Manfaat Jahe, Si Rimpang Ajaib

Siapa yang tak kenal jahe? Hampir sebulan ini jahe menjadi amat populer. Takhanya dikenal sebagai rempah - rempah bumbu masak, pemberi aroma pada makanan dan minuman, serta minyak wangi,  jahe diyakini bisa menangkal ganasnya covid 19. Rimpang ini juga dikenal ampuh sebagai obat herbal flu dan masuk angin.

Manfaat  Jahe
dok : inibaru.id

Sebenarnya masuk akal juga sih kalau jahe dipercaya bisa menangkal covid 19. Mengapa? Karena kandungan senyawa dalam jahe, seperti tonikum dan polifenol mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan kita, termasuk menjaga daya tahan tubuh. Itu yang saya maksud tentang jahe sebagai penangkal covid 19.

Berdasarkan hasil penelitian agar bisa survive di tengah gempuran covid 19, daya tahan tubuh adalah kuncinya. Mereka dengan daya tahan tubuh bagus biasanya mampu menyembuhkan dirinya sendiri saat terinfeksi virus.

Mereka inilah yang disebut carrier, si sehat pembawa virus. Namun, jika orang itu sakit, bekal daya tahan tubuh yang sudah bagus sebelumnya bisa membuatnya lekas sembuh. 

Daya tahan tubuh tidak dibangun dalam sekejap. Ia adalah hasil dari gaya hidup sehat. Apa saja yang termasuk dalam gaya hidup sehat ? Makan teratur dengan gizi seimbang, olahraga cukup, dan manajemen stress yang tepat. 

Lalu, apa peran jahe dalam membangun daya tahan tubuh kita? Jahe dipercaya mampu menghambat infeksi virus dan bakteri. Dikutip dari Medical News Today, jahe memiliki sifat antiflamasi, antibakteri, dan antivirus.  

Pepaknya manfaat yang terkandung dalam jahe membuat rimpang ini semakin digandrungi masyarakat. Pengolahannya pun kini makin beragam. Jahe tidak hanya diramu sebagai jamu, tetapi juga kini menjadi salah satu bahan dalam infused water. 

Berikut ini beberapa resep minuman berbahan dasar jahe yang bisa dipraktikkan sendiri. 


Resep Minuman Berbahan Dasar Jahe


1. Teh Jahe Sereh 

 untuk pilek dan masuk angin

Bahan : 
1. teh celup 1 buah
2. jahe secukupnya digeprek lalu dibakar
3. sereh 1 batang
4. madu 1 sdm
kalau tidak ada madu bisa diganti gula aren/gula putih.
Cara membuat : 
1.rebus air bersama jahe yang sudah dibakar dan sereh hingga mendidih.
2.tuang air rebusan jahe sereh ke dalam gelas.
3.masukan teh celup. tambahkan gula sesuai selera. aduk hingga gula larut. 
4. minum selagi panas. 

2. Jahe Jeniper

untuk vertigo

Bahan :
1.setengah ruas jahe
2.setengah jeruk nipis diperas, ambil airnya
3. 1 kayu manis
4. 250 ml air panas
5. madu 1 sdm
Cara membuat :
1. seduh jahe dan kayu manis dengan air panas.
2. setelah hangat, tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu.
3. minum saat hangat.

3.  Infused water jahe lemon

untuk daya tahan tubuh dan pencernaan

Bahan :
1. kunyit 1 ruas
2. jahe 2 ruas 
3. lemon 1 buah
4. madu 3 sdm
5. air secukupnya
Cara membuat :
1. iris kunyit, jahe, dan setengah lemon
2. peras setengah lemon sisanya
3. masukkan bahan yang sudah diiris
4. masukkan perasan lemon
5. masukkan air 
6. diamkan selama 3 - 6 jam
7. infused water jahe lemon siap dinikmati

4. Infused water jahe madu

untuk sakit kepala dan masuk angin

Bahan :
1. jahe 1 ruas
2. madu 1 - 2 sdm
3. air secukupnya
Cara membuat :
1. iris jahe
2. masukan irisan jahe ke gelas
3. beri air secukupnya
4. tambahkan madu
5. diamkan selama 3 - 6 jam
6. infused water jahe madu siap dinikmati

Empat resep ini andalan saya menjaga kesehatan tubuh atau saat alarm tubuh  mulai teriak tanda harus istirahat dari rutinitas padat. 

