Featured Slider

5 Cara Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah dalam Masyarakat


Literasi Keuangan Syariah
dok.pixabay


Adakah yang familiar dengan literasi keuangan syariah? Apa bedanya dengan literasi keuangan biasa atau konvensional? Yuk, kita simak dulu penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Literasi Keuangan Syariah?

Literasi keuangan syariah adalah kemampuan untuk memahami dan menerapkan berbagai keterampilan keuangan, seperti manajemen tabungan pribadi, membuat penganggaran, dan investasi yang sesuai dengan ajaran Islam (ojk.go.id).

Agar masyarakat bisa menerapkan literasi keuangan syariah yang benar dalam kesehariannya, masyarakat perlu mendapat edukasi yang memadai mengenai seluk-beluk keuangan syariah.

Edukasi ini sangat penting karena kontennya bertujuan memberikan pemahaman secara memadai kepada masyarakat terkait pengenalan lembaga jasa keuangan syariah, baik bank maupun nonbank. Selain itu ada produk dan jasa keuangan syariah, fitur-fitur yang melekat pada produk dan jasa keuangan syariah, manfaat dan risiko produk dan jasa tersebut, serta hak dan kewaiban sebagai konsumen yang menggunakan jasa keuangan syariah.

Literasi keuangan syariah sangat penting diberikan sebelum masyarakat sebagai konsumen siap mengadopsi produk dan layanan keuangan syariah. Untuk mencapai pemahaman tersebut, masyarakat perlu melalui berbagai proses meliputi pengetahuan, persuasi, keputusan, dan konfirmasi (Rogers dkk., 2012).

Dengan literasi keuangan yang baik, tentu saja akan memengaruhi kemampuan perilaku seseorang dalam memutuskan urusan konsumsi, seperti investasi, termasuk juga asuransi jiwa syariah untuk keluarga. Semakin banyak transaksi keuangan syariah yang dilakukan masyarakat semakin banyak pula usaha dan produksi yang dapat didanai oleh keuangan syariah.

5 Cara Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah di Masyarakat


Apa itu literasi keuangan syariah
dok.pixabay

Era industry 4.0 sebenarnya memberikan banyak keuntungan pada kita dalam menyebarluaskan berbagai informasi sekaligus edukasi kepada masyarakat. Kita bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan literasi keuangan syariah di masyarakat. Apa saja yang bisa dilakukan dengan teknologi informasi?

1. Membuat platform digital literacy sebagai media sosialisasi dan edukasi keuangan syariah. Platform ini harus bisa menjangkau berbagai wilayah hingga daerah terpencil di semua level dan semua kalangan.

2. Kita bisa menggunakan e-learning ekonomi syariah, baik untuk pelatihan informal maupun kepentingan pembelajaran ekonomi syariahdi lembaga pendidikan formal melalui pembelajaran daring dan luring (blended learning)

3. Mengoptimalkan media sosial dan media streaming.  Media sosial, seprti Whatsapp, Telegram, Facebook, dan Instagram. Media streaming, seperti Zoom, Webex, Webinar, Skype, dll., dapat digunakan sebagai media informasi, sosialisasi, dan komunikasi.

Tak hanya itu, media sosial dan streaming bisa digunakan sebagai ajang kompetisi, penulisan ekonomi syariah, seminar, dialog interaktif, dan konferensi ekonomi dan keuangan syariah.

4. Manfaatkan media digital. Sistem pembayaran (payment system) syariah, layanan produk dan jasa keuangan syariah bisa memanfaatkan media digital

5. Marketplace dapat digunakan untuk pemasaran produk halal dan jasa keuangan syariah. Hanya bermodalkan smartphone, konsumen dan produsen bisa berinteraksi dan saling menguntungkan.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi seharusnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah. Tujuannya tentu saja agar market share keuangan syariah dapat ditingkatkan. Termasuk kesadaran masyarakat menggunakan asuransi jiwa syariah sebagai proteksi keluarga.

Asuransi jiwa syariah merupakan produk asuransi jiwa yang dikelola sesuai syariat Islam. Perbedaannya dengan asuransi jiwa yang dikelola secara konvensional terletak pada pengelolaan dananya atau yang disebut dengan dana tabarru'.

