Wednesday, August 14, 2019

Launching Kampung Wisata Quran di Kiaracondong Bandung


Sejak berdiri tahun 2013 silam, perusahaan Syaamil Group berkembang pesat hingga menjadi produsen Al Quran terbesar di negeri ini. Sebagai perusahaan yang bervisi membumikan Al Quran dan menghidupkan sirah, Syaamil Group bekerja sama dengan pengurus lingkungan di sekitar Syaamil Group, yaitu RT, RW, kelurahan , dan kecamatan untuk menggagas Kampung Wisata Al Quran.

Gagasan itu terealisasi dengan peluncuran Kampung Wisata Quran pada Senin, 12 Agustus 2019. Peluncuran ini dihadiri Chairman Syaamil Group, Riza Zacharias, Plh Walikota Bandung, Yana Mulyana, S.E., MM., Camat Kiaracondong, Dra. Rina Dewiyanti, M.Si., serta pejabat terkait. Para jurnalis media online dan teman - teman blogger dari Komunitas Blogger Bandung pun turut hadir dalam acara ini.

Kampung Wisata Quran

Program Kampung Wisata Quran sejalan dengan program Kiaracondong Agamis. Pada program ini, Kiaracondong akan membuat kampung - kampung Quran di setiap kelurahan dengan visi Lingkungan Cinta Quran.

Kiaracondong Agamis ini sesuai dengan visi Syaamil Group, yaitu menjadi perusahaan terdepan dalam membumikan Al Quran dan menghidupkan sirah. Peluncuran Kampung Wisata Quran merupakan implementasi dari visi membumikan Quran, di antaranya adalah program rumah Syaamil Quran, Wakaf 1 juta Al Quran, program Semua Bisa Ngaji dengan tagline "Kampung Bebas Buta Huruf Al Quran".

Nah, Wisata Quran ini yang paling populer. Saya jadi penasaran seperti apa Wisata Quran yang ditawarkan Syaamil Quran? Pada Senin, 12 Agustus 2019 lalu, sebelum launching Kampung Wisata Quran, kami diajak berwisata Quran di kantor Syaamil Group. Kami berkeliling ruang percetakan melihat proses pencetakan Quran.   

Sebagian proses pembuatan Quran (dok.pribadi)

Saat melihat proses pencetakannya, ada haru menyusup di hati. Terlebih ketika saya berbincang dengan Bapak Syamsul, bagian quality control. Setiap lembaran Quran yang akan dicetak harus melewati proses pengecekan, baik tanda baca pada setiap huruf maupun warna - warna sebagai penanda di ayat -ayatnya, "Di sini, ada banyak varian Quran yang dicetak. Jadi, harus teliti banget mengeceknya, jangan sampai ada kesalahan," jelas beliau.

Kiaracondong Agamis

Kali ini, program Wisata Quran Syaamil Group berkolaborasi dan bersinergi dengan warga Kiaracondong untuk bersama -sama mewujudkan Kiaracondong Agamis. Program Kiaracondong Agamis bertujuan untuk melakukan pembinaan spriritual warga masyarakat agar bersama -sama menciptakan lingkungan yang cinta Quran dan bebas buta Al Quran.

Sementara itu,  Program Kampung Wisata Quran diharapkan bisa menjadi destinasi wisata tematik dan edukatif bagi masyarakat sekitar dan pengunjung dari berbagai wilayah di luar Kiaracondong bahkan di luar Kota Bandung. Kampung Wisata Quran ini gratis dan terbuka untuk umum. Alamatnya di Jalan Babakan Sari I/ No. 71 Kiaracondong Bandung. Wisata ini untuk rombongan bukan perorangan. Jika Anda ingin berkunjung secara perorangan, saat kunjungan Wisata Quran, Anda akan digabungkan dengan rombongan lain. 

Wisata Quran untuk umum dibuka setiap hari Rabu dan Kamis. Ada dua sesi pada setiap jadwal kunjungan. Sesi pagi pada pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB. Sesi siang pada pukul 13.00 WIB - 15.00 WIB. Sebelum datang ke lokasi, pengunjung harus membuat janji dengan bagian Wisata Quran Syaamil Group di nomor 0227208298.


22 comments:

  1. Kampung wisata Quran Kiaracondong, aku belum pernah kesana. Nanti kalau kebetulan ada waktu ingin kesana ingin tahu aa apa saja disana, meski sayangny aharus reservasi dulu, jadi belum bisa datang saja jika pas kebetulan ke Bandung.

