Solusi Simple Atasi Mata Kering untuk Digital Savvy

Insto Dry Eyes Ampuh Atasi Mata Kering
dok.freepik

Digital savvy umumnya sangat akrab dengan gadget. Keakraban itu menyita waktu dan berpengaruh pada kesehatan mata. Salah satunya adalah risiko mata kering karena terlampau lama mantengin layar gadgetnya. Kuantitas waktu berinteraksi dengan layar gadget yang makin sering membuat mata mudah kering. Kalau sudah gitu, sebagai emak digital savvy, saya langsung gerak cepat pakai Insto Dry Eyes.

Selain sebagai indera penglihatan, mata juga termasuk organ yang paling ekspresif. Jendela dunia yang kita punya ini dilindungi tulang tengkorak. Ia organ yang mandiri karena bisa membersihkan dirinya sendiri dengan air mata. 

Aktivitas Digital Savvy Bisa Menyebabkan Mata Kering 

Mata termasuk organ yang sangat peka dan rentan terhadap berbagai gangguan. Terlebih ketika kita memforsirnya menatap layar gadget hingga kelelahan. Salah satu gangguan mata akibat dipaksa bekerja terlalu lama di depan layar adalah mata kering. 

Istilah medisnya keratoconjunctivitis sicca, dry eye syndrome, atau sindrom mata kering. Pada kondisi ini, air mata tidak dapat melumasi lapisan mata dengan baik. FYI,  air mata merupakan cairan yang terdiri dari air, garam, lemak, protein, dan mucin (sejenis protein) untuk melumasi mata. Selain itu, air mata berfungsi menjaga permukaan mata agar tetap halus.


Insto Dry Eyes wajib atasi mata kering
dok.bettervisionguide.com

Ada dua penyebab mata kering, yaitu penurunan produksi air mata dan peningkatan penguapan air mata. Aktivitas savvy digital menyebabkan peningkatan penguapan air mata. Hal ini terjadi karena mata tidak mengandung lemak yang cukup. Akibatnya air mata cenderung menguap sehingga membuat mata mudah kering.

Dilansir dari laman Siloam Hospital, wanita berisiko lebih tinggi dari pria mengalami mata kering. Begitu juga kalau dia sedang hamil, konsumsi pil KB, atau menopause. Oh ya, para pengguna lensa kontak dalam jangka waktu lama juga termasuk dalam kelompok ini. 

Gejala Mata Kering Alarm Mata Ingin Rehat 

Sebagai kelompok berisiko tinggi mengalami mata kering, saya perlu tahu gejala mata kering. Penting banget kan supaya bisa segera mengatasinya. Selain itu, gejala mata kering bisa menjadi alarm bahwa mata sudah ingin rehat. Bukan begitu?

Dilansir dari laman jec.co.id, ada banyak gejala mata kering yang dirasakan seseorang. Salah satu keluhan yang cukup sering ditemukan adalah mata berair. Kondisi tersebut sering menjadi pertanyaan, "Gejala mata kering kok yang dirasakan malah berair?" 

Mata berair merupakan refleks keluarnya air mata untuk melawan iritasi yang timbul. Mengapa bisa terjadi refleks demikian? Air mata yang tidak sehat disertai iritasi akan menstimulasi otak menghasilkan refleks untuk  melawan iritasi.

Kebayang kan sekarang kenapa mata kita berair? Ternyata itu perintah dari otak untuk melawan iritasi yang terjadi pada mata. Sayangnya refleks mata berair tidak cukup mengatasi kondisi sindrom mata kering. Ada gejala lain pada mata kering yang bisa kamu cek sebagai berikut.

  • Sensasi panas, kering, dan sensasi benda asing.
  • Mata terasa nyeri.
  • Mata merah dan berair.
  • Kelopak mata berkedut.
  • Kelopak mata terasa berat.
  • Terasa sulit untuk membuka mata.
  • Sensasi tidak nyaman saat melihat cahaya terang.
  • Terdapat lendir di dalam atau di sekitar mata, terutama setelah bangun tidur.
  • Penglihatan kabur
Wih, banyak juga gejala mata kering ya? Dari sekian banyak itu, mana gejala yang pernah atau sering mata kamu alami? 