Pilih Jahe Berkualitas

Oh ya, supaya kualitasnya terjaga, pilihlah jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur. Jahe merah lebih bagus untuk obat. Namun, jika sulit mendapatkannya, jahe putih pun tetap berkhasiat.

Yuk, kita lindungi diri dan keluarga dengan menjaga daya tahan tubuh demi keselamatan bersama. Tetap sehat dan semangat. 






46 comments

  1. Mau buat Jahe madu ah mumpung di rumah lagi banyak stok jahe dan madu. Jahe enak di badan jadi hangat dan tenggorokan jadi terasa lebih lega

    ReplyDelete
  2. Nah pengalaman sy banget nih..Dulu sy mengidap vertigo parah setelah mencoba minum ramuan wedang jahe sereh secara kontinyu sehari 2 x Alhamdulillah vertigo sy lenyap entah kmn dan ga pernah kambuh lagi. Top banget khasiat jahe ini.

    ReplyDelete
  3. Jahe itu favoritku. Apalagi dicampur gula aren. Nikmatnyaa. Oiya kalau di rumah, daku nyimpan jahenya ga di dapur. Tapi daku tanem hehe, sampai pas mau dipake baru diubek ubek. Paling motong daunnya yang katanya sih, kata orang sumatera enak buat dicampur sama tumisan. Dan emang enak sih rasanya. Beda gitu

    Terus si jahe yang kuambil pun masih segar jadinya

    ReplyDelete
  4. emang herbal yang satu ini tuh manfaatnya segudang, meski aku gak terlalu suka sama jahe haha, tapi kadang-kadang dipaksakan juga untuk minum jahe ini. hahaha, untung suami suka banget jahe jadi nyuruh dia minum ini gak pakai drama.

    ReplyDelete
  5. wah beberapa minggu ini jahe sedang langka dan harganya juga variatif ya, banyak dicari orang karena manfaatnya yang luar biasa :D

    ReplyDelete
  6. Banyak banget faedah jahe ini ya Mbak... saya sendiri pas masih ngajar luring tempo hari, kl suara udah kayak artis abis konser, serak2 becek hihi... pulang2 nyarinya jahe trus diemut3 deh, abis tu cek-cek 123 dicoba, insyallah merdu lg suaranya hehe

    ReplyDelete
  7. Dulu saya nggak suka banget jahe. Makanan dan minuman yang kecium jahenya pasti saya hindari. Tapi semenjak maag dan daya tahan tubuh menurun saya mau nggak mau konsumsi. Tapi ternyata dicampur bahan lain kayak kunyit, madu, sereh, pandan, rasanya enak juga dan malah nagih.

    ReplyDelete
  8. Aku nanam jahe nih di depan rumah
    Selama ini ya enggak dibuat apa2, haa
    Jadi bisa bikin minuman yang enak nih!

    ReplyDelete
  9. Manfaat jahe memang banyak sekali, aku kalo di kampung sering membuat minuman dari jahe, agar badan selalu hangat

    ReplyDelete
  10. Belum nemu jahe euy. Alhamdulillah kapan hari dapat kiriman dari temen, bubuk jahe merah. Barusan bikin, blm diminum. Campuran: sereh, jeruk nipis, bubuk jahe merah. Ga tau teori dr mana, cemplung2 yg ada aja 😂

    ReplyDelete
  11. tanaman herbal yang sering disebut tanaman toga sejak orang terdahulu tergolong ampuh dan memiliki beragam khasiatnya, salah satunya jahe merah ini, sebagai minuman herbal, apalagi ketika dicampur dengan kopi, mampu menghilangkan rasa stress

    ReplyDelete
  12. Wah makasih mbak, Dewi selama ini baru nyobain yang nomer satu doang. Bisa dicoba nih menu yg lain. Salam dari wag optimasi twitter😁

    ReplyDelete
  13. Betul sekali minuman jahe sangat menyehatkan. Resep nenek moyang yang kembali hangat. Terlebih kondosi sekarang lagi wabah corona.

