Perbedaan Toner dan Micellar Water untuk Wajah Bersih dan Sehat


Perbedaan toner dan micellar water
dok: freepik. com

Seberapa perlu kita mengetahui perbedaan toner dan micellar water untuk menjaga wajah agar bersih dan sehat? Pengetahuan ini tentu perlu kita ketahui supaya tidak salah memakai dua produk tersebut.

Seiring perkembangan dunia kecantikan, semakin banyak produk spesifik yang dijual di pasaran. Toner dan micellar water sedikit contoh. Namun, tidak semua orang tahu kapan pakai toner dan micellar water. 

Belakangan, micellar water menjadi sangat populer. Selanjutnya, banyak brand skin care yang memproduksi micellar water. Sebenarnya apa fungsi micellar water dan perbedaannya dengan toner?

Perbedaan Toner dan Micellar Water untuk Wajah Bersih dan Sehat

Micellar Water
Micellar water adalah emulsi minyak (misel) dan air yang berfungsi sebagai pembersih. Tetesan minyak ini, atau misel, mengapung bebas di air dan membantu menarik kotoran dan minyak. 

Karena mereka adalah magnet bagi kotoran dan minyak, air misel membersihkan kulit tanpa menggosok. Bahkan, tidak perlu dibilas jika sedang terburu-buru. 

Namun, sebaiknya bersihkan kulit setelah menggunakannya untuk memastikan bahan-bahannya tidak tertinggal di kulit sehingga mengiritasi atau menimbulkan reaksi alergi.

Micellar water adalah kombinasi tetesan air dan minyak yang dengan lembut membersihkan dan menghilangkan riasan ringan sebelum dibersihkan.

Micellar water sebagai pre-cleaner karena menghilangkan kotoran, riasan ringan, dan minyak sebelum dibersihkan. 

Micellar water bukanlah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit kita. Selain micellar water, kita bisa menggunakan penghapus riasan sebelum membersihkan wajah. 

Micellar water adalah cara yang bagus untuk membersihkan wajah  dengan lembut. Produk ini bermanfaat menghilangkan kotoran dan bakteri sebelum pembersihan yang tepat untuk membersihkan kulit  secara menyeluruh.

Bagaimana Caranya Menggunakan Micellar Water? 

◾️Micellar water bisa digunakan sebagai pembersih awal menghilangkan riasan sebelum membersihkan kulit wajah. 

◾️Gunakan bola kapas untuk membersihkan wajah dengan micellar water. 

◾️Gunakan 1-2 kali sehari. 

Jenis Kulit Yang Bisa Menggunakan Micellar Water

Semua jenis kulit bisa menggunakan micellar water. Namun, pasien dengan kulit berminyak atau kulit berjerawar harus berhati-hati saat menggunakan micellar water. Pastikan micellar water sudah dibersihkan secara tuntas agar tak ada minyak du micellar water yang dapat menyumbat pori-pori.

Micellar water bisa lebih optimal digunakan pada jenis kulit sensitif. Jenis pembersih ini termasuk lembut dan melembapkan untuk kulit sensitif.

Toner
Toner adalah produk yang dioleskan setelah membersihkan wajah untuk menyeimbangkan pH kulit. Banyak pembersih dan sabun bersifat basa dan dapat mengganggu keseimbangan asam pH kulit. Itu sebabnya toner digunakan setelah pembersihan.

Toner masa kini sangat berbeda dengan toner masa lalu, yang memiliki reputasi buruk karena mengiritasi dan menghilangkan minyak pada kulit. 

Toner masa kini dapat membantu banyak masalah kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kulit kering, dan kulit menua. Hampir ada toner untuk setiap jenis kulit dan masalah kulit.

Apakah Toner Diperlukan? 

Toner bukanlah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. Sangat membantu untuk digunakan jika kamu memiliki masalah kulit tertentu untuk diatasi. 

Toner membantu melembabkan kulit kering. Sebagian toner mengandung antioksidan untuk membantu anti-penuaan. Lainnya memiliki astringen untuk membantu mengontrol kulit berminyak.

Jadi, silakan cermati lebih dulu kandungan tonernya. Sesuaikan dengan kondisi kulitmu ya.. 

---
Micellar water menghilangkan riasan ringan, minyak, dan kotoran sebelum wajah dibersihkan. Sementara Toner mengatasi masalah kulit tertentu setelah wajah dibersihkan. Toner juga menyeimbangkan pH setelahnya. Gunanya melindungi kulit dan memungkinkan produk meresap lebih baik. 

Setelah mengetahui perbedaan micellar water dan toner, kita bisa memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kita. 


No comments