Monday, January 14, 2019

de Braga by Artotel, More Than a Stay

Awal Januari lalu, saya dan teman-teman blogger berkesempatan mengunjungi hotel de Braga by Artotel. Hotel ini baru saja launching Agustus 2018 lalu. Pas banget kan? Tahun baru dibuka dengan jalan-jalan ke hotel baru.

 

de Braga by Artotel memberikan pengalaman penuh cita rasa seni bagi saya. Ada lima hal paling istimewa yang meninggalkan kesan tak terlupakan tentang de Braga by Artotel.


1. menu sarapannya komplit

Setibanya di lokasi, kami disambut dengan menu sarapan komplit. Semua menu sarapan ada di bistro de Braga, mulai dari menu lokal sampai menu western. Selama ruang di lambung masih cukup, kita bisa santap
semua. Lapar apa doyan? hihi..

aneka menu sarapan
 Saat sedang asyik menikmati sarapan, chef membawa nasi tumpeng komplit ke meja kami. Waah, siapa yang ultah nih? Ternyata tumpeng ini dibuat bukan karena ada yang ultah, tetapi memang menjadi salah satu menu spesial sarapan tiap weekend di de Braga. Kreatif banget idenya!


menu spesial weekend

2. desain art deco di seluruh bagian hotel

Art deco merupakan istilah yang digunakan pada desain dekoratif berupa garis yang tegas, warna - warna yang kuat dan fitur - fitur arsitektural yang berbentuk zig-zag. Saya menjumpai desain art deco di hampir semua bagian hotel. Salah satu favorit saya adalah peta Kota Bandung di dinding lobi hotel. Tampilan peta ini tidak seperti peta pada umumnya. Warna-warni dan cantik.

Kun Bistro indoor

Kun Bistro outdoor

Begitu pula dekorasi ruangan kamar dan ruang pertemuan. Furniture minimalis berpadu dengan sentuhan mural warna-warni. Belum lagi bentuk angka sebagai penanda nomor kamar mengingatkan saya pada suasana di film-film klasik.   


 Saya kira makna nama "artotel" berhubungan erat dengan kentalnya nuansa seni pada dekorasi interiornya. "Art to tell", seni sebagai media untuk menyampaikan pesan. Wuidih, filosofis sekali. Sebagai informasi,  hotel-hotel jaringan Artotel yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia mempunyai tema desain berbeda-beda. de Braga mengusung tema heritage karena lokasinya.


Selain 'menyampaikan pesan' lewat desain interiornya, de Braga by Artotel juga menjalin kerja sama dengan berbagai komunitas seniman di Bandung. Berbagai mural yang ada di hotel ini merupakan buah karya para seniman Bandung. Bentuk kerja sama lainnya adalah agenda seni budaya yang rencananya akan rutin digelar setiap tiga bulan sekali.

 3. dolce gusto di setiap kamar

Ini mantap banget! Sebagai pecinta kopi, saya antusias sekali dengan kehadiran mesin dolce gusto di kamar. Kayaknya baru hotel de Braga yang menyediakan dolce gusto di semua kamar. Saya membayangkan ngopi-ngopi cantik alacafe di kamar dengan dekorasi artistik sambil nonton tv atau menulis. Dolce gusto bisa menjadi alasan tunggal bagi saya untuk staycation di de Braga by Artotel nih. hehe..



4. lokasi strategis

Siapa yang takkenal jalan Braga? Sampai saat ini Braga menjadi salah satu maskot dan objek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java.  Berbagai bangunan heritage ada di sepanjang jalan Braga.  

de Braga by Artotel yang berlokasi di Jalan Braga no. 10 ini menempati bangunan heritage yang dulunya dipakai sebagai pusat perbelanjaan Sarinah. Nama legendaris yang sangat dekat dengan kehidupan Bung Karno, Presiden RI I. Karena termasuk bangunan heritage, nama Sarinah tetap ada di bagian depan hotel. Hal ini memudahkan siapa pun untuk mengakses De Braga hotel. Tinggal bilang "Sarinah Braga", sampai deh di lokasi. 

tampak depan Kafe B10 de Braga by Artotel

Sarinah-nya juga tetap ada, bedanya sekarang berupa galeri yang menjual berbagai produk dari banyak daerah di Indonesia. Tempatnya ada di dalam hotel dekat lobi.  

bagian dalam Galeri Sarinah

Akses dari Stasiun Bandung ke hotel ini hanya 2,5 km sekira 15 menit menggunan kendaraan. Jika kita dari Bandara Husein Sastranegara, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini sekira 30 menit. Kalau ingin jalan kaki ke objek wisata yang dekat, bisa juga. Ada Alun-Alun Bandung, Museum Asia Afrika, dan Masjid Agung Bandung.  