Demi tercapai meratanya literasi keuangan syariah di masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi, pemerintah seharusnya membuka kerja sama dengan sejumlah provider internet dan industry keuangan syariah. Bentuk konkret kerja samanya bisa berupa optimasi pembangunan jaringan optic di seluruh wilayah Indonesia.

Literasi yang baik dan inklusivitas yang baik akan mampu membuat pangsa pasar keuangan syariah meningkat. Para penggiat ekonomi syariah dapat memanfaatkan Sharia Knowledge Centre (SKC) sebagai kanal informasi, inovasi, dan kolaborasi seputar ekonomi syariah di Indonesia yang diinisiasi oleh PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah).

Platform yang disediakan SKC bagi para penggiat ekonomi syariah bertujuan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Syariah. Selain itu, tujuan SKC menyediakan platform tersebut untuk bergotong-royong memajukan ekonomi Syariah dan menjadikan Indonesia sebagai pusat perkembangan ekonomi Syariah global.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Sharia Knowledge Centre (SKC) akan bekerja sama dengan pemerintah, regulator, pakar ekonomi Syariah, dan segenap pemain industri ekonomi Syariah melalui berbagai program kemitraan strategis. Dengan demikian, sinergi yang terbangun bisa mendorong roda pertumbuhan ekonomi. Tentu saja kondisi ini dalam jangka panjang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Keserakahan, Kekayaan, dan Kekuasaan dalam Romeo Must Die Full Movie

Judulnya romantis sekaligus satire. Dirilis tahun 2020, film yang dibintangi Jet Lee dan Aaliyah bercerita tentang nafsu menguasai dan memperkaya diri. Berbagai cara dilakukan meskipun harus kehilangan idealisme juga keluarga sendiri.

Kisah Romeo Must Die berpusat pada Han Sing (Jet Li), seorang putra dari bos mafia China, yang merupakan seorang mantan polisi. Saat itu, ia sedang mendekam di balik jeruji besi di Hong Kong.

Suatu hari, Han Sing mendapat kabar bahwa adiknya dibunuh. Mendengar hal itu, Han kabur untuk menyelidiki penyebab di balik kematian sang adik.

Di sisi lain, ayah mereka yang bernama Chou Sing (Henry O), melakukan bisnis kerja sama dengan Isaak O'Day (Delroy Lindo) yang merupakan pengusaha perumahan

Chou dan Isaak memiliki properti di sepanjang tepi pantai untuk dijual kepada Vincent Roth (Edoardo Ballerini). Vincent memiliki rencana untuk membangun stadion untuk NFL.

Namun, Isaak memiliki kekhawatiran terhadap kerja sama yang ia jalin dengan Chou. Maka, ia mempercayakan Mac (Isaiah Washington) untuk menjaga kedua anaknya, Trish (Aaliyah) dan Colin (DB Woodside).

Trish kemudian bertemu dengan Han. Ia meminta Han untuk lepas dari pengawasan keamanan. Selain itu, Trish juga bercerita bahwa Po meneleponnya sehari sebelum ditemukan mati dibunuh.

Han kemudian bertemu dengan Chou dan menyalahkan ayahnya itu atas kematian Po. Padahal, Han membantu ayah dan adiknya kabur dari kejaran polisi ke Amerika.

Trish kemudian bertemu dengan Han. Ia meminta Han untuk lepas dari pengawasan keamanan. Selain itu, Trish juga bercerita bahwa Po meneleponnya sehari sebelum ditemukan mati dibunuh.

Han kemudian bertemu dengan Chou dan menyalahkan ayahnya itu atas kematian Po. Padahal, Han membantu ayah dan adiknya kabur dari kejaran polisi ke Amerika.


CIri Khas Astrid Lindgren dalam Karya-Karya Legendarisnya

Gen X ke atas yang doyan baca biasanya familiar dengan nama Astrid Lindgren. Penulis perempuan kelahiran Swedia ini dikenal sebagai penulis karya fiksi dan skenario. Astrid lahir pada tahun 1907 dan mengembuskan napas terakhirnya pada 2002. 

