Tips Memilih Meeting Room di Bandung Sesuai Kebutuhan

Rapat di luar kantor kini menjadi tren bagi banyak perusahaan, organisasi, atau komunitas. Begitu juga dengan mereka yang tinggal di Kota Bandung. Berbagai penawaran meeting room Bandung bisa kita jumpai di berbagai media, baik media sosial maupun media cetak, surat kabar, misalnya.

Memilih rapat di luar kantor bisa menjadi alternatif refreshing untuk mereka yang setiap hari berjibaku di dalam kantor. Sementara bagi mereka yang lebih sering di lapangan, rapat di luar kantor bisa memberikan inspirasi tambahan untuk meningkatkan kreativitas.

tips memilih meeting room di bandung
pixabay.com

Agar tujuan - tujuan itu tercapai, kita harus cermat sebelum menyewa meeting room. Meeting room seperti apa sih yang sebaiknya kita pilih agar kita nyaman saat rapat atau diskusi? Nyaman suasananya juga enak hidangannya. Halah hidangan, berat amat.

Berikut ini ada empat tips yang bisa kita pertimbangkan saat memilih meeting room.


1. lokasi

Sebaiknya pilih lokasi meeting room yang mudah diakses para peserta atau undangan rapat / diskusi.

Lokasinya tidak selalu harus di tengah kota. Yang penting alamatnya familiar sehingga kemungkinan nyasar kecil. Contoh sederhana, alamat lokasi harus terdeteksi Google Maps.

2. sesuaikan dengan anggaran

Faktor anggaran sangat krusial dalam menentukan meeting room yang akan kita gunakan.

Biasanya hotel atau kafe bahkan coworking space menawarkan paket pertemuan. Paket yang ditawarkan biasanya sudah termasuk sewa ruangan dan konsumsi rapat.

Pastikan fasilitas dalam paket pertemuan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan kita. Kapasitas ruangan, konsumsi, alokasi waktu sewa hingga listrik dan koneksi internet.

3.  kondisi tata ruang dan suasana 

Tata ruang yang dinginkan biasanya menyesuaikan dengan karakter rapat, resmi atau santai. Tata ruang akan menciptakan suasananya sendiri.
Pemilihan tata ruang, seperti kursi, meja, interior ruangan akan menyesuaikan dengan jenis rapatnya, serius atau santai. Resmi atau kasual.

4. fasilitas 

Sebelum memutuskan meeting room yang akan dipilih, tentukan dulu fasilitas yang kita butuhkan saat meeting.

a. listrik yang memadai

Listrik merupakan kebutuhan vital demi kelancaran rapat. Meeting room dengan fasilitas listrik yang memadai menghindarkan kita dari hal - hal yang dapat mengganggu jalannya rapat.

Kita tentu tidak ingin listrik tiba - tiba padam di tengah presentasi yang menentukan masa depan perusahaan bukan?

b. furniture

Pastikan kapasitas meeting room yang akan digunakan sesuai dengan jumlah peserta. Selain itu, furniture-nya memadai, misalnya meja dan kursi yang ergonomis sehingga nyaman bagi yang menempatinya.

Sebab jika ada kursi atau meja yang tidak berfungsi dengan baik, tentu dapat mengganggu konsentrasi peserta saat mengikuti rapat.

c. koneksi internet cepat

Internet menjadi kebutuhan utama sebagian besar orang di era industri 4.0. Karenanya, koneksi internet menjadi salah satu unsur penting lancarnya proses rapat.

Pastikan koneksi internet di ruangan itu cepat agar semua kegiatan dalam rapat yang membutuhkan koneksi internet terlaksana dengan baik dan lancar.

d. ketersediaan papan tulis dan alat tulis lengkap

Sekalipun sudah paperless, sebagian dari kita masih menggunakan papan tulis dan alat tulis. Dua benda itu memang diperlukan dan dapat membantu selama meeting untuk mencatat poin – poin penting yang akan dibahas atau sedang dibahas saat meeting.

e. toilet dan musala

Dua fasilitas umum ini sebaiknya mudah diakses peserta rapat. Toilet bersih dan musala yang berdekatan dengan meeting room.

9 comments

  1. hotel atau coworking space bisa jadi pilihan nih.. sementara kalo meeting di restoran saya sih nggak menyarankan karena berisik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat,Mbak. Meeting di restoran malah memecah konsentrasi karena berisik.

      Delete
  2. Sangat bermanfaat tipsnya jadi bisa paham deh.

    ReplyDelete
  3. Yang pasti harus sesuai anggaran ya? 😁😁😁
    Selengkap apapun fasilitas ga ada artinya kalo ga sesuai budget

    ReplyDelete
  4. di jember dulu sempet ada coworking space, akhir akhir ini gemanya juga tidak terdengar lagi, saya juga nggak update masih bertahan atau tidak.
    yang ada malah di coffe shop yang menyediakan ruang coworking dengan lesehan dan satu meja ditengah, tapi dipakai orang banyak dalam 1 ruangan itu

    ReplyDelete
  5. Betul banyak tempat yang bisa jadi lokasi pertemuan namun banyak juga pertimbangaannya terlebih akses dan wifi

    ReplyDelete
  6. If you are going to organize a conference, the hall plays a very important role. You must take all the aspects into account. Am I right?

    ReplyDelete
  7. Palembang masih sedikit banget coworking space nih. Kangen di bandung yang banyal tempat buat kerja. 😭

    ReplyDelete
  8. Coworking ini kantor buat freelancer spt blogger misalnya...
    Klo di surabaya aq ngantornya di coworking milik pemkot, koridor

    ReplyDelete