Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Betadine Mouthwash&Gargle

Salah satu masalah yang mengganggu dalam pergaulan adalah napas tak segar alias bau mulut. Kondisi ini biasanya menjadi penanda ada masalah dengan kesehatan gigi dan mulut kita. 

jaga kesehatan gigi dan mulut dengan betadine mouthwash&gargle
dok.freepik.com

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu aspek dari hasil interaksi antara kondisi fisik, mental, dan sosial. Yang termasuk dalam aspek fisik adalah kondisi kebersihan gigi dan mulut, bentuk gigi, dan air liur yang dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. 

Kebersihan gigi dan mulut adalah keadaan gigi geligi yang berada di dalam rongga mulut dalam keadaan bersih, bebas dari plak dan kotoran lain yang berada di atas permukaan gigi, seperti sisa makanan dan karang gigi. 

Bagaimana dengan aspek sosial? Apabila kesehatan gigi dan mulut terganggu, berbagai masalah gigi dan mulut akan muncul. Bau mulut, sariawan, gigi berlubang, erosi gigi, dan yang paling parah kanker mulut.

Kondisi semacam ini dapat menurunkan rasa percaya diri. Akibatnya enggan bergaul dengan banyak orang atau kalau tidak sadar mengalami bau mulut, orang-orang sekitar akan menghindar berdekatan dengannya.

Apa yang harus dilakukan agar kesehatan gigi dan mulut senantiasa terjaga? Semua kembali pada gaya hidup kita. Berikut ini tips menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa kita lakukan dalam keseharian.


Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut 

Upaya memelihara kesehatan gigi yang utama harus ditujukan untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Pertumbuhan bakteri mulut yang tidak terkontrol merupakan penyebab utama terjadinya permasalahan gigi dan mulut (Maitra, 2012).

Begini caranya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar :

a. Menggosok gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, pagi setelah sarapan         dan malam sebelum tidur.
b. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi      ke gigi.
c. Mempergunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.
d. Sikat bagian atas lidah dengan sikat gigi yang lembut. FYI, lidah bagian belakang yang berhubungan dengan      tenggorokan dapat mengandung bakteri penyebab bau mulut.  
e. Berkumur setelah makan atau setelah menyikat gigi dengan obat kumur yang tidak mengiritasi.
f.  Minumlah banyak cairan untuk menghindari mulut kering
g.  Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung karena           sisa makanan tersebut dapat melekat pada gigi.
h. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, strawberry, dan          seledri.

Betadine Throat Spray Jaga Kesehatan Rongga Mulut dan Tenggorokan

tips jaga kesehatan gigi dan mulut
dok.bukalapak.com

Kesehatan gigi atau sering disebut dengan kesehatan rongga mulut adalah keadaan rongga mulut, termasuk gigi geligi dan struktur jaringan pendukungnya bebas dari penyakit dan rasa sakit, berfungsi secara optimal, yang akan menjadikan percaya diri serta hubungan interpersonal dalam tingkatan paling tinggi (Sriyono, 2009).

Agar kesehatannya senantiasa terjaga, rutin menggosok gigi dan lidah menjadi faktor mutlak yang harus dilakukan. Menggunakan obat kumur juga disarankan. Kita bisa menggunakan Betadine Mouthwash&Gargle. Ini adalah antiseptik rongga mulut dengan Povidone-Iodine 1%. 

Sebagai obat kumur, Betadine Mouthwash&Gargle bermanfaat mengatasi bau mulut, sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak, dan napas tak segar.  Cara pakainya kumur setelah gosok gigi selama 30 detik. Disarankan mengulanginya setiap 2-4 jam.

Apakah kamu mengalami salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut tersebut? Saatnya menggunakan produk ini. Kamu bisa cek lebih detail informasi produknya di https://betadine.co.id/.

---
Kesehatan gigi dan mulut yang terjaga optimal akan meningkatkan kepercayaan diri kita dalam pergaulan. Kita bebas berinteraksi tanpa was-was dengan napas tak segar apalagi sariawan atau sakit tenggorokan. Tidak hanya itu, gigi dan mulut yang sehat bikin kita bisa makan dengan enak kapan pun.

Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut karena itu salah satu aset kebahagiaan hidup. Salam sehat :)


Referensi

HealthGuide Magazine, 2013, PT Bhuana Ilmu Populer

Maitra, B. 2012. 10 Tip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dalam Reader Digest, Juli, 2002

Sriyono, Niken W. (2009). Pengantar Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan. Yogyakarta:Mediaka Fakultas Kedokteran UGM

No comments