Karya-karya Astrid merupakan karya yang paling banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa di dunia. Hans Christian Anderson, Enyd Blyton, dan Grimm bersaudara merupakan tiga penulis cerita anak yang karyanya menjangkau ke seluruh penjuru dunia. 

Pembaca Astrid Lindgren pasti kenal baik Pippi si Kaus Kaki Panjang. Ini adalah karya Astrid yang sangat populer. Gadis kecil usia 8 tahun yang tinggal sendirian ditemani kuda poni dan seekor monyet. Ayah dan ibunya sudah meninggal dunia. 

Namun Pippi tidak pernah kesepian. Ia punya banyak mainan, berbagai imajinasi permainan yang tak ada habisnya. Monyet dan kuda menjadi sahabat setianya. Dua kawan Pippi yang rumahnya bersebelahan dengannya juga selalu menemani Pippi bermain.

Selain Pippi Si Kaus Kaki Panjang, ada Semua Beres kalau Ada Emil. Buku ini juga bercerita tentang anak kecil cerdik yang kerap membuat kacau keadaan. Judul lainnya adalah Musim Ceri di Bullerbyn. Latar cerita ini ada di pedesaan Swedia. Kesibukan anak-anak, huru-hara, dan keceriaan anak-anak menjadi ciri khas karya Astrid Lindgren.

Sekilas tentang Astrid Lindgren

Astrid Lindgren dibesarkan di Näs, dekat Vimmerby, Småland, Swedia, dan banyak dari bukunya berdasarkan pada keluarga dan kenangan masa kecilnya.

Lindgren adalah putri dari Samuel August Ericsson (1875–1969) dan Hanna Jonsson (1879–1961). Dia memiliki dua saudara perempuan, Stina [sv] dan Ingegerd [sv], dan seorang saudara laki-laki, Gunnar Ericsson [sv],yang akhirnya menjadi anggota parlemen Swedia.

Astrid Lindgren sering menggambarkan masa kecilnya sebagai masa yang sangat bahagia - "kami menghabiskan 'Kehidupan Desa Bising di Näs, tidak jauh berbeda dengan anak-anak di 'Noisy Village-books" - dengan perasaan aman yang terus menerus dari cinta orang tuanya dan bermain energik dengan ketiga saudara kandungnya dan banyak anak lain yang juga tinggal di sekitar pertanian.

Setelah menyelesaikan sekolah, Lindgren bekerja di sebuah surat kabar lokal di Vimmerby. Dia memiliki hubungan dengan pemimpin redaksi, yang sudah menikah yang pada akhirnya melamar pada tahun 1926 setelah dia hamil. Ia pun menolak lamaran tersebut dan pindah ke ibu kota Stockholm, untuk belajar menjadi juru ketik dan stenograf (yang kemudian dia menulis sebagian besar drafnya dalam stenografi).

Meskipun dibayar dengan gaji sedikit, dia menabung sebisa mungkin dan melakukan perjalanan sesering mungkin ke Kopenhagen bersama Lars (anak laki-lakinya), yang sering dilakukan selama akhir pekan, Lindgren banyak menghabiskanr waktunya di kereta api.

Sejak tahun 1928 Lindgren bekerja sebagai sekretaris di Royal Automobile Club (Kungliga Automobil Klubben) dan pada tahun 1931 dia menikah dengan bosnya bernama Sture Lindgren (1898–1952), yang meninggalkan istrinya demi dia.Tiga tahun kemudian, pada tahun 1934, Lindgren melahirkan anak keduanya, Karin. Karakter Pippi Longstocking diciptakan untuk menghibur putrinya saat dia sakit di tempat tidur.

Kemudian Lindgren dan keluarganya pindah pada tahun 1941 ke sebuah apartemen di Dalagatan, tempat dimana ia tinggal sampai di hari kematiannya pada tanggal 28 Januari 2002 di usia 94 tahun. Astrid Lindgren meninggal di rumahnya di pusat kota Stockholm. Pemakamannya berlangsung di Storkyrkan di Gamla stan.Di antara mereka yang hadir adalah Raja Carl XVI Gustaf bersama Ratu Silvia dan keluarga kerajaan lainnya, serta Perdana Menteri Göran Persson. Upacara itu digambarkan sebagai "yang paling dekat dengan pemakaman kenegaraan".

