Moko Gran Max Meramaikan Daihatsu Kumpul Sahabat di Gedung Sate Bandung

Daihatsu Kumpul Sahabat Jabar

Sabtu pekan lalu, moko Gran Max Daihatsu tumpah ruah di Gedung Sate, Bandung. Ada apakah gerangan? Kebetulan saya ada waktu luang untuk singgah di sana. Di pintu masuk, tulisan Daihatsu Kumpul Sahabat terpampang amat jelas. 

Begitu masuk, beragam jajanan tampak di kiri kanan halaman Gedung Sate. Semua tampak lezaat..Pas banget saya belum makan siang. Tapi demi gaya hidup sehat yang baru saya mulai, saya tentu tak bisa beli makanan sembarangan.

Lihat lajur kanan, amati lajur kiri, pilihan saya jatuh ke moko Gran Max yang jualan pecel. Cocok nih. Sayurannya ada, proteinnya pun tersedia dari sambal kacang. Porsinya cukup lah mengganjal perut yang lapar. 

pecel pengganjal perut lapar

Saya tambahkan satu tusuk paru goreng  dan peyek kacang. Parunya berkolesterol nih. Peyek kacang kan gorengan. Hm..jumlahnya dikit, masih aman kadar lemak dan kalorinya. :D

Moko Gran Max di Event Daihatsu Kumpul Sahabat

Usai mengisi perut, saya mulai berkeliling halaman Gedung Sate. Rutenya mulai dari halaman depan yang luas banget  lalu ke halaman samping, ke bagian atas, lalu ke halaman belakang. 

Ternyata semua peserta acara menggunakan Moko Gran Max untuk memasarkan produknya. Rata-rata memang produk kuliner yang dipasarkan. 

Di pintu masuk, saya melihat ada Moko yang jualan makanan kekinian. Sebut saja sosis panggang, ada sotang, saya lupa apa kepanjangannya. Selain itu, kuliner khas Korea dan Jepang juga banyak dijumpai di sini. 

Rata-rata sih food street yang dijual. Kayak takoyaki, martabak jepang, toppoki, dan sebagainya. Food street yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Saya tidak menjumpai Moko Grand Max penjual sushi. Apa mungkin sushi memang bukan food street ya?

Bagaimana dengan kuliner Nusantara? Tentu saja ada. Meskipun tidak tersedia kuliner dari Sabang sampai Merauke, minimal ada kuliner Nusantara yang sudah sangat familiar bagi para pengunjung. 

Beberapa di antaranya ada pecel, gudeg, rendang, es teler Pak Oyen yang legend banget di Bandung. Di halaman belakang Gedung Sate ada Moko Gran Max yang menjual oleh-oleh khas Sukabumi. Apakah itu? Yup, mochi, gaes.


Daihatsu Kumpul Sahabat Jabar
moko kue mochi sukabumi

Beberapa brand ternama di Bandung juga hadir di event Daihatsu Kumpul Sahabat 2022 ini. Salah satunya ada Kartika Sari dengan molen,soes kering, dan kue-kue khasnya. 

Moko Gran Max kopi kekinian pun banyak dijumpai sepanjang halaman Gedung Sate. Beragam harga dengan beragam varian minuman. Es kopi susu pasti ada. Teh tarik dan matcha jelas tersedia. 

Gimana Caranya Bikin Moko Gran Max Daihatsu?

Waktu saya jajan kue mochi, saya sempat ngobrol-ngobrol dengan ibu pemilik gerainya. Awalnya sih bahas tentang kabar jalan Kaswari sentra kue mochi di Sukabumi. Lama-lama bahas Moko Gran Max yang dipakai semua peserta acara ini.

"Ngomong-ngomong Moko Gran Max gini bikin sendiri, Bu?" tanya saya.

"Ngga Neng. Dulu belinya Gran Max Daihatsu biasa aja. Saya bilang sama dealernya mau jualan pakai Gran Max. Saya direkomendasikan menghubungi pihak lain yang biasa bikin Moko untuk Gran Max Daihatsu," jelas Ibu Mochi.

" Biayanya berapa bikin Moko begini, Bu?" Kepo saya berlanjut.

"Oh, ini 30 juta, Neng. Minimal merombak Grand Max jadi Moko biayanya segitu,"ujar Ibu Mochi.

Oh mahal juga. Kalau ditotalkan dengan harga Gran Max Daihatsunya jadi berapa ya? pikir saya. Kapan-kapan deh saya googling harga Gran Max-nya :D

Ketika hari sudah semakin sore, saya pun beranjak pulang.  Di dekat pintu keluar, ternyata ada lapak jamu. Ada beras kencur dan kunyit asam. Harganya standar harga jajanan di event ini Rp 15 ribu. 

Kebetulan saya suka minum jamu. Biasanya beli ke Budhe Jamu yang lewat di depan rumah setiap hari. Saya pengin coba jamu beras kencurnya. Mas penjualnya menawari saya tester jamu beras kencur. Tentu saya terima dengan senang hati.

Rempah-rempahnya berasa banget. Getir kencur, aroma kapulaga, dan manisnya gula merah menyapa lidah saya. Fix ini sih wajib beli.

Sesi belanja jamu saya menfaatkan juga untuk ngobrol tentang produksi jamunya. Cerita ini itu seputar jamu akhirnya bahas Moko Gran Max lagi. 

Ternyata Mas Aldo yang mendesain Moko Gran Max di awal kemunculannya. Dulu belum Moko, tapi lebih ke foodtruck. Event pertama yang menghadirkan food truck adalah Daihatsu Botram tahun 2017. Saya ingat sempat hadir juga saat itu


Daihatsu Kumpul Sahabat Jabar
Mas Aldo pencetus food truck pakai Gran Max

Kata Mas Aldo, kalau kita mau bikin moko alias mobil toko, dealer Daihatsu akan bertanya kita mau jualan apa, di mana lokasinya. Informasi tentang produk yang akan dijual serta lokasi jualan akan menentukan desain mokonya. Ini menarik menurut saya. Jadi, ada pertimbangan teknis dan strategi marketing juga saat moko dibuat. 

Harapan Peserta Event Daihatsu Kumpul Sahabat

Kemunculan food truck ini menjadi harapan masyarakat pelaku usaha. Mereka berharap food truck semakin menggairahkan usaha kuliner juga usaha lain. Food truck pun sempat berkembang pesat. 

Event Daihatsu Kumpul Sahabat diharapkan dapat kembali menggerakkan ekonoi masyarakat. Masyarakat datang, belanja, dan menikmati acara. Para pedagang bisa memutar modalnya, mendapat laba, dan ekonomi terus berjalan. 

Meskipun acara kemarin masih perlu promosi lebih masif, kehadiran Moko Gran Max Daihatsu di event Daihatsu yang sempat vakum dua tahun semoga bisa membangkitkan perekomonomian masyarakat Kota Bandung. Semoga..




No comments