4 Tips Sederhana agar Flu Lekas Sembuh

Influenza atau flu adalah infeksi pernapasan akibat virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru - paru. Sekitar 10% - 20% populasi diperkirakan menderita influenza setiap tahun.

cara menyembuhkan flu
dok.psb.org

Sakit kepala, demam, dan rasa tidak enak badan adalah tiga ciri khas dari gejala flu. Saya kira takada satu pun orang di dunia ini luput dari flu. Ya, flu ibarat tetangga sebelah yang kadang berkunjung. Meskipun takpernah luput dari flu, selalu ada cara menyembuhkan flu agar kita bisa kembali beraktivitas dengan nyaman. 

Pada orang dewasa sehat, biasanya flu tidak berbahaya. Namun, pada usia lebih dari 65 tahun dan penderita penyakit kronis, flu dapat mengakibatkan komplikasi yang sangat serius, seperti pneumonia dan bronchitis.

Virus Influenza 

Menurut Dr. Neil Schachter, Direktur Medis Departemen Perawatan Saluran Pernapasan, Mount Sinai Medical Centre New York, dalam buku Panduan Bijak Mengatasi Flu dan Selesma (2008), ada tiga tipe dasar virus influenza, yakni A, B, dan C.

Ketiga tipe virus ini mempunyai satu sifat penting, yakni aliran genetis (genetic drift). Maksud dari aliran genetis adalah kemampuan virus influenza mengubah susunan genetisnya dari tahun ke tahun.

Agar bisa bertahan hidup, virus influenza harus menyerang sel hidup. Saat virus menyerang, tubuh kita mengembangkan antobodi terhadap virus tersbut dan melawan serta membatasi penyakit. 

Pada serangan selanjutnya, virus akan dihadang oleh antibodi yang sudah ada di dalam tubuh kita. Antibodi akan menghentikan perkembangan virus. Agar tetap bertahan hidup, virus mengubah kode genetisnya.

Perubahan kode itu membuat antibodi yang ada tidak lagi mampu mengenalinya. Dalam beberapa tahun terakhir, perubahan genetis ini dapat membuat flu makin agresif dan merusak pada saluran pernapasan. Mungkinkah ini yang terjadi pada Covid 19? Wallahualam. Saya harus mengkaji lebih dalam; lebih banyak untuk bisa menjawab pertanyaan itu. 

Karena virus influenza kerap kali mengubah kode genetisnya alias bermutasi, efektivitas vaksin flu untuk mencegah sakit flu sekira 70%. Berbeda dengan vaksin  yang kita peroleh semasa bayi yang seumur hidup.  Vaksin flu dalam tubuh kita hanya berlaku setahun. Karena itu, kita harus mendapatkan vaksin flu setiap tahun karena perlindungan dari vaksin akan menurun setelah 12 bulan. 

Gejala Flu dan Penularannya

Agresifnya flu menyerang antibodi kita ternyata belum bisa diimbangi dengan obat andalan untuk menyembuhkan flu. Namun, itu bukan berarti akhir dunia. Kita masih bisa berikhtiar mempersingkat masa sakit flu. Sebelumnya kita harus bisa mengenali gejala sakit flu yang kita alami.

Ada enam gejala sakit flu yang umumnya kita alami. Akan tetapi, itu adalah gejala umum dan bisa saja saat kita flu, yang kita rasakan kurang dari enam gejala tersebut.

Gejala Flu

  • Demam 39°C - 40°C yang dapat berlangsung hingga 7 hari.
  • Sakit kepala
  • Sakit badan yang dapat bertambah parah
  • Kelelahan. Kondisi ini untuk sebagian orang bisa berlangsung hingga 2 – 3 minggu.
  • Batuk kering kadang –kadang parah
  • Hidung tersumbat ringan dan sakit tenggorokan

 Penularan Sakit Flu

Virus influenza amat mudah menular. Agar terhindar dari sakit flu terlebih saat pagebluk sekarang ini, kita wajib memahami perilaku yang berpotensi menjadi media penularan sakit flu.
  • Menyentuh atau berjabat tangan
  • Bersin atau batuk tanpa menutup mulut
  • Menyentuh benda yang paling sering dipegang orang lain, misalnya pegangan pintu yang mungkin sering disentuh orang lain, uang, atau pena yang dipakai bergantian.

4 Tips Sederhana Atasi Flu

1. Tetap di rumah dan beristirahat

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk atasi flu dan tidak menularkannya kepada orang lain. 

