Featured Slider

Pembiayaan UMi, Bangkitkan Usaha UMKM, Sejahterakan Indonesia

Apa yang masyarakat harapkan dari kondisi perekonomian Indonesia? Pengentasan kemiskinan, tidak ada pengangguran, dan harga-harga murah adalah sedikit contoh.

Salah satu faktor yang bisa mengentaskan kemiskinan adalah penyerapan tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Kalau tenaga kerja terserap sempurna, pengangguran bisa ditekan seminimal mungkin.

Entrepreneur sebagai ujung tombak kewirusahaan perlu dukungan penuh dari pemerintah untuk mengembangkan usaha umkm mereka. Terlebih ketika pandemi Covid-19 melanda, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ikut terpuruk kena imbas pembatasan mobilitas.

Imbas pandemic pada kelangsungan usaha umkm berdampak langsung pada turunnya perekonomian nasional. Hal ini bisa dipahami karena UMKM mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian nasional.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

Sementara itu, daya serap tenaga kerja UMKM sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha. Bagaimana dengan kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB?

Kontribusinya tentu saja sangat signifikan, yaitu sebesar 61,1%. Sisanya 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar. Jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.

Pembiayaan Ultramikro (UMi)

Adalah Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sebagai program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha. Program ini menargetkan usaha mikro yang berada di lapisan terbawah.

Usaha mikro yang menjadi target program Pembiayaan UMi pada umumnya belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Dalam pelaksanannya, pembiayaan UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank. Saat ini lembaga yang menyalurkan pembiayaan UMi adalah PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Sumber pendanaannya berasal dari APBN, kontribusi pemerintah daerah dan lembaga-lembaga keuangan, baik domestik maupun global.

Pada tahun 2018, UMi ditargetkan untuk menyentuh 800.000 pelaku usaha mikro yang tidak bankable. Tidak bankable artinya pelaku usaha tersebut tidak bisa mempunyai agunan yang bisa dijaminkan ke bank. Agar pelaku usaha yang tidak bankable ini tetap bisa mengakses pembiayaan, UMi menjadi lembaga yang membantu mereka.



#PIPUMi
#UMiUntukNegeri




Belanja Praktis dan Hemat di Aplikasi Alfagift




Apa kabar semua? Gimana hari-hari kalian di awal tahun 2022? Sudah bikin apa aja nih? Atau sudah punya info tempat belanja baru? :D

Buat kamu yang suka belanja online, sudah kenalan sama aplikasi Alfagift belum? Kebetulan saya mau cerita pengalaman belanja di Alfagift nih.

Buat yang belum familiar dengan Alfagift, ini adalah aplikasi belanja online Alfamart. Alfagift memudahkan konsumen untuk mengetahui promo produk, undian, A-kupon gratis, lokasi Alfamart, dan sosial media resmi Alfamart.


Alfagift semakin memikat karena layanan pengiriman cepat ,#GercepTanpaBatas dan gratis ongkir tanpa syarat. Bagian free ongkir ini yang bikin para emak jatuh cinta. Iya ngga siih?


Saya sudah berbelanja beberapa kali di Alfagift. Meskipun Alfagift ada layanan delivery, saya biasanya ambil langsung ke Alfamart terdekat. Kebetulan alamat rumah saya belum tercover layanan delivery di beberapa gerai Alfamart sekitar rumah.


Itu bukan masalah sih, Alfagift tetap memudahkan belanja. Saya tinggal pilih barang yang saya butuhkan di Alfagift. Klik barang A, B,C, lalu masukkan keranjang. Cara bayarnya pun beragam, bisa pakai e-wallet, debit, dan kredit.


BTW, sebelum mulai belanja, kita bisa mengecek gerai Alfamart terdekat dari rumah atau posisi kita saat hendak belanja. GPS-nya sensitive banget, gengs.


Beberapa waktu lalu saya sedang kena macet di jalan Soekarno-Hatta, Bandung. Sambil menikmati macet, saya mencoba berbelanja online di aplikasi Alfagift. Saya hendak belanja susu bayi dan beberapa kebutuhan lain.

