Review Mama’s Choice Kids Toothpaste, Pasta Gigi yang Aman untuk Anak 1 Tahun ke Atas



Sebagai ibu, saya sangat concern pada kesehatan gigi anak sejak masih gigi susu. Hal pertama yang saya lakukan adalah memilih pasta gigi untuk anak 1 tahun agar gigi susunya sehat senantiasa.

Pilihan saya jatuh pada Mama’s Choice Kids Toothpaste. Pasta gigi khusus untuk anak 1 tahun ke atas ini aman untuk merawat gusi dan gigi pertama si kecil dengan rasa yang disukai anak-anak.

Selain itu, Mama’s Choice Kids Toothpaste food grade, antibakteri, dan tidak mengandung gula. Penting banget nih kandungan tanpa gula. Masa kita berusaha menjaga dan merawat kesehatan gigi susu anak, tapi menggunakan pasta gigi mengandung gula.

Review Mama’s Choice Kids Toothpaste


Kesan pertama pakai Mama’s Choice Kids Toothpaste, balita saya bilang, rasanya seperti permen. Oh, permen kan manis, katanya ini no sugar added. Setelah saya cek pada kemasan, ternyata ada rasa bubble gum pada pasta giginya. Pantesan ada rasa permennya.

Saya pun membaca lebih detail kemasannya. Mama’s Choice Kids Toothpaste ini dibuat dari apa saja sih? Ternyata ada xylitol, hydroxyapatite, calendula, dan bubble gum. Sependek yang saya tahu, bahan-bahan tersebut tergolong bahan-bahan alami yang aman digunakan dan tentu saja aman bila tertelan si kecil.



Karena dibuat untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi susu dan gusi anak, pasta gigi ini bisa juga digunakan bayi usia 6 bulan. Pada umumnya, gigi susu memang sudah tumbuh sejak bayi berusia 6 bulan.

Formulanya memang lebih lembut sehingga aman untuk membersihkan gigi dan gusi bayi serta anak. Bebas sulfat dan food grade maka aman jika tertelan. Selain itu, bebas sulfat dalam pasta gigi ini menghindarkan anak dari iritasi gigi dan mulut.

Perlindungan ganda diberikan Xylitol dan hydroxyapatite untuk mencegah munculnya plak dan gigi berlubang. Paling serem deh kalo masih gigi susu sudah banyak plak.

Plak yang menumpuk menyebabkan gigi berlubang. Nah, lubang pada gigi ini memicu sakit gigi. Apa yang terjadi pada anak kalau gigi susunya berlubang? Selain sakit gigi, ia akan susah makan.

Faktor susah makan bisa menyebabkan stunting apabila dialami anak-anak di masa golden age. Tugas orangtua membiasakan anak-anak rutin gosok gigi dua kali sehari. Oh ya, orangtua juga harus memberikan contoh disiplin gosok gigi dua kali sehari.

Bagaiamana caranya membiasakan anak menggosok gigi rutin dua kali sehari? Kita bisa memulainya dengan menciptakan suasana menyikat gigi yang menyenangkan.

Tips Menyikat Gigi yang Menyenangkan


1. Oleskan pasta gigi seukuran butir beras untuk usia 6 bulan ke atas. Apabila sianya sudah 1 tahun, pasta gigi bisa memenuhi setengah dari sikat. Semakin bertambah usianya, banyaknya pasta gigi yang dioleskan pun bisa ditambah.

2. Sikat gigi selama dua menit dengan cara melingkar. Agar suasana tidak membosankan, biasanya saya ajak anak bernyanyi.

Kalau menggosok gigi bagian dalam, saya ajak ia bernyanyi “Ha..ha..ha..ha..ha..”

Giliran menggosok bagian depan gigi, saya ajak ia bernyanyi, “Hi..hi..hi..hi..”

Dua menit pun berlalu tanpa terasa. Hati riang, gigi sehat bersinar.

3. Kumur dengan air bersih. Kumurnya cukup sekali saja dan pelan-pelan ya..

Gigi Susu Sehat, Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas

Beberapa waktu lalu, saya membaca hasil penelitian pada sebuah jurnal kesehatan di Google Scholar. Pada penelitian tersebut dijelaskan, kesehatan gigi dan mulut sangat berpengaruh pada kualitas dan kuantitas makanan yang dicerna anak.

Apabila kondisi gigi anak tidak sehat, ia tentu sulit makan. Selain sulit mengunyah, nafsu makan pun kadangkala hilang. Jika kondisi ini tidak segera dibenahi, anak menjadi tidak bergairah, malas gerak, yang berujung pada terhambatnya tumbuh kembang anak.

Padahal, nutrisi mutlak dibutuhkan pada masa emas tumbuh kembang anak atau golden age. Masa golden age adalah masa pertumbuhan maksimal otak dan fisik anak. Masa terjadi saat anak berusia 1 – 5 tahun.

Gigi susu sebagai bagian dari tumbuh kembang otak dan fisik anak di masa golden age harus menjadi prioritas orangtua. Meskipun masih berbentuk gigi susu, kesehatannya harus dijaga.

Supaya anak-anak kita tumbuh menjadi generasi sehat dan cerdas, mulailah dari menjaga kesehatan gigi dan gusinya sejak dini. Mama’s Choice Tooth Paste bisa menjadi andalan orangtua menjaga kesehatan gigi susu anaknya. Oh ya, pasta gigi anak Mama’s Choice bisa kita dapatkan dengan harga hemat di https://bit.ly/3PnnKvf.

Salam sehat, salam ibu cerdas ☺





No comments