Bisnis Grosir Makin Berkembang: 7 Cara Tingkatkan Penjualan


Pengajuan KTA
Photo by Tiger Lily: https://www.pexels.com/

Dalam merintis sebuah bisnis, ada kalanya membutuhkan dana tambahan agar supaya bisnis dapat berkembang menjadi lebih besar. Terkait dengan hal tersebut, salah satu cara yang bisa menjadi solusi, yaitu melakukan pengajuan KTA.

Seperti bisnis-bisnis lainnya, bisnis grosir juga memerlukan pengembangan agar jumlah penjualan dari bisnis tersebut bisa semakin meningkat.

Terlepas dari apapun produk yang dibisniskan, supaya bisa mencapai target penjualan yang diinginkan, seorang pegiat bisnis perlu menerapkan beberapa cara agar bisnis grosir yang dijalankan dapat berkembang.

Tentunya pada proses pengembangan bisnis dalam bentuk meningkatkan penjualan itu tidak mudah. Meskipun demikian, berikut telah dirangkum terkait cara-cara yang bisa kamu aplikasikan supaya bisnis grosirmu mengalami peningkatan penjualan yang signifikan.

Macam-macam cara atau tips dalam meningkatkan penjualan bisnis grosir tersebut akan dibahas pada poin-poin di bawah ini.

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Grosir

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya penjualan pada bisnis grosirmu dapat meningkat antara lain yaitu sebagai berikut:

Mulai Membuat Toko di e-commerce

Cara pertama yang bisa kamu aplikasikan untuk mengembangkan bisnis grosir dan meningkatkan penjualannya yaitu dengan membuat toko di e-commerce atau mulai merambah ke bisnis online.

Seperti yang kita tahu, saat ini dunia sudah berubah dan menjadi serba digital. Banyak orang yang lebih memilih berbelanja menggunakan platform online di e-commerce alih-alih berbelanja secara langsung di pasar.

Selain memudahkan pelanggan, mencoba melakukan bisnis grosir secara online ini juga dapat menguntungkan pihak pebisnis sebab bisa membuat bisnis tersebut lebih mudah dijangkau oleh banyak orang dari berbagai macam daerah.

Tentunya cara ini memiliki kesempatan yang lebih besar dalam meningkatkan jumlah penjualan dari bisnis grosir milikmu apabila dibandingkan dengan hanya berfokus pada toko konvensional saja.

Melayani Pelanggan dengan Baik

Berikutnya, cara yang juga bisa kamu terapkan agar bisa meningkatkan jumlah penjualan, yaitu berkaitan dengan bagaimana kamu melayani pelanggan. Oleh karena dalam kamus bisnis jual beli pelanggan merupakan seorang raja, maka setidaknya kamu perlu memperlakukan pelanggan bisnis grosirmu dengan baik.

Dengan memberikan pelayanan yang baik, maka pelanggan akan senang melakukan pembelanjaan hingga mengulang transaksi pada bisnis grosirmu tersebut.

Selain itu, melayani pelanggan dengan baik juga dapat memicu pelanggan lama mempromosikan atau merekomendasikan bisnismu kepada orang lain secara cuma-cuma karena mereka merasa memiliki pengalaman yang baik dengan bisnismu.

Mencari Pelanggan Baru

Apabila dilihat dengan logika, meningkatkan penjualan pada bisnis grosir tentu saja memiliki hubungan yang erat dengan jumlah pelanggan yang semakin banyak.

Maka dari itu, supaya pelanggan dari bisnis grosirmu bisa bertambah, kamu perlu mencari pelanggan baru.

Menemukan pelanggan baru bisa kamu lakukan dengan cara menggencarkan promosi baik secara konvensional maupun promosi dengan menerapkan digital marketing.

Dengan memaksimalkan kegiatan promosi, maka akan semakin banyak orang yang mengenal bisnismu dan tertarik untuk melakukan pembelian hingga penjualan bisnis grosirmu dapat meningkat.