Mulanya saya pikir, order sekarang aja supaya lebih cepat disiapkan dan diambil. Ternyata waktu saya cek gerai Alfamart, lokasinya sekitaran Soekarno-Hatta itu. Padahal rumah saya 9 km jauhnya dari daerah Soekarno Hatta.


Ketika kita memilih temukan toko di bagian akun, Alfagift sudah langsung mendeteksi posisi kita. Setelah itu, dipersilakan memilih gerai terdekat. Mulanya saya kira gerai yang direkomendasikan tetap menyesuaikan dengan alamat rumah yang sudah tersimpan di aplikasinya. Ternyata secara otomatis, Alfagift merekomendasikan toko terdekat dengan lokasi saya saat itu.


Belanja SGM Eksplor di Aplikasi Alfagift

Hari ini pas susu SGM balita saya habis. Saya cek info produk di Official Store SGM di Alfagift . Ow, ternyata SGM lagi ada promo dapat diskon untuk pembelian dua kotak SGM Eksplor Belajar 3+ berat 400 gram.. Harganya Rp 35.700/pcs menjadi Rp 34.600/pcs kalo kita beli dua kotak.


Promo diskon setiap pembelian 2 dus SGM Eksplor ukuran 400 gram juga berlaku untuk SGM Eksplor Aktif 1+ rasa madu dan vanilla. Kabar gembira buat para ibu yang anaknya berusia 1 - 4 tahun.

Produk SGM ini beragam. Ada SGM LLM+ Presinutri, SGM Eksplor Sekolah 5+, SGM Eksplor Belajar 3+, dsb. Untuk anak-anak yang alergi susu sapi, Ibu bisa memilihkan SGM Soya yang aman. Dan kemarin aku belanja SGM Eksplor 1+ dan SGM Eksplor 5+ untuk si Kecil. 

Belanja SGM lewat Alfagift banyak sekali keuntungan selain mendapat poin setiap transaksi juga kadang banyak promo juga. Selalu sedia SGM di rumah karena kita harus teruskan nutrisinya, siapkan belajarnya untuk si Kecil agar menjadi Generasi Maju SGM.


Promo Apa Yang Paling Memikat di Aplikasi Alfagift?

Dari pengalaman belanja di Alfagift, semua promonya selalu memikat. Kalau didesak untuk memilih, saya paling suka promo JSM alias Jumat Sabtu Minggu dan Tebus Murah.


Promo Jumat, Sabtu, Minggu (JSM)

Untuk customer setia Alfagift, pasti familiar banget dengan promo Alfamart JSM ini. Di promo JSM, kita bisa membeli produk-produk tertentu dengan harga miring. Sesuai dengan namanya, Jumat, Sabtu, Minggu, promo hanya berlaku pada tiga hari itu. Produk yang dipasarkan setiap minggu juga berbeda-beda.


Misalnya periode 7-9 Januari 2021, produk yang masuk promo JSM di antaranya adalah Bimoli Minyak Goreng, Sunlight, dan kecap Bango. Wah, pas banget nih, minyak goreng harga diskon :D


Untuk periode 14-16 Januari 2021, produk yang dipasarkan tentu akan berbeda. Karena produknya berbeda-beda setiap minggu, saya jadi rajin ngecek JSM kali ini apa ya..



Promo Tebus Murah

Kalau kita belanja senilai Rp 50 ribu ke atas, kita bisa membeli beberapa produk dengan harga yang murah.

---

Alfagift memberikan kepraktisan di dunia belanja. Meskipun barang yang saya beli tidak bisa di delivery, saya tetap belanja di Alfagift. Yah, minimal menghemat waktu saya saat ke Alfamart.

Saya tinggal menunjukkan bukti transaksi di aplikasi untuk mengambil barang belanjaan. Setelah itu, cuss…pulang. Saya merasa lebih efektif karena tidak menghabiskan waktu untuk lihat barang ini itu, tau-tau yang tidak dibutuhkan malah dibeli.