5. eco friendly

Demi pelestarian lingkungan, De Braga meniadakan pemakaian sedotan plastik. Namun, jika ada tamu hotel yang ingin menggunakan sedotan, mereka harus membayar Rp 1000/sedotan. Manajemen berharap aturan semacam itu bisa membuat tamu berpikir ulang menggunakan sedotan juga untuk mengedukasi tamu agar lebih peduli pada pelestarian lingkungan. Jaringan artotelnya pun mempunyai tim ekspedisi yang berkeliling ke pelosok Indonesia untuk mengampanyekan pelestarian lingkungan hidup. 

selamatkan hutan kita
 
Di lobi hotel, ada sudut ruangan yang dindingnya berilustrasi ranting-ranting pohon dengan dedaunan yang ditempel. Ada pesan-pesan berbeda di setiap daun. Pesan-pesan pelestarian lingkungan hidup dari mereka yang mendonasikan Rp 10ribu untuk satu helai daun. 
  




Gimana dengan harganya?

Kita bisa memilih jenis kamar sesuai budget yang kita punya. Ada 112 kamar yang terbagi atas tiga jenis kamar, yaitu studio 25, studio 35, dan suite room. Tarifnya mulai dari Rp 500ribu - Rp 1,3 juta. Kita bisa reservasi langsung via telepon di 02286016100 atau email di happening@debragahotel.com.

Sudah lebih jelas kan? Kuy, piknik ke Bandung dan rasakan stay experience di hotel rasa galeri :)












51 comments:

  1. Padahal saya orang Bandung, belum pernah ke hotel ini hiks iri

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai awal, bisa ngopi-ngopi dulu Kafe B10-nya,Kang.Di bagian depan hotelnya:)

      Delete
  2. Sedotan plastiknya harus beli 1000 mending bawa sendiri aza hahaha . . . maksudnya menjaga lingkungan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bun. maksudnya biar menjaga lingkungan..

      Delete
  3. kayaknya bagus ya..
    salam kenal ya :)
    kunjungi balik bila berkenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus banget memang. salam kenal kembali. terima kasih sudah mampir ke blog saya :)

      Delete
  4. Lihat nasi tumpengnya jadi laper nih. Teh Sugi. Btw, desain hotelnya kaya akan seni, suka..

    ReplyDelete
  5. HArus rajin mantengin promo nih, siapa tau tar ada promo hehe, pengen banget staycation disana, hotelnya keren banget desainnya.

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama hotel ini... konsepnya artistik, krew-nya ramah2, makanannya enak2. Hadeuuuh

    ReplyDelete
  7. Duh selain strategis, tempatnya instagenic dan makannanya beragam ya teh

    ReplyDelete
  8. Oh...Sarinah juga ada di Bandung?
    Karena selama ini aku cuma tau Sarinah Jekarda, teh...

    Mau banget ngopi cantik di kamar.
    Duduudu~
    Bisa-bisa kuat begadang semaleman niih...kalo nginep di sini.

    ReplyDelete
  9. art to tell jadi artotel.
    sungguh wadiwaw sekali yang bikin nama hotelnya. keren!

    ReplyDelete
  10. artotel hotel yg di jkt sendiri bagus juga. aku seneeeeng liat design dlm nya. Ga heran kalo hotel de braga nya sama bagusnya. akupun tiap kali staycation paling gampang tertarik kalk liat hotel yg penuh murah ato warna warni gini mba. kesanny jd ceriaa gitu :)

    ReplyDelete
  11. Tempatnya beda dari yang lain, dan ternyata ada sarinah, asik ini mah main dan mampir di de braga

    ReplyDelete
  12. Hotelnya enaaak, udah outdoornya nyaman, di kamar juga tersedia dolce gusto.

    ReplyDelete
  13. Bagus banget hotelnya. Instagramable banget teh.. mana lokasinya strategis lagi ya ditengah kota. kapan-kapan nyobain staycation ah di sini. Seru kayaknya.

    ReplyDelete
  14. Kangen Bandung, euy! Jalan Braga itu tempat yang sangat bersejarah bagi saya, semasa lajang kerap menyusurinya sendirian untuk ke pameran buku Bandung di Gedung Landmark. Pengen juga ngerasain nginap di De Braga jika ada rezeki berlimpah, he he. Tempat yang dekat dengan beberapa lokasi favorit saya akan sangat memudahkan.
    Bandung sekarang telah berubah banyak. Yah, semoga bisa lebih baik lagi. Dan konsep artell itu bagus. Ada ciri khas unik untuk menghargai budaya. Juga masalah sedotan plastik, mengedukasi masyarakat bahwa benda yang dianggap sepele itu bisa mengakibatkan dampak serius jika dipakai secara berlebihan.

    ReplyDelete
  15. What? ada dolce gustonya..mau dong nginep di de braga!
    Ini pas banget ya konsepnya heritage sesuai tempatnya. Dan..ig-able begini bakalan bikin betah diinapi. Nyaman dan artistik..
    Harga pun enggak tinggi banget mengingat tempat dan fasilitas ya..Dan paling suka karena mengedepankan eco-friendly. Wah..jadi penasaran nginap di de braga saat ke Bandung kapan-kapan

    ReplyDelete
  16. Tempatnya memanjakan tamu betul ya mbak? Aduh keren sekali ini. Bikin mupeng nginep sana.

