Pentingnya Vaksin Influenza Terutama bagi Lansia dan Penderita Diabetes

Pentingnya vaksin influenza bagi tenaga kesehatan dan kelompok rentan

Sepenting apa vaksin influenza untuk kesehatan? Bagi sebagian besar orang, influenza kerap kali dianggap sepele. Bahkan banyak yang mengabaikannya sehingga tetap bekerja; berinteraksi dengan banyak orang.

Seandainya banyak yang tahu efek samping influenza juga betapa mudahnya penularan virus ini, pasti mereka yang menderita influenza memilih istirahat di rumah saat sakit. Bagi mereka yang  sehat, menggunakan masker menjadi keharusan.

Terlebih apabila virus influenza menjangkiti lansia dan penderita diabetes. Gejala influenza yang kelompok rentan ini alami lebih berat. Selain itu, influenza yang mereka derita dapat menyebabkan komplikasi serius pada sistem organ lainnya.

Secara umum, masyarakat menganggap influeza sama dengan flu. Padahal ternyata keduanya berbeda. Hasil riset menunjukkan influenza lebih berbahaya. Cermati gambar berikut supaya lebih paham perbedaan Influenza dan flu.

Perbedaan influenza dengan flu

Pentingnya Vaksin Influenza bagi Lansia dan Penderita Diabetes

Apa saja komplikasi yang akan diderita lansia dan penderita Diabetes apabila mereka terjangkit influenza? Menurut dokter ..., influenza dapat memicu jantung dan stroke. Penyakit ini bisa memperburuk kondisi komorbid yang sudah ada pada penderita diabetes dan penyakit kronik lainnya.

Menurut Prof. Samsuridjal Djauzi, Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, seharusnya setiap orang, terutama pasien Diabetes dan lansia melakukan vaksin influenza. Vaksin ini menjadi benteng pelndung agar tidak mudah terserang influenza.

Pernyataan tersebut disampaikan pada acara Konferensi Pers-World Immunization Week, 11 Mei 2023. Dalam rangka World Immunization Week (Pekan Imunisasi Dunia) tahun 2023 tersebut, Dinas Kesehatan DKI Jakarta didukung Kalventis dan Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI memberikan vaksinasi influenza kepada lebih dari 600 tenaga kesehatan. Adapun pemberian vaksin influenza untuk tenaga kesehatan diselenggarakan di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kemitraan yang terjalin ini menjadi salah satu langkah dalam menjaga dan melindungi orang-orang berisiko tinggi, dalam kondisi ini adalah tenaga kesehatan yang berinteraksi langsung dengan pasien.

Jenis Vaksin Influenza Kuadrivalen untuk Lansia, Penderita Diabetes, dan Tenaga Kesehatan

Hasil riset Centers of Disease Control and Prevention (CDC) di Jakarta Timur, Indonesia,  memaparkan sekitar 31% kasus Influenza Like Illnes. Influencer dan 15% kasus Severe Acute Respiratory Infection. Selain beban penyakit, beban ekonomi dari biaya rawat inap serta rawat jalan (direct cost) juga tinggi, mencapai 1.396 triliun di Indonesia. WHO menyatakan, vaksinasi merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit infeksi influenza.

Vaksin influenza kuadrivalen tahunan sangat penting, terutama bagi kelompok rentan, di antaranya tenaga kesehatan yang berinteraksi langsung dengan pasien karena risiko tertular lebih tinggi. Risiko tenaga kesehatan menularkan influenza ke pasien rentan.

Selain tenaga kesehatan, kelompok lain yang rentan adalah penderita diabetes. Mereka mempunyai gangguan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah terkena infeksi influenza yang berat.

Rekomendasi Vaksinasi Influenza untuk Kelompok Rentan

Saat ini, beragam organisasi profesi internasional merekomendasikan semua tenaga kesehatan melakukan vaksinasi influenza karena beberapa pertimbangan berikut ini. 



No comments