Gaya Hidup Halal Pondasi Indonesia Sehat dan Kuat


gaya hidup halal

Gaya hidup halalan thayyiban adalah gaya hidup yang mengedepankan prinsip sehat, aman, bersih, dan rapi. Saat ini gaya hidup halal (halal lifestyle) menjadi tren yang terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Hasil survey The Economics (2015) memaparkan semakin tinggi kelas sosial seorang Muslim, kesadarannya memilih produk halal semakin meningkat.

Beberapa tahun terakhir, peningkatan kesadaran #gayahiduphalal, baik produk halal di sektor riil, produk keuangan halal, kosmetik, tourism, pengobatan, juga pendidikan terus meningkat secara signifikan. 

Pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan pada perekonomian halal global hingga mengalami penurunan sampai 8 persen pada tahun 2020 pada sektor riil syariah. (State of the Global Islamic Economy Report 2020/21). Namun demikian, penurunan tersebut diperkirakan akan kembali pulih dan meningkat.

Gaya Hidup Halal Pondasi Indonesia Sehat dan Kuat

Tema gaya hidup halal menjadi pembahasan utama dalam webinar Gaya Hidup Halal Pondasi Indonesia Sehat dan Kuat. Webinar ini digagas Danone bekerja sama dengan CNN. Narasumber yang hadi pada kesempatan padat ilmu dan informasi itu adalah Ibu Jeti Rosila Hadi (Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center), Bapak Dr. Muhammad Aqil Irham, M.Si.(Kepala Badan Penyelenggara Jamina Produk Halal (BPJPH)), dan Ibu Prima S. Sehanputri (Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia). 

a. Ekosistem gaya hidup halal di Indonesia

Ibu Jeti Rosalia sebagai pemateri pertama memaparkan bagaimana gaya hidup halal kini sudah menjadi bagian dari pola hidup masyarakat bahkan diterapkan oleh mereka yang bukan Muslim. Mengapa demikian? Seistimewa apa sih gaya hidup halal itu sehingga menjadi pilihan?

Tentu saja memilih gaya hidup halal adalah pilihan yang tepat. Gaya hidup ini tidak saja istimewa, tetapi memberikan banyak kebaikan dan ketenteraman dalam kehidupan. Halal secara etimologis artinya diperbolehkan. 


Gaya Hidup Halal
Gaya hidup halal (dok.Halal Lifestyle Center) 


Agar sempurna, halal haruslah thayyib. Apa itu thayyib? Thayyib artinya baik, sehat, dan bersih. Dengan kata lain, thayyiib artinya mempunyai kualitas yang baik dan aman. Jadi, tidak selalu yang halal itu baik. Demikian juga tidak selalu yang baik itu halal. 

Yang benar adalah halal dan baik untuk alam, manusia, dan lingkungan, demikian papar Ibu Jeti Rosalia menekankan pentingnya gaya hidup halalan thayyiban.

Gaya hidup halal pada umumnya sudah diterapkan umat Muslim dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, mandi, sarapan, perawatan diri, dan beribadah. Semua produk yang digunakan pasti harus ada sertifikasi halalnya agar hidup lebih berkah.

Gaya hidup halal membawa nilai-nilai keindahan,kesehatan, kualitas hidup, dan kenyamanan yang sesuai dengan selera dan pilihan masyarakat dunia. Hidup bersih, sehat, aman, dan nyaman. Siapa yang tak ingin menjalaninya?

b. Sektor gaya hidup halal

Gaya hidup halal memiliki daya tarik dan potensi besar dalam aspek bisnis. Indonesia dengan segala kekayaan yang dimilikinya memiliki potensi untuk mengembangkan seluruh potensi aspek halal. Tingginya potensi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Selain itu, tentu saja kalangan industri bisa mengoptimalkan potensi aspek halal dalam produk dan jasa mereka. Apabila itu tercapai.industri halal dapat berkontribusi lebih besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional. 

UU Jaminan Produk Halal (UUJPH) yang diimplementasikan dalam sertifikasi produk dan jasa memicu edukasi halal secara masif. Hal ini terjadi tidak hanya pada konsumen, tetapi juga dialami produsen di industri halal Indonesai.

Ada 10 sektor industri halal yang bisa dikelola secara kreatif semaksimal mungkin. Inovasi dan dukungan pemerintah menjadi kunci utama majunya industri halal di Indonesia.

gaya hidup halal
10 sektor gaya hidup halal

c. Peluang Indonesia sebagai produsen produk halal dunia

  • . Peran pemerintah

Dukungan industri lokal dapat mewujudkan harapan Indonesia menjadi pemain di pasar halal dunia. Apalagi Indonesia sebagai konsumen produk halal terbesar di dunia pasti sudah mempunyai target pasar yang pasti, yaitu rakyatnya sendiri.

