Objek Wisata Garut Terbaru yang Kamu Wajib Tahu!

Ada yang berencana berlibur ke objek wisata Garut terbaru? Sebelum  kamu berangkat, kamu harus baca dulu rekomendasi objek wisata Garut terbaru berikut ini. Apakah salah satunya sudah ada dalam wishlist kamu? 

Objek Wisata Garut Terbaru yang Wajib Kamu Tahu!

1.  Darajat Pass Garut


darajat pass garut
dok.www.ciwideyoutbound.com

Siapa yang tidak kenal daerah Darajat di Garut? Darajat identik dengan kawasan wisata di Garut. Kali ini ada Darajat Pass Garut. Objek wisata Garut terbaru yang sedang hits. Lokasinya ada di Jalan Darajat Km.14, Kampung Bedeng, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kalau dari pusat Kota Garut, kita harus berkendara dulu selama 1 jam atau sekira 23 km. Panorama pegunungan yang indah dan kesejukan udaranya menyambut para pelancong yang datang. Apa saja yang ditawarkan Darajat Pass?

Objek wisata untuk keluarga ini menawarkan beragam fasilitas yang bikin betah selama liburan. Ada pemandian air panas, waterpark, restoran, outbond, lapangan geothermal dan tentu saja penginapan dengan pemandangan sangat asri memanjakan mata juga hati.

Apabila Darajat Pass menjadi salah satu target tujuan wisatamu, cek dulu harga tiket, jam operasional, dan keseruan yang bisa kamu nikmati selama liburan di sini. Tarif tiket masuk dibedakan antara weekdays dan weekend. Tentu saja untuk weekdays lebih miring harganya, yaitu Rp 30 ribu/orang. Sementara, untuk weekend, harganya Rp 35 ribu/orang. 

Harga tiket tersebut untuk fasilitas pemandian air panas dan waterpark. Kalau mau mencoba wahana lain yang ditawarkan, tentu harus bayar lagi. Pun apabila ingin menginap di kawasan ini, ada beragam hotel, penginapan, villa, hingga bungalow. Selama musim liburan, harga variatif mulai dari Rp 300 ribuan hingga Rp 1 juta lebih.

2. Kolong Langit Cilawu

Apa yang ditawarkan Kolong Langit Cilawu Garut? Berlokasi di wilayah Pegunungan Cikaracak, wisata alam ini menawarkan keindahan yang berbeda. Pemandangan dari pohon-pohon pinus yang rindang, kenyamanan cabin house, glamping mewah, kedai kopi, playground anak, dan beragam sudut yang instagramable. 

Rehat sejenak dari hiruk-pikuk pekerjaan di Kolong Langit Cilawu serupa recharge energi. Para penikmat kopi, pecinta alam, dan penggemar fotografi kembali mengisi energinya di keindahan Kolong Langit Cilawu.

3. Kawah Kamojang

Namanya sebenarnya sudah populer sejak tahun 90an sebagai lapangan panas bumi terbaik di dunia. Pembahasan Kawah Kamojang sudah tertulis pada pelajaran IPA sejak SD pada kurikulum 1984 lampau.

Kawah Kamojang berada di dua desa, yaitu Desa Cibeet dan Desa Randukurung, Kecamatan Garut. Jaraknya hanya 45 menit perjalanan dari pusat kota Garut. Apa saja yang bisa dinikmati dari Kawah Kamojang? 

Pemandangan pertama yang menyambut wisatawan adalah Kawah Manuk yang berbentuk danau. Selanjutnya pelancong dapat mandi uap di kawasan puncak Kawah Kamojang. Kawah hujan tersebut menyemprotkan air panas yang keluar dari tanah.

Selain Kawah Hujan, ada dua kawah lain yang menarik perhatian wisatawan. Kawah Kereta Api dan Kawah Brecek. Kawah Kereta Api menjadi kawah yang paling sering disinggahi wisatawan. Alasannya karena dari kawah tersebut sering mengeluarkan bunyi seperti kereta api. 

Dari mana suara kereta apinya? Ternyata suara seperti kereta api berasal dari celah bebatuan dari perut bumi. Di kawah tersebut, pengunjung juga akan melihat pembangkit listri tenaga uap dan pipa-pipa yang menyalurkan panas dari perut bumi.

Wisatawan bisa berkunjung ke Kawah Kamojang mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.  Selama jam operasional tersebut, kita bisa berfoto dan sauna di sana. FYI, Gunung Kamojang tempat Kawah Kamojang yang populer ini masih aktif karena adanya aktivitas panas bumi.

