Tips Memilih Kemeja Yang Tepat untuk Wanita supaya Terlihat Modis

Kini kemeja tidak hanya dimonopoli pria di lemarinya, tetapi wanita pun banyak memilih kemeja sebagai pilihan berbusana sehari - hari. Meskipun pada umumnya, kemeja seringkali digunakan oleh wanita karier atau mahasiswa. Dalam perkembangan mode, tampilan kemeja pun tidak lagi melulu formal. Berbagai model kemeja kini dapat membuat wanita tampil modis. 

dok. cosmopolitan.co.id

By the way, sebelum bahas tips memilih kemeja, sudah pada tahu kan perbedaan antara blouse dan kemeja? Soalnya kadangkala model blouse ada yang beda tipis dengan kemeja. Nah, apa sih beda tipisnya? Kita bahas dulu yuk :) 

Dikutip dari Wikipedia, blouse adalah busana atasan wanita yang bermodel longgar. Blouse tidak berkerah,sebagian tanpa kancing depan, bisa terbuka di bagian bahu, dan panjangnya beragam. Blouse biasanya mengesankan feminitas bagi pemakainya. 

aneka blouse (dok.sizzybutik)
Apa bedanya dengan kemeja? Kemeja juga baju atasan. Bedanya kemeja berkerah, menutupi tangan, bahu, dada, hingga perut. Kemeja bisa berlengan pendek atau panjang tergantung pemakainya. Wanita yang memakai kemeja biasanya terkesan kasual dan sporty. 

dok.kaoskeren.blogspot.com

Apa saja yang harus kita perhatikan saat memilih kemeja supaya terlihat modis? Yuk, simak tips berikut ini 


1. bahan kemeja

a. Pilihlah bahan kemeja yang dapat menyerap keringat. 
Sebaiknya kamu memilih kemeja dari bahan yang dapat menyerap keringat. Ini berlaku jika kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan Kamu bisa memilih kemeja dari bahan katun atau flanel. Dua jenis bahan ini nyaman digunakan dan menyerap keringat. 

b. Pilihlah bahan yang tidak mudah kusut. 
Kamu bisa memilih bahan creepe dan berbagai turunannya. Kemeja berbahan creepe biasanya tidak mudah kusut. Bahan jenis ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang tidak suka repot. 

c. Gunakan manset atau kaos dalam jika bahan kemeja yang dipakai tipis 
Untuk menyiasati kemeja yang terbuat dari bahan tipis, seperti chiffon atau sutera, kamu bisa memakain kaos pendeka atau manset dengan warna senada. 

2. padu padan kemeja 

a. Kamu bisa memadukan penggunaan kemeja ini dengan rok, kulot, celana panjang, atau pendek. Bisa juga dengan outer, seperti vest. 

Jika bawahan yang kita pakai berwarna, pilihlah kemeja berwarna netral, seperti putih, hitam, krem, abu - abu, atau biru. 

b. Sesuaikan jenis kemeja yang dipakai dengan acara yang akan dihadiri. 

Pada umumnya, kemeja berbahan katun atau creepe mencerminkan gaya profesional. Agar tampak kasual, kita bisa menggunakan kemeja dari bahan flanel, misalnya. 

3. postur tubuh 

1. badan gemuk 
Sebaiknya kamu menggunakan kemeja berwarna cerah, bahannya tidak terlalu tebal, tidak banyak motif, dan tidak pas badan. 

kemeja untuk tubuh gemuk (dok.sizzybutik)

2. badan kurus 
Sebaiknya kamu menggunakan kemeja dengan motif horizontal atau polos. Hindari kemeja ketat karena akan membuat tubuh tampak semakin kurus. 

3. tubuh pendek berisi 
Pilihlah kemeja polos dengan potongan simple berbahan sifon agar tubuh tidak terlihat pendek. 

4. tubuh tinggi 

Kalau tubuhmu tinggi, kamu bebas memilih kemeja dengan model dan motif apa pun. 

Untuk mendapatkan kemeja wanita yang pas digunakan, kamu juga harus memilihnya berdasarkan warna kulit. 

Berikut ini beberapa tips memilih kemeja berdasarkan warna kulit 

1. kulit putih 

Sebaiknya pilihlah kemeja warna pastel atau warna lembut agar kulitmu tampak cerah. Hindari menggunakan kemeja berwarna terang akan membuat kamu menjadi semakin pucat.

dok.sizzybutik
2. kulit kuning langsat 
Mereka yang berkulit kuning langsat bebas memilih warna kemeja apa saja. Keberanianmu bermain warna bisa menjadi ciri khas atau malah membuatmu menjadi trend setter dalam berpakaian. 

3. kulit gelap 
Sebaiknya pilihlah warna lembut atau pastel agar kamu tampil eksotis. Hindari memilih warna gelap karena akan membuatmu tampak suram. 

dok.sizzybutik

Ingin tampak awet muda dengan kemeja? cermati juga tips berikut. 

1. warna 
Warna yang cerah seperti warna-warna pastel akan membuatmu terlihat awet muda. Jadi, sebaiknya gunakan warna yang cerah seperti warna pastel. Warna cerah juga akan memantulkan sinar ke kulit kita sehingga kulit kita, terutama kulit wajah, akan terlihat lebih bersinar. 