Kenali Tanda-Tanda Stunting pada Anak, Bunda Wajib Tahu!

Salah satu masalah serius yang masih belum teratasi dengan optimal di Indonesia adalah stunting. Menurut WHO, Indonesia menjadi negara dengan anak stunting terbanyak ke-5 di dunia. Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi Supaya kasus stunting tidak semakin banyak, kita perlu kenali tanda-tanda stunting pada anak.

Kenali Tanda-Tanda Stunting pada Anak


kenali tanda-tanda stunting pada anak


Sebagian orang menganggap stunting identik dengan tubuh pendek. Padahal menurut Kemenkes RI, tidak semua anak yang berperawakan pendek mengalami stunting. Balita bisa diketahui stunting setelah dilakukan pengukuran panjang atau tinggi badannya. Hasil pengukuran tersebut dibandingkan dengan standar pengukuran normal. 

Apabila hasil pengukuran tinggi badannya di bawah standar tinggi badan normal, anak tersebut tergolong stunting. Selain tinggi badan di bawah standar, kenali juga tanda-tanda stunting pada anak sebagai berikut.
  1. Tumbuh kembangnya melambat.
  2. Wajah anak lebih muda dari usianya.
  3. Pertumbuhan gigi terlambat
  4. Sulit fokus dan daya ingatnya saat belajar amat buruk.
  5. Berat badan balita tidak naik malah cenderung turun.
  6. Anak mudah terserang berbagai penyakit infeksi.
Supaya kasus stunting tidak bertambah terus, setiap orangtua khususnya dan masyarakat pada umumnya harus memahami cara mencegah stunting pada anak. Sebenarnya pengetahuan ini mudah diakses dari buku KIA.

Para ibu hamil atau ibu balita seharusnya sih kenal buku KIA. Kepanjangannya adalah buku Kesehatan Ibu Anak. Di buku ini, tercantum semua penjelasan detail tentang cara merawat kehamilan, merawat bayi hingga mengurus anak dengan cara yang baik dan benar sesuai ilmu kesehatan dan psikologi.


Pencegahan Stunting


kenali tanda-tanda stunting pada anak


Agar anak tumbuh kembang secara optimal, nutrisi sudah dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Nutrisi dan kondisi psikis ibu hamil memegang peranan utama. Apabila ibu tidak sehat secara mental, masa kehamilannya tidak bahagia. 

Ketidakbahagiaan ibu hamil pasti berpengaruh pada asupan nutrisi pada janin. Kondisi itu jika tidak segera diperbaiki, akan menghambat kelancaran ASI. Rantai selanjutnya adalah penerimaan gizi anak tidak optimal.

Hal yang sama pentingnya adalah lingkungan yang sehat. Kesehatan dasar, air, sanitasi, hygienitas, dan peluang beraktivitas yang aman merupakan unsur-unsur dari lingkungan yang sehat. 







Aplikasi Pintar Manajemen Belajar Bersama SMA Lazuardi

Ketika si sulung sudah masuk usia sekolah, saya mulai menyusun daftar kriteria sekolah yang sejalan dengan visi misi saya sebagai orangtua. Kunci sekolah bagus menurut saya harus disiplin.
 
Sebagai guru bimbel yang pernah mengajar ke banyak sekolah di berbagai kota, saya merasakan sendiri siswa di sekolah disiplin punya manner yang lebih tertata ketimbang sekolah tanpa disiplin yang jelas.
Pertimbangan selanjutnya adalah jarak dari rumah ke sekolah, fasilitas sekolah, sistem manajemen, dan biaya. 

Salah satu sekolah yang bisa dijadikan pilihan adalah SMA PINTAR LAZUARDI-BLENDED LEARNING HIGH SCHOOL. Sekolah ini mulai beroperasi sejak tahun 2021-2022 sebagai pengembangan dari sekolah Lazuardi Group.

Sejak pandemi melanda, sekolah online, khususnya untuk universitas dan SMA, tampaknya akan menjadi trend sekolah alternatif yang tak terhindarkan. Untuk itu, Lazuardi konsisten akan ikut serta memberikan kontribusi pada sistem pendidikan di negeri kita. Salah satunya dengan menyelenggarakan SMA Blended Learning tanpa meninggalkan kreativitas secara optimum.