    Salam optimasi twitter

    ReplyDelete
  14. Saya suka banget minum sereh jahe. Kalau beli di resto hargabya udah 25 ribu minimal. Padahal kalau dliat di resepnya mudah banget cara bikinnya.

    ReplyDelete
  15. Sering banget minum jahe. Bisa buat pereda maag juga. Tapi kalau kebanyakan tidak baik

    ReplyDelete
  16. Wah...ternyata banyak olahan yg bisa dilakukan dari jahe ya. Padahal kami hanya menggunakan jahe untuk masakan dan minuman teh. Tapi jahe selalu ada saat membuat teh. Memang terasa lebih nyaman badan kita jika minum air hangat ditambah jahe.

    ReplyDelete
  17. Kalau saya belakangan ini minum teh jahe Mba, gak pakai sereh. Lumayan menghangatkan tubuh. Tapi sayangnya sekarang harga jahe semakin mahal ya

    ReplyDelete
  18. Hiks kak. Kemarin ke market nyari belanjaan. Ya ampun harga jahe tembus 60rb kak..

    Padahal emak kami suka kali masak jahe pake sereh..

    ReplyDelete
  19. Ini sih udah ga usah diragukan lagi. Khasiatnya bagus banget buat tubuh, saya sering banget juga buat di rumah sendiri. Segala dari alam emang kaya manfaat ya k.

    ReplyDelete
  20. Saya suka minum jahe, tapi seringnya gak bikin sendiri, tapi beli di angkringan. Kalo bikin sendiri, suka males, hehhe

    ReplyDelete
  21. Mba e, itu namanya bisa jadi bagus-bagus tuh. Teh Jareh (Jahe Sereh), Jahe Jeniper, Iwa Jale (Infused Water Jahe Lemon), dan teman-temannya. Kekeke. Semua minuman sehat yg worth it buat dibikin di rumah.

    ReplyDelete
  22. Jahe ini minuman andalan keluarga kami lho dan kaya manfaat, tapi belum pernah dibuat infus

    ReplyDelete
  23. infused water ini yang lagi rame. Banyak temenku yang bawa ke sekolah atau pas lagi futsal. emang sih, bahan alami menyehatkan. terima kasih artikelnya mbak

    ReplyDelete
  24. Baiklah akan saya coba. Apalagi jaman pandemi ini imun harus kuat hehe
    Tq sharing resepnyaaa

    ReplyDelete
  25. Kedai minuman STMJ (susu telor madu jahe) juga ikutan rame. Bisa minum ramuan sehat tanpa harus nanam jahe..

    ReplyDelete
  26. Keren euy, ternyata banyak juga manfaat dari jahe. Selama ini yang saya tau jahe hanya jadi bumbu dapur aja, ternyata bisa dibuat berbagai minuman juga. Thanks infonya, kak! Mau coba bikin ahhhh...

    ReplyDelete
  27. Ini jadi jamunya jokowi ditengah pandemi corona. Badan anget, virus mabur. Hehehebe

    ReplyDelete
  28. Saya juga suka banget kalau uda minum Jahe. Sayang dengan adanya situasi pandemi ini, sangat susah menemui jahe putih atau merah. Kalaupun ada harganya cukup mahal :(

    ReplyDelete
  29. Sejak belum tenar kayak sekarang, aku juga suka banget konsumsi minuman jahe. Enak, hangat di badan.

    ReplyDelete
  30. Aku tuh sbnrnya ga suka kalo jahe di jadikan bumbu masakan. Kalo digiling halus dan nyampur Ama bumbu lain sih ga masalah. Krn rasanya tersamar. Tp kalo cuma diiris, dan di tumis, trus kegigit , OMG itu bisa muntah :D.

    Tapiiii nth Napa kalo jahe dibikin minuman kyk bandrek, jamu, aku sukaaaa :D. Aneh yaaa. Krn kalo dibikin minuman rasanya nth Napa jd enak, ga sreeng banget :D.

    ReplyDelete
  31. Paling suka minm jahe. Tp karena gak sempat bikin biasanya minum yang jahe instan ehhe. Tapi kayaknya bisa coba resep di atas nih mudah dan enak

    ReplyDelete
  32. masyaAllah memang jahe ini rimpang luar biasa, mulai dari mual masuk angin sml stamina bs. Hobi kami di rumah mmg minum jahe setiap pagi, apalavi kalau bikin sendiri makin mantap

    ReplyDelete
  33. Done minuman jahe dengan segudang manfaatnya.. dulu seringnya minum wedang ronde atau ga jahe susu..semenjak rame ini pandemi jadi ga pernah lagi... ok..saatnya beli jahe dech dan ikuti petunjuk diatas..

    ReplyDelete
  34. Enak banget memang jahe ,hangat dibadan ya, banyak manfaatnya juga aku tadinya ga suka minuman kaya jamu dan rempah2 gitu tapi pas lagi ga enak badan dibikinin jahe enak banged.

    ReplyDelete
  35. jahe bikin badan hangat. pas nih diminum saat suasana dingin. eh ada resepnya lagi. nyontek boleh ya kak? hehe

    ReplyDelete
  36. Sebelum ada tren penggunaan empon-empon untuk jamu tubuh gara-gara pandemi korona, ibu mertuaku rutin bikin jamu juga. Dan saat ini, istriku juga getol merebus ramuan bikin jamu.

    ReplyDelete
  37. Jahe memang kaya manfaat Mbak. Luar biasa rimpang ini dalam menyehatkan badan. Saat ini saya menanam jahe merah yang lebih pedas dan lebih kaya manfaat.

    ReplyDelete
  38. jahe rimpang ini sangat banyak manfaatnya.. saat ada wabah seperti ini saya langsung minum jahe agar imun tetap kuat dan sehat

    ReplyDelete
  39. Wah noted deh ternyata jahe bisa dijadikan minuman kesehatan ya. Aku tahunya cuna minum jahe geprek aja. Thx mb infonya...

    ReplyDelete
  40. Minum air jahe bikin badan selalu hangat, ga mudah masuk angin. Sayang, di tempatku harga jahe merah lagi mahal, hampir 80ribu sekilonya.

    ReplyDelete
  41. Favorit aku nih jeniper. Klo masuk angin apa badan capek enak bgt konsumsi olahan jeniper ini. Hihi

    ReplyDelete
  42. Ternyata manfaat jahe banyak sekali, aku tahunya hanya minuman tradisional saja, tak ku sangga segudang mand=faat jahe

    ReplyDelete
  43. Pantesan pas saya drop kemarin sama kenalan yang ahli pengobatan thibbun nabawi dianjurkan bikin teh, sereh, jahe. Ternyata emang besar manfaatnya ya.

    Makasih Kak sharingnya.

    ReplyDelete
  44. Teh jahe sereh tuh enak bangeeet. Aku suka bikin sendiri, jahe serehnya bisa banyak. Kalau beli, udah mahal, engga kerasa lagi...hehe...

    ReplyDelete
  45. Wah Terima kasih mbak resep-resepnya. Saya jadi ingin langsung buat yang infused water jahe madu.

    ReplyDelete
  46. Dua hari sekali aku nyeduh jahe. Tapi seringnya jahe merah sachetan.
    Jahe keprok sereh dulu sering waktu masih nanam sereh sendiri. Sekarang udah mati serehnya.

    ReplyDelete