Menjaga Hubungan Baik dengan Pengecer


pengajuan KTA
Photo by Tiger Lily: https://www.pexels.com/

Kemudian, selain perlu melayani pelanggan dengan baik, kamu juga perlu menjalin hubungan harmonis dengan para pengecer dari bisnismu.

Tidak hanya pelanggan, kamu juga perlu melayani pengecer dengan baik sebab mereka merupakan salah satu faktor yang juga dapat mempengaruhi jumlah penjualan yang dilakukan oleh bisnis grosirmu.

Oleh karena sistemnya yang berhubungan langsung dengan konsumen terakhir, maka dengan menjaga hubungan baik, pengecer tersebut akan dengan senang hati menawarkan produk dari bisnis grosirmu ke pelanggan atau bahkan ke pengecer lainnya.

Menerapkan Diskon

Cara lainnya supaya dapat meningkatkan penjualan pada bisnis grosirmu yaitu dengan memasang harga diskon. Memberi potongan harga ini dinilai sangat ampuh untuk menarik pelanggan agar tertarik melakukan pembelian pada bisnis grosirmu tersebut.

Namun sebelum menggunakan cara ini, kamu perlu memahami terlebih dahulu terkait konsep dan juga strategi dalam penerapan diskon. Hal ini perlu dilakukan agar bisnismu bisa mendapatkan keuntungan alih-alih kerugian dari pemasangan harga diskon pada bisnis grosir.

Membuat Sistem Bisnis yang Terintegrasi

Selain cara-cara di atas, supaya kegiatan bisnismu dapat lebih tertata, kamu perlu membuat bisnis yang saling terintegrasi atau saling menyatu.

Baik kegiatan pembelian, pembayaran, hingga kegiatan pengiriman dari bisnis grosirmu perlu diintegrasikan melalui aplikasi (seperti di marketplace online) agar bisa memudahkan kedua belah pihak antara pebisnis maupun pelanggan saat melakukan transaksi.

Dengan menerapkan ini tentunya pebisnis dan pelanggan dapat sama-sama memantau proses transaksi secara transparan.

Bekerja sama dengan Jasa Ekspedisi

Berhubungan dengan cara meningkatkan penjualan yang membuka toko online, agar supaya produk dari bisnis grosirmu dapat sampai di tangan pelanggan dalam kondisi yang baik, maka kamu perlu bekerja sama dengan jasa ekspedisi yang baik pula.

Pilih jasa ekspedisi yang terpercaya dan terkenal cepat agar kegiatan transaksi ini memberikan pengalaman yang nyaman untuk pelanggan.

Kembangkan Bisnis Grosir dengan Melakukan Pengajuan KTA

Setelah mengetahui cara-cara dalam meningkatkan penjualan bisnis grosir, apakah kamu tertarik dalam mengembangkan bisnismu tersebut? Jika iya, kamu bisa dengan mudah mengembangkan bisnis grosir apabila melakukan pengajuan pinjaman atau apply KTA online.

Sebagai rekomendasi, produk KTA yang bisa kamu coba ajukan yang menawarkan banyak keuntungan, yaitu digibank KTA. Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh produk pinjaman ini antara lain, yaitu:

     Online 24 jam hanya dengan melalui Aplikasi digibank by DBS atau website resmi.

     Proses approval pinjaman hanya dalam 60 detik.

     Dana pinjaman langsung cair ke rekening digibank by DBS dengan limit Rp200 juta.

     Bisa menentukan nominal pinjaman yang dibutuhkan.

     Bisa membayar cicilan hingga 36 bulan.

     Tidak perlu melampirkan dokumen fisik.

     Persyaratan pengajuannya mudah. Kamu perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, serta berpenghasilan minimum 5 juta.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera lakukan pengajuan KTA digibank KTA dan mulai kembangkan bisnis grosirmu secepatnya!

Selebihnya terkait informasi tentang produk pinjaman digibank KTA dapat kamu temukan pada tautan berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

No comments