Metode SMA Blended Learning dilakukan dengan menambahkan aktivitas hands on mandiri siswa lewat project based learning. Dukungan yang lebih mumpuni dilakukan melalui Learning Management System (LMS) yang diberi nama Pintar.

Learning Management System (LMS) Pintar

Pedagogical Intelligence Architecture (PINTAR) adalah sebuah strategi pedagogi (pembelajaran) yang diterapkan melalui sebuah Learning Management System (LMS) online yang memperhatikan keterikatan antara peserta didik dengan proses pembelajaran melalui feedback process.

PINTAR (Pedagogical Intelligence Architecture).





LMS pendukung pembelajaran online di SMA Pintar Lazuardi didukung oleh aplikasi canggih yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

KEUNGGULAN LMS PINTAR

Berikut ini keunggulan LMS PINTAR yang bisa dijadikan acuan orangtua untuk memahami manajemen pendidikan dan pengajaran SMA Lazuardi.
  • MULTIPART berarti materi disampaikan dalam bagian-bagian kecil dan dipilih hanya materi fundamental dari sebuah mata pelajaran. Upaya ini dimaksudkan agar mudah dipahami secara mandiri oleh siswa.
  • FEEDBACK SYSTEM akan memastikan peserta didik terlibat aktif, berinteraksi, saling memberi dan menerima umpan balik (feedback) untuk efektivitas belajar, mengetahui capaian hasil belajar, terbentuknya komunitas belajar, mendokumentasikan portofolio yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
  • DIFFERENTIATED LEARNING Dimulai dengan diagnostic assessment, sehingga dapat memandu learning path yang akan dilalui siswa dari urutan materi dan memungkinkan siswa memiliki tahapan belajar yang berbeda.
  • LEARNING PATH peserta didik akan memililki ‘jalur/peta’ untuk mencapai hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan pembelajaran.
  • MULTI-FRIENDLY CONTENT Materi dan media pembelajaran dikemas dalam beragam bentuk sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh peserta didik.
  • GAMIFICATION Pembelajaran online juga mempertimbangkan kesenangan dan keseruan. Ini dilakukan dengan menambahkan unsur games dalam pembelajaran.


.

5 Cara Foto Produk Makanan dengan HP

Siapa nih yang punya kebiasaan foto makanan dulu baru makan? Atau foto makanan dulu baru berdoa? hehehe..Sebenarnya kebiasaan ini sudah lazim kita lihat di hampir semua tempat. 
Orang-orang menjadi lebih aware pada cara foto produk makanan dengan HP. Itulah yang membuat aktivitas memotret makanan menjadi ritual sebelum makan. Iya ngga sih?:D


Cara foto produk makanan



Ritual motret sebelum makan membuat kita terus belajar motret supaya hasilnya makin oke. Salah satu yang harus kita perhatikan saat memotret makanan adalah posisi makanan saat difoto. Selain pencahayaan dan properti. 

5 Cara Foto Produk Makanan dengan HP

1. The Rule of Thirds.

Apa tuh the rule of thirds? pengaturan posisi objek berdasarkan garis vertikal dan horizontal. Kita bisa memosisikan objek foto di sepanjang garis atau di tengah garis. Kita bisa mengatur garis-garis itu agar selalu ada saat kita memotret. Buka setting, nanti ada opsi gridline. 

2. Atur Pencahayaan

Istilah kerennya adjust the exposure. Kalau kita pakai kamera profesional, kita bisa menyesuaikan pencahayaan dengan kecepatan rana dan bukaan. Kamera HP jelas ngga punya fasilitas itu. Tapi kita bisa memanfaatkan aplikasi edit foto untuk mengatur pencahayaan supaya hasil foto kita bisa lebih ciamik.

3. Bereksperimen dengan Angle Foto



4. Gunakan Pencahayaan Alami

5. Percantik dengan Properti Yang Cocok