Demi tercapainya harapan itu, pemerintah sebagai regulator memberikan jaminan agar aktivitas yang menghubungkan produser dan konsumen berjalan dengan baik. BJPJH secara rutin mendorong pelaku usaha,baik skala menengah dan besar maupun mikro dan kecil untuk memperhatikan kualitas produk mereka sudah halal atau belum.

BPJPH melakukan langkah-langkah intervensi, khususnya kepada pelaku usaha mikro dan kecil. Untuk perusahaan-perusahaan menengah dan besar, seperti Danone, sudah menganggap halal sebagai nilai atau reputasi bagi perusahaan mereka. Halal bisa menjadi image perusahaannya untuk bisa dibangun agar produk mereka bisa kompetitif dengan pelaku usaha lokal maupun mancanegara.

Pekerjaan rumah BPJPH adalah mengedukasi pelaku usaha mikro dan kecil agar menganggap halal sebagai value dari produk yang dihasilkan. Sesuai dengan kewenangan BPJPH selalu melakukan sosialisasi, edukasi, promosi, publikasi, dan literasi kepada semua pelaku usaha mikro dan kecil. 

Tujuannya agar semua pelaku usaha mikro dan kecil bisa lebih kuat dalam membranding usahanya sebagai produsen produk halal. Keterlibatan pelaku usaha mikro dan kecil sangat penting karena komposisi pelaku usaha di Indonesia 90 persennya adalah pelaku usaha mikro dan kecil.

  • Sertifikasi produk halal
Sertifikat halal sebagai sebuah standar memberikan sejumlah manfaat dan keuntungan, baik bagi pelaku usaha atau produsen maupun bagi konsumen produk. 

Saat ini pemerintah menjalankan program SEHATI yaitu Sertifikat Halal Gratis untuk pelaku usaha kecil dan mikro. Pemerintah yang menanggung biaya pembuatan sertifikat halalnya. Perusahaan menegah dan besar juga bisa melakuan intervensi pembuatan sertifikat halal gratis untuk pelaku usaha mikro dan kecil. 

Saat ini ada 10 juta produk halal untuk usaha mikro dan kecil membutuhkan sertifikat halal.  Karena keterbatasan dana pemerintah, baru 25 ribu sertifikat halal gratis yang sudah dibiayai BPJPH. Selanjutnya sedang diusahakan dilakukan pembiayaan gratis.

Manfaat sertifikat halal

B   BPJPH mengimbau perusahaan skala menengah dan besar juga BUMN melalu program CSR-nya agar bisa membantu pelaku usaha mikro dan kecil mendapatkan sertifikat halal. Untuk sertifikat halal berbayar kini biayanya sebesar Rp 230 ribu. 

 P  Pemerintah berharap pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) menjadi garda terdepan dalam memperkuat ekosistem halal di Indonesia. Tujuannya agar dapat memenuhi kebutuhan domestik. Ini ikhtiar pemerintah agar masyarakat mengonsumsi produk halal buatan dalam negeri.


   d.  Komitmen Danone mendukung gaya hidup halal di Indonesia


Profil Bisnis Danone (dok.Danone Indonesia) 


Komitmen #DanoneIndonesia mengedepankan kualitas menjadi hal utama dalam aktivitas bisnis Danone. Sertifikasi keamanan produk tertinggi FSSC22000, Badan POM, Kemenag, dan MUI.  Gaya hidup halal terkait pada konsep aman, bersih, dan sehat. Sejalan dengan komitmen Danone Indonesia bahwa kesehatan dan keamanan konsumen sebagai fokus utama.

Ada 2 juta konsumen yang mengonsumsi produk Danone. Pemenuhan kebutuhan konsumen itu merupakan sinergi dari 15 ribu karyawan yang bekerja di 26 pabrik Danone. 

Komitmen Danone menghasilkan produk halal dilakukan dari hulu hingga hilir. Mulai dari mencari supplier bahan baku sudah harus yang bersertifikat halal. Setelah melewati ketatnya proses produksi dengan standar operasional prosedur (SOP) Danone. SOP tersebut memastikan produk halal harus diproduksi di lini bebas pork dan bebas kontaminasi haram/najis.


Gaya Hidup Halal
Komitmen Danone dukung gaya hidup halal (dok.Danone Indonesia) 


Setibanya di gudang, dilakukan pengecekan ulang untuk memastikan produk benar-benar teruji kehalalannya. Apabila ada inovasi baru, harus dilakukan seritifikasi halal. Semua prosedur berlaku untuk produk yang diekspor juga. 

---

Gaya hidup halal sebagai pondasi Indonesia sehat dan kuat menjadi tanggung jawab semua pihak. Keluarga berperan besar dalam memengaruhi terbentuknya gaya hidup. Implementasi halalan thayyiban dalam kehidupan membawa keberkahan dalam hidup. Kita menjadi lebih semangat, gembira, dan positif.





No comments