kenanga. 

3. Margo City

Ini adalah pusat perbelanjaan populer di Depok. Menurut tripadvisor.com sih, Margo City termasuk pusat perbelanjaan nomor 1 dari 9 pusat perbelanjaan yang ada di Depok. 

Seperti halnya pusat perbelanjaan kelas menengah atas, isinya ya berbagai toko pakaian, aksesoris, toko sepatu, toko buku, dan banyak kafe buat nongkrong.

Seru juga sih, abis jalan-jalan sehat di Hutan UI, mampir ke Margo City, belanja tipis-tipis, lanjut ngopi dan diskusi. Nikmatnya hidup. hehehe...

4. Godongijo

Taman rekreasi ini berlokasi ada di jalan Cinangka raya KM. 10 No.60, Bojongsari, Depok. Godongijo adalah tempat wisata dengan konsep hutan di tengah kota. 

Kepeduliannya pada penghijauan dan lingkungan hidup membuat Godongijo dinobatkan sebagai Amazing Garden se-Asia Tenggara. Wuiih! Mantuul nih..

Apa saja yang bisa kita lakukan kalau main ke Godongijo nih?

1. Family Fishing

Kita bisa memancing bareng keluarga di kolam pemancingannya. Peralatan pancing bisa disewa di sini sekaligus dengan umpannya. Ikan hasil memancing bisa langsung dimasak di tempat. Ada biaya memasak per kilogram ikan. Biayanya bergantung pada jenis masakan yang diminta (bakar/goreng/pecak/kuah asem dll). Hm..jadi lapar deh..

Selain memancing, anak-anak juga bisa sekalian lebih mengenal aneka hewan yang mungkin biasanya hanya dilihat di buku atau televisi. Ada kura-kura aldabra, iguana, phyton, musang, kalong, kelinci, ikan air tawar, dan burung.

Jadwal operasional kolam pemancingan buka hari Senin-Minggu, pukul 10.00 WIB - 20.00 WIB.

2. Wisata Edukasi

Wisata edukasi program ecotainment ini terdiri atas beberapa paket, yaitu :

1. fast learning camp

Metode belajar yang efektif dan super Learn How To Learn dengan pendekatan cara otak belajar mengingat, konsentrasi, berpikir kreatif, serta palikasi mind games.

2. angklung class

Belajar cara memainkan angklung yang berkembang di tanah Sunda.

3. playing wayang 

Membuat wayang kulit dari bahan media alternatif lalu memainkan wayangnya. Tujuannya supaya anak mengenali seni budaya daerah; mempunyai identitas budaya sehingga tidak mudah tergerus arus globalisasi.

4. robotic

Memperkenalkan teknologi merakit robot pada anak. 

5. Renewable Energy atau Green Energy

Mengenalkan pada anak-anak tentang sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan.

Paket ecotainment ini bisa diikuti mulai dari anak usia sekolah dasar hingga lanjutan. Biayanya terjangkau Rp 50 ribu -  Rp 105 ribu / anak.



No comments