Lima Masker Rambut Alami dan Cara Membuatnya

Masker rambut alami. Selama ini,  bagaimana perawatan rambut yang sudah kita lakukan? Apakah cukup pakai shampoo saja? Ataukah perawatan paket komplet : shampoo, conditioner, masker, dan hair tonic atau serum? Mana yang paling sesuai dengan perawatan rambutmu?

masker rambut alami


Sebelum berkenalan dengan beragam produk perawatan rambut, saya biasanya menggunakan shampoo dan conditioner setiap keramas. Pilihan menggunakan conditioner setelah saya membaca artikel tentang perawatan rambut keriting yang biasanya kering. Supaya rambutnya mudah diatur, lembap, dan lembut, sebaiknya saya memakai conditioner setelah ber-shampoo.

Jadilah saya rutin memakai conditioner sejak usia remaja. Yah, ngga disiplin juga sih. Kadang kalau sedang terburu -buru, saya cukup pakai shampoo saja. Kalau sedang longgar atau setelah berkali - kali keramas tanpa conditioner, saya pun menggunakannya lagi. Ada rasa khawatir rambut akan kering, rontok, dan sebagainya kalau saya tidak pakai conditioner dalam waktu lama.

Baca juga Tips Mengatasi Rambut Rontok 

Ketika saya sudah mulai mengenal perawatan rambut di salon, saya berkenalan dengan masker rambut. Menurut kapster di salon dan artikel yang saya baca, masker bermanfaat membuat rambut menjadi halus dan rapi. Itu yang saya butuhkan. Selain menghaluskan dan merapikan, masker juga bisa mengatasi rambut rontok. Kebetulan banget saya bermasalah dengan rambut yang rontok. Karena masker rambut di salon lumayan mihil, saya mencari informasi tentang membuat masker sendiri dari bahan - bahan yang mudah diperoleh.

Ternyata tidak sulit membuat masker sendiri. Dari hasil penelusuran, saya memilih lima bahan alami yang mudah didapat untuk dibuat menjadi masker rambut. Apa saja kah? Yuk, baca tulisan ini sampai selesai :)

Lima Masker Rambut Alami 

1. kelapa

Kandungan protein, lemak, dan mineral yang baik pada kelapa berguna untuk melembutkan, membantu pertumbuhan rambut, dan mengurangi rambut patah.

masker rambut alami
dok : sahabatdapur.com

Cara membuat masker dari kelapa sederhana saja. Peras kelapa hingga keluar santannya. Campur santan dengan sedikit air lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk, diamkan semalam. BIlas hingga bersih keesokan harinya.

2. telur

Telur kaya akan protein dan mineral. Campurkan telur dan minyak zaitun agar khasiatnya efektif bagi rambut. Manfaatnya adalah membantu pertumbuhan rambut kembali.

masker rambut alami
dok: alodokter.com
Bagaimana cara membuat masker dari telur? Pisahkan putih telur dari kuningnya. Masukkan satu sendok minyak zaitun dengan putih telur, kocok hingga mengental. Selanjutnya, oleskan pada kulit kepala. Diamkan 15 - 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampoo.

3. teh hijau


masker rambut alami
dok. healthydetik.com


Kandungan teh hijau yang kaya oksidan mencegah rontok dan membantu pertumbuhan rambut. Cara membuat masker berbahan dasar teh hijau sangat mudah. Seduh dua kantong teh hijau pada secangkir air panas. Tunggu hingga air seduhan menjadi suam - suam kuku. Oleskan ke kulit kepala lalu diamkan selama sekira sepuluh menit. Bilas rambut hingga bersih.

4. lidah buaya

masker rambut alami
dok : popmama.com

Lidah buaya sangat bermanfaat mengatasi kulit kepala yang mengalami iritasi, mencegah kerontokan rambut, dan mempertebal rambut. Oleskan daging lidah buaya ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa jam lalu bilas dengan air hangat agar kulit kepala menjadi lembap.

5. kemiri

Kemiri kaya akan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat membantu pertumbuhan rambut, melembapkan kulit kepala, menguatkan akar rambut, dan menghitamkan rambut. 

https://siswiyantisugi.com
dok: doktersehat.com

Cara membuat masker rambut dari kemiri adalah membakar kemiri hingga kecoklatan Setelah itu, tumbuk halus hingga keluar minyaknya. Oleskan minyak kemiri ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama tiga puluh menit lalu bilas hingga bersih.

Lima bahan dasar masker rambut ini sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Sebagian besar malah sering kita gunakan dalam kegiatan sehari - hari, seperti telur, kemiri, teh hijau, dan kelapa. Jadi, kemudahan mengakses bahan dasar bisa membuat kita lebih semangat merawat rambut dengan bahan alami. Setuju kan? :)



8 comments

  1. aku teh sok males teh orangnya wkwk padahal gampang ya bikin sendiri

    ReplyDelete
  2. Waktu kecil suka dibikinin yang kemiri, bukan shampoo sih, tapi kayal cem2an gitu, setelah pakai kemiri trus pakai shampoo bayi, salah gak sih langkahnya kayak gitu :))

    ReplyDelete
  3. Dl aku sering banget nih buat masker sendiri pake lidah buayaa pas di halaman rumah masih banyak lidah buaya, sekarang udah nggak punya tanemannya jadi udah jarang huhuhu

    ReplyDelete
  4. Saya cuma pakai conditioner dan shampoo padahal punya serum, tapi selalu lupa 😁😁😁

    ReplyDelete
  5. Lidah buaya sama telur sih yang rasanya paling gampang bikinnya. Pernah nyoba yang kemiri, haduh udah harus digongseng dulu, ditumbuk juga, ujung-ujungnya beli aja haha

    ReplyDelete
  6. Setuju sama lidah buaya. Kalau telur, ih gimana gitu. Lembek gak mau. Mending telur buat masker wajah. Ehe ehe. Tapi jadi kepikiran juga gimana kalau mix telur dan lidah buaya yak...

    ReplyDelete
  7. Masker rambut nampaknya menarik. Aku sedark kecil dah coba minyak kelapa dan minyak kemiri. Tapi sekarang gk suka lagi. Padahal manfaatnya banyak utk kesehatan rambut.lebih alami

    ReplyDelete
  8. Dulu rajin bgt buat masker alami ini...
    Tapi sekarang kok males ya, hehe..

    Klo aq dulu paling sering buat yg dari lidah buaya

    ReplyDelete