Al Khwarizmi Penemu Aljabar dan Algoritma yang Misterius

Judul : Al Khwarizmi

Pengarang : Corona Brezina

Tahun terbit : 2013

Jumlah halaman : 120 hlm


Ketika aksi pemboikotan terhadap semua produk yang berafiliasi dengan Israel mulai dikampanyekan, sebagian orang menyindir Instagram dan Facebook pun harus diboikot. Sayangnya mereka mungkin tidak paham bahwa algoritma yang digunakan Mark mengelola sosial media adalah hasil karya Al Khwarizmi, cendekiawan Muslim yang hidup ratusan tahun lampau.

Bagi praktisi aljabar, nama Al Khwarizmi pasti tidak asing. Laki-laki yang kabarnya berasal dari Uzbeckistan ini adalah pencipta Aljabar. Selanjutnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang ditelitinya, ia pun menciptakan algoritma. 

Beratus tahun kemudian, Mark Zuckerberg, anak muda Amerika yang kuliah di Harvard mengembangkan algoritma dalam sosial media yang diciptakannya. Facebook pun berkembang sangat pesat. Sosial media ini tidak hanya mengakomodasi orang-orang yang ingin saling menyapa denghan kawan lama, tetapi juga menjadi media marketing yang efektif.

Kehidupan Al Khwarizmi

Kehidupan Al-Khwarizmi dijelaskan pada halaman 31 buku ini. Nama lengkap Al-Khwarizmi adalah Abu Ja'far Muhammad bin Musa al-Khwarizmi. Hanya sedikti perjalanan hidupnya yang tercatat dalam sejarah. Rincian biografinya sebagian besar berasal dari daftar pustaka yang dibuat para cendekiawan masa itu. Beberapa sumber yang lain berupa rujukan singkat dari ahli sejarah dan geografi. 

Sebagian besar catatan sejarah berfokus pada karya ilmiah al-Khwarizmi. Catatan-catatan itu menyebut tulisan dan prestasinya sebagai ahli matematika, astronomi, dan geografi. Dalam catatan para penulis sejarah, tidak pernah disebutkan kehidupan pribadi Al-Khwarizmi. 

Nama populer Al-Khwarizmi menunjukkan ia berasal dari Khawarizm atau Khorezm. Tempat itu ada di suatu negeri di tengah Asia, di selatan Lau Aral. Khwarizm dulu pernah menjadi kerajaan kuno yang makmur. Pada tahun 680 M, negeri ini dikuasai Muslim. Khwarizm kini adalah Kota Khiva di Uzbeckistan.

Saking minimnya tulisan tentang kehidupan pribadi ilmuwan Muslim ini, tahun pasti kelahirannya pun tidak diketahui. Dugaan yang beredar di kalangan penulis sejarah, Khwarizmi mungkin lahir pada tahun 789 M. I alhir tak lama sebelum Harun ar-Rasyid menjadi Khalifah.

Pada era Khalifah Al-Ma'mun (813 M -833 M), Al Khwarizmi mendedikasikan dua karya awalnya, Kitab al-Jbr wal-Muqabalah dan Zij. Dua karya tersebut merupakan risalah astronomi. Sebagai informasi, Khalifah Al-Ma'mun menjadi khalifah yang sangat mendukung sains dan pengetahuan. 

Bukti support Al-Ma'mun pada sains dan pengetahuan tecermin pada akademi penelitian Bait al-Hikmah yang didirikannya tahun 830 M. Akademi ini menarik banyak pemikir paling cerdas pada abad ke-9 di Arab. Dukungan tanpa batas dari sang khalifah membuat Bait al-Hikmah berkembang pesat menjadi pusat intelektualitas di Baghdad. Selain itu, akademi ini menjadi salah satu pusat terpenting sains dan filsafat di dunia Islam selama berabad-abad. 

Khwarizmi bekerja di Bait al-Hikmah hingga akhir hayatnya. Ia mengalami pergantian khalifah selama puluhan tahun. Selama itu pula, tidak ada catatan sejarah tentang keluarga, teman, reaksi atas penerimaan hasil karyanya bahkan perjalanan Al-Khwarizmi pergi ke berbagai tempat bila itu seandainya ia lakukan pun tidak ada. 