Tiket masuknya variatif dan terjangkau. Dikutip dari infogarut.id, hari biasa Rp5 ribu/orang, hari libur Rp 10 ribu. Untuk wisatawan asing, harga tiketnya Rp 100 - Rp 155 ribu/orang

4. Karacak Valley

Objek wisata Garut terbaru yang bisa masuk wishlist liburan kita adalah Karacak Valley. Lokasinya ada di wilayah Gunung Karacak.  Karacak Valley termasuk ke dalam kawasan Perhutani.Selanjutnya pengelolaannya diserahkan kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jayamandiri.

Kekhasan Karacak Valley adalah rimbunnya pohon pinus di kawasan yang cukup luas.  Keindahan pohon pinus yang membuat Karacak Valley menjadi salah satu objek wisata  di Garut

5. Kebun Mawar Situhapa

Para pecinta mawar mari merapat ke Kebun Mawar Situhapa. Lokasinya di Jalan Raya Kamojang Km 5, Sukakarya, Kec. Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di kebun ini beragam koleksi mawar bisa kita jumpai. Mawar Damask merupakan salah satu jenis mawar yang juga dipanen lalu diolah menjadi esensial oil, air mawar, teh mawar. 

Begonia, kaktus, dan anggrek juga termasuk dalam koleksi Kebun Mawar Situhapa. Menurut pengelolanya, ada 500 lebih variasi tanaman dan pohon di kebun ini. Tiket masuknya Rp 17.500 (Senin-Sabtu) dan Rp 22.500 (Minggu dan libur nasional). Jam buka taman pukul 9 pagi - 5 sore. Untuk restoran buka pukul 10 pagi - 8 malam.

Selain memanjakan mata dengan beragam koleksi bunga, wisatawan juga bisa mencicipi aneka hidangan di restorannya.  Setelah puas menikmati hidangan, kita bisa melepas lelah di penginapannya. 

Ratenya beragam tergantung jenis kamar dan pilihan hari. Tarif weekend tentu berbeda saat weekdays. Rate mulai Rp 500 ribu hingga Rp 1,8 juta. Informasi lebih detail bisa singgah ke websitenya ya :)

6. Curug Sang Hyang Taraje

curug sanghyang taraje
dok.salsawisata.com


Nama tempatnya agak mistis ngga sih? Ada kesan dewa-dewa gitu dari nama Sanghyang Taraje. Curug Sanghyang Taraje merupakan nama objek wisata Garut terbaru.

Sesuai dengan namanya, curug dalam bahasa Indonesia berarti air terjun. Penambahan kata Sanghyang merupakan sebutan kehormatan yang diberikan kepada dewa/raja zaman dulu. Kalau Taraje artinya tangga yang digunakan para dewa menuju kahyangan. Jadi, bisa disimpulkan Curug Sanghyang Taraje adalah analogi dari tangga para dewa. Luar biasa!

Apa keistimewaan Curug Sanghyang Taraje? Selain namanya yang filosofis, ketinggian air curug ini mencapai 80 meter. Jadi, wajar dianggap sebagai tangga menuju langit tempat tinggal para dewa ya, gaes :D

Keistimewaan lainnya adalah curug ini mempunyai dua aliran air terjun yang berdampingan. Dua aliran air ini juga bisa kita jumpai di Curug Cinulang di Cimahi, Jawa Barat.

Air terjun yang berlokasi di Kp. Kombongan, Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jam operasional pukul 8 pagi - 5 sore. Waktu terbaik menikmati air terjun Sahyang Taraje direkomendasikan pagi hari saat matahari belum tinggi. 

Tiket masuknya murah meriah hanya Rp 10 ribu. Apabila membawa kendaraan bermotor, tarif parkir motor dan mobil sama Rp 5 ribu saja. Oh ya, dengan tiket Rp 10 ribu, kita sudah bisa menikmati semua fasilitas di kawasan Curug Sanghyang Taraje. Fasilitas itu adalah penitipan kendaraan dan kolam renang yang tersedia. 

Yang harus diperhatikan wisatawan saat bermain air di kawasan ini adalah tidak diperkenankan langsung di bawah air terjun. Mengapa demikian? Karena aliran airnya sangat deras mengingat tingginya 80meter. Kebayang kan kalo kita berenang langsung di bawah air terjunnya.

No comments