FYI, mata kering yang terjadi terus-menerus sering menyebabkan penglihatan menjadi kabur, mata terasa terbakar, gatak, dan berasa ada pasir di mata. Bab pasir ini mungkin rasanya seperti mata yang kelilipan ya..Meskipun jarang, mata kering juga bisa menyebabkan borok atau kekeruhan pada kornea. Waduh, berat juga bahaya mata kering.

Solusi Atasi Mata Kering buat Digital Savvy 

Sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan untuk mencegah mata berair. Beberapa di antaranya adalah mengonsumsi wortel dan labu kuning. Warna kuning dan oranyenya baik untuk kesehatan mata kita. Hindari faktor-faktor dan kondisi yang mengekspos mata terhadap alergi asap. 

Untuk digital savvy, penting banget mengistirahatkan mata secara teraturd. Selain itu, pastikan posisi layar berada sekitar 50 - 60 cm dari mata. Pandangannya harus sejajar dengan layar bukan di atas ataupun di bawah.

Bagaimana kalau sudah telanjur mengalami mata kering? Apa yang harus kita lakukan? Pertama, kompres mata dengan air hangat, lebih sering berkedip, dan terapkan aturan 3D, yaitu distance,directons, dan duraton


Insto Dre Eyes atasi mata kering


Selain semua tips pencegahan sekaligus cara menanganinya, kita juga bisa menggunakan #InstoDryEyes. Varian Insto ini diakui banyak orang menjadi #SolusiMataKering. Sebenarnya jauh lebih bagus kalau menggunakan Insto Dry Eyes dibarengi dengan menerapkan aturan 3D tadi. 

Insto Dry Eyes menjadi solusi atasi mata kering karena mengandung bahan aktif hydroxypropyl methylcellulose. Bahan aktif tersebut memberikan efek pelumas seperti air mata sehingga dapat mengatasi gejala mata kering.

Cara pakainya juga sangat simple. Cukup teteskan Insto Dry Eyes 1-2 tetes tiap mata 3x sehari. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan setelah menggunakan Insto. Pastikan ujung botol Insto tidak tersentuh atau terkena permukaan benda apa pun agar tidak terkontaminasi.

Nah, digital savvy jaga kesehatan mata kalian ya. Terapkan jaga jarak mata ke gawai, posisi gawai arahnya lurus dengan pandangan mata. Hindari penggunaan gawai dengan posisi berbaring. Terakhir, konsisten dengan aturan durasi waktu penggunaan jaket.

Jaga mata kalian agar tetep sehat dan bugar. Siap sedia Insto Dry Eyes di kotak obat apabila sewaktu-waktu kita membutuhkannya untuk atasi mata kering. 

---

Referensi

  • Health Guide Magazine A-Z. Panduan Kesehatan Keluarga. 2013. PT Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia):Jakarta
  • siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-mata-kering
  • https://www.bettervisionguide.com/eye-health-topics/
  • www.jec.co.id/


4 comments

  1. Mata kering dan perih amat rentan bagi para digital savvy. Untung ada Insto Dry Eyes sebagai solusi. Tapi jangan lupa juga terapkan prinsip 3D. Trima kasih untuk artikelnya kak.

    ReplyDelete
  2. Insto emang andalan aku banget untuk mengobati mata yang sakit, apalagi kalau udah merah merah gitu pasti pake insto.. Selalu siap sedia baik dirumah atau waktu kerja diluar

    ReplyDelete
  3. Disadari atau ga, ketika mata terlalu lama menatap layar laptop, hp dll maka mata akan terasa pedih dan lama2 kering. Untung ada solusinya, pakai Instro Dry Eyes. Gampang didapat di mana2 dan harganya terjangkau ya. AKu juga ready stock Insto di lemari obat buat jaga2 :)

    ReplyDelete
  4. Insto Dry Eye ini memang benar-benar jadi sahabat baik banget untuk kita-kita para pekerja kreatif yang tiap hari menghadap layar mulu.

    ReplyDelete