10 Manfaat Literasi Keuangan Syariah untuk Kesehatan Finansial Keluarga

Asuransi Jiwa Syariah


Riset yang dilakukan Litbang Kompas pada tahun 2019 menjelaskan semakin mapan kemampuan finansial keluarga Muslim, semakin tinggi kesadaran mereka terhadap literasi keuangan syariah. Dalam perjalananannya, keluarga-keluarga muslim ingin menerapkan prinsip syariah dalam setiap kegiatan dan kebutuhan ekonomi dan finansialnya.

Bagi keluarga yang sudah paham tentang literasi keuangan syariah, sistem ini mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan bank konvensional. SIstem transaksi keuanfan syariah dinilai lebih transparan, adil, dan halal sesuai prinsip syariah dalam ajaran Islam.

Sistem syariah membuat masyarakat lebih tenang karena dinilai sesuai tuntutan kepercayaan. Meningkatnya literasi keuangan syariah tecermin dalam pilihan investasi dan asuransi yang kini banyak memilih asuransi dan investasi syariah.

Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi  Syariah, Adiwarman A.Karim, mengatakan masyarakat yang melek literasi keuangan syariah  lalu menerapkan dalam keseharian sejatinya menjaga kesehatan finansial keluarga.

10 Manfaat Literasi Keuangan Syariah untuk Kesehatan Keluarga

Menerapkan literasi keuangan syariah dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat bagi kesehatan keluarga. Terutama dalam pilihan investasi dan asuransi syariah. Berikut ini pemaparan manfaat literasi keuangan syariah untuk kesehatan keluarga.

 

1.     1Alokasikan dana untuk zakat, infaq, dan sedekah setiap bulan

Zakat merupakan bagian dari lima rukun Islam yang  wajib ditunaikan. Kewajiban zakat berfungsi untuk menyucikan jiwa dan harta. Begitu juga dengan infaq dan sedekah kendati sifatnya sunnah. Intinya ketiga hal ini bertujuan membantu fakir miskin dan orang yang membutuhkan.

2.      2. Meminimalkan utang.

Islam menganjurkan untuk tidak berutang kecuali dalam keadaan darurat atau mendesak. Namun hal itu bukan berarti tidak boleh. Al Quran dalam Surat Al-Baqarah ayat 2822 memberikan pedoman tentang utang-piutang bahwa harus dicatat dan memiliki saksi.
Kesepakatan utang-piutang pun tidak boleh merugikan salah satu pihak. Salah sautnya dengan menarik keuntungan melalui riba.

3.      3Memanfaatkan lembaga keuangan syariah

Kita bisa memanfaatkan lembaga keuangan syariah untuk berbagai keperluan finansial. Salah satunya meminjam uang. Di lembaga keuangan syarah tidak ada sistem riba. Jadi, hati lebih tenang.

4.      4Menggunakan produk keuangan dengan prinsip syariah

Kini Negara sudah memiliki banyak instrument yang mengakomodasi investasi syariah. Produk keuangan syariah pun sudah semakin beragam.

5.      5Memilih menggunakan asuransi jiwa syariah

Asuransi jiwa syariah adalah produk asuransi jiwa yang dikelola dengan menggunakan syariat Islam. Dengan demikian, kita sebagai nasabah akan lebih tenangkarena tidak perlu khawatir akan risiko riba saat menggunakan produk asuransi dan tetap mendapatkan proteksi.

6.      6Menyiapkan dana darurat

Dana darurat tetap harus dimiliki. Tempatkan pada tabungan syariha atau bentuk lainnya, seperti asuransi syariah.

7.      7.. Menggunakan pembayaran digital syariah

Dompet digital dan kode QR sebagai pengganti transaksi tunai yang terus berkembang. Transaksi nontunai kini menjadi pilihan masyarakat dalam bertansaksi 

8.      8.  Mengontrol keuangan

Point utama mengontrol keuangan adalah dengan mencatat dana masuk dan dana keluar. Pemahaman yang benar mengenai literasi keuangan syariah memudahkan kita mengatur keuangan sedemikian rupa. Cara kita mengatur cashflow rumah  sedemikian rupa dapat memengaruhi kekayaan finansial keluarga.

9.      9Terhindar dari penipuan

Adanya bekal pengetahuan literasi yang cukup, kecil kemungkinan seseorang terjerat penipuan. Beberapa contoh penipuan yang marak terjadi. Beberapa contoh di antaranya skema ponzi, monkey bussines, dan pinjol ilegal.

     10.  Distribusi kekayaan lebih merata

Pemahaman yang benar terhadap literasi keuangan syariah dapat memberikan dampak positif bagi khalayak umum secara luas. Hal ini disebabkan banyak orang kaya menginvestasikan uangnya ke lembaga keuangan.  Investasi tersebut dikelola lagi menjadi lapangan kerja yang menyerap tenaga kerja.

Apabila sudah menerapkan literasi keuangan syariah dalam kehidupan sehari-hari, pemahaman itu tentu  akan membimbing kita mengubah perilaku menjadi lebih syariah, sesuai dengan nilai-nlai keislaman. Literasi keuangan syariah  juga membimbing kita untuk memilih produk investasi dan asuransi jiwa syaria ketimbang yang konvensional.

Asuransi jiwa syariah memberi rasa aman dan nyaman di tengan gempuran berbagai produk investasi . Di dalamnya ada gambaran usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara para pemegang polis (peserta).

Caranya dilakukan melalui pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko  tertentu melalui akad perikatan) yang sesuai dengan prinsip syariah.

 

No comments