5 Perbedaan Sepatu Ori dengan Sepatu KW yang Wajib Kamu Tahu







dok.freepik.com

Beberapa hari belakangan ini postingan akun toko sepatu lalu lalang di beranda Instagram saya. Isi postingannya kasih tips cara membedakan sepatu ori dengan sepatu kw. 

Namun, semua postingan itu isinya satire banget. Mereka menunjukkan contoh sepatu ori yang dijual di tokonya, tapi saat akan menunjukkan sepatu kw, mereka bingung sendiri karena tokonya tidak punya contoh sepatu kw. 

Dengan kata lain, semua akun ini mau bilang, tokonya tidak menjual sepatu kw. Jadi, kalo mau belanja sepatu ori, toko mereka terpercaya, originalitas sepatunya terjamin. Begitu kurang lebih pesannya.

Mengenal Istilah Sepatu Ori dan Sepatu KW

Semua pasti sudah tahu dong kalau sekarang kita bisa dengan sangat mudah membeli berbagai barang di e-commerce atau bahkan di market offline. Akses barang yang kini jangkauannya lebih luas memudahkan pedagang memasarkan barang apa saja dengan kualitas beragam.

Kualitas barang ini kemudian dilabeli ori, kw, autentik, ori Cina, dan sebagainya. Kali ini kita fokus bahas istilah ori dan kw dulu ya. Istilah autentik dan ori cina kita bahas di artikel selanjutnya. Jadi, istilah ori ini kepanjangan dari original.

Produk ori mempunyai kualitas yang benar-benar terjamin. Biasanya, produk ori didistribusikan melalui jalur resmi atau mitra bisnis produsennya. Sementara itu, sepatu kw sebutan untuk sepatu kualitas tiruan. Entah

Jadi, KW ini sebenernya kepanjangan dari kwalitas atau kualitas. Entah gimana ceritanya, istilah kw dipakai untuk menyebut sepatu tersebut merk-nya tiruan. Ori dan KW juga berlaku untuk semua produk yang digunakan orang-orang.

Di lapangan, istilah KW mempunyai beberapa tingkatan. Kalau ori memang tunggal, tidak ada tingkatan, berbeda dengan KW. Berikut ini tingkatan sepatu KW.

1. KW Super Premium

2. KW Super AAA

3. KW super

4. KW semisuper

5. KW 1

6. KW 2

Makin bawah urutannya makin minimalis kualitasnya. Penting buat kita yang rajin belanja untuk paham jenis-jenis produk, terutama sepatu. Tujuannya tentu saja supaya tidak kecele lalu beli yang KW. Jadi selanjutnya, bagaimana cara membedakan sepatu ori dan kw?

5 Perbedaan Sepatu Ori dan Sepatu KW


Supaya bisa belanja dengan tenang tanpa khawatir salah pilih yang ori atau kw, cermati 5 perbedaan sepatu ori dan kw yang perlu kamu pahami.

1. Perhatikan kode sepatu

Sepatu ori umumnya mempunyai kode yang terdapat di bagian lidah sepatu. Kode ini juga terdapat pada bagian kotak atau box sepatu. Beda model sepatu, beda jenis sepatu, beda juga kode produksinya.

2. Jahitan sepatu ori lebih rapi

Karena sepatu ori pasti sudah lulus produksi, jahitannya terlihat lebih rapi, teksturnya halus, dan warna benangnya sama. Berbeda dengan jahitan pada sepatu KW. Biasanya jahitannya kurang rapi dan kasar. Bahkan benang yang digunakan berbeda warnanya.

3. Periksa logo sepatu

Pada umumnya, logo yang dijumpai pada sepatu ori sekilas tampak sama persis dengan sepatu KW. Lalu bagaimana membedakannya? BIasanya logo sepatu ori lebih rapi.

4. Cek bagian sol sepatu

Sol sepatu ori menggunakan bahan berkualitas. Karenanya saat digunakan, kaki terasa nyaman. Apabila berkeringat, kaki juga tidak akan bau. Busa pada sol sepatu ori empuk dan kainnya lembut. Kalau sepatu kw, sol sepatunya biasanya lebih keras dan kain pada insole-nya mudah lepas.

5. Jahitan sepatu

Sebenarnya kalau dilihat sekilas,jahitan sepatu ori tampak jelas lebih rapi. Tentu saja karena sepatu ori sudah lolos quality control di bagian produksi. Karena itu, jahitan pada sepatu terlihat lebih rapi, teksturnya jahitannya lembut. Hal lain yang sebenarnya mencolok adalah warna benang sepatu ori sama dengan warna sepatunya. Berbeda dengan sepatu KW. Jahitannya kurang rapi dan kasar. Pada sebagian sepatu kw, benang yang digunakan berbeda dengan warna sepatu.

6. Perhatikan model sepatu

Model sepatu ori biasanya simple, tidak banyak corak. Sementara untuk sepatu kw, biasanya ada yang berlebihan. Salah satu contoh, penggunaan logo Nike pada sepatu ori. Kalau sepatu ori, tidak ada logo Nike dipasang mencolok di bagian tengah luar sepatu. Sementara pada sepatu kw, kerap kali dijumpai warna dan logo mereknya ditunjukkin banget. 

Belanja Sepatu Ori di kickavenue.com


dok.unsplash.com

Cara paling efektif belanja sepatu ori bebas tertipu atau kecele tentunya pastikan kita belanja di gerai resmi merek sepatu yang kita inginkan. Toko sepatu yang mempromosikan produknya original tanpa ragu bisa dicek di kickavenue.com

Kickavenue.com merupakan toko online yang menjual berbagai sepatu branded yang pasti ori. Bagaimana mengecek kepastian barang tersebut? Lima tips yang saya bagikan di atas bisa menjadi acuan mengetahui sepatu itu ori atau tidak.

Pilihan sepatunya pun beragam dengan berbagai merek. Harganya gimana? Sesuai lah dengan kualitas. Harga sepatu ori pasti sudah pada familiar lah ya ☺




No comments