Semua referensi tentang Al-Khwarizmi murni menulis karya-karyanya secara detail. Benar-benar ilmuwan yang misterius. Sepertinya hidup sang ilmuwan hanya diabdikan untuk perkembangan sains dan ilmu pengetahuan. Apakah Al-Khwarizmi hidup selibat? Wallahualam. Yang harus diingat dalam Islam tidak ada aturan hidup selibat. Seandainya memang AL Khwarizmi tidak menikah, mungkin alasannya bukan karena ingin hidup selibat seperti para pastor Katolik. 

Sepertinya asumsi hidup selibat sudah dipatahkan dari kata pengantar yang ditulis Al-Khwarizmi pada karyanya mengenai Aljabar.

Segala puji bagi Allah atas karunianya terhadap orang-orang yang berhak menerimanya lewat perbuatan baik mereka. DIa mengutus Nabi Muhammad SAW dengan tugas sebagai seorang nabi, lama setelah banyak utusan Allah lainnya, ketika keadilan telah diabaikan, ketika jalan kehidupan yang benar dicari-cari. Lewat Nabi Muhammad, Allah menyembuhkan kebutaan dan menuelamatkan dari keruntuhan dan membesarkan apa yang sebelumnya keci, dan mengumpulkan apa yang sebelumnya tercerai-berai. Mahasuci Allah segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Tiada tuhan selain Allah dan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.

Karya-Karya Al-Khwarizmi

Karya Al-Khwarizmi yang paling terkenal adalah Kitab al-Jabr wal-Muqabalah. Kitab ini di kemudian hari menjadi dasar untuk aljabar modern. Ia menyelesaikan karya itu dan risalah astronominya, Zij, selama kepemimpinan al-Ma'Mun (813 M - 833 M).

Karya Al-Khwarizmi yang lain adalah Istikhraj Tarikh al-Yahud (Tentang Kalender Yahudi) merupakan karya pendek mengenai sistem penanggalan Yunani yang bisa ditelusuri waktu pembuatannya. Perhitungan dalam buku tersebut mengisyaratkan Al-Khwarizmi mengerjakannya selama tahun 823 - 824 M. 

Karya selanjunya adalah karya atas bilangan Hindi, dasar sistem angka Arab yang kita gunakan saat ini. Karya tersebut ditulis beberapa lama setelah Kitab al-Jabr wal Muqabalah. 

Perempuan Yang Berharap pada Malam

Setiap kali matahari tak mampu memenuhi harapanku, kutunggu malam datang. Ketika cahaya matahari surup dan senja menjelang, aku berjanji menyelesaikan semua tugas saat bulan menjaga langit.

Saat langit mulai kelam, kunanti indahnya bintang-bintang mempercantik malam. Kutempel daftar rencanaku di setiap dinding agar mudah kulihat. 
Saat langit benar-benar kelam, kuatur waktu sedemikian rupa agar rencana demi rencana terlaksana tanpa kendala.

Sayangnya, aku tak sesigap Bandung Bondowoso mengisi malam hingga semua tugasnya selesai. Sayangnya, aku tak secekatan Sangkuriang membangun perahu hanya dalam semalam. Aku selalu gagal mengisi malam meskipun takada Roro Mendut atau Dayang Sumbi yang bersegera mengelabui ayam jantan agar menutup malam.

Malam pun berlalu dan rencana-rencanaku pupus bersama terbitnya fajar. Namun, aku tetap teguh. Kunanti malam. Kutulis lagi semua rencana dalam hati. Kuyakinkan diri malam akan membantuku.

Sudah seratus kali malam singgah. Taksatu pun rencana berhasil dilakukan. Aku malah makin asyik merajut rencana baru untuk malam-malam selanjutnya. Hendak ke mana setelah ini? Memecut diri sendiri ternyata lebih sulit. 

Mungkin berharap pada malam bukan pilihan tepat. Malam adalah saat beristirahat. Kelamnya langit membantu kita memejamkan mata dengan damai. 

Kisah Sangkuriang dan Bandung Bondowoso hanyalah segelintir kisah tentang kekuasaan atas malam.