2. Hidroterapi 

a. minum air lebih banyak
Jika pada kondisi sehat, kita minum delapan gelas air, saat sakit, kita harus minum lebih banyak dari biasanya. Minum air yang cukup menjadi amat penting untuk mencegah dehidrasi saat kita demam.

Air panas dan air dingin sama manfaatnya. Air dingin lebih mudah diserap tubuh, sedangkan cairan panas melarutkan lendir. Berbagai jenis teh panas menjadi sumber yang baik untuk kelembapan dan antioksidan. 

Teh mengandung teobromin, yaitu bronkodilator alami utnuk menghilangkan batuk. Madu dan jeruk nipis yang ditambahkan pada teh akan menambah manfaatnya. Kedua penambah rasa ini memiliki aktivitas antibakteri ringan yang dapat segera melegakan tenggorokan. Kita bisa minum teh panas 3 - 4 cangkir sehari saat mengalami infeksi saluran pernapasan.

Kita juga bisa mengonsumsi minuman rempah - rempah yang selama ini diyakini keampuhannya secara turun temurun di negeri ini. Wedang jahe dan wedang uwuh bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Air parutan kunyit dipercaya bisa menyembuhkan radang.

baca juga Manfaat Jahe, Si Rimpang Ajaib

b. mandi air hangat
Mandi air hangat dapat menurunkan demam secara alami. 

c. berkumur air garam
Berkumur air garam dapat meluruhkan lapisan lendir yang mengandung virus dan bakteri dari tenggorokan serta melegakan sumbatan peradangan.

Caranya tambahkan 0,5 sendok teh garam meja pada air hangat lalu berkumurlah selama 10 detik. Buang kemudian bilas dengan air dingin. Sederhana ya? Saya melakukan terapi ini setiap kali tenggorokan mulai terasa sakit sehari 3 kali. 

3. Terapi nutrisi

Selama infeksi, tubuh membutuhkan berbagai zat gizi dan cairan untuk mempertahankan kekuatan dan kekebalan tubuh. Ada beberapa makanan yang dinilai efektif membantu atasi flu. Sup ayam panas dipercaya menjadi 'obat' flu dari waktu ke waktu. Sup ini adalah sumber protein yang mudah dicerna. Sementara, cairan panasnya mengencerkan lendir

Roti bakar, telur orak - arik, dan sereal panas atau dingin termasuk makanan yang mudah dicerna dan bisa menjadi menu tepat saat kita sakit flu. Oh ya, sebagian dokter juga berpendapat bahwa makanan pedas dan panas dapat memberikan efek yang melegakan pada hidung yang tersumbat. Pantesan kalo sakit flu, bawaannya pengin makan makanan berkuah dan agak pedas. 

Sayur dan buah - buahan tentu tidak ketinggalan. Keduanya mempunyai sumbangsih tak ternilai untuk penguatan daya tahan tubuh saat sakit.

4. Atasi sakit kepala, otot pegal, dan demam dengan paracetamol, asetaminofen, atau ibuprofen. 

Obat ini dapat mengatasi nyeri, demam, sakit kepala, dan rasa tidak enak badan yang muncul akibat terjadi peradangan dalam tubuh kita. 

---

Meskipun dinilai tidak berbahaya, kita harus tetap serius menangani berbagai keluhan akibat sakit flu. Kita bisa mengatasinya dengan melakukan empat tips sederhana yang saya paparkan di atas. Makin cepat diatasi, makin cepat sembuh dan fit kembali. 

Yang pasti, jaga kesehatan dan tetap semangat supaya kekebalan tubuh kita senantiasa terjaga. Salam ^^


referensi

Schachter, Neil., 2008, Panduan Bijak Mengatasi Flu dan Selesma, Jakarta : Penerbit Bhuana Ilmu Populer.

Health Guide, 1st Edition, 2013, A - Z Panduan Kesehatan Keluarga, Jakarta : Penerbit Bhuana Ilmu Populer. 

23 comments

  1. KAlau flu, saya obati dengn istirahat dan minum air yang banyaaak...
    Ternyata mandi bisa kurangi gejala ya.
    Saya kadang malas mandi kalau sedang flu. HIhihihi

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu mba. Kalau ternyata flu bisa juga ya kita berkumur dengan air garam. Aku sangka guma sakit gigi aja kita betkumur dengan air garam hihihi. Kalau kena flu lagi pandemi gini, bikin kita parnoaan ya mba. Kita ga tahu ini beneran flu atau ama virus. Jadi takut aku

    ReplyDelete
  3. Flu ini meski terlihat sepele tapi mengganggu juga dan harus ditangani karena mudah menular. Waktu masih punya baby, sering menular ke baby padahal udah pakai masker segala macem. Kasihan.