    ReplyDelete
  2. yah, ku pikir bisa untuk perorangan. Kalau rombongan apa ada minimum peserta? ada biayanya?

    ReplyDelete
  3. Syamiil itu dulu menerbitkan buku-buku novel islami kayaknya aku baca sejak zaman SMA. Ternyata lama tak terdengar sudah mengubah Penerbitan menjadi dokus di Al Qur'an.

    ReplyDelete
  4. Iya kalau mencetak Al Quran jangan sampai ada kesalahan ya mbak, ini bukan sekadar bisnis tapi juga kyk utk ibadah gtu. Wah enak bisa berwisata ke sana dan melihat bagaimana proses Al Quran dibuat ya?

    ReplyDelete
  5. Hmm bisa jadi pilihan tempat wisata edukatif buat anak2 nih Mbak. Gratis pulak. Aku tau banget penerbit Syaamil. Jamannya aku kecil bacaannya buku2 cerita Islami dari penerbit ini.

    ReplyDelete
  6. Hmm bisa jadi pilihan tempat wisata edukatif buat anak2 nih Mbak. Gratis pulak. Aku tau banget penerbit Syaamil. Jamannya aku kecil bacaannya buku2 cerita Islami dari penerbit ini.

    ReplyDelete
  7. Wah ini jadinya wisata religi ya kalau berkunjung ke sana
    Pastinya menarik banget buat sekalian belajar

    ReplyDelete
  8. Keren yaaa, kalau selama ini orang pada heboh kampung warna warni, Bandung bergerak dengan wisata Quran. Tentu sangat menarik untuk temen2 Muslim untuk berkunjung.

    ReplyDelete
  9. Kiaracondong tempat aku dibesarkan, baca blog ini jadi tau deh dengan adanya informasi ini, mendukung banget nih dengan keberadaan kampung wisata Quran.

    ReplyDelete
  10. "Kampung Bebas Buta Huruf Al Quran", Masya Allah jadi pengen tinggal disana deh. Sangat mendukung sekali pembangunan Kampung Wisata Qur'an ini, di tengah makin maraknya hal-hal serba kekinian, semoga siapapun yang datang kesana akan tetap ingat dan semakin cinta Al-Qur'an, Amiiin Ya Rabb

    ReplyDelete
  11. Subhanallah, membaca tulisan ini bikin saya kebayang bagaimana prosesnya membuat Al-Qur'an. Pasti nggak mudah, dan harus melewati pengecekan beberapa kali.

    Semoga bisa mampir ke Kampung Wisata Quran ini

    ReplyDelete
  12. Keren banget desanya! Semoga pemerintah dan petugas setempat terus mendukung aktifitas warga yg positif seperti ini ya. Bisa jadi potensi wisata juga kan..

    ReplyDelete
  13. Wahhhh unik.

    Saya belum kebayang nih, Kampung Wisata Quran itu bakal seperti apa, tapi senang sekali saya mampir ke mari dan dapat rekomendasi tempat wisata baru di Bandung.

    ReplyDelete
  14. Umpan Ikan Lele BabonAugust 25, 2019 at 11:50 AM

    Thanks for sharing, semoga sukses terus..

    ReplyDelete
  15. Wisata Quran ini menyadarkan kita ya agar selalu ingat dan mengkaji bacaan al quran

    ReplyDelete
  16. Subhanallah bisa melihat langsung proses pembuatan atau pencetakan Al Quran yang dan program kampung bebas buta huruf Alquran itu bagus sekali dan semoga aja bisa diterapkan di semua tempat

    ReplyDelete
  17. Wah, wisata edukatif nih, bisa lihat proses pencetakan alquran. Baisa jadi rekomendasi

    ReplyDelete
  18. Ini keren banget mba, ada kampung wisata Al-Quran. Aku pengen main ah kesana

    ReplyDelete
  19. Subhanallah .. pasti akan jadi tempat wisata yang edukatif ya buat anak-anak dan keluarga, agar lebih kenal bagaimana proses percetakan Al-Quran

    ReplyDelete
  20. Kampung wisata Al-quran ini bisa mengajak anak muda semakin mencintai Al-quran yah mbak. Ngajakin anak-anak juga bagus kesana nih biar mengenal Al-quran sejak dini

    ReplyDelete
  21. sedihnya waktu masih d Bandung aku ga menyempatkan buat dateng k kampung wisata Qur'an Syamil ini teh. Masya Allah jadi tau proses dan beberapa sejarahnya juga, hati terasa lebih ingin dekat-dekat terus dengan Al-Qur'an

    ReplyDelete