2. ukuran 
Agar penampilan terlihat lebih muda, sesuaikanlah ukuran kemeja dengan bentuk badan. Pakailah kemeja jenis slim fit, yang tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu sempit untuk badan. 

3. motif 
Agar tampak terlihat lebih muda, hindari memakai baju dengan motif yang terlalu ramai. Pilihlah kemeja polos berwarna cerah. Namun jika ingin memakai kemeja bermotif, pililhlah yang motifnya kecil - kecil. 

4. Ikuti tren 
Mengikuti tren menjadi tips tampak awet muda. Namun begitu cepatnya tren pakaian berganti kadangkala tidak sesuai dengan selera kita.


Untuk menyikapi itu, ada baiknya kita mengoleksi jenis kemeja yang tren sepanjang masa. Salah satunya adalah kemeja denim. Pilih kemeja denim model klasik agar cocok dipakai di semua acara dan di usia berapa pun. 



*** 

Semoga tips - tips ini bermanfaat untuk kalian yang membacanya. Oh ya, kita juga bisa baca ulasan Uda Fadli tentang inspirasi baju kerja untuk tambahan referensi. Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengecek kembali koleksi kemeja di lemari. Salam :) 

16 comments

  1. paling tidak mempunyai 1 atau 2 kemeja dengan warna netral seperti putih, karena bisa dipadupadankan dengan model baju lain, mau dibuat formal atau semi formal bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Kemeja putih lebih mudah dipadupadankan juga cocok untuk semua bentuk tubuh dan warna kulit.

      Delete
  2. Belakangan ini lagi gemar banget pake kemeja berbahan flanel. Lebih kasual rasanya dan bisa dipake buat ngantor juga. Karena emang kantorku ga ada seragam jadi asik aja bisa make pakaian santai tapi tetap bisa formal

    ReplyDelete
  3. Saya suka kemeja warna terang karena kulit sy gelap btw kemeja putih kbrnya bisa bikin cerah si kulit gelap ya mbak pengen banget pake kemeja putih tp ga pede soalnya jd kyk anak sekulah hehehe

    ReplyDelete
  4. iya nih warna juga punya peran ya mba, jangan sampai kulit kita warna apa tapi pakai kemaja atau baju yang tak sesuai dengan warna kulit. jadinya nanti kulit terlihat lebih kusam. wah banyak tipsnya nih. makasih banyak infonya mba

    ReplyDelete
  5. Dulu pas aku kuliah, aku suka padu padan kemeja.
    Yang lucunya, saat belum pake jilbab, aku suka pake tank top di luar kemeja putih.
    Dan itu diikuti oleh beberapa teman.

    Setelah pake jilbab, baju kemeja putih itu aku pake di dalam, luarannya aku pake kaos tangan panjang dengan model tanpa kerah hingga bahu. Jadi dari bahu ke leher akan tampak kemeja putihnya

    ReplyDelete
  6. Kalo ngantor kemeja dan batik sangat diperlukan ya. Kalo sudah gak ngantor ya mengendap di lemari.

    Keren tipsnya, saya selama pakai baju ya sekadar suka model ama warnanya aja, gak pernah mempertimbangkan warna kulit segala. Hahahaha

    ReplyDelete
  7. Kalau saya senangnya kemeja yang bahan katun jadi adem banget, dipakai jalan-jalan seharian sambil gendong anak juga nggak masalah. Model kemeja sekarang juga banyak yang unik dancantik.

    ReplyDelete
  8. Kalau saya suka kemeja yang lebih besar dari ukuran tubuh, secara bikin lebih lega dan gak khawatir njeplak di badan, Mbak. Cm kl ke kampus ya milihnya yg semiformal. Tfs Mbak

    ReplyDelete
  9. Kemeja warna netral seperti hitam sama putih wajib punya ya mba
    Biar aman kalau mau mix n match

    ReplyDelete
  10. Pengen pakai kemeja lagi... Entah berapa puluh tahun sudah nggak pakai lagi kemeja atas bawah lagu. Tetlalu nyaman sembunyi di balik gamis.
    Padahal memadupadankan nya Sepertinya seru ya Kak

    ReplyDelete
  11. Saya suka banget kemeja warna pastel, gampang buat dipadupadankan dengan banyak warna jilbab. Apalagi kulit saya agak gelap

    ReplyDelete
  12. Tipsnya sangat membantu sekali buat aku, aku kalo mau belin kemeja buat wanita selalu aku bawa dia langsung untuk memilihnya, karena aku binggung kemeja wanita itu bagai mana benuknya

    ReplyDelete
  13. Aku punya kemeja cuma dikit dan agak susah pakai kemeja walaupun ingin terkadang.. namun jelek banget untuk urusan kancing bagian depan. Padahal kan ingin juga pakai kemeja

    ReplyDelete
  14. Enaknya punya warna kulit kuning langsat, bisa cocok dengan kemeja warna apapun, hehe. Cuma saya pribadi suka warna yang lembut, seperti abu-abu atau lainnya

    ReplyDelete
  15. Aku suka keduanya,mau blouse mau kemeja, bergantung mood saat makai. Disesuaikan juga dengan kepentingan. Tapi kalo sekarang di rumah karena udah gak kerja lagi ya enaknya pakai kaos oblong dan celana pendek. Hihihi

    ReplyDelete