    ReplyDelete
  17. Wah kalau buat traveling ke Bandung ini, bisa nginep sekalian di de Braga. Udah art-nya keren, edukasi untuk menjaga lingkungannya juga ada. Kalau urusan makan di hotel, emang mesti atur lambung biar bisa icip di sana, hehe...

    ReplyDelete
  18. Wuiiiihhh keren banget hotelnya. Dan ada Dolce Gusto di tiap kamar? waaaaaa bahagianya. Makasi ya mak info kerennya, jadi punya inceran hotel kalo pas main ke bandung

    ReplyDelete
  19. Keren ya hotelnya, sesuai dengan harganya. Kapan kapan kalau ke Bhandung boleh juga nih menginap di sini. Semoga ada banyak rejeki bisa liburan ke Bandung bersama Keluarga.

    ReplyDelete
  20. Berkali kali ke bamdung blm pernah ke sini oiii.... kapan kapan ajjjj vakeppp banhedddd

    ReplyDelete
  21. Aihh aku juga pernah nginep di sini mbak bareng temen-temen. Lokasinya strategis dan harganya terjangkau deh buat bareng temen sih. Next, mau ke sini bareng keluarga ah

    ReplyDelete
  22. Art to Tell :) Hhhhmmm keren banget ini hotel! Eco friendly pula, makanan nikmat. Bakalan betah de ga mau pulang2 hahaha. Boleh juga kapan2 ajak anak2 dan suami menginap di sini. Aku demen yang heritage gitu... ini homey asik.

    ReplyDelete
  23. Kalo denger nama Braga selalu keinget cerpen2 romance. :D

    Btw soal sedotan, andai De Brada menyediakan sedotan stainless mungkin lebih keren ya mbak. Mengingat yang stainless lebih ramah lingkungan dan bisa dicuci ulang.

    ReplyDelete
  24. Banyak karya seni yg terpajang yak. Pengen icip menu spesial weekend yg nasi kuning. Pasti enak banget

    ReplyDelete
  25. Banyak karya seni yg terpajang yak. Pengen icip menu spesial weekend yg nasi kuning. Pasti enak banget

    ReplyDelete
  26. Wah filosofi nya dapet banget ya mba. Apalagi art deco nya aku baru tau nih. Bisa jadi tujuan staycation kalo pas mau k Bandung karena sekarang mindset akaku bergeser dari jalan-jalan capek beralih ke staycation walaupun cuma semalem hehe

    ReplyDelete
  27. Ini rekomendasi hotel yg mancaaab abis.. kebetulan mau ke Bandung bbrp pekan lg, 😬

    ReplyDelete
  28. Boleh nih jadi rekomendasi tempat nginap kalo pas lagi ke Bandung. Deket kemana-mana, kalo mager di hotel juga tetap nyaman.

    ReplyDelete
  29. Konsepnya sangat sangat artistik ya, mbak. Mirippp banget sama hotel Artotel yang ada di Surabaya

    ReplyDelete
  30. Eco friendly, asyik banget ya mbak.
    Sekarang emang di mana-mana lg menggerakkan eco green.
    Btw hotel yg recomended, penuh dengan nuasa seni dan instagramable bingit. Cucok buat update poto2. ��

    ReplyDelete
  31. Asyik ya tempatnya. Aku suka niih lokasi seperti ini.

    ReplyDelete
  32. Baca reviewnya recommended nih. Hotel baru, di pusat kota. Kulineran deket...
    Sip...

    ReplyDelete
  33. asik ya hotelnya. bisa dijadikan salah satu spot staycation, nih.

    ReplyDelete
  34. Nasi tumpengnya bikin ngiler aja nih mbak. Moga next bisa ke hotel ini, apalagi kl harganya terjangkau.

    ReplyDelete
  35. bisa jadi refrensi nih kalau lagi main ke Bandung. makasih kak

    ReplyDelete
  36. Braga, gak pernah ngebosenin, emang....

    ReplyDelete
  37. Wah, cocok..

    Aku besok mau ke Bandung, blm pesan hotel..

    Bisa pilih ini deh

    ReplyDelete
  38. Pas liburan ke Bandung kemarin sempat lewat sini, cuma memang nggak nginep sih... cuma foto-foto aja di depan Sarinah hihihi

    ReplyDelete
  39. waaaa asik ini .. aku lagi kangen banget sama Bandung smoga kapan2 ada diskon pas sekalian mampir nginep dimari

    ReplyDelete
  40. Wahhhh pengen nyobain dong nginep disini

    ReplyDelete
  41. di surabaya juga ada artotel, desainnya juga cakep kayak gini. Cocok buat yang staycation sambil bikin konten apik

    ReplyDelete
  42. Wah, hotelnya keren.. Jd pengen staycation di sana. 😍😍

    ReplyDelete
  43. Rekomendasi hotel bagus nih mbak. Asik bgt ya interiornya .... Kekinian & menimbulkan kesan homy bgt. Thank ya mbak sharingnya 🌹

    ReplyDelete
  44. Kapan kapan diagendakan nginep di sini. Jadinya nyaman kalau kesannya seperti rumah sendiri.

    ReplyDelete