    ReplyDelete
  4. Kalo flu, ibu saya selalu cerewet suruh saya tiduuuuuuuuur. Hehehe. dan emang sih kalo tidurnya teratur, itu flu kabur sendiri. Banyak minum air putih tentu saja.

    ReplyDelete
  5. Kurang lebih sama, aku pun begitu kalo flu. Makan yang banyak, instirahat yang cukup, banyak minum air putih, minum paracetamol, dan makan pedas biar keringetan. Hehehehe...

    ReplyDelete
  6. Bener banget sih sup ayam sangat membantu kalau lagi flu. Meski gak ada ayamnya tapi bikin sop2 anget gitu memang bikin segar. Ditambah istirahat cukup. kalau gak hilang baru biasanya minum obat.

    ReplyDelete
  7. Anak-anak pernah protes, "Kenapa kalo kami sakit Mami selalu bikin sop ayam?" :D
    Beli daging ayam juga tinggal ngesot bentar ke depan kompleks.

    ReplyDelete
  8. Sakit flu memang ga enak banget rasanya, bawaan sakitnya komplit banget, sakit kepala, meler, badan sakit, dan lain-lain. Saya baru tau tentang berkumur dengan air garam, mbak. Bisa saya praktekkan nanti buat jaga-jaga kalau terserang flu.. Terima kasih infonya mbak, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Saya kalau lagi flu pasti langsung istirahat total, makan dan minum yang berkuah panas, minum air putih yang banyak biasanya badan langsung enteng..

    ReplyDelete
  10. Wah, terima kasih banget informasinya mba. Jadi bisa terapi sendiri di rumah bila terkena flu ringan.😁

    ReplyDelete
  11. Saya dan suami juga kalau flu berusaha untuk minum air yang banyaaaak. Ternyata namanya hidroterapi ya.

    ReplyDelete
  12. Manfaat sekali tipsnya. Saya pernah waktu flu berat itu ngikutin hati kayak makan makanan yang ingin saya makan, makan jeruk sekilo, terus tidur... Alhamdulillah besoknya sehat kembali.

    ReplyDelete
  13. Dari beberapa tips ini, 1 yang belum pernah aku lakukan, berkumur dengan air garam. Hehe.. selalu lupa. Padahal memang pernah denger.

    ReplyDelete
  14. Baru tauu mbak saya kalau berkumur dengan air garam bisa buat meredakan flu, nice info 😁 saya biasanya kalau flu minum paracetamol mbaak, terus banyak istirahat dan juga banyakin minum air putih ☺️

    ReplyDelete
  15. Paracetamol ini manjur banget ya kak, wkwkwk padahal saya minum cuma separo. Biasanya kalau flu gitu mandi air panas (lebih dari sekedar hangat) kerokan, minum air teh panas serta minum paracetamol lalu tidur, sesekali tambah dikompres juga kak, biasanya keesokan harinya sudah baikan 70% sehat

    ReplyDelete
  16. Makan bakso panas² yg pedeesss bs jg lho Mbak hehe... Sy gitu soalnya abis tu flu nya rada reda deh

    ReplyDelete
  17. wah bener banget nih mba, saya setiap pagi bersin-bersin haha. ini mah karena alergi dingin sih. eh tapi kalo kelamaan jadi flu huhu. ini tipsnya oke banget. biasanya saya cuma pakai air hangat aja hihi. makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  18. Satu lagi mba Sugi.. saya biasanya mengatasi flu dengan mencuci hidung. Istinsqaq. Persis kayak ambil air wudhu pas masukin air ke hidung

    ReplyDelete
  19. kalau flu sy kerokan biasanya...dan hirup olbas (minyak atsiri) serta tidur yg lama hihi..emang nih flu itu ganggu banget.. bikin ga bisa ngapa2in..mksh tips nya mba..

    ReplyDelete
  20. Saya juga langganan kena flu nih. Capek dikit, saya langsung kena flu biasanya. Makasih banyak mbak buat tipsnya

    ReplyDelete
  21. Bener banget nih, selain banyak minum, istirahat, dan minum obat, biasanya saya makan yang berkuah seperti sop dan soto. Sama buah-buahan yang banyak mengandung vit.C juga.

    ReplyDelete
  22. Di kleuarga saya yang paking sering kena flu tu suami. Etapi beliau lebih gampang lagi ngobatinnya. Buatin aja sop ayam yang banyak bawang putihny.

    ReplyDelete
  23. jadi inget omongan orang tua kalo lagi flu, minum yang banyak
    kirain asal nyeletuk ajaternyata bener2 bisa mengatasi flu